Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Puncak Gadog, Tugu Selatan, Kec. Cisarua, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Bogor dan sekitarnya tidak pernah mengecewakan perihal alternatif wisata alam. Saat mengunjungi wilayah ini, Anda bisa menemukan ragam pilihan perjalanan yang menggembirakan. Terutama bila menjelajahi kawasan Puncak, segala bentuk pesona alam akan memanjakan kebutuhan visual dan memuaskan hati.

Apakah itu air terjun, perkebunan teh, areal persawahan, atau pepohonan pinus, ada begitu banyak objek wisata yang siap menyambut para wisatawan dari berbagai penjuru. Tidak heran, Bogor kerap dijadikan sebagai referensi liburan bagi masyarakat di Jabodetabek. Sabut saja Riung Gunung, tempat di mana warna hijau adalah dominasi utama.

Ikon pada wisata cantik ini merupakan perkebunan teh yang mengisi setiap sudutnya. Ke mana pun Anda menoleh, warna hijau akan memantul dalam pandangan. Barangkali memang bukan satu-satunya destinasi berbasis kebun teh, tetapi tentunya ada fenomena berbeda yang dapat Anda rasakan selama berlibur di sini.

Daya Tarik yang Dimiliki Riung Gunung

Daya Tarik Riung Gunung
Image Credit: Google Maps Muhammad Zulfahmi

1. Kebun Teh

Tidak mungkin untuk melewatkan area perkebunan teh sebagai daya tarik utama ketika mengunjungi Riung Gunung. Membentang di atas ketinggian 1500 mdpl, tempat cantik ini menawarkan perbukitan yang terbalut dalam udara dingin.

Dengan adanya kebun teh yang luas, pengunjung tidak hanya bisa menikmati sajian pemandangan luar biasa, melainkan pula melihat proses langsung pembuatan minuman favorit banyak orang ini. Kapan lagi Anda memiliki kesempatan melihat proses pengolahan teh langsung dari sumbernya?

Bagi wisatawan dengan keluarga kecil, kegiatan mengunjungi Taman Riung Gunung bisa jadi sarana edukasi bagi anak-anak. Sebagai tips tambahan, mintalah anak membawa buku catatan kecil atau alat perekam jika dimungkinkan agar bisa mengabadikan pemahamannya ketika berlibur ke sini.

Bukan hanya itu, Anda dan keluarga juga bisa keliling melintasi areal perkebunan bersama dengan pengunjung lain. Kegiatan semacam ini biasanya dikenal dengan istilah tea walk, di mana wisatawan akan dituntun menjelajahi kebun teh sambil dipandu oleh salah seorang guide sekaligus mendengarkan penjelasan yang ekuivalen darinya.

Menariknya, pengunjung dimungkinkan memilih rute tea walk mereka sendiri tanpa intervensi dari petugas. Hanya saja, jika Anda ingin meminta rekomendasi, maka itu tidak akan jadi masalah. Lebih jauh, proses perjalanan Anda sangat mungkin untuk tidak didampingi oleh pemandu bila memang tidak menginginkannya.

Bisa dibilang, objek wisata berbasis perkebunan ini memiliki tingkat fleksibilitas yang membuat para pelancong nyaman. Tak banyak aturan yang mengikat, di mana Anda diberikan kebebasan mengeksplorasi dan berekspresi.

Namun, tentu saja, bukan berarti dapat dengan bebas merusak penataan alam yang telah ada. Jadi, walaupun destinasinya cenderung fleksibel, Anda tetap harus menjaga agar suasananya kondusif dan menghindari perilaku merugikan.

2. Kolam Renang

Tidakah mandi di antara kepungan kebun teh terdengar mengasyikkan? Saat berkunjung ke Riung Gunung, Anda dimungkinkan untuk merasakan langsung sensasi bermain air di kolam yang airnya bersumber dari pegunungan.

Kondisi airnya jernih dan alami yang diambil langsung dari sumber mata air di gunung terdekat. Jangan heran saat wisatawan berlomba-lomba menceburkan diri mereka ke dalam air, suasananya tetap terjaga dan membuat nyaman.

Belum lagi, pemandangan indah yang dapat dinikmati selama bermain di kolam. Dari pohon-pohon yang tinggi menjulang, terasering kebun teh, juga bebatuan hiasan berbagai ukuran di sekitarnya.

Dalam artian sederhana, kolam renang merupakan fasilitas yang didesain untuk bersantai setelah lelah berkeliling selama beberapa waktu. Bayangkan, Anda melompat ke air usai berkeringat sehabis mengitari kebun teh. Bukankah ini akan terasa amat menyegarkan?

Atas dasar itu, jangan sampai Anda melewatkan ikon pemandian ini ketika berkunjung. Sebaiknya bawalah pakaian ganti sedari rumah, lalu ambil space khusus di dalam kolam, dan nikmati sensasi serunya.

Pada waktu yang sama, Anda bahkan bisa memanfaatkan kesempatan tersebut guna mengajari si kecil berenang atau sekadar menemani kesenangannya. Bagaimanapun, anak-anak kerap menyukai aktivitas di air, jadi mereka pasti akan riang gembira!

Daya Tarik di Riung Gunung
Image Credit: Google Maps Dani rahma

3. Terapi Ikan di Riung Gunung

Apakah Anda pernah mendengar istilah terapi ikan? Ini merupakan salah satu wahana yang banyak diminati oleh pengunjung ketika mampir ke sini. Terutama mereka yang berusia lanjut, terapi ikan akan menghadirkan sensasi seru tak terlupakan dan terasa unik.

Pasalnya, pengunjung akan diminta memasukkan kaki ke dalam kolam berisi ikan-ikan kecil, kemudian biarkan kawanan hewan tersebut menggigit Anda. Tidak perlu berpikir secara berlebihan karena gigitannya cenderung lemah sehingga tidak akan menimbulkan luka.

Justru sebaliknya, yang terasa adalah sensasi menggelitik saat puluhan ikan kecil menghampiri kaki Anda. Inilah alasan mengapa terapi ikan menjadi ikon favorit, selain unik, itu juga memicu rasa penasaran.

4. Menemani Anak di Playground

Secara khusus, pihak pengelola Riung Gunung Bogor menyediakan playground untuk pengunjung berusia muda atau anak kecil. Bagi wisatawan keluarga, alternatif ini cukup membantu dalam upaya menenangkan buah hati agar tidak rewel.

Namun demikian, ada banyak wisatawan lain yang juga memanfaatkan playground untuk mengisi waktu ketika berada di destinasi eksotis ini. Akibatnya, kondisinya cukup heboh dan sering kali anak-anak bermain tanpa melihat situasi asal menyenangkan. Maka dari itu, orang tua harus tetap waspada ketika berada di wahana semacam ini.

Terutama ketika anak sedang berada dalam usia teraktifnya, sangat penting untuk senantiasa mengawasi setiap gerakannya. Oleh karena itu, jikapun Anda tidak bisa menemani bermain sepenuhnya, alangkah baiknya agar tetap mengawasi dan tidak melepaskan pandangan sewaktu anak asyik menghabiskan waktu.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Riung Gunung
Image Credit: Google Maps pram aje

Sejauh 30 km dari pusat Kota Bogor, Anda bisa menembus kemacetan jalan raya menuju Kecamatan Cisarua di Desa Tugu Selatan. Riung Gunung Bogor biasanya membutuhkan waktu minimal 1,5 jam dari area perkotaan di sekitarnya agar bisa tiba dengan selamat.

Kondisi demikian sebenarnya tidak terlalu mengherankan mengingat lokasinya ada di kawasan wisata Puncak. Bahkan, Anda akan menemukannya di Tepi Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, terpisah sekitar 3 km dengan pintu masuk Taman Safari Indonesia apabila Anda mengambil rute dari arah Jakarta.

Meskipun banyak pilihan kendaraan dan jalur yang mudah dilintasi, menembus kemacetan tentu cenderung membosankan. Oleh karena itu, disarankan untuk mempersiapkan hal-hal penghibur seperti musik atau camilan untuk membunuh waktu selama berada di perjalanan. Bahkan, jika memungkinkan, disarankan bepergian di luar hari libur nasional atau akhir pekan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Riung Gunung
Image Credit: Google Maps David Christiawan

Bagi retribusi masuk ke area wisata Riung Gunung sendiri, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 10.000 dan ini belum include wahananya. Dengan kata lain, pengunjung masih harus menambah pengeluaran jika hendak mencoba ragam permainan yang ditawarkan di sini.

Sebagai contoh, jika Anda ingin berkemah maka akan dikenakan biaya tiket tambahan senilai Rp 25.000. Adapun jam operasionalnya dibagi menjadi dua kluster, pukul 07.00 sampai 17.00 WIB bagi area wisata, sementara camping terbuka selama 24 jam penuh setiap harinya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Riung Gunung

Kegiatan Menarik Riung Gunung
Image Credit: Google Maps Aldo Rossadinov

1. Mencari Kuliner di Tepi Jalan

Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Riung Gunung dan melewatkan agenda mencicipi kuliner lezat di pinggir jalan. Meskipun masakannya cenderung mempunyai cita rasa nasional, tetapi tentu saja, suasana di sekitarnya yang berhasil menciptakan sensasi seru di hati pengunjung.

Bayangkan Anda mampir ke pinggir jalan, lalu menyantap satu mangkuk bakso atau satu porsi jagung bakar sambil melihat-lihat pemandangan yang ada. Jajaran pepohonan dan hamparan kebun teh tampak di ujung mata sehingga membuat cita rasa yang semula biasa menjadi lebih luar biasa.

2. Menginap Menikmati Suasana

Bermalam di kawasan estetis Riung Gunung ini bukanlah hal baru dan umum menjadi pilihan liburan para wisatawan dari berbagai penjuru. Jika Anda hendak menghabiskan waktu lebih lama dan berkesan, sebaiknya ambil kesempatan menginap barang satu malam saja.

Pilihan penginapan yang tersedia ada banyak, baik itu disediakan oleh pihak pengelola atau dalam bentuk kemah di area terpisah. Pengunjung dapat dengan bebas memilih sesuai preferensi pribadi, terlebih lagi biayanya pun tidak begitu mahal.

Saat malam tiba, Anda bisa tetap berkeliling di sekitar kawasan, mencari kuliner atau membuat barbeku bersama rombongan di vila yang telah disewa. Selanjutnya, ketika pagi menjelang, bangun lebih awal agar bisa menyaksikan matahari terbit di antara lanskap pegunungan dan rimbunnya pepohonan.

Menariknya lagi, penginapan di kawasan eksotis ini bisa disewa mulai dari harga Rp100.000-an, relatif terjangkau bukan? Hanya saja, jika ingin merasakan sensasi menyatu dengan alam di Riung Gunung Bogor, lebih disarankan menginap di perkemahan bersama orang-orang terdekat.

Sejalan dengan hal itu, Anda pun bisa mengusulkan agar dilakukan suatu permainan agar suasananya tidak mati dan lebih menggembirakan. Pada dasarnya, datang ke sini memang untuk tujuan bersenang-senang sebelum kembali memulai aktivitas kerja yang padat.

3. Mencoba Flying Fox

Apakah Anda suka melihat pemandangan dari posisi yang lebih tinggi? Jika tea walk kurang menantang untuk dilaksanakan di Riung Gunung, Anda dapat mencoba menumpang flying fox sehingga pemandangan yang tampak akan jauh lebih memukau.

Flying fox, bagaimanapun, didesain bagi orang-orang yang ingin merasakan sensasi seperti terbang dan pastinya tidak takut ketinggian. Barangkali Anda termasuk salah satunya, jadi jangan ragu untuk menyisihkan uang agar dapat menjelajah secara singkat menggunakan wahana pemicu adrenalin ini.

Sayangnya, kekurangan flying fox adalah Anda akan kesulitan menikmati keindahan alam karena wahananya biasanya cenderung bergerak sangat cepat. Alih-alih melihat pemandangan dengan khidmat, yang terjadi justru lelah berteriak.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Riung Gunung
Image Credit: Google Maps Panji Purwoatmojo

Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola Riung Gunung tentu tidak perlu diragukan lagi kelengkapannya. Sebagai objek wisata alam yang menarik minat banyak pelancong, tentunya banyak hal bisa Anda temukan ketika berkunjung ke sini.

Bagaimanapun, popularitas sering kali sejalan dengan fasilitas mumpuni, terutama ketika lokasinya ada di sekitar metropolitan. Apakah Anda ingin menyempatkan diri salat di musala, mencari makanan di restoran atau pinggir jalan, dan bahkan menuntaskan rutinitas harian di toilet, semuanya bisa dilakukan dengan mudah. Jadi, tak perlu merasa was-was akan kesulitan bila mampir ke kawasan Puncak ini.

Pada dasarnya, ragam kebutuhan pengunjung siap diakomodir dengan baik. Termasuk saat Anda ingin menginap dan menikmati suasana hingga malam tiba, itu bisa saja diwujudkan dengan tarif bersahabat.

Riung Gunung adalah opsi tepat saat ingin menghirup udara segar khas dataran tinggi Cisarua Bogor. Dari wahana, tarif retribusi, hingga pilihan hiburan, semuanya cocok untuk berbagai kalangan.

REKOMENDASI DESTINASI