Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Gunung Picung, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Saat ini berlibur ke wisata alam yang memiliki spot foto menarik merupakan sebuah hal yang sedang naik daun, terlebih bagi remaja atau bagi mereka yang suka berburu foto instagramable untuk diposting di sosial media. Jika kamu ingin mencari tempat wisata alam seperti itu maka Ranggon Hills yang berlokasi di Bogor bisa menjadi saran yang tepat.

Tempat wisata hits tersebut memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa cantik dan oleh pengelolanya dibuatkan beberapa fasilitas tambahan seperti spot foto, arena bermain, dan masih banyak fasilitas penunjang lainnya. Alhasil banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke wisata cantik tersebut untuk menikmati waktu liburan mereka.

Bagi anda yang tertarik untuk berkunjung ke lokasi wisata menakjubkan ini bisa mengunjunginya setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. Jika anda tidak ingin terlalu banyak bertemu dengan wisatawan lain maka silahkan berkunjung saat weekday karena saat weekend Ranggon Hills di Bogor ini akan sangat ramai.

Daya Tarik yang Dimiliki Ranggon Hills

Daya Tarik Ranggon Hills
Image Credit: Google Maps lifa makarim

1. Panorama Alam

Daya tarik pertama yang dimiliki oleh Ranggon Hills adalah alam sekitarnya. Terdapat ribuan pohon yang membuat tempat wisata populer ini sangat cocok untuk melepaskan penat apalagi dengan udaranya yang sangat sejuk membuat perasaan tenang akan terasa begitu tiba di lokasi wisata cantik tersebut.

Tidak hanya memiliki banyak sekali pepohonan yang tumbuh di sekitar lokasi wisata, namun wisatawan juga dapat melihat pegunungan dan perumahan warga dari kejauhan. Hal tersebut membuat banyak orang akan betah berlama-lama saat berlibur disini.

2. Spot Foto

Beralih ke daya tarik berikutnya yaitu spot foto yang bisa dibilang sebagai salah satu alasan kenapa objek wisata alam ini begitu populer di kalangan wisatawan. Terdapat banyak sekali spot foto menarik yang bisa anda coba di Ranggon Hills, mulai dari alam, sarang burung raksasa, bulan sabit, bunga matahari, balon udara, ayunan, dan masih banyak spot menarik lainnya.

Anda juga bisa menyewa fotografer untuk mengambil foto anda dan hasilnya bisa langsung diminta. Untuk kualitas fotonya tidak usah diragukan lagi karena rata-rata fotografer yang bekerja di wisata populer ini sudah sering disewa oleh wisatawan lain jadi mereka pasti memiliki pengalaman dan kemampuan yang cukup untuk membuat anda terkesan.

3. Wahana Flying Fox

Selain memiliki spot foto yang begitu populer tempat wisata hits ini juga memiliki wahana Flying Fox yang digemari oleh wisatawan. Biasanya setelah puas berfoto dan berkeliling tempat wisata cantik asal Bogor tersebut, wisatawan akan berhenti di wahana Flying Fox kemudian menaikinya untuk merasakan sensasi terjun dari atas ketinggian.

Daya Tarik Dimiliki Ranggon Hills
Image Credit: Google Maps Iona Carina

4. Tempat yang Cocok untuk Melakukan Kegiatan Outbound

Mendekatkan diri dengan teman kuliah atau teman kantor biasanya dilakukan dengan membuat kegiatan outbound. Tujuannya adalah bermain sekaligus menjadi kenal dan dekat antara satu orang dan orang lainnya. Kebetulan di lokasi wisata alam Ranggon Hills memiliki sebuah lahan kosong yang sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat outbound.

5. Wisata Kuliner

Terdapat banyak warung makan yang bisa anda temui di dalam lokasi wisata cantik asal Bogor ini. Dari sekian banyaknya warung makan tersebut ada beberapa warung yang menawarkan makanan khas Bogor dan sekitarnya, maka dari itu jika berlibur kesini anda tidak hanya melakukan wisata alam namun bisa sekaligus melakukan wisata kuliner juga.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Ranggon Hills
Image Credit: Google Maps Usman Efendi

Lokasi dari Ranggon Hills berada di Kabupaten Bogor, Kecamatan Pamijahan, Provinsi Jawa Barat yang masih masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak atau TNGHS. Untuk rute perjalanan anda bisa memulainya dari Kebun Raya Bogor di Jl. Ir. H. Juanda menuju Jl. Empang.

Setelah itu dari Jl. Empang terus lurus sampai memasuki Jl. Kapten Maulana Yusuf dan masuk lagi ke Jl. Raya Ciapus kemudian tiba di Jl. Gn. Malang. Dari Gn. Malang anda akan menemukan pertigaan setelah Pondok Wijaya Wisata Bogor, disini silahkan belok kanan ke arah Jl. Curug Luhur kemudian belok kiri di Jl. Cikaret.

Terus ikuti Jl. Cikaret sampai memasuki Jl. Salak Highland lalu masuk lagi ke Jl. Curug Luhur Indah. Tetap di jalan tersebut sampai anda memasuki Jl. Gn. Bunder kemudian belok kiri lalu terus ikuti Jl. Gn. Bunder sampai menemukan lokasi wisata tujuan anda. Panjang rute perjalanan tersebut sekitar 27,8 km dengan lama perjalanan sekitar 1 jam 41 menit.

Harga Tiket Masuk Ranggon Hills

Harga Tiket Masuk Ranggon Hills
Image Credit: Google Maps 024_Terra Bumi Swari

Bagi anda yang ingin berlibur ke Ranggon Hills harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

Tiket tersebut belum termasuk beberapa fasilitas didalamnya yang harus dibayar jika digunakan. Sebut saja seperti Sepeda Gantung, Flying Fox, dan Karpet Terbang yang masing-masing memiliki harga tiket sebesar Rp 10.000 per orang.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Ranggon Hills

Kegiatan Menarik Ranggon Hills
Image Credit: Google Maps meilanisusiida

1. Menikmati Keindahan Alam

Kegiatan pertama yang dapat anda lakukan di lokasi wisata populer asal Bogor ini adalah menikmati keindahan alam sekitar. Dikarenakan wisata alam ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak membuat alamnya sangat kaya akan pepohonan hijau, dimana hal tersebut membuat wisatawan dapat bersantai sambil melepaskan penat.

Selain bisa digunakan untuk bersantai sambil melepaskan penat anda juga menyaksikan keindahan alam sekitar. Ribuan pohon hijau serta pegunungan dapat menjadi penyegar mata anda.

2. Berfoto di Ranggon Hills

Foto merupakan kegiatan wajib yang dapat anda lakukan di Ranggon Hills. Hal tersebut karena terdapat banyak sekali spot foto instagramable mulai dari yang gratis seperti sarang burung raksasa, ayunan, bulan sabit, taman bunga atau spot foto berbayar seperti sepeda gantung, dan karpet terbang.

Oleh karena itu, pastikan anda membawa kamera saat berlibur ke tempat wisata cantik ini. Pasalnya begitu memasuki gerbang utama jiwa narsis anda akan langsung bergejolak melihat begitu banyaknya spot foto menarik yang tersedia.

3. Bermain Flying Fox

Salah satu olahraga yang dapat anda lakukan di objek wisata hits ini adalah bermain Flying Fox. Olahraga tersebut akan membuat anda terjun dari atas ketinggian menggunakan katrol melewati tali yang diikat pada 2 penyangga.

Jarak Flying Fox tersebut juga cukup panjang jadi bisa membuat siapa saja yang meluncur akan berteriak sekencang-kencangnya. Namun begitu sampai di dasar anda akan tertawa karena merasa seru, olahraga ini cukup memacu adrenalin jadi pastikan menyiapkan diri anda dengan baik sebelum meluncur.

Kegiatan Menarik di Ranggon Hills
Image Credit: Google Maps Ranggon Hills

4. Melakukan Kegiatan Outbound

Kegiatan menarik berikutnya yang bisa anda lakukan di tempat wisata alam ini adalah outbound. Terdapat sebuah lahan kosong yang cukup luas, dimana lahan tersebut sering disewa oleh beberapa pihak untuk melakukan kegiatan outbound. Keseruan dan teriakan ketika melakukan outbound bersama rekan akan sangat terdengar.

5. Camping

Selain digunakan sebagai tempat outbound, ada beberapa wisatawan juga yang melakukan kegiatan camping lahan kosong yang ada di Ranggon Hills tersebut. Bagi anda yang menyukai kegiatan bermalam di alam bebas bisa mendirikan tenda anda di lokasi wisata menakjubkan asal Bogor ini.

6. Menikmati Waktu Kosong Bersama Keluarga

Tidak bisa dipungkiri jika target wisata dari objek wisata cantik asal Jawa Barat ini adalah kaum remaja atau bagi pasangan yang sedang dimabuk cinta. Meskipun begitu bagi anda yang memiliki keluarga kecil juga bisa mengunjungi lokasi wisata menakjubkan ini baik untuk menyenangkan pasangan anda atau bermain bersama anak anda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Bukit

Fasilitas Bukit Ranggon Hills
Image Credit: Google Maps JWP

1. Area Parkir Kendaraan

Fasilitas yang dimiliki oleh Ranggon Hills cukup lengkap, dengan area parkir kendaraan yang menjadi fasilitas pertama yang dapat anda jumpai. Area parkir tersebut terbilang luas mengingat tempat wisata alam ini sangat populer, bahkan area parkir kendaran tersebut dapat menampung berbagai kendaraan dari sepeda motor, mobil, bahkan bus pariwisata.

2. Toilet Umum

Namanya sebuah tempat wisata populer pasti memiliki toilet umum. Begitu juga dengan tempat wisata hits asal Bogor ini yang memiliki 2 jenis toilet umum yaitu toilet umum pria dan toilet umum wanita. Kedua jenis toilet umum tersebut sangat bersih jadi pastikan kebersihannya selalu terjaga agar pengguna selanjutnya setelah anda tetap merasa nyaman.

3. Tempat Duduk dan Gazebo

Fasilitas terakhir yang bisa kita bahas kali ini adalah tempat duduk dan gazebo (tempat duduk yang memiliki atap). Sepanjang area wisata kekinian ini anda bisa menemukan banyak sekali tempat duduk dan gazebo yang dapat digunakan untuk duduk sambil menikmati alam sekitar atau bersantai sembari melepaskan penat.

Demikian review singkat mengenai salah satu tempat wisata populer asal Bogor, Jawa Barat tersebut yang saat ini sedang begitu viral di sosial media berkat foto-foto instagramablenya. Ranggon Hills memang sangat viral terlebih dikalangan muda-mudi, maka dari itu anda wajib mengunjungi lokasi wisata alam cantik ini untuk berburu foto-foto menarik.