Rainbow Garden Bandung, wisata taman bunga favorit dengan pesona keindahan warna warni bunga yang berada di kawasan Floating Market Lembang. Taman menakjubkan ini juga hadirkan banyak atraksi menarik.

Lokasi: Jl. Grand Hotel Nomor 33E, Lembang, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.
Map: Cek Lokasi

Liburan menjadi kebutuhan yang juga dibutuhkan oleh semua orang. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sekunder ini. Anda bisa mengunjungi Lembang Bandung yang terkenal memiliki banyak destinasi wisata menarik, salah satunya adalah Rainbow Garden. Taman yang mengusung konsep tempat rekreasi penuh warna dan instagramable menarik untuk Anda kunjungi. Simak ulasannya berikut.

Pesona Alam Rainbow Garden Bandung

Pesona Rainbow Garden Bandung
Image Credit: Twitter.com @agussup39011241

Kota Bandung hingga kini memang masih menjadi salah satu kota yang menjadi favorit untuk liburan. Udaranya yang sejuk dengan pesona alamnya yang menawan memang selalu menarik dijelajahi. Taman bunga ini menjadi destinasi yang belakangan ini hits dan banyak dikunjungi. Seperti namanya, mengusung konsep taman yang berwarna warni layaknya pelangi.

Disematkan nama ini karena saking banyaknya tanaman yang ada sehingga disebut dengan taman pelangi. Liburan ke tempat satu ini tidak hanya disuguhkan dengan berbagai warna tanaman yang menarik, tetapi juga memiliki banyak wahana menawan. Tempat wisata satu ini masih terbilang baru, karena baru saja dibuka di awal Februari tahun 2017 lalu.

Namun wajah dari Rainbow Garden perlahan tapi pasti mengalami perubahan. Baik dari segi fasilitas hingga penataan yang menjadi lebih nyaman. Perlu tahu, jika Taman Pelangi ini berada di kawasan tebing yang memiliki kemiringan 45 derajat. Sehingga Anda akan disuguhkan dengan kawasan yang berbentuk terasering.

Tentu saja hal ini akan memberikan pemandangan yang menyejukkan mata. Mengingat di lahan ini ditanami kurang lebih 100 jenis bunga. Bunga bunga ini tidak tidak impor, melainkan berasal dari petani petani di lembang sendiri. Dan bunga yang lebih banyak ditanam bahkan 80% adalah Bunga dengan Jenis Edible Flower.

Dimana artinya, bunga bunga yang ada merupakan bunga yang bisa dimakan. Rainbow Garden berada di dalam Floating Market sehingga sudah pasti ada banyak wahana yang bisa Anda kunjungi. Wajar jika destinasi satu ini begitu hits di kalangan masyarakat terutama di kalangan anak muda. Karena destinasi satu ini memang sangat instagramable.

Daya Tarik yang Dimiliki Rainbow Garden

Daya Tarik Rainbow Garden
Image Credit: Google Maps (Rifqa Prasetyaningrum)

Keindahan yang dimiliki rupanya belum cukup, mengingat Rainbow Garden Lembang ini masih memiliki banyak daya tarik yang akan membuat siapapun betah mengunjungi taman pelangi satu ini. Daya tarik pertama kali yang bisa Anda nikmati adalah hadirnya taman bunga cantik yang seakan akan Anda membawa Anda di Negeri Sakura.

Banyaknya jenis bunga yang warna warni, membuat taman ini menyerupai pelangi. Taman warna warni inilah yang memang menjadi daya tarik utamanya. Hadirnya taman ini akan semakin menawan jika disandingkan dengan wisata Danau yaitu Situ Umar yang juga berdekatan. Dari pihak pengelola sendiri juga melakukan perawatan ekstra untuk bunga bunganya.

Selain itu, Taman Rainbow hadir sebagai destinasi wisata yang cocok untuk berkunjung bersama dengan keluarga. Apalagi bunga yang dihadirkan adalah bunga yang bisa berbunga kapan saja, tidak peduli musim kemarau atau musim penghujan. Ditambah dengan tanaman edible, membuat taman ini sangat aman dikunjungi bersama anak anak.

Membawa buah hati mengunjungi destinasi ini juga sebagai salah satu bentuk edukasi. Berbagai wahana edukasi anak sengaja disiapkan untuk membuat para pengunjung nyaman. Dilengkapi juga dengan banyak jenis permainan yang bisa mendekatkan orang tua dan buah hati. Anak anak bisa mengenal lebih banyak jenis jenis bunga yang mungkin tidak akan ditemukan di keseharian mereka.

Destinasi wisata satu ini juga memiliki daya tarik yang sangat cocok dikunjungi pecinta bunga serta anak anak. Di samping itu, Rainbow Garden juga cocok untuk Anda yang menyukai kegiatan fotografi. Setiap sudut dari taman ini memang sangat instagramable. Sangat cocok untuk diunggah di media sosial Anda.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Rainbow Garden

Alamat Rainbow Garden
Image Credit: Google Maps (Bayu Tresna)

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jika destinasi wisata satu ini memang berada di dalam kawasan Floating Market. Tepatnya berada di Jl. Grand Hotel Nomor 33E, lembang, Bandung Barat. Lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 50 menit saja atau dengan jarak 18 km.

Lokasinya tidak sulit untuk dijangkau, dengan medan yang sudah mulus. Rute yang bisa Anda ambil jika dari pusat Kota Bandung, yakni dengan keluar pintu tol pasteur Bandung. Setelah itu, bisa dilanjutkan menuju Jl. Setiabudi. Barulah nanti mengambil rute menuju Jalan Raya Lembang. Jika sudah berada di jalan ini, Anda bisa langsung melajukan kendaraan ke Jalan Mutiara Utama Lembang.

Dari sini, Anda hanya perlu untuk mengikuti papan petunjuk yang sudah ada. Dari Jalan ini, jarak menuju Floating Market sudah tidak jauh. Anda bisa mengandalkan GPS di smartphone Anda untuk bisa sampai di destinasi satu ini. Akan lebih menyenangkan jika Anda menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke Rainbow Garden.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Rainbow Garden

Harga Tiket Rainbow Garden
Image Credit: Google Maps (Elvyra Aprillia)

Untuk bisa menikmati keindahan yang ditawarkan oleh destinasi satu ini, Anda tak perlu membayar biaya yang mahal.Setiap pengunjung hanya perlu untuk menyiapkan dana untuk tiket masuk sekitar Rp. 20 ribu setiap orang. Harga tersebut tentunya tidaklah mahal mengingat keindahan yang ditawarkan akan membuat Anda puas.

Belum lagi tempat satu ini juga memiliki fasilitas yang akan membuat dana tersebut tidak terlalu besar. Anda juga bisa menukarkan tiket dengan welcome drink. Bagi Anda yang ingin sekalian mampir ke taman bunga, maka harus mengeluarkan tiket tambahan sebesar Rp. 10 ribu. Harga tersebut tentu saja belum termasuk dengan biaya parkir.

Sementara untuk jam operasional dimulai dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 19.00 WIB ketika weekday. Dan jika akhir pekan akan buka lebih malam, yakni mulai dari 08.00 hingga 20.00 WIB. Dengan mengetahui jam operasionalnya, Anda bisa datang sesuai dengan jam tersebut. Apabila Anda ingin menikmati tempat wisata ini lebih lama, maka datang saja lebih awal.

Harga tiket masuk hingga jam operasional bisa berubah kapan saja tanpa ada pemberitahuan di awal. Sehingga ada baiknya jika Anda menyiapkan budget lebih. Selain itu Anda juga bisa mencari tahu perihal operasionalnya. Media sosial hingga website resminya bisa Anda jadikan tempat untuk mencari informasi terbaru perihal destinasi wisata cantik ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Rainbow Garden

Kegiatan di Rainbow Garden
Image Credit: Twitter.com @deeyafa2

Mengunjungi Rainbow Garden tidak hanya bisa berjalan dan bersantai di antara bunga bermekaran. Ada banyak kegiatan menarik lainnya yang bisa Anda lakukan untuk membuat perjalanan liburan Anda makin mengesankan. Mulai dari berjalan jalan santai, berburu swafoto hingga mencicipi berbagai menu kulinernya.

1. Berjalan Jalan di Tengah Taman Bunga

Keindahan taman bunga ini tentunya tidak bisa diabaikan begitu saja. Berjalan jalan di sela sela taman sembari mengenal berbagai bunga yang ada tentu bukanlah ide yang buruk. Apalagi bunga di tempat satu ini memang sangat beragam. Areanya yang luas dengan track yang rapi memang mengundang siapa saja untuk menjelajahinya.

Anda bisa mengarahkan langkah kaki Anda menuju Green House yang dimiliki Rainbow Garden ini, Bangunan berbentuk rumah ini memang difungsikan untuk melindungi bunga agar tetap sehat. Taman ini juga memiliki area taman Organik. Anda yang hobi bertanam, bisa sekalian mencari tahu bagaimana cara merawat tanaman tersebut.

2. Berburu Foto Cantik

Dengan latar pemandangan yang luar biasa, tentunya sangat sayang jika tidak diabadikan. Anda yang gemar berpose di depan kamera, tempat satu ini sangat cocok untuk dijadikan tempat hunting foto. Pastikan Anda menyiapkan kamera andalan Anda untuk mengabadikan setiap momen. Apalagi ada banyak spot spot unik yang bisa dijadikan lokasi untuk swafoto.

Spot spot foto yang ada di tempat satu ini tidak kalah cantik dengan destinasi wisata di Lembang lainnya. Udaranya yang sejuk dan panorama yang indah, sangat tepat untuk berburu foto. Mungkin Anda harus mengantri agar bisa mengambil foto di spot yang Anda inginkan. Karena ada banyak spot foto yang menjadi favorit pengunjung.

3. Berwisata Kuliner

Kegiatan menarik yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah wisata kuliner. Rainbow Garden menyediakan sekitar 25 tenant yang menyediakan berbagai makanan dan minuman. Saung saung dan gazebo turut hadir sebagai tempat untuk menikmati berbagai kudapan yang disediakan.

Dalam satu gazebo bisa ditempati oleh sekitar 20 orang. Menu yang ditawarkan juga beragam, mulai dari menu tradisional seperti nasi Liwet, Nasi Timbel hingga sayur asem. Sementara menu lainnya seperti Sate Ayam, Bakmi Jawa, Pizza juga turut hadir. Harga yang ditawarkan tidak akan membuat kantong jebol, yakni mulai Rp. 5 ribu hingga Rp. 50 ribuan saja.

Fasilitas yang Tersedia di Rainbow Garden Lembang

Fasilitas di Rainbow Garden
Image Credit: Google Maps (Irma Mustafa)

Menjadi salah satu destinasi yang terkenal, Rainbow Garden memiliki fasilitas yang terbilang lengkap. Anda bisa menemukan area parkir untuk memarkirkan kendaraan Anda. Area parkir ini terbilang luas sehingga ketika akhir pekan sekalipun masih bisa mendapatkan tempat parkir yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan Anda.

Tidak hanya itu Anda juga bisa menemukan mushola serta toilet yang bersih dan nyaman. Untuk menjaga keindahan dari taman ini, pengelola menyediakan tempat sampah di berbagai sudut. Dengan begitu tidak ada alasan lagi membuang sampah sembarangan karena sudah banyak tersedia tempat sampahnya.

Anda yang tidak sempat membawa perbekalan juga bukan menjadi masalah. Karena Anda akan menemukan tempat makan yang siap untuk memanjakan lidah dan perut Anda. Mengunjungi Rainbow Garden juga bisa menjajal berbagai wahana yang ada. Tidak diragukan lagi, jika taman cantik ini menjadi destinasi yang begitu favorit di Lembang.

Bagi Anda yang ingin menikmati panorama atau suasana sejuk ini lebih lama, Anda bisa bermalam di sekitaran kawasan taman bunga. Ada banyak penginapan yang berada di sekitar destinasi wisata ini. Mulai dari kelas guest house, hotel hingga villa keluarga. Harga yang ditawarkan juga sangat beragam, sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan.

Anda bisa mengintip beberapa rekomendasi penginapan, mulai dari yang berkelas ada Hotel GH Universal. Sementara untuk hotel yang lebih terjangkau, bisa mengunjungi Cikole Jayagiri Resort. Untuk bisa mendapatkan tempat bermalam yang sesuai, ada baiknya Anda memesannya jauh jauh hari. terutama ketika musim liburan sudah di depan mata.

Mengunjungi Rainbow Garden bisa dijadikan pilihan ketika Anda sedang liburan ke Lembang. Destinasi satu ini menawarkan panorama indah dan berbagai hal menarik lainnya. Belum lagi juga dilengkapi dengan banyak fasilitas andalan yang memadai. Tertarik untuk mengunjungi taman bunga di Bandung sebagai tujuan liburan berikutnya?