Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Puri Anjasmoro, Tawangsari, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Jika di Jakarta anda akan mengenal Taman Mini sebagai salah satu destinasi wisata yang berfungsi untuk mengenalkan keberagaman Indonesia, maka di Jawa Tengah ternyata juga ada tempat yang serupa. Wisata yang ada di Jawa Tengah, yakni Puri Maerokoco juga menjadi destinasi tempat yang bisa anda kunjungi.

Berada di Semarang, anda pun bisa melihat keindahan Taman Mini nya Jawa Tengah ini. keberagaman dari Jawa Tengah pun bisa anda saksikan selama berada disini dan bisa anda nikmati secara mendalam. Untuk anda yang penasaran, tunggu apalagi, berikut ini simak pembahasannya.

Daya Tarik yang Dimiliki Puri Maerokoco

Daya Tarik Puri Maerokoco
Image Credit: Google Maps berbagifun Family

1. Taman dengan Lahan yang Luas

Puri Maerokoco adalah salah satu taman yang dibangun pada kawasan pusat rekreasi dan promosi pembangunan. Saat menginjakkan kaki di tempat ini, anda pun akan diajak untuk melihat indahnya rumah adat yang dikenal dengan nama anjungan yakni di kawasan seluas 23.84 hektar.

Bangunan ini telah berdiri sejak tahun 1980 dan diresmikan oleh Gubernur Ismail. Anda pun akan bisa melihat rumah adat yang terdiri dari 35 kabupaten atau kota. Tidak hanya berbentuk rumah saja, di sini anda juga bisa dapat melihat berbagai macam hasil industri dari daerah khas yang ada di Indonesia.

Sedangkan penamaan dari wisata yang apik ini yakni Maerokoco merupakan nama yang diambil dari bagian cerita Mahabarata. Pada satu kisahnya diceritakan jika Maerokoco adalah nama dari salah satu dewi yang mana ingin memiliki seribu bangunan di dalam satu malam. Sama seperti namanya, pada wisata ini juga terdapat lebih dari 1 bangunan di dalamnya.

2. Terdiri Dari 35 Miniatur Rumah Adat

Daya tarik lain yang dimiliki oleh Puri Maerokoco adalah banyaknya miniatur rumah adat yang ada disini. Anda pun akan menemukan rumah adat yakni berjumlah sekitar 35 miniatur ditambah dengan beberapa anjungan. Anjungan tersebut terdiri dari kota kota yang ada di Jawa Tengah. Tentunya akan berbeda dengan yang biasa anda lihat di Taman Mini Jakarta.

3. Terdapat Hutan Mangrove yang Eksotis

Hutan Mangrove yang bisa anda jumpai di objek wisata ini juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang hadir. Dengan pemandangan yang dimiliki oleh hutan mangrove tersebut, tidak sedikit pelancong yang terhipnotis akan pesona yang dimiliki oleh spot yang ada di tempat ini.

Hutan ini berada di atas perairan pantai Kota Semarang. Dimana terdapat salah satu hal yang menarik dari hutan mangrove yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja. diantaranya adalah dengan menyusuri setiap sudut yang ada di hutan mangrove ini. hal ini dikarenakan suasananya yang segar dan tenang, akan membuat anda betah menghabiskan waktu disini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Puri Maerokoco
Image Credit: Google Maps Agustina PN

Bagi anda yang ingin menuju ke Puri Maerokoco maka anda bisa langsung saja ke Jalan Yos Sudarso, Tawangsari, Semarang Barat, Kota Semarang Jawa Tengah. Akses menuju ke destinasi wisata taman mini ini sebenarnya cukup mudah, mengingat posisinya yang berada di tengah kota. Sehingga akses menuju kesini pun lumayan mudah untuk dijangkau.

Dari Simpang Lima, anda pun bisa mengarahkan kendaraan yakni menuju ke Tugu Muda. Setelah itu, anda pun bisa lurus hingga sampai ke lampu merah. Ketika telah di lampu merah, pada kanan jalan, anda pun nantinya akan melihat papan petunjuk. Lalu, belok ke arah kanan dan ikuti papan petunjuk yang tersedia selama perjalanan.

Selain menggunakan transportasi pribadi, bagi anda yang ingin menuju ke Puri Maerokoco juga bisa untuk menggunakan bus yang mengarahkan pengunjung ke destinasi wisata satu ini. bahkan anda juga bisa untuk menggunakan ojek online untuk bisa sampai ke lokasi puri. Dengan berbagai transportasi yang ada, anda bisa mudah untuk menuju kesini

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Puri Maerokoco
Image Credit: Google Maps Bambang wijanarko

Memasuki kawasan Puri Maerokoco, anda pun pastinya akan dipungut biaya masuk. Namun, untuk harga tiket masuk destinasi wisata ini terbilang cukup murah. Anda pun hanya akan dipatok biaya yakni sekitar 10 ribu rupiah saja, maka anda pun telah bisa masuk ke kawasan wisata taman mini khas Jawa Tengah tersebut.

Selain itu, bagi anda yang membawa kendaraan pribadi, maka anda pun juga akan dikenakan tarif parkir. Dimana untuk anda yang membawa mobil yakni sekitar 5 ribu rupiah, sedangkan bagi anda yang membawa sepeda motor, akan dikenakan biaya tiket parkir yakni kurang lebih 3 ribu rupiah.

Kemudian, jika di dalam Puri Maerokoco anda ingin menikmati berbagai wahana yang tersedia, maka anda pun akan dikenakan tarif biaya yakni sekitar 5 ribu rupiah saja. termasuk harga yang cukup murah bukan untuk berwisata di Semarang? Dengan harga tersebut, anda telah bisa menikmati berbagai macam fasilitas yang tersedia di taman wisata ini.

Sedangkan untuk jam operasional dari wisata ini yakni anda bisa datang setiap hari. Hal ini karena Taman Mini ini buka setiap harinya yakni mulai pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore. Dengan jam buka yang terbilang cukup lama tersebut, akan membuat anda lebih leluasa untuk menghabiskan waktu di tempat ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Puri Maerokoco

Kegiatan Menarik Puri Maerokoco
Image Credit: Google Maps Ari Muntaha

1. Melihat Event dan Festival

Salah satu hal yang bisa anda lakukan ketika berada di Puri Maerokoco adalah melihat event dan festival. Hal ini dikarenakan ketika weekend tiba, kawasan ini pun akan tutup sampai malam dan anda pun akan dihibur dengan berbagai macam event maupun festival yang diselenggarakan disini.

Ada berbagai event yang biasanya dilakukan di Puri Maerokoco. Mulai dari event kerajinan tangan, event pakaian tradisional dan lain sebagainya. Dengan hadirnya festival tersebut, tentu saja akan bisa menjadi salah satu kegiatan menarik yang bisa anda lakukan untuk menghabiskan waktu disini.

2. Hunting Foto

Kegiatan hunting foto tentu saja menjadi salah satu hal yang tidak boleh anda lewatkan selama berada di Puri Maerokoco. Pasalnya, kawasan wisata ini memang sangat instagramable. anda bisa mengawali perjalanan dari kawasan hutan mangrove yang terbilang sangat eksotis. Disana anda pun bisa hunting foto dengan latar belakang mangrove yang kehijauan.

Selain itu, dengan adanya miniatur yang ada di kawasan wisata indah ini tentu saja akan sangat cantik apabila berada di bidikan kamera. Bahkan saking tempatnya yang cukup instagramable, tidak jarang anda pun akan menjumpai beberapa pasangan yang sedang melangsungkan sesi foto prewedding disini.

Ada beberapa spot cantik yang bisa anda jadikan lokasi untuk hunting foto selama berada disini. Diantaranya adalah di taman burung, taman bunga yang berwarna warni hingga taman apotek hidup yang sangat indah. Menghabiskan waktu di Puri Maerokoco, dijamin akan membuat anda menjadi betah.

3. Outbond

Hal lain yang bisa anda lakukan ketika menghabiskan waktu di Puri Maerokoco adalah bermain outbond. Bagi anda yang menyukai tantangan, hadirnya wahana ini pun akan memberikan suasana yang berbeda. Pengunjung yang datang bisa mencoba berbagai fasilitas menarik yang tersedia disini. Selain itu, anda pun juga bisa untuk mencoba wahana yakni flying fox hingga paint ball.

4. Berenang

Kegiatan lain yang bisa anda lakukan adalah berenang. Jika anda telah letih dan bosan selama berkeliling di kawasan wisata yang apik ini, maka tidak ada salahnya untuk rehat sejenak dengan berenang. Pasalnya, kolam renang dan waterboom yang ada di kawasan wisata ini pun tidak kalah seru.

Ada berbagai banyak wahana yang bisa anda mainkan di kolam renang ini. bagi anda yang mengajak si kecil untuk berlibur ke destinasi wisata ini, maka anda pun tidak akan kehabisan ide untuk bersenang senang. Sebab, salah satu aktivitas seru yang bisa anda lakukan disini adalah berenang.

Kegiatan Menarik di Puri Maerokoco
Image Credit: Google Maps Meyliza F

5. Berkunjung ke Museum Iptek

Berada di Puri Maerokoco, anda tidak hanya bisa untuk berjalan jalan dan melihat berbagai rumah adat saja. melainkan, anda pun juga bisa untuk berkunjung ke Museum Iptek yang ada disini. Museum Iptek tersebut memang akan berguna untuk menambah pengetahuan anda tentang teknologi maupun perkembangan yang ada di masa kini.

Oleh karena itu, dengan adanya museum satu ini tidak mengherankan banyak pelajar sekolah yang mengadakan kunjungan ke destinasi dan wahana ini. sebab, selain menikmati keindahan wisata yang ada disini, anda pun juga sekaligus bisa belajar mengenai ilmu pengetahuan melalui adanya museum Iptek yang ada di Puri Maerokoco tersebut.

6. Berjalan Jalan di Desa Wisata

Salah satu aktivitas lain yang tidak boleh anda lewatkan selama berada di Puri Maerokoco adalah berjalan jalan di Desa Wisata. Disini, anda pun bisa melihat indahnya pemandangan alam yang indah. Anda pun akan serasa sedang berada di sebuah desa. Untuk itu, spot satu ini jangan sampai anda abaikan begitu saja.

7. Melihat Pertunjukan Opera

Ketika anda memutuskan untuk berlibur di Puri Maerokoco, banyak sekali hal yang bisa anda lakukan. Salah satunya adalah dengan melihat pertunjukan opera. Namun jangan salah, gedung opera yang ada disini berbeda dengan gedung bioskop yang biasa anda gunakan untuk menonton film.

Melainkan disini, anda pun akan disuguhkan dengan pertunjukan opera yang terbilang berbeda dan menarik. Tentu saja menonton opera ini tidak akan kalah seru dengan pertunjukan lain. Ditambah lagi di taman ini, anda pun akan bisa menikmati secara langsung. Pastinya akan menjadi pengalaman yang berbeda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Puri Maerokoco
Image Credit: Google Maps Mbahdarmo Sulis

Fasilitas yang ada di Puri Maerokoco memang dibuat khusus untuk menunjang liburan pelancong yang ada disini. Anda pun akan menemukan cafe yang bernama angkringan ngambang. Di cafe tersebut, anda pun akan bisa menikmati berbagai makanan yang enak dan lezat. Selain itu, pesona cafe ini pun sangat menakjubkan. Anda pun bisa bersantap dengan nyaman selama berada disini.

Kemudian, ada pula fasilitas penunjang lainnya yang bisa anda temukan disini. Antara lain seperti lahan parkir yang luas hingga mushola dan toilet. Tidak hanya itu saja, anda juga akan disuguhkan dengan fasilitas lain seperti kereta gantung. Dengan adanya kereta ini, anda pun bisa melihat Puri Maerokoco dengan lebih indah, terutama dari ketinggian. Pemandangan rumah adat pun akan bisa anda lihat dengan lebih seksama.