Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Mandurono, Watesnegoro, Kec. Ngoro, Kab. Mojokerto, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Mengenal wisata alam yang ada di Jawa Timur memang banyak macamnya. Apalagi kini hadir wisata alam baru di Mojokerto dengan keeksotisannya. Ranu Manduro dengan kecantikan alamnya menawarkan pesona alam bernuansa luar negeri. Yaitu panorama alam yang sangat indah bak wisata alam di Selandia Baru atau New Zealand

Tentu saja, banyaknya pengunjung yang tertarik untuk mengunjungi wisata alam eksotis ini langsung memuncak ketika baru saja disiarkan. Keelokan Ranu Manduro bahkan tak kalah saing dari tempat wisata Ranu Kumbolo yang hanya bisa anda tempuh melewati jalur pendakian Gunung Semeru. Yuk intip informasi lengkapnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Ranu Manduro

Daya Tarik Ranu Manduro
Image Credit: Google Maps Yunia Mufattiro

1. Pemandangan Alam Yang Indah

Karena dikenalkan sebagai jenis wisata alam yang eksotis, pemandangan alam yang indah menjadi daya tarik utama yang banyak diminati. Wisata alam ini menunjukkan hamparan rumput hijau yang luas berbentuk cekungan karena dulunya dimanfaatkan sebagai tempat galian tambang C. Tentunya, kondisi dataran yang tidak rata membuat wisata alam ini semakin eksotis.

Setiap orang yang mendatangi hamparan rumput luas bekas galian ini pasti akan terpana dan merasa takjub akan keelokannya. Apalagi Ranu Manduro dikelilingi oleh deretan perbukitan dan pegunungan yang berjajar di sekitarnya. Dengan demikian, anda dapat menangkap perpaduan landscape pemandangan paling istimewa.

2. Memiliki Spot Foto Ciamik

Dewasa ini, banyak orang yang ingin berburu foto setiap kali pergi ke suatu tempat. Tak ayal jika kamera menjadi alat yang tidak boleh dilewatkan karena anda bisa mengambil sudut atau angle tertentu untuk mendapatkan foto ciamik. Para pemula hingga fotografer profesional pun banyak mengunjungi tempat-tempat tertentu untuk mendapatkan gambar yang indah nan sempurna.

Tentu saja, Ranu Manduro sebagai objek wisata alam dengan pesonanya memiliki daya tarik tersebut. Berbagai objek tempat yang ada di wisata alam ini bahkan bisa menjadi spot antic untuk mendapatkan foto ciamik. Misalnya saja padang rumput yang mempesona, bebatuan, danau kecil dan lainnya. Apalagi tempat wisata ini mampu memotret sudut kawasan Mojokerto dengan sangat jelas.

Lebih dari itu, hamparan Gunung Penanggungan yang tampak jelas ketika anda mengunjungi wisata alam ini bahkan menjadi salah satu background alam paling menawan. Dimana anda bisa memadukan hamparan rumput, pepohonan, batuan, gunung dan keindahan langit dengan pose paling istimewa yang bisa ditunjukkan.

3. Suasana Tempat Yang Asri Dan Sejuk

Banyaknya tuntutan pekerjaan yang semakin menumpuk seringkali membuat banyak orang ingin melakukan healing atau pergi berlibur. Tempat wisata alam bahkan menjadi destinasi yang banyak dilirik karena memiliki suasana yang menyenangkan. Terlebih lagi udara sejuk dan asri dapat membuat otak yang mulai panas dan jenuh menjadi segar kembali.

Karena kondisi tersebut, tak ayal jika Ranu Manduro menjadi salah satu wisata alam terbaik yang wajib dikunjungi. Hamparan rumput hijau berpadu dengan pegunungan membuat tempat ini memiliki hembusan angin sepoi-sepoi. Dengan demikian, banyak orang yang datang ke wisata alam ini untuk sekedar menikmati suasana tempat, berburu foto dan melakukan aktivitas lainnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Ranu Manduro
Image Credit: Google Maps wiga sesa

Karena lokasi Ranu Manduro di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, wisata alam ini bisa diakses oleh berbagai wisatawan dari luar daerah. Kendaraan umum seperti pesawat, bus atau kereta pun bisa ditempuh untuk tiba di Kabupaten Mojokerto. Kemudian, lanjutkan perjalanan untuk mengunjungi Desa Mandurono, Ngoro, Mojokerto.

Lokasi Kota Mojokerto hingga ke Ranu Manduro membutuhkan jarak tempuh sekitar 30 km, yaitu membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan kecepatan rata-rata. Disini anda disarankan untuk menyewa kendaraan mobil atau motor pun membawa kendaraan pribadi karena wisata alam ini tidak dilewati oleh jalur kendaraan umum.

Rute perjalanan yang dilakukan dari Kota Mojokerto perlu ditempuh menuju Kecamatan Ngoro bagian kawasan industri. Selanjutnya, anda perlu mengambil jalur ke arah Pasuruan lalu belok kiri dan dilanjutkan belok kanan hingga memasuki daerah Mojosari. Ikutilah jalur yang disediakan hingga sampai ke Desa Manduro.

Lokasi Ranu Manduro pada dasarnya tidak terlalu jauh dari gapura desa. Meski demikian, anda disarankan untuk bertanya kepada warga karena wisata alam ini harus ditempuh melalui medan berliku dan gang kecil. Namun anda tidak perlu khawatir karena pintu masuk wisata alam ini sudah dikelola oleh penduduk setempat yang ditunjukkan dengan ketersediaan posko.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Ranu Manduro
Image Credit: Google Maps Reza Priyagung

Harga tiket untuk retribusi para pengunjung pada dasarnya belum diberlakukan karena Ranu Manduro termasuk wisata alam yang masih baru. Meski demikian, pengunjung yang mengunjungi wisata alam ini diperkenankan untuk membayar biaya parkir Rp5 ribu untuk setiap kendaraan. Hal ini tentu sangat menguntungkan pengunjung karena bisa bebas melakukan berbagai aktivitas.

Begitu pula, tempat wisata ini belum memberlakukan jam operasional buka tutup sesuai aturan. Namun anda sangat disarankan untuk melakukan kunjungan sebelum petang guna menghindari berbagai risiko yang tidak diharapkan. Apalagi lokasi dataran yang cenderung bergelombang, berlumpur dan melalui gang kecil cukup berbahaya jika dikunjungi ketika musim hujan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Ranu Manduro

Kegiatan Menarik Ranu Manduro
Image Credit: Google Maps Ahmad Hanafi

1. Berburu Foto

Ranu Manduro yang berhias keindahan alam layaknya New Zealand memang sangat tepat jika digunakan untuk berburu foto ciamik. Lazimnya, tempat ini memiliki berbagai spot dan sudut paling indah yang terbuat secara alami. Dengan demikian, anda bisa mendapatkan foto-foto paling instagramable untuk diunggah di media sosial.

Anda bahkan bisa menggunakan sudut hamparan rumput, di atas bebatuan, ditengah-tengah pegunungan atau perbukitan hingga berbagai pilihan spot menarik lainnya. Disini anda juga bisa berpose dengan cara menyesuaikan lokasi tempat untuk mendapatkan hasil paling menawan dan sempurna. Yang terpenting anda masih berbuat sepantasnya sehingga tidak terjadi risiko yang berbahaya.

2. Piknik di Ranu Manduro

Lokasi tempat wisata yang dihiasi dengan hamparan rumput dan pemandangan bukit atau pegunungan di sekitarnya sangat cocok digunakan untuk piknik. Dimana paduan suasana yang sangat menyenangkan dan sejuk dapat digunakan untuk short escape atau melepas penat dari rutinitas aktivitas yang biasanya dilakukan.

Tentu saja, anda bisa mengajak teman, pasangan atau keluarga pergi piknik di lokasi wisata alam ini dengan membawa perlengkapan dan beberapa makanan atau minuman. Lazimnya, karena lokasi wisata alam yang masih baru ini belum menyediakan fasilitas makanan yang bisa anda beli.

Meski demikian, bawaan seadanya untuk dinikmati di Ranu Manduro cukup digunakan untuk pergi berpiknik. Anda bahkan bisa bercerita atau berbincang sembari makan untuk merasakan sensasi kenikmatan yang tidak bisa didapatkan dari tempat lain. Namun jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lokasi wisata ini.

Kegiatan Menarik di Ranu Manduro
Image Credit: Google Maps Adi RH

3. Bermain Air

Jika dilihat secara seksama, anda akan mengamati hamparan padang rumput luas menghiasi wisata alam indah nan eksotis ini. Meski demikian, hamparan rumput yang lebih cekung akan terisi air ketika hujan. Hal ini tentu akan membentuk sebuah danau yang luas dan megah karena berhias panorama pegunungan dan perbukitan layaknya Ranu Kumbolo.

Karena kondisi tersebut, tak ayal jika Ranu Manduro cocok sebagai tempat untuk bermain air. Keberadaan air jernih yang menggenangi wisata alam ini dijamin tidak akan menyebabkan penyakit kulit. Meski demikian, anda perlu berhati-hati ketika bermain air karena kubangan yang ada di lokasi ini pada awalnya merupakan lokasi bahan galian tambang C.

4. Menunggu Sunset

Meskipun anda tidak disarankan untuk mengunjungi wisata alam ini ketika gelap, menunggu sunset sebelum pulang pengalaman yang menyenangkan. Disini anda bisa mengamati indahnya pemandangan pegunungan berhias langit orange. Apalagi nuansa ini biasanya akan dilengkapi dengan hadirnya bentuk awan yang unik dan keberadaan burung-burung bermigrasi.

Pancaran sunset yang banyak dinantikan di penghujung hari dijamin menjadi pemandangan indah yang sangat sayang untuk dilewatkan. Anda bahkan bisa mengabadikan momen tersebut dengan mengambil beberapa foto pemandangan saja maupun menghadirkan siluet bayangan agar gambar semakin terlihat sempurna.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Ranu Manduro
Image Credit: Google Maps Elha Ayu Alinda

1. Tempat Parkir

Wisata alam yang cenderung baru memang belum banyak didukulang dengan penyediaan fasilitas. Meski demikian, tempat parkir yang luas menjadi fasilitas utama yang bisa anda dapatkan ketika mengunjungi Ranu Manduro. Terlebih lagi pemandangan alam yang sangat eksotis membuat wisata alam ini menarik banyak pengunjung.

Anda bahkan hanya perlu membayar biaya parkir saja ketika mengunjungi wisata indah ini lalu bebas beraktivitas sesuai dengan rencana yang sudah dilakukan. Tentunya, penjagaan parkir yang aman bisa dipercaya dengan baik. Sehingga tidak akan terjadi berbagai hal yang mencurigakan dan merugikan selama mengunjungi wisata alam ini.

2. Posko Informasi

Ranu Manduro juga telah didukung oleh posko yang menjadi pintu masuk dan keluar sekaligus pusat informasi. Dimana anda bisa mengulik berbagai informasi jika masih penasaran terkait wisata alam ini. Pengelolaan yang dilakukan oleh penduduk setempat dijamin bisa memberikan banyak informasi secara akurat sesuai kebutuhan anda.

Jika dijabarkan, posko yang terletak di penghujung pintu masuk dan keluar bisa menjadi detail lokasi untuk menanyakan posisi sudut terbaik untuk melakukan berbagai aktivitas. Terlebih lagi jika anda adalah seorang fotografer terkenal yang ingin mengabadikan setiap sudut tempat karena keindahannya.

3. Toilet

Sebagai fasilitas yang tidak boleh dilewatkan, toilet sudah tersedia di wisata alam Ranu Manduro. Dimana toilet tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas lengkap sehingga bisa digunakan sebagaimana mestinya. Terdapat bak berisi air, gayung, kaca, sabun dan lainnya. Bahkan, toilet ini bisa digunakan sebagai kamar mandi dan MCK sekaligus.

Anda bahkan tidak perlu khawatir jika hendak memasuki toilet karena kebersihannya sudah terjaga. Meski demikian, anda sebagai pengunjung yang menggunakan fasilitas ini wajib membantu untuk menjaga kebersihannya. Hal ini bertujuan agar toilet tidak terlihat kotor dan mengganggu kenyamanan pengunjung lainnya.

Sayangnya, fasilitas toilet yang disediakan di wisata alam ini jumlahnya terbatas. Fasilitas toilet bahkan hanya disediakan di dekat area parkir. Dengan demikian, anda sebaiknya memperhatikan lokasi ini ketika hendak melakukan berbagai aktivitas agar tidak merasa capek dan karena luasnya lokasi wisata.

Meski baru, Ranu Manduro termasuk wisata alam yang banyak diminati di Mojokerto. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keelokan wisata alam yang menyerupai New Zealand. Untuk itu, jangan lupa bawa ponsel yang dilengkapi kamera agar tidak melewatkan setiap momen menarik. Jangan lupa memperhatikan protokol kesehatan saat berlibur di masa pandemi.

REKOMENDASI DESTINASI