Punthuk Setumbu salah satu objek wisata alam hits yang berada di Perbukitan Menoreh, Magelang. Bukit yang memiliki spot foto keren, tempat menyaksikan sunset dan megahnya Candi Borobudur.

Lokasi: Kurahan, Karangrejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang.
Map: Cek Lokasi

Magelang, salah satu kota di Jawa Tengah telah tersohor hingga penjuru nusantara lantaran mempunyai keindahan dari keberagaman objek wisatanya. Selain terkenal dengan Candi Borobudurnya, kawasan satu ini pula memiliki wisata alam yang patut untuk dikunjungi yakni Punthuk Setumbu. Ingin tahu apa saja daya tarik yang ditawarkan oleh objek wisata ini? Simak ulasannya.

Daya Tarik yang Dimiliki Punthuk Setumbu

Daya Tarik Punthuk Setumbu
Image Credit: Twitter.com @luxiompd

Mungkin banyak yang tidak menyangka, jikalau kota kecil di Jawa Tengah bernama Magelang ini menyimpan keindahan panorama alam yang tidak kalah dengan kawasan lainnya. Dimana disini terdapat sebuah perbukitan yang mampu suguhkan pemandangan estetis bernama Punthuk Setumbu. Dari sini pula, pengunjung menyaksikan secara langsung candi yang masuk ke dalam 7 keajaiban dunia.

Sebetulnya, nama objek wisata ini sendiri berasal dari bahasa Jawa yakni punthuk yang berarti gundukan atau perbukitan. Sementera untuk setumbu memiliki makna yakni sebagai tumbu atau lebih tepatnya tempat nasi yang terbuat dari anyaman. Sehingga bisa disimpulkan, jika Punthuk Setumbu merupakan sebuah bukit yang berbentuk layaknya tempat nasi yang terbuat dari anyaman.

Destinasi wisata di Magelang ini memang berada di perbukitan menoreh. Sejatinya, terdapat perbukitan lainnya di kawasan ini namun namanya kurang begitu terkenal. Beda lagi dengan Punthuk Setumbu yang namanya sempat meroket hingga ke penjuru nusantara, lantaran dulunya pernah digunakan sebagai lokasi film terkenal bernama Ada Apa Dengan Cinta 2.

Perbukitan dengan tinggi kurang lebih 400 meter diatas permukaan laut ini, menyuguhkan pemandangan yang sungguh luar biasa. Dimana panorama tersebut berasal dari pegunungan menoreh, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, hingga megahnya Candi borobudur. Saking indah pemandangan yang didapatkan, kawasan bukit ini mendapatkan julukan Borobudur Nirwana Sunrise.

Bukan hanya perkara pemandangan saja, Anda pun akan merasakan udara yang begitu sejuk dan teduh berkat pepohonan yang menjulang tinggi di sekitarnya. Banyak yang beranggapan jika panorama disini tidak jauh beda dengan pemandangan di Bagan, Myanmar. Jadi jangan heran jika tempat satu ini selalu dipadati oleh para pengunjung baik dari dalam maupun luar daerah di akhir pekan.

Daya Tarik dari Punthuk Setumbu
Image Credit: Instagram.com @kartimmessi

Sebelum menjadi sebuah destinasi yang indah dan dikunjungi oleh banyak orang. Punthuk Setumbu dulunya hanyalah sebuah ladang penduduk yang kondisinya terbilang kurang baik. Namun suatu hari, ada seorang fotografer yang datang hanya untuk mencari titik spot yang kece dan keren. Pada akhirnya, ia pun memotret pemandangan yang mempesona disini.

Hasil jepretan tersebut pun diunggah di media sosialnya, dan siapa sangka ternyata banyak orang yang menyukai tempat ini. Berkat unggahan salah seorang fotografer tersebutlah, membantu wisata bukit ini terkenal di Magelang. Mulai dari situ pula, masyarakat setempat mulai merenovasi kawasan ini sebagai salah satu objek wisata alam.

Layaknya perbukitan pada umumnya, untuk bisa mencapai puncak dari Punthuk Setumbu, Anda harus melakukan pendakian kurang lebih 15 menit. Pada puncaknya, Anda akan menjumpai beberapa bangku dan kursi panjang yang terbuat dari kayu. Sayangnya, untuk bisa mendapatkan tempat duduk ini Anda harus terburu buru lantaran banyaknya orang yang saling berebut.

Hal ini tak lain karena tempat duduk tersebut merupakan spot paling bagus untuk menyaksikan panorama alam secara langsung. Meski begitu, Anda tak perlu khawatir, karena masih ada beberapa spot yang tak kalah indahnya yakni berada di pinggiran puncak. Dimana spot ini berbatasan langsung dengan tebing dan jurang yang akan tampilkan panorama sungguh menawan.

Alamat & Rute Menuju Punthuk Setumbu

Alamat Punthuk Setumbu
Image Credit: Google Maps (Yofan Indriyanto)

Lokasi dari Punthuk Setumbu sebenarnya tidak jauh dari Candi Borobudur, lebih tepatnya di Jalan Borobudur Ngadiharjo KM.4, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang. Untuk itu, akses menuju ke destinasi wisata ini terbilang cukup mudah. Akan tetapi, moda transportasi yang bisa digunakan untuk mencapainya hanyalah kendaraan pribadi baik itu roda dua maupun roda empat.

Jika Anda melakukan perjalanan dari Magelang, maka jarak yang perlu ditempuh yakni berkisar 20,9 kilometer atau sekitar 40 menit melalui Jalan Soekarno Hatta. Namun beda lagi bila berasal dari Yogyakarta, yang mana Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam 18 menit dengan jarak 43,3 kilometer dan melalui Jalan Magelang – Yogyakarta atau Jalan Semarang – Yogyakarta.

Sebetulnya, titik poin menuju destinasi wisata ini ialah Candi Borobudur. Pasalnya setelah melewatinya, Anda akan menjumpai papan petunjuk menuju Punthuk Setumbu di sepanjang jalan. Lalu, ikuti saja jalan lurus menuju ke arah perbukitan menoreh. Usai memasuki Desa Karangrejo, perjalanan bisa dilanjutkan hingga sampai di lokasi bukit yang berada di kanan jalan.

Bila telah sampai di area parkir, saatnya Anda untuk melakukan perjalanan dengan melalui trek sejauh 300 meter. Jalanan menuju ke puncak bukit sebenarnya sudah diperbaiki sebaik mungkin, yakni dengan adanya berbagai tanjakan dan tangga di sebagiannya. Namun anak tangga tersebut memiliki sudut kemiringan kurang lebih 45 derajat.

Selama perjalanan Anda akan merasakan suasana yang begitu menyejukkan dari pepohonan di sekeliling. Waktu yang ditempuh selama perjalanan ini kurang lebih 15 hingga 30 menit. Kemudian Anda akan menjumpai deretan lampu penerangan yang telah tertata rapi guna menyambut kedatangan para wisatawan serta hamparan hijau membentang luas di depan mata.

Harga Tiket Masuk Wisata Punthuk Setumbu

Harga Tiket Punthuk Setumbu
Image Credit: Google Maps (Ekohm Abiyasa)

Untuk bisa menyaksikan keindahan pemandangan dari ketinggian di Punthuk Setumbu, wisatawan dikenakan biaya tiket masuk. Bagi wisatawan domestik dibebankan tiket masuk sebesar Rp. 20.000, sementara wisatawan asing sebesar Rp. 30.000. Bukan hanya itu saja, pengunjung pula dikenakan tarif kontribusi parkir sebesar Rp. 2.000 untuk moda transportasi roda dua dan roda empat.

Terdapat beberapa fasilitas yang disediakan di tempat ini pula yang dikenakan biaya sewa sekitar Rp. 5.000 kecuali fasilitas foto. Pasalnya, spot foto yang disediakan di tempat ini memang sengaja dibangun untuk dinikmati para pengunjung secara percuma. Namun jika terdapat penyedia jasa foto, hal tersebut termasuk hak mereka sendiri untuk tentukan tarifnya.

Jam operasional Punthuk Setumbu yakni mulai dari 04.00 hingga 17.00 WIB. Untuk itu, disarankan Anda datang ke destinasi wisata ini sebelum jam 5 pagi demi menyaksikan fenomena matahari terbit yang begitu memukau di antara pegunungan dan candi yang jarang sekali ditemukan. Selain itu, Anda masih bisa menyaksikan panoramanya dikala siang hingga sore hari.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Punthuk Setumbu

Aktivitas di Punthuk Setumbu
Image Credit: Instagram.com @sony.warna

1. Berburu Foto

Berburu foto dikala mengunjungi suatu destinasi wisata merupakan rutinitas yang tak bisa ditinggalkan begitu saja. Pasalnya, potret yang dihasilkan nantinya menjadi suatu kenangan yang berkesan dalam kehidupan seseorang. Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda memanfaatkannya bila sedang berkunjung ke Punthuk Setumbu di Magelang.

Apalagi destinasi wisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang begitu menawan. Pastinya hal tersebut tak ingin dilewatkan begitu saja, bukan? Pastikan sebelum berangkat ke tempat ini untuk membawa senjata berburu foto, baik itu gunakan smartphone ataupun kamera. Panorama alam yang indah disini bisa dijadikan sebagai latar belakang foto yang kekinian.

Selain memotret diri sendiri, di sebelah timur bukit terdapat pula Candi Borobudur yang bisa terlihat siluetnya dari atas ketinggian. Puncaknya seolah olah membelah kabut dan menyambut kedatangan dari sinar mentari. Perpaduan antara kabut, Candi Borobudur, dan rona oranye dari matahari tidak bisa dilewatkan tanpa diabadikan terlebih dahulu menggunakan kamera.

2. Menyaksikan Matahari Terbit

Karena wisata bukit ini dibuka mulai pukul 04.00 pagi hari, sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk menyaksikan secara langsung bagaimana fenomena matahari terbit yang begitu memukau. Fenomena semacam inilah yang kerap menjadi incaran para wisatawan ketika bertandang ke Magelang terutama ke Punthuk Setumbu.

Jadi jangan heran jika banyak sekali wisatawan rela bangun pagi buta hanya untuk menyaksikan momen bahagia tersebut. Biasanya mereka akan datang sebelum pukul 5 pagi dan dikala matahari terbit, bukit akan dipadati oleh para wisatawan. Saat matahari mulai meninggalkan peraduannya, warna langit akan menjadi oranye dan menyebar ke segala penjuru menjadi fenomena mengagumkan.

3. Berpetualang dengan Mendaki Bukit

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, jika sebelum mencapai puncak bukit, para wisatawan diharapkan melakukan pendakian kurang lebih 15 menit. Meski terbilang cukup singkat, namun trek yang dilalui patut diperhitungkan. Pasalnya, terdapat beberapa tanjakan yang membuat kesabaran habis dan tangga dengan kemiringan hampir 45 derajat.

Maka dari itu, usahakan mempersiapkan pakaian tebal serta fisik yang kuat. Selain itu, gunakan pula alas kaki anti selip supaya selama perjalanan Anda tidak tergelincir. Disarankan datang dikala musim kemarau tiba, agar trek yang dilalui kering dan tidak basah. Karena dikala musim penghujan, jalur tersebut akan sangat licin dan berbahaya bagi keselamatan wisatawan.

4. Berkemah di Punthuk Setumbu

Akhir pekan merupakan waktu yang paling tepat untuk melakukan wisata di Punthuk Setumbu. Lantaran Anda bisa melakukan perkemahan di arena yang telah dipersiapkan oleh pihak pengelola. Arena perkemahan tersebut pula tidak jauh dari spot untuk menyaksikan matahari terbit secara langsung. Jadi Anda tak perlu khawatir ketinggalan momen menyenangkan tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Punthuk Setumbu Magelang

Fasilitas di Punthuk Setumbu
Image Credit: Facebook.com @punthuk.setumbu.3

Bukan hanya perkara keindahan yang disuguhkan saja, Punthuk Setumbu pula menyediakan fasilitas memadai bagi para pengunjungnya. Nantinya Anda akan menjumpai berbagai penjual makanan yang berjajar rapi di sekitar destinasi wisata, baik itu di bawah maupun di atas bukit. Selain itu, terdapat pula musholla, area parkir yang cukup luas, dan toilet umum.

Pihak pengelola pun mempersiapkan spot foto instagenik yang bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para wisatawannya. Terdapat pula beberapa gazebo yang kerap digunakan sebagai tempat beristirahat ataupun sekadar duduk sembari menyaksikan keindahan pemandangan. Bahkan di sampingnya terdapat pula camp ground untuk tempat berkemah bagi pengunjung yang ingin bermalam.

Penginapan Murah di Sekitar Punthuk Setumbu

Penginapan di Sekitar Punthuk Setumbu
Image Credit: Booking.com

Bila Anda termasuk pengunjung yang berasal dari luar daerah dan tidak memiliki tempat menginap, jangan khawatir di lokasi wisata sudah terdapat penginapan yang berupa homestay. Anda cukup membayar harga sewa sekitar Rp. 50.000 hingga Rp. 100.000 an per malam. Atau bermalam di Hotel Plataran yang hanya berjarak 2 kilometer saja atau sekitar 8 menit.

Berbincang mengenai Magelang memang terkenal lantaran Candi Borobudurnya. Namun tidak ada yang menyangka jikalau kota kecil ini ternyata menyimpan keindahannya di Punthuk Setumbu. Selain suguhkan lanskap perkotaan, objek wisata ini pun bisa dimanfaatkan untuk menyaksikan secara langsung panorama berbagai pegunungan dan Candi Borobudur dari ketinggian.