Rowo Jombor, Destinasi Wisata Hits Favorit Keluarga di Klaten

Rowo Jombor, Destinasi Wisata Hits Favorit Keluarga di Klaten

Rowo Jombor salah satu objek wisata hits di Klaten yang menarik Anda kunjungi. Tempat ini menawarkan kegiatan seru, seperti naik perahu, memancing hingga mencicipi kuliner di restoran apung.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 09:00-21:00, Alamat: Waduk Jombor, Krakitan, Kec. Bayat, Kab. Klaten, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Berlibur dapat menjadi alternatif untuk menghilangkan penat. Dengan mengunjungi tempat yang menarik dan apik tentunya dapat membuat pikiran menjadi lebih fresh, salah satunya dengan datang ke Rowo Jombor Klaten. Disini, Anda akan disuguhkan pemandangan sunset dan sunrise yang luar biasa indahnya. Penasaran dengan destinasi satu ini? Simak ulasannya berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Rowo Jombor Klaten

Daya Tarik Rowo Jombor Klaten

Image Credit: Instagram.com @aditya_pradipcha

Saat berada di Klaten, ada baiknya Anda singgah sejenak menikmati wisata air yang mempesona ini. Meskipun Rowo Jombor lebih dikenal dengan wisata warung apung yang dimilikinya, namun Anda bisa menjelajah dan menikmati keindahan yang ada di destinasi satu ini.

Salah satunya adalah ketika menanti senja tiba. Sebab, disini Anda akan bisa menikmati indahnya pemandangan berupa matahari yang sangat mempesona. Tak hanya itu saja, pemandangan sunrise yang ada disini pun akan memanjakan mata Anda. Oleh karena itu, waduk ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang mengunjunginya.

Menikmati suasana alamnya yang sejuk dan juga sangat eksotis ketika senja menjadi panorama indah tersendiri yang bisa Anda dapatkan di lokasi satu ini. Ditambah lagi, Anda juga bisa menikmati berbagai macam kegiatan menarik saat mengunjungi lokasi satu ini. tentu saja Anda tidak akan bosan saat menginjakkan kaki di tempat wisata satu ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Rowo Jombor

Alamat Rowo Jombor

Image Credit: Istagram.com @nita_tirta

Untuk Anda yang ingin mengunjungi destinasi satu ini, maka Anda pun bisa menempuhnya melalui dua jalur yang tersedia. Pertama, Anda bisa menempuh perjalanan dengan melewati jalur Timur. Disini, Anda bisa menuju ke arah kota Klaten kemudian lanjutkan perjalanan menuju ke Stasiun Klaten.

Setelah itu, Anda bisa melewati By Pass dan belok ke arah kanan atau ke arah selatan menuju ke Terminal Klaten Baru. Barulah Anda akan sampai ke Kelurahan Buntalan dan lanjutkan menuju ke Desa Jimbung. Nantinya Anda akan bisa sampai ke tempat wisata yakni Rowo Jombor.

BACA JUGA:  26 Minuman & Makanan Khas Solo yang Wajib Anda Coba

Dan bagi Anda yang ingin melewati jalur barat, maka Anda bisa menempuhnya dengan memulai perjalanan ke kota Klaten dan sesampainya di pertigaan Bendogantungan, Desa Sumberejo Anda bisa belok ke arah kiri atau selatan. Kemudian, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah Desa Danguran.

Sesampainya di Desa Danguran, lanjutkan perjalanan menuju ke Desa Jimbung dan ana pun bisa sampai ke Rowo Jombor. Disini, lebih baik Anda menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Sebab, akan lebih praktis dan cepat sampai ketika ingin mengunjungi wisata satu ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Rowo Jombor

Kegiatan di Rowo Jombor

Image Credit: Instagram.com @rahmaeki

1. Berfoto Ria

Kegiatan berfoto menjadi salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berada di lokasi satu ii. Hal ini dikarenakan Rowo Jombor juga menjadi destinasi wisata yang memiliki keindahan alam luar biasa. Anda pun bisa menemukan banyak spot untuk berfoto di lokasi satu ini.

Selain berfoto di area wisata, Anda juga bisa berfoto di atas perahu wisata yang tersedia di lokasi ini. Pasalnya, di tempat ini Anda bisa menemukan perahu wisata yang memiliki ukuran yang cukup besar. Bahkan di dalam perahu tersebut bisa menampung puluhan orang dalam sekali jalan.

Oleh karena itu, para pengunjung pun memanfaatkan wisata ini sebagai tempat atau lokasi untuk mengambil gambar. Ditambah lagi perahu wisata tersebut memang memiliki desain yang cukup menarik. Sehingga hal ini membuat banyak pengunjung yang mengabadikannya dalam bidikan kamera.

2. Menikmati Pemandangan Alam

Rowo Jombor memang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang memiliki keindahan tersendiri. Oleh karena itu, Anda pun bisa menjelajah wisata air ini dengan menggunakan perahu. Ketika Anda mengarungi rawa tersebut dengan perahu yang telah disediakan akan menjadi salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan.

Sebab, selama perjalanan dengan perahu tersebut Anda akan bisa menikmati indahnya pemandangan alam yang ada di Rowo Jombor. Selain itu, waduk yang dikelilingi oleh deretan perbukitan yang sangat indah akan memanjakan mata siapa saja yang melihatnya. Selain itu, di sepanjang perjalanan Anda juga bisa melihat pepohonan rindang berwarna hijau yang sangat asri.

3. Melihat Indahnya Sunset

Selain itu, saat Anda kebetulan sedang datang di kala senja maka tak ada salahnya untuk menunggu hingga matahari terbenam. Anda bisa melihat indahnya matahari menghilang dan terganti dengan malam dari atas perahu. Pastinya akan sangat indah dan menakjubkan membuat siapa saja betah untuk menghabiskan waktu di lokasi satu ini.

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Kebumen yang Wajib Anda Bawa Pulang

Namun, bagi Anda yang tidak bisa menikmati di atas perahu, maka memandang indahnya matahari yang tenggelam dari tepi rawa juga menjadi salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan. Melihat matahari memantulkan cahayanya ke air tentu saja menjadi objek foto yang sangat apik.

4. Berkeliling Waduk Menaiki Perahu

Salah satu aktivitas yang paling banyak dilakukan oleh wisatawan ketika berada di lokasi Rowo Jombor adalah mengelilingi waduk dengan menggunakan perahu. Dengan luas sekitar 198 hektar, Anda pun bisa berkeliling dan menjelajah tempat wisata ini dengan menggunakan perahu agar tidak lelah.

Untuk biaya penyewaannya sendiri pun dapat dikatakan cukup terjangkau. Bagi Anda yang ingin menaiki perahu tersebut hanya mengeluarkan kocek yakni sekitar 10 ribu rupiah saja. akan tetapi, harga yang murah tersebut dibarengi dengan Anda menyewanya bersama dengan 9 orang lainnya.

Sehingga, semakin banyak orang yang menaiki perahu maka biaya yang dibutuhkan pun semakin murah. Anda bisa menaiki perahu ini kapan saja ketika berada di tempat satu ini. namun, waktu terbaik yang bisa Anda gunakan untuk berkeliling dengan perahu ini adalah ketika sore atau pagi hari.

Selain itu, Anda juga bisa berkeliling ketika cuaca sedang cerah. Karena Anda akan disuguhkan dengan panorama berupa langit yang biru dan sangat indah. Mengapa disarankan untuk berkeliling di pagi dan sore hari? Sebab Anda akan sekaligus melihat indahnya matahari terbenam dan cahaya mentari di pagi hari.

5. Menikmati Sajian Kuliner di Warung Apung

Salah satu primadona dari Rowo Jombor adalah Warung Apung. Saat berada disini, Anda pun bisa menyantap sajian kuliner yang khas dengan tempat yang unik. Bisa dikatakan Warung Apung menjadi daya tarik yang diminati oleh pengunjung. Disini, Anda bisa menemukan banyak sekali warung yang menyediakan beragam menu pilihan yang bisa Anda nikmati.

Keunikannya adalah Anda bisa bersantap sembari mengapung di air. Oleh sebab itu, warung ini diberi julukan dengan Warung Apung. Bagi Anda yang ingin mengunjungi warung satu ini, maka Anda pun diwajibkan untuk menaiki perahu yang khusus. Sebab, Anda akan naik perahu yang ditarik oleh petugas.

BACA JUGA:  Waduk Cengklik, Tempat Menikmati Panorama Sunset di Boyolali

Bersantap di lokasi satu ini tentu saja menjadi pengalaman yang sangat berkesan. Terlebih lagi ketika Anda telah tiba di lokasi. Anda pun langsung disambut dengan berbagai masakan yang memiliki aroma sedap. Tentu saja Anda akan langsung lapar ketika sampai di lokasi satu ini.

Ada banyak menu yang bisa Anda cicipi ketika berada di Warung Apung. Diantaranya adalah ikan bawal, ikan gurame, ikan lele, ikan nila dan juga lainnya. Anda bisa memilih berbagai macam menu penyajian ikan sesuai dengan selera Anda. Mulai dari digoreng, dibakar atau di bumbu asam manis.

6. Memancing

Bagi Anda yang memiliki hobi memancing, maka wisata satu ini juga menjadi lokasi yang pas. Hal tersebut dikarenakan Anda bisa menyalurkan hobi yang Anda miliki tersebut. Ada dua tempat yang bisa Anda jadikan sebagai lokasi untuk memancing. Pertama adalah di Warung Apung dan di pinggir rawa.

Namun, ketika Anda memancing di Warung apung, apabila Anda berhasil menangkap ikan maka ikan tersebut wajib untuk Anda beli. Baik untuk dibawa pulang maupun dimasak di warung tersebut. Hal tersebut dikarenakan ikan yang ada di area Warung apung merupakan ikan yang dimiliki oleh peternak ikan.

Akan tetapi, apabila Anda hanya ingin sekedar memancing dan nantinya akan mengembalikan ikannya lagi, maka disarankan untuk memancing di daerah sekitar rawa. Lebih tepatnya di pinggir rawa. Hal ini dikarenakan daerah tersebut merupakan area untuk memancing ikan secara gratis.

Fasilitas yang Tersedia di Rowo Jombor Klaten

Fasilitas di Rowo Jombor Klaten

Image Credit: Instagram.com @trio1152

Untuk fasilitas yang tersedia di destinasi wisata satu ini terbilang cukup memadai. Sebab, Anda telah bisa menemukan toilet atau area untuk parkir. Selain itu, apabila Anda lapar maka Anda bisa langsung saja mengunjungi Warung Apung yang menyediakan berbagai macam sajian makanan yang menggugah selera Anda.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan selama berada di lokasi satu ini. bagi Anda yang sedang berada di Klaten, tak ada salahnya untuk datang dan mengunjungi Rowo Jombor. Sebab disini banyak sekali aktivitas menarik yang bisa untuk Anda lakukan. Dijamin berwisata ke tempat satu ini tidak akan membosankan.