Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Gajahmungkir, Manduro MG, Kec. Ngoro, Kab. Mojokerto, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Mojokerto, kota di Jawa Timur ini menjadi populer karena ada objek wisata baru yang banyak diminati kalangan muda. Objek wisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang mempesona yang tidak bisa didapatkan dari lokasi wisata yang lainnya. Dari Puthuk Kembar di Mojokerto anda bisa menyaksikan pemandangan kota dari atas bukit.

Lokasi yang mudah dijangkau dan mempunyai banyak spot foto yang menarik ini langsung mendapat perhatian publik. Sudah banyak orang yang mereview objek wisata ini di banyak halaman media sosial. Sehingga ketenaran objek wisata estetik di Mojokerto langsung bisa menjangkau banyak orang termasuk wisatawan dari luar kota.

Daya Tarik yang Dimiliki Puthuk Kembar

Daya Tarik Puthuk Kembar
Image Credit: Google Maps Gita Zahra Ivanny

1. Pemandangan Kota Mojokerto dari Atas Bukit

Salah satu daya tarik terbesar dari Puthuk Kembar adalah pemandangan kota yang memukau dan tidak bisa anda dapatkan di tempat lain. Terlebih bila anda melihatnya saat senja atau malam hari. Pemandangan kota yang terlihat akan lebih cantik karena berupa hamparan lampu kota yang estetik.

Selain itu, di puncak bukit ini juga terdapat lampu hias yang cantik dan akan membuat latar foto anda lebih terlihat mempesona. pemandangan dari atas bukit ini bisa membuat anda merasa tenang. Ditambah banyaknya hamparan pepohonan rindang di sekitar lokasi sehingga akan membuat anda merasa nyaman dengan hawa sejuk.

2. Spot Foto yang Banyak dan Estetik

Tak hanya menonjolkan keindahan alam dari atas bukit yang mempesona. Namun salah satu daya tarik Puthuk Kembar adalah banyaknya gardu pandang yang disediakan oleh pihak pengelola. Gardu pandang yang terletak di beberapa titik ini akan memudahkan anda yang ingin berfoto atau sekedar untuk melihat pemandangan alam dengan aman.

Gardu pandang ini juga di buat dengan desain yang cantik yaitu menggunakan bambu yang disusun unik. Walaupun terlihat sederhana, namun gardu pandang yang dibuat ini aman untuk dijadikan pijakan dan mempunyai angle foto yang pas untuk latar foto anda. Tak hanya gardu pandang namun juga ada rumah pohon yang unik dan cantik sebagai objek foto.

3. Alternatif Liburan Bertema Alam

Mojokerto selalu identik dengan wisata yang bertema sejarah atau bertema religius. Beberapa objek wisata yang terkenal adalah seperti petilasan Kerajaan Majapahit hingga Patung Buddha. Namun kali ini Mojokerto menghadirkan objek wisata yang lain daripada lainnya dengan tema alam yang asik dan menarik khususnya untuk kalangan muda.

Akses ke lokasi Puthuk Kembar ini juga mudah dan terletak tidak jauh dari pusat kota. Sehingga banyak wisatawan baik dalam kota maupun luar kota banyak yang penasaran dan ingin melihat pemandangan kota Mojokerto dari atas bukit. Objek wisata ini juga bisa menjadi salah satu wisata yang hemat dan tidak menguras kantong.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Puthuk Kembar
Image Credit: Instagram Mass Hendroh

Puthuk Kembar ini terletak tepatnya di Dusun Kandangan Phutuk masuk wilayah Desa Kunjorowesi di Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Hampir semua warga Mojokerto sudah mengetahui lokasi objek wisata terkenal satu ini. Sehingga bila anda berkendara dengan mobil pribadi anda bisa praktis bertanaya kepada penduduk setempat.

Namun bila anda kesulitan, wisata alam di Mojokerto ini bisa juga anda temukan dengan menggunakan Google Maps dengan mengetikkan kata kunci Kunjorowesi. Bila anda bermaksud mengunjungi lokasi wisata ini maka disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi saja karena belum ada kendaraan umum yang menuju ke lokasi.

Bila anda berkendara dari arah jalan utama Mojokerto Pasuruan menuju ke Puthuk Kembar maka akan menempuh jarak tempuh kurang lebih 5 kilometer saja. Setelah kendaraan anda parkir, amak anda akan masuk ke dalam lokasi dengan berjalan kaki. Jarak yang ditempuh tidak jauh hanya sekitar 500 meter saja.

Namun bila anda menggunakan motor, maka lokasi parkir yang disediakan lebih dekat dengan lokasi wisata sehingga anda tidak perlu berjalan kaki terlalu jauh. Tak hanya pemandangan kota Mojokerto saja yang terlihat dari bukit ini, namun juga kota disekitarnya seperti Sidoarjo, Surabaya hingga Pasuruan.

Harga Tiket Masuk Puthuk Kembar

Harga Tiket Masuk Puthuk Kembar
Image Credit: Google Maps M.Z Chanel

Sebelum masuk ke destinasi alam ini, maka anda akan diwajibkan untuk membayar tiket masuk terlebih dahulu. Tiket masuk yang dibayarkan juga cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 20 ribu untuk anda yang membawa mobil. Harga tersebut sudah termasuk biaya parkir. Bila membawa motor, harga tiket masuknya sekitar Rp 10 ribu saja.

Lokasi wisata Puthuk Kembar ini memang terbuka secara bebas dan tidak terdapat jam operasionalnya. Anda bisa mengunjungi tempat ini baik siang hari atau malam hari. Pada waktu tersebut dikatakan adalah waktu yang tepat untuk melihat pamandangan kota dari atas bukit dengan lebih indah.

Walaupun berada pada daerah perbukitan dan berada di ketinggian, namun lokasi wisata alam ini tergolong aman untuk pengunjung. Bahkan bila anda ingin berkunjung pada malam haripun lokasi satu ini bisa dibilang aman. Jalannya tidak terjal dan terlau menanjak. Namun walaupun begitu, disarankan untuk pengunjung menggunakan sepatu bukan sandal agar lebih aman.

Lokasi wisata Puthuk Kembar di Mojokerto ini buka selama 24 jam dan setiap hari. Sehingga anda bisa menyesuaikan jam kunjungan sesuai dengan kebutuhan anda masing masing tanpa takut terlewat. Pengunjung juga bisa melihat review lokasi wisata ini secara online di Instagram resmi Puthuk Kembar di @pesonaphutukkembar.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Puthuk Kembar

Kegiatan Menarik Puthuk Kembar
Image Credit: Google Maps Ay Aik

1. Berfoto dengan Latar Pemandangan Kota Mojokerto

Dari puncak bukit Puthuk Kembar, anda bisa melihat pemandangan kota dari atas bukit yang eksotis. Pemandangan seperti ini tentu akan jarang anda lihat saat berada di spot lokasi wisata lainnya. Pemandangan landscape kota yang indah ditambah dengan barisan pepohonan yang rindang akan menjadi objek foto cantik tersendiri.

Waktu yang disarankan untuk berkunjung ke tempat ini adalah saat sore hingga malam hari. Hal ini karena saat senja dan malam hari anda akan lebih jelas melihat pemandangan kota Mojokerto dengan adanya gemerlap lampu kota. Ditambah dengan lampu hias yang dipasang di sekitar wisata akan menambah kesan cantik untuk latar fotomu.

2. Lokasi Fotoshoot Profesional

Indahnya pemandangan alam Puthuk Kembar tak hanya menarik warga sekitar dan wisatawan saja, namun juga menjadi salah satu lokasi foto shoot bagi para fotografer profesional. Lokasi wisata alam ini serigkali dipilih untuk pemotretan seperti pre wedding dan kebutuhan syuting iklan lainnya.

Selain itu, akses ke lokasi ini cenderung mudah dengan harga masuk yang sangat terjangkau. Sehingga bila anda ingin hasil foto yang bagus dan profesional namun tetap hemat, anda bisa memilih lokasi Puthuk Kembar. Bahkan lokasi ini juga sudah buka dengan akses yang bebas yaitu 24 jam sehingga bisa anda sesuaikan dengan waktu yang anda inginkan.

3. Camping atau Piknik dengan Suasana Tenang

Selain melakukan foto shoot atau mencari objek foto yang estetik, anda juga bisa melakukan kegiatan lainnya yang tak kalah seru. Salah satunya adalah dengan mengajak keluarga atau teman teman anda piknik atau camping di lokasi Puthuk Kembar. Latar yang indah ditambah hawanya yang sejuk akan pas bila anda jadikan lokasi healing sejenak.

Namun, bila anda memutuskan untuk camping atau piknik, maka harus membawa peralatan pribadi. Karena di daerah lokasi wisata ini tidak menyediakan persewaan peralatan camping ataupun piknik. Anda juga perlu membawa bekal makanan yang cukup untuk camping atau piknik karena belum tersedia makanan di lokasi wisata ini yang bisa dibeli.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Puthuk Kembar
Image Credit: Google Maps Masagus Imaduddin

Lokasi wisata satu ini memang tergolong masih baru, sehingga fasilitas yang tersedia di lokasi wisata ini juga masih minim dan belum terlalu lengkap. Namun fasilitas umum yang tersedia juga sudah cukup dan membuat wisatawan nyaman. Salah satunya adalah lahan parkir yang cukup dan juga toilet umun yang terjaga bersih.

Tak hanya itu, lokasi wisata Puthuk Kembar ini sudah tersedia wifi publik yang bebas digunakan pengunjung. Tanggung jawab pengelolaan lokasi wisata ini memang sudah sepenuhnya dilimpahkan kepada warga sekitar dan bukan lagi dikelola oleh pemerintah. Sehingga fasilitas yang tersedia juga tergolong cukup untuk wisatawan.

Lahan parkir yang cukup luas di lokasi wisata ini mampu menampung banyak kendaraan. Selain itu tempat ini juga banyak tersedia spot foto yang menarik dan unik. Terdapat lokasi yang nyaman untuk beristirahat dengan tenang seperti gazebo dan tempat duduk lainnya. Namun bila untuk konsumsi, hendaknya anda membawa bekal pribadi.

Beriwisata dengan tema alam memang menyenangkan dan sekaligus membawa efek menenangkan. Sehingga lokasi wisata seperti Puthuk Kembar di Mojokerto ini menjadi populer khususnya di kalangan anak muda. Saat berkunjung, jangan lupa untuk selalu menaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan ya, selamat berlibur.