Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00–16.30 WIB, Alamat: Nogosari, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Suasana pedesaan kini menjadi suasana favorit bagi para wisatawan apalagi para wisatawan yang berasal dari kota besar di Indonesia. Pemandangan yang asri dan udara yang sangat bersih menjadi hal yang paling dicari oleh para pengunjung wisata dengan suasana pedesaan. Pemandangan hijau yang sangat indah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Dalam suasana pedesaan biasanya terdapat hamparan kebun, hutan, atau bahkan sawah yang dikelola oleh warga sekitar.

Kini wisata alam tentang suasana pedesaan dan perhutanan sedang naik daun. Banyak hutan dan desa kini dibuka untuk wisata dan pengelolaannya dikelola oleh warga namun tetap diawasi oleh pemerintah. Wisata alam ini sangat cepat populer karna pengunjung bisa berfoto dengan suasana hutan dan pemandangan indah. Salah satu wisata pedesaan yang bernuansa hutan ialah Puthuk Panggang Welut yang akan dibahas pada artikel ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Puthuk Panggang Welut

Daya Tarik Puthuk Panggang Welut
Image Credit: Instagram Esther Yudith

Telah dijelaskan di atas bahwa kini wisata pedesaan dengan nuansa hutan sedang naik daun. Salah satu destinasi wisata hutan yang kini sedang ramai dibicarakan ialah Puthuk Panggang Welut. Namanya memang terdengar asing ditelinga orang yang belum pernah mengunjungi tempat ini atau terdengar asing bagi orang luar Jawa Timur. Nama yang membuat para wisatawan penasaran tentang bagaimana situasi tempat wisata alam ini.

Jika membahas daya tarik, kawasan wisata ini memiliki beberapa spot yang menjadi daya tarik para wisatawan yaitu:

1. Deretan Hutan Pinus

Wisata alam ini memiliki daya tarik utama yaitu hutan pinus. Pohon pinus yang tertata rapi dan seolah menembus awan bisa dijadikan objek fotografi yang menarik dan menambah kesejukan tempat.

2. Camping Ground

Hutan pinus yang ada di tempat ini memiliki spot untuk camping para pengunjung yang ingin menikmati suasana alam. Camping ground ini menjadi daya tarik tersendiri karena sudah ada penerangan, kayu bakar, bahkan live musik bagi pengunjung yang menginap.

3. Watu Puthuk Jodoh

Watu Puthuk Jodoh merupakan bebatuan yang diberi cat warna warni dan ditata sedemikian rupa di lereng bukit. Untuk mencapai tempat bebatuan ini diperluakan perjuangan ekstra untuk mendaki sehingga menarik para perhatian wisatawan yang gemar mendaki.

Daya Tarik di Puthuk Panggang Welut
Image Credit: Google Maps Master Sage

4. Spot Foto

Ada beberapa spot foto yang menjadi daya tarik para pengunjung Puthuk Panggang Welut, yaitu taman cinta, dekorasi topi petani disepanjang spot, serta kata mutiara yang menyentuh hati dan dibentuk sedemikian rupa agar cocok dijadikan tempat berfoto.

5. Jalur ATV

Tidak hanya orang dewasa saja, anak-anak juga bisa menikmati permainan berupa kendaraan ATV yang bisa disewa. Anak-anak beserta orang tua masing-masing bisa berkeliling menggunakan kendaraan ATV yang disewakan.

6. Dua Air Terjun

Disini juga terdapat dua air terjun yang sangat eksotis yaitu air terjun watu gedeg dan coban curah watu. Oleh warga sekitar aliran air terjun tersebut digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan bahkan untuk persawahan warga.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Puthuk Panggang Welut
Image Credit: Google Maps Hankmine petualank

Wisata alam yang bernuansa hutan biasanya memiliki jarak yang jauh dari perkotaan dan akses yang sulit. Puthuk Panggang Welut sendiri merupakan salah satu wisata alam dengan nuansa hutan yang memiliki akses mudah karena lokasinya berada di Pacet, Mojokerto, Jawa Timur. Lokasi wisata hits ini berada di Mojokerto dengan luas hutan lebih dari 10 hektar. Aksesnya pun cukup mudah, wisatawan bisa menaiki bus menuju Mojokerto kemudian bisa ditempuh dengan ojek atau mobil pribadi.

Jika ditempuh dari pusat Kota Mojokerto, wisatawan bisa menempuh 55 menit menuju pintu masuk lokasi. Saat berada di pusat Kota Mojokerto, anda bisa menikmati suasana kota yang lebih tenang dibandingkan dengan kota besar yang ada di Indonesia. Suasana pedesaan akan lebih terasa ketika ada berada di pintu masuk objek wisata ini. Disana akan ada rute atau jalur yang menuju ke spot selfie yang telah dibangun yaitu rumah pohon, payung warna warni, bebatuan warna, bahkan ada taman bunga yang bisa digunakan untuk sekedar bersantai.

Wisata alam di Jawa Timur yang telah diresmikan dari November 2017 ini juga memiliki rute menuju air terjun yang berada di sekitar hutan pinus. Air terjun yang menjadi rute wajib ketika mengunjungi Puthuk Panggang Welut bernama Air Terjun Curah Watu. Seperti tempat wisata pada umumnya, tempat ini menyediakan beberapa pilihan spot untuk berfoto.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Puthuk Panggang Welut
Image Credit: Google Maps Azizi ahmad

Puthuk Panggang Welut adalah tempat wisata yang telah terkenal di Jawa Timur bahkan di Indonesia. Wisata hits ini memberikan pemandangan indah alam yang sulit anda temukan di tempat lainnya. Anda akan merasa puas ketika mengunjungi spot wisata disini. Kebersihan tempat ini sangat dijaga oleh warga sekitar bahkan sering ada kerja bakti untuk sekedar membersihkan kawasan sekitar tempat wisata.

Pengunjung atau wisatawan yang datang wajib membayar tiket masuk guna berjalannya tempat wisata yang cukup hits ini. Tiket masuk yang harus dibayar ketika masuk ke dalam Puthuk Panggang Welut adalah sebesar Rp. 10.000,- dan masih ditambah oleh biaya parkir motor Rp. 2.000,- juga biaya parkir mobil sebesar Rp. 5.000.

Pengunjung dapat berfoto dimanapun bahkan di spot foto yang telah disediakan dengan membayar hanya Rp. 2000/spot foto. Tentu sangat murah untuk pengalaman yang mengagumkan berada di wisata alam pedesaan. Sungguh harga yang sangat murah bila dibandingkan dengan keindahannya. Para wisatawan bisa cukup berhemat ketika berkunjung di wisata yang cukup hits ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Puthuk Panggang Welut

Aktivitas Menarik di Puthuk Panggang Welut
Image Credit: Instagram Evy isna

Ketika berada di destinasi ala mini, para wisatawan bisa melakukan banyak hal yang disukai. Wisatawan bisa menikmati keindahan pohon pinus yang menjulang tinggi dan suasana pedesaan yang dapat menyejukkan pikiran. Spot selfie yang ada bisa anda manfaatkan untuk berfoto bersama keluarga dan sahabat. Tempat ini sangat cocok untuk mencari ketenangan hidup dan sekedar menyegarkan pikiran.

Pengunjung yang ingin bermain air bisa menuju air terjun yang ada disekitar hutan pinus. Air terjun bisa menyegarkan badan dan bisa berenang kecil di aliran sungai yang ada. Bermain air bisa melepaskan stres yang ada dipikiran anda. Suara gemericik air terjun akan menambah syahdunya suasana alam pedesaan yang ada di Puthuk Panggang Welut. Tetapi jika anda membawa anak kecil, anda perlu mengawasi mereka agar tidak terbawa aliran arus sungai dibawah air terjun atau terkena bebatuan yang ada di air terjun.

Ada juga spot selfie berupa taman bunga yang bisa anda gunakan untuk tempat berfoto sekaligus bersantai dengan orang terdekat anda. Jika anda berfoto disini, anda bisa menambah koleksi foto seolah berada ditempat lain karena tidak hanya hutan pinus saja yang ada disini. Suasana damai dan tentram bisa anda rasakan ketika memasuki hutan pinus dan air terjun. Jika anda wisatawan dari kota besar, anda tidak akan menemukan suasana yang seperti ini di kota besar.

Puthuk Panggang Welut juga bisa digunakan untuk spot foto pernikahan. Orang-orang biasanya menyewa fotografer profesional untuk memotret momen indah sebelum pernikahan mereka. Disini banyak spot menarik dan cocok digunakan untuk foto pernikahan dengan mengusung tema alam atau taman bunga. Jadi, banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan untuk menikmati indahnya alam yang disajikan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Puthuk Panggang Welut
Image Credit: Google Maps c anugrah

Puthuk Panggang Welut memiliki pengelolaan yang sangat baik. Wisata hits ini memiliki fasilitas menarik seperti parkiran yang cukup luas, toilet, mushola, tempat camping hingga tempat untuk menumpang jaringan wifi. Tempat parkir yang ada di kawasan wisata cukup untuk menampung banyak mobil dan motor. Jika akhir pekan, tempat parkir disini cukup padat namun sebagai wisatawan kita cukup tenang karena sudah ada yang mengelola dan mengatur tempat parkir.

Toilet yang tersedia juga cukup bersih. Kebersihan toilet tempat wisata yang cukup hits ini sangat diperhatikan oleh pengelolanya. Meskipun berada di alam, pengelola memastikan pengunjung tidak akan kesulitan dalam mencari toilet. Jika pengunjung ingin beribadah ditengah momen wisata, pengunjung bisa datang ke mushola yang telah disediakan oleh pengelola. Mushola tersebut terletak tidak jauh dari obyek wisata hutan pinus sehingga pengunjung yang ingin beribadah tidak perlu berjalan jauh.

Ketika para wisatawan ingin menginap, mereka bisa menuju camping ground untuk menikmati suasana malam di tengah hutan. Disana sudah dilengkapi oleh penerangan, listrik, terdapat juga tempat makan apabila ingin memesan makanan. Tidak hanya itu, wisatawan yang ingin bersenang-senang bisa menyewa sound system atau sekedar makan dan menikmati live music. Jika jaringan ponsel anda buruk, wisata hits ini juga menyediakan tempat khusus untuk mengakses wifi.

Begitulah kira-kira gambaran ketika anda mengunjungi Puthuk Panggang Welut. Sebagai wisatawan, anda perlu menyiapkan semua kebutuhan jika ingin bercamping disana. Tempat wisata ini siap menanti anda dengan segala daya tariknya. Semoga artikel ini bisa membawa anda mengunjungi wisata alam hits di Mojokerto, Jawa Timur.