Rowo Bayu Banyuwangi, Objek Wisata Hits yang Terkenal Dengan Kisah Mistisnya

Rowo Bayu Banyuwangi

Rowo Bayu salah satu wisata alam yang hits di Banyuwangi dengan pesonanya dan juga cerita mistis dibalik keindahannya. Rawa Bayu menawarkan pemandangan indah Gunung Raung, petilasan Prabu Tawang Alun dan banyak spot foto keren.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kentangan, Bayu, Kec. Songgon, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Banyak wisatawan yang mengunjungi Banyuwangi lantaran keindahan Kawah Ijen dan Baluran saja. Namun, di kota ini terdapat salah satu wisata yang memiliki potensi alam menjanjikan dan panorama yang sangat memukau. Rowo Bayu Banyuwangi merupakan salah satu destinasi yang bisa anda kunjungi ketika bosan dengan wisata yang itu itu saja.

Daya Tarik yang Ditawarkan Rowo Bayu

Daya Tarik Rowo Bayu

Image Credit: Google Maps (Danu Masrifuddin)

Wisata Rawa Bayu merupakan salah satu destinasi berupa rawa yang berada di lereng Gunung Raung di Banyuwangi. Lokasi satu ini berada di dalam kawasan hutan lindung. Sehingga, bagi anda yang mengunjunginya maka suasana alam yang masih asri dan juga hawa sejuk akan menjadi hal yang anda dapatkan.

Udara yang sehat tersebut akan bisa anda dapatkan kapanpun. Baik pada pagi hari maupun sore hari. Selain itu, keramahan warga sekitar menjadi daya tarik tersendiri yang bisa anda dapatkan ketika berada di lokasi ini. Banyuwangi memang dikenal oleh banyak turis lokal dan mancanegara, sehingga ketika berada disini anda juga bisa untuk menemukan wisatawan dari berbagai daerah.

Saat memasuki rawa ini, anda akan disambut dengan banyak pepohonan rindang nan asri. Banyak orang menyebutnya dengan hutan sehingga tak mengherankan anda akan bisa menemukan banyak sekali binatang dengan populasi yang terbilang cukup banyak. Selain itu, keunikan lain juga bisa anda temukan disini.

Daya Tarik dari Rowo Bayu

Image Credit: Google Maps (Sobat Semanggi)

Salah satunya adalah terdapat sebuah pohon yang memiliki usia ratusan tahun bisa anda temui di lokaso satu ini. Dan pohon tersebut masih hidup hingga sekarang. Untuk lokasinya sendiri yakni berada di atas bukit. Anda juga akan menemukan hal nik lain saat berada disini yakni saat anda memasuki kawasan petilasan prabu tawang alun.

Sebab, memasuki area ini para wisatawan diharuskan untuk membersihkan diri terlebih dahulu. Anda nantinya akan membasuh bagian tubuh anda pada sebuah air suci yang berada di sekitar. Bahkan bagi pengunjung yang ingin meminumnya pun juga diperbolehkan. Akan tetapi, anda tak bisa meminumnya dengan menggunakan tangan.

Selain itu, anda juga akan menemukan bangunan tua di kawasan wisata ini. warga sekitar kerap kali menyebutnya dengan situs atau pura. Dimana masyarakat Hindu juga kerap kali menggunakannya sebagai tempat untuk berdoa. Pura satu ini dapat anda temukan yakni di sekitar Kecamatan Songgon.

BACA JUGA:  11 Minuman & Makanan Khas Blitar yang Wajib Anda Coba

Alamat & Rute Menuju Lokasi Wisata Rawa Bayu

Alamat Wisata Rawa Bayu

Image Credit: Facebook.com @konidinara.cerry

Saat anda ingin mengunjungi lokasi satu ini, maka anda perlu untuk melakukan perjalanan yakni menuju ke dusun Sembung Rejo yang berada di Desa Bayu. Lebih tepatnya yakni berada di Kecamatan Songgon Banyuwangi. Untuk menempuh perjalanan kesini, anda bisa melewati beberapa rute jalan.

Sebab, letak desa satu ini sendiri tidak terlalu jauh dari pusat kota Banyuwangi. Apabila anda menempuh perjalanan dari Kecamatan Genteng, maka anda pun bisa untuk mengikuti Jalan Hasyim Ashari. Selanjutnya, perjalanan akan dilanjutkan dengan menuju ke arah Pasar Hewan Genteng.

Kemudian, anda pun akan menemukan Stasiun Temuguruh. Lanjutkan perjalanan hingga menemukan Pasar Gendoh. Sehabis melewati pasar ini, anda pun akan bertemu dengan pertigaan jalan dan mengambil lajur untuk belok ke kiri yakni menuju ke Jalan Aruji Kartawinata. Ketika anda sampai disini, maka perjalanan pun sudah cukup dekat.

Apabila anda masih bingung, maka warga sekitar yang ramah bisa menjadi petunjuk alami. Untuk itu, anda jangan ragu untuk bertanya kepada masyarakat yang anda temui jika masih bingung mengunjungi daerah Rowo Bayu. Namun, ketika anda berangkat melalui pusat kota Banyuwangi maka anda pun bisa menempuhnya dengan sangat mudah.

Pasalnya, anda hanya perlu untuk mengikuti petunjuk yang telah tersedia oleh Dinas Perhubungan. Anda bisa menempuh perjalanan hingga memasuki kawasan Kecamatan Songgon. Namun, apabila anda masih bingung maka anda bisa menggunakan peta digital yang ada di smartphone anda. Dengan begitu, anda pun bisa menemukan Rowo Bayu ini.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Rowo Bayu

Jam Buka Rowo Bayu

Image Credit: Google Maps (Ika Wahyu Sugiharto)

Ketika anda tertarik untuk mengunjungi lokasi satu ini, wisata Rowo Bayu tidak memiliki jam buka yang signifikan. Namun, biasanya banyak pengunjung yang datang di siang dan sore hari. Bahkan sore hari menjadi waktu favorit bagi para pengunjung. Sebab, cuacanya yang tidak terlalu panas sangat pas digunakan untuk berjalan jalan.

Sedangkan untuk tiket masuk pun juga tidak ada ketika anda mengunjungi wisata satu ini. Sebab, anda bisa datang setiap hari tanpa dikenakan biaya atau secara gratis. Sehingga, wisata satu ini dapat menjadi lokasi yang pas ketika anda ingin menikmati udara yang sejuk dan juga pemandangan indah saat akhir bulan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Rowo Bayu

Kegiatan di Rowo Bayu

Image Credit: Google Maps (Sulistiono Sulistiono)

1. Melihat Keindahan Candi Puncak Angklung Macan Putih

Berwisata di lokasi satu ini, anda pun akan bisa melihat salah satu candi yang sarat akan kisah mistis di dalamnya. Pasalnya, tempat ini dipercaya sebagai salah satu tempat bersemayamnya leluhur yang menjaga wilayah Rawa Bayu Banyuwangi. Tak hanya itu saja, Candi Puncak Angklung Macan Putih ini juga menjadi tempat prabu Tawang alun bertemu dengan sosok harimau putih.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Sidoarjo Terbaru & Terhits Dikunjungi

Untuk anda yang memiliki kepekaan, maka anda pun akan merasakan bahwa pada area ini terdapat energi sangat positif yang terpancar. Sebab, di lokasi ini merupakan salah satu tempat dimana para leluhur berada. Banyak yang mengatakan bahwa disini terdapat gerbang ghaib yang dipercaya menuju ke alas Purwo Banyuwangi.

2. Memasuki Kawasan Petilasan Prabu Tawang Alun

Saat anda ingin memasuki kawasan petilasan Prabu Tawang Alun, maka pengunjung biasanya akan diharuskan untuk membersihkan diri terlebih dahulu di mata air Kamulyan. Disini, anda pun akan bisa menemukan tiga sumber mata air yang mengalir ke arah Rawa Bayu. Adapun ketiga sumber tersebut adalah Sumber Kamulyan, Sumber Wigangga dan juga Sumber Kaputren.

Untuk umat Hindu sendiri lokasi satu ini merupakan salah satu tempat yang sangat sakral. Sebab, tempat ini kerap kali digunakan untuk sembayang dan juga bersemedi. Lengkap dengan adanya tempat untuk bersuci yakni kamar mandi yang berguna untuk pengunjung yang ingin beribadah.

Namun ada keunikan tersendiri yang perlu anda ketahui ketika ingin meminum air yang berasal dari mata air. Yakni pengunjung harus mengkonsumsinya secara langsung dan tidak boleh menggunakan tangan. Hal tersebut dikarenakan akan mempengaruhi dan terkontaminasi dari kotoran yang ada di tangan.

3. Mengunjungi Sendang Keramat yang Ada di Rowo Bayu

Selain mengunjungi jejak petilasan, maka anda juga bisa mampir ke kawasan sendang yang memiliki khasiat bagi tubuh. Sebab, sendang yang ada disini diyakini sebagai salah satu mata air yang bisa menyembuhkan. Mata air Keputren yang ada disini dipercaya dulunya sebagai tempat untuk pemandian dari bidadari yang mana airnya akan membuat awet muda.

Namun, lokasi ini juga menyimpan kisah mistisnya sendiri. Yakni sebelum anda memasuki daerah sendang, maka anda pun akan menemukan pohon yang cukup besar. Dimana pohon ini dipercaya sebagai penjaga di kawasan satu ini. sehingga, orang yang kerap kali berjalan kesini dengan niat yang tidak baik akan diperlihatkan sosok menakutkan yang cukup besar dengan rambut api.

Tak hanya itu saja, sumber mata air di tempat ini merupakan sumber dewi gangga. Dimana menurut cerita yang berkembang di masyarakat banyak pengunjung yang kerasukan saat berhenti di kawasan satu ini. dan ketika pengunjung kerasukan maka orang orang yang ada di sekitar pun akan sulit untuk mengendalikannya.

Sejarah Singkat Rowo Bayu Banyuwangi

Sejarah Rowo Bayu

Image Credit: Facebook.com @luluk.sugesti

Kawasan rawa bayu banyuwangi merupakan salah satu petilasan yang dianggap cukup sakral bagi warga di Banyuwangi. Jika mengintip sejarahnya sendiri, maka tanggal 18 Desember tahun 1771, kawasan satu ini terjadi pertempuran antara pasukan Belanda dan juga Kerajaan Blambangan.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Tulungagung yang Wajib Anda Bawa Pulang

Namun, dengan kesaktian yang dimiliki oleh pati raja dan juga rakyat dari Blambangan maka pasukan belanda tersebut dapat dipukul mundur. Akan tetapi, pertempuran yang ada disini sering sekali terjadi. Sehingga mengakibatkan banyak warga Belanda dan juga Rakyat Blambangan tewas.

Bahkan pertempuran tersebut menyebabkan pangeran Jaga pati dan juga komandan dari VOC Van Schaar juga tewas. Dengan adanya kejadian tersebut dikatakan menjadi salah satu cikal bakal dari munculnya hari jadi kota Banyuwangi. Sehingga, masyarakat pun mengenang hal tersebut dengan mengadakan ritual.

Salah satu diantaranya adalah syukuran dan juga istighosah yang diadakan di sekitar tempat rawa bayu banyuwangi. Namun dulunya, juga sempat dilakukan banyak ritual di daerah ini. Dimana orang yang tinggal di daerah Cemoro Sampek Bayu melakukan ritual yakni dengan menyembelih kambing.

Akan tetapi, kepala dan juga kakinya dipisah dan dipotong. Selanjutnya bagian tersebut oleh warga sekitar diceburkan atau ditenggelamkan menuju ke Rawa Bayu tersebut. Selain itu, terdapat pula kejadian lainnya di tempat wisata satu ini. dimana terdapat seorang anak yang sedang mandi di rowo bayu banyuwangi.

Kemudian, anak tersebut mengalami kecelakaan dan tenggelam hingga tewas. Melihat kejadian tersebut, teman teman dari anak tersebut berusaha untuk menyelamatkan dengan menyelam ke area tersebut. Namun, akhirnya mayat korban tersebut ditemukan di dalam lumpur.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Rowo Bayu

Fasilitas di Rowo Bayu

Image Credit: Google Maps (Danu Masrifuddin)

Untuk anda yang berencana liburan ke tempat satu ini, maka fasilitas yang tersedia di rawa bayu pun dapat dikatakan cukup memadai. Dengan adanya fasilitas tersebut akan menunjang wisatawan agar lebih nyaman ketika berlibur dan menghabiskan waktu di lokasi satu ini.

Diantaranya fasilitas yang terdapat disini adalah area parkir kendaraan. Dengan begitu, bagi anda yang ingin berkunjung kesini dan membawa kendaraan akan bisa memarkirkannya dengan aman. Selain itu, juga terdapat mushola di kawasan ini. Sehingga anda bisa beribadah juga ketika berada disini.

Tak hanya itu saja, bagi anda yang ingin buang air kecil maka anda pun bisa menemukannya dengan mudah. Karena terdapat kamar mandi di kawasan ini. dengan begitu, anda pun akan bisa menikmati wisata disini dengan lebih nyaman. Anda pun bisa berjalan jalan hingga puas ketika berada di sekitar sini.

Untuk itu, bagi anda yang ingin berkunjung ke kawasan Rowo Bayu di Banyuwangi maka nantinya anda akan disuguhkan dengan wisata yang cukup memukau. Pemandangan yang ada disini pun juga akan membuat anda terpesona. Ditambah lagi dengan suasana alam dan udara yang sejuk tentunya akan mampu merefresh pikiran anda.