Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: Pukul 08.00-16.00 WIB, Alamat: Tirtomoyo, Desa Krisik, Kec. Gandusari, Kab. Blitar, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Rambut Monte yang berlokasi di Kota Blitar adalah salah satu tempat wisata alam yang menyajikan keindahan sebuah telaga. Di tempat ini, anda pun akan disuguhkan dengan telaga yang mempunyai panorama yang sangat memanjakan mata. Pastinya akan sangat pas bagi anda yang ingin melepas penat.

Selain menyuguhkan pemandangan yang indah, hal yang membuat telaga ini menarik adalah airnya yang berwarna biru jernih. Terdapat mitos bahwa di dalam air telaga ini terdapat ikan purba. Untuk mengintip keindahan lain dari Rambut Monte yang ada di Blitar ini, anda pun bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Rambut Monte

Daya Tarik Rambut Monte Blitar
Image Credit: Google Maps Aries Evo

1. Telaga Dengan Air yang Jernih dan Biru

Salah satu hal yang menjadi daya tarik dari destinasi wisata satu ini adalah telaganya memiliki air yang jernih dan berwarna biru. Ketika anda memasuki destinasi wisata satu ini, maka anda pun akan langsung disambut dengan suasana hutan yang sangat tenang. Bahkan anda pun tidak akan mendengar suara berisik.

Bagi anda yang mencari wisata dengan suasana yang tenang dan sepi, tentunya Rambut Monte yang berada di Blitar ini menjadi salah satu lokasi yang tepat. Walaupun telaga, anda tidak akan menemukan berbagai wahana air, seperti perahu maupun sepeda air. Hal ini dikarenakan wisata ini memiliki tujuan untuk menghadirkan telaga yang indah.

Ketika pertama kali sampai di telaga ini, anda pun akan siap siap dibuat takjub dengan telaga yang memiliki air sangat jernih. Selain itu, di bagian tertentu terdapat air yang memiliki warna lebih biru. Sehingga anda pun bisa menyaksikan keindahan dari dasar telaga tersebut yakni berupa pasir yang halus dan lembut.

Bahkan anda pun bisa melihat adanya batang kayu yang telang tumbuh di dasar telaga tersebut. Walaupun telaga ini memang terlihat seperti dangkal, akan tetapi pastinya anda tidak berenang di tempat tersebut. Pasalnya, pasir yang ada di telaga ini merupakan pasir hisap yang akan membuat anda bisa tenggelam.

2. Pemandangan Indah di Rambut Monte

Selain disuguhkan dengan jernihnya air telaga yang ada di destinasi wisata satu ini, anda juga akan dibuat terkesima dengan penampakan dari panorama alam yang indah. Sebab, selain memiliki air yang berwarna biru jernih, di sekitar telaga juga terdapat hutan pinus yang berjajar. Pantulan dari pohon pinus di telaga tersebut akan menambah keindahan wisata ini.

Daya Tarik Dimiliki Rambut Monte Blitar
Image Credit: Google Maps Robertus Hari

3. Habitat Dari Ikan Purba

Keunikan dan daya tarik lain yang bisa anda jumpai di Rambut Monte adalah telaga ini ternyata menjadi habitat dari ikan purba yang langka. Bahkan masyarakat setempat pun percaya bahwa ikan satu ini merupakan jelmaan dari dewa karena dinilai cukup aneh dan unik. Ikan purba ini dijuluki oleh masyarakat setempat sebagai ikan sengkaring.

Ikan satu ini memiliki warna yakni abu abu kehitaman. Ciri ciri lainnya adalah sisiknya yang terbilang cukup tegas dengan kepala yang lebih besar dibandingkan dengan badannya. Untuk panjangnya sendiri yakni sekitar 30 cm dan di telaga ini diperkirakan memiliki jumlah yakni 100 ekor. Hal yang membuatnya unik adalah jumlahnya yang tidak pernah berkurang maupun bertambah.

4. Legenda Dari Masyarakat Setempat

Rambut Monte memiliki legenda dan mitos tersendiri bagi warga setempat. Salah satunya adalah karena keberadaan ikan purba. Banyak yang bilang jika ikan satu ini merupakan jelmaan dari dewa. Sehingga siapapun akan dilarang untuk menangkap dan juga mengonsumsi jenis ikan satu ini.

Sebab, katanya terdapat seseorang yang menangkap ikan tersebut dan membawanya pulang. Lalu pada perjalanan pulang, orang tersebut mengalami kecelakaan. Selain itu, ada pula kejadian dimana seseorang memasaknya. Namun ikan tersebut berubah menjadi minyak dan mengeluarkan darah dengan bau amis yang menyengat.

5. Asal Usul dari Rambut Monte

Perlu anda tahu jika dulunya telaga ini hanyalah sumber mata air kecil. Bahkan ikan purba atau ikan sengkaring yang ada disini hanyalah hidup dengan berputar putar di area yang kecil tersebut. Akan tetapi, berdasarkan ijin dari kepala Desa yakni Suratmin, maka sumber mata air tersebut diperlebar dan menjadi telaga.

Namun, dulunya tidak semua masyarakat desa bisa menikmati keindahan tersebut.. Hal ini dikarenakan pada jaman tersebut masih terjadi penjajahan Jepang yakni di tahun 1942. Meskipun begitu, telaga satu ini tetap dijaga dan dilestarikan. Bahkan mitos yang berkembang di masyarakat sendiri juga menjadi salah satu cara untuk melestarikan objek wisata satu ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Rambut Monte Blitar
Image Credit: Google Maps Syamsul Arifin

Jika anda tertarik mengunjungi destinasi wisata satu ini, maka anda bisa langsung saja datang ke Rambut Monte. Adapun lokasinya sendiri berada di kaki Gunung Kawi, Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Blitar. Apabila berangkat dari pusat kota Blitar, akan berjarak yakni sekitar 30 kilometer.

Sedangkan untuk rutenya sendiri, anda pun bisa mengikuti petunjuk papan jalan yang tersedia. Atau untuk lebih memudahkan anda, ada baiknya anda menempuhnya dengan menggunakan fitur dari peta digital. Dengan adanya fitur tersebut, perjalanan tentu saja akan lebih mudah. Anda bisa kesini menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Dimana anda bisa mengambil arah utara dari Pasar Wlingi. Selanjutnya, anda hanya perlu untuk mengikuti jalan utama menuju ke kota Batu. Barulah kemudian, anda bisa masuk ke Desa Krisik setelah melalui jembatan besar. Lalu, dari pintu masuk Desa Krisik tersebut, anda akan berjalan kurang lebih 2 km dan masuk ke gang menuju ke arah kanan,

Barulah kemudian, anda bisa mengambil arah menuju ke kiri untuk bisa sampai menuju ke Candi dan juga Telaga Rambut Monte. Namun, apabila anda datang kesini bersama dengan rombongan dan menggunakan bisa besar, ada baiknya anda bertanya kepada warga sekitar apakah memungkinkan jika bus besar bisa masuk ke dalamnya.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Tiket Rambut Monte Blitar
Image Credit: Google Maps abdul mbolang

Menghabiskan waktu di Rambut Monte, anda tak perlu khawatir akan biaya yang nantinya dikeluarkan. Hal ini dikarenakan keindahan dan pesona alam dari destinasi wisata satu ini bisa anda nikmati hanya dengan membayar biaya yang terjangkau. Pengunjung yang datang pun akan dikenakan tiket yang sama.

Walaupun anda mengunjunginya di hari libur ataupun hari biasa. Adapun tiket masuk yang bisa anda bayarkan adalah sekitar 5 ribu rupiah saja. sangat murah bukan? Dengan tarif yang sangat ramah di kantong tersebut, anda bisa datang kapan saja yang dimau tanpa perlu memikirkan urusan biaya.

Kemudian, mengenai jam operasional dari wisata ini, anda bisa datang mulai dari pagi hingga sore. Sebab, Rambut Monte buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Namun, biasanya jika pengunjung memiliki niat atau hajat tersendiri biasanya akan datang di luar jam operasional tersebut. Contohnya, orang orang yang ingin bersemedi atau bersembahyang.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Rambut Monte

Aktivitas Rambut Monte Blitar
Image Credit: Google Maps Bunga Asmara

1. Hunting Foto

Salah satu kegiatan yang bisa anda lakukan ketika berada di Rambut Monte adalah berfoto. Hal ini dikarenakan seperti yang telah dikatakan jika tempat wisata ini memang memiliki pemandangan yang menarik dan indah. Oleh karena itu, tak jarang wisatawan banyak yang datang untuk mengabadikan momen tersebut.

Ada beberapa spot yang bisa dijadikan untuk berfoto. Salah satunya adalah di danau yang memiliki air berwarna jernih tersebut. Dengan latar belakang berupa telaga yang indah tersebut memang menjadi hal yang sangat menakjubkan. Pastinya anda pun akan sangat puas berfoto di area tersebut.

2. Dulunya Sempat Menjadi Tempat Sembahyang

Telaga yang indah ini merupakan kawasan wisata cagar budaya. Dimana baru dibuka untuk umum yakni sekitar tahun 2000 silam. Dulunya, tempat wisata satu ini kerap kali digunakan sebagai tempat untuk sembahyang bagi masyarakat Hindu. Bahkan hal tersebut, konon katanya terjadi hingga sekarang.

Hal ini dikarenakan di dekat sumber air tersebut terdapat arca dengan tinggi kurang lebih yakni sekitar 1.5 meter dan berjarak yakni kurang lebih 300 meter dari sumber air. Namun, sayangnya dengan adanya lokasi arca tersebut memang sering disalahgunakan oleh masyarakat yang dengan melakukan berbagai macam semedi maupun ritual.

Tentu saja, ada penyebab akan hal tersebut. Pasalnya, beberapa orang meyakini bahwa lokasi ditemukannya arca tersebut memang dipercaya sebagai tempat untuk berkumpulnya para dewa dan juga para leluhur. Sehingga, tak jarang banyak yang mengharap berkah dan melakukan semedi di sekitar lokasi arca dan juga telaga yang indah tersebut.

Aktivitas Seru Rambut Monte Blitar
Image Credit: Google Maps yoyong rifqi

Itulah beberapa hal yang perlu anda tahu tentang Rambut Monte di Blitar. Destinasi wisata alam ini memang memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Terlepas dari cerita mistis dan legenda yang berkembang disini, telaga dengan air yang jernih ini bisa menjadi sarana untuk healing. Terutama bagi anda yang sedang mencari tempat berlibur yang sepi dan juga memiliki suasana yang tenang.