Harga Tiket: Rp 120.000, Jam Operasional: 10.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Kec. Tuntang, Kab. Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Belakangan ini, kaum urban agaknya telah menjadikan traveling sebagai salah satu gaya hidup. Kini masyarakat tidak semata hanya mengandalkan keindahan tempat wisata ketika berlibur, namun konsep wisata tematik yang mengandalkan cerita di baliknya semakin banyak diburu wisatawan. Salah satu wisata tematik yang patut Anda coba yaitu Saloka Theme Park yang berada di Semarang Jawa Tengah, yang menawarkan berbagai wahana permainan seru dan mengasyikkan bagi para pengunjung.

Sekilas Tentang Theme Park

Tentang Theme Park
Image Credit: Twitter.com @visitjawatengah

Saloka Theme Park merupakan salah satu wisata tematik yang banyak diburu oleh kaum urban. Taman bermain Saloka ini hadir sebagai salah satu destinasi wisata pesona Indonesia, yang berupa taman rekreasi keluarga di Jawa Tengah dengan konsep kearifan lokal. Lokasinya sendiri berada di persimpangan Kota Semarang, Surakarta, Salatiga, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Taman bermain Saloka dibangun dengan berbagai peralatan modern yang dilakukan oleh tenaga ahli berpengalaman serta berlisensi internasional. Bahkan objek wisata yang didirikan di atas lahan dengan luas 12 hektar tersebut, telah terdaftar sebagai anggota dari IAAPA (International Association of Amusement Parks and Attractions).

Nama Saloka sendiri didapatkan karena terinspirasi dari legenda Rawa Pening, yakni salah satu kawasan yang letaknya tidak jauh dari wilayah dibangunnya taman bermain tersebut. Pada legenda Rawa Pening, diceritakan bahwa pada zaman dahulu hiduplah seorang bernama Ki Hajar Salokantara dan istrinya Nyi Endang Sawitri.

Sepasang suami istri tersebut memiliki anak bernama Baru Klinting, yang wujudnya menyerupai naga namun dapat berbicara layaknya manusia. Baru Klinting tumbuh dengan baik dan terkenal mempunyai sikap yang suka menolong. Dari legenda tersebut, diambillah nama Saloka yang merupakan nama dari ayah Baru Klinting.

Dengan nama Saloka, diharapkan taman hiburan ini bisa menyajikan keceriaan yang tidak ada habisnya seperti keluarga Baru Klinthing. Maskot dari Saloka Theme Park sendiri berbentuk naga berwarna hijau yang diberi nama Loka. Saat ini terdapat sekitar 25 wahana di taman bermain Saloka yang terbagi ke dalam 5 zona permainan untuk memuaskan para pengunjung.

Wahana Menarik di Saloka Theme Park

Wahana Menarik di Saloka Theme Park
Image Credit: Google Maps (Iwan Haniyoto)

1. Zona Pesisir

Ketika memasuki taman bermain Saloka, Anda akan disambut dengan zona pesisir. Sesuai dengan namanya, zona permainan satu ini akan membawa Anda seolah olah sedang berada di pantai. Mulai dari bentuk bangunan yang ada, dekorasi, sampai interiornya merepresentasikan suasana yang kental akan pantai.

Beberapa wahana yang ada di zona pesisir ini antara lain wahana cakrawala, lumbung ilmu galileo, arena jejogedan dan kapal jenju, serta cafe jenju. Cakrawala merupakan bianglala yang akan membawa Anda melihat pemandangan di sekitar Saloka dari ketinggian, termasuk indahnya Rawa Pening maupun barisan sawah dan deretan gunung yang ada di sana.

Dengan ketinggian 33 meter dan 22 gondola, wahana cakrawala ini bisa dinaiki oleh semua umur. Sementara wahana lumbung ilmu galileo adalah tempat yang tepat untuk bermain sambil belajar. Memasuki area wahana tersebut, pengunjung akan disambut dengan hall of frame yang berisikan sekitar 10 ilmuwan ternama dari berbagai negara.

Lalu untuk arena jejogedan dan kapal jenju menyuguhkan keindahan air mancur menari, dengan latar belakang kapal jenju yang berpadu dengan musik, lampu warna warni, dan laser. Sedangkan cafe jenju adalah tempat yang tepat untuk Anda memanjakan perut, beberapa menu yang ditawarkan antara lain pizza dan donat dengan kisaran harga cukup terjangkau.

2. Zona Belantara

Setelah puas bermain di arena dengan suasana pantai, lebih masuk ke Saloka Theme Park maka Anda akan menemukan zona permainan belantara yang konsepnya mengusung tema hutan belantara. Beberapa wahana yang akan ditemukan di sini antara lain kumbang layang, angon ingon, safari bocah, dan adu nyali.

Kumbang layang merupakan wahana berjenis air bike yang memiliki ketinggian sekitar 4 meter dengan lintasan sepanjang 500 meter, sehingga menaikinya bisa membuat Anda melihat bentangan zona belantara sekaligus zona pesisir. Lalu di area angon ingon yang memiliki luas sebesar 1.240 meter, Anda dan keluarga bisa belajar mengenai berbagai jenis hewan.

Kemudian untuk safari bocah adalah salah satu wahana yang cocok untuk keluarga. Wahana satu ini berbentuk kereta yang akan mengajak pengunjung bersafari di antara rumah jamur dan taman bunga selama 5 menit. Sedangkan adu nyali merupakan wahana rumah hantu dengan kejutan seru. Pasalnya di wahana ini Anda akan diajak untuk mengikuti alur cerita, seperti cerita Buto Ijo.

Wahana di Saloka Theme Park
Image Credit: Google Maps (Dadang Yuliyanto)

3. Zona Kamayayi

Bagi Anda yang datang ke Saloka Theme Park bersama anak anak, zona kamayayi ini pastinya akan menjadi pemberhentian terlama. Pasalnya terdapat berbagai wahana dan atraksi yang pas untuk adik adik di zona satu ini, mulai dari wahana tata titi, polah bocah, komidi kuda laut, sampai semprat semprot.

Wahana tata titi ditujukan untuk anak anak berusia 5 sampai 10 tahun, yang merupakan permainan mobil mobilan. Sementara wahana polah bocah ditujukan untuk anak dengan usia lebih awal yakni sekitar 3 sampai 6 tahun. Seperti kiddy land, di sana terdapat area mandi bola, perosotan, trampolin, sampai cangkir berputar yang bisa dicoba si kecil.

Lalu untuk komidi kuda laut adalah wahana komidi putar dengan berbagai kuda laut serta mobil yang dapat dinaiki oleh anak anak. Menjelang gelap, wahana satu ini akan semakin menarik karena dipenuhi dengan kelap kelip lampu cantik. Sementara wahana semprat semprot sesuai dengan namanya, sangat cocok bagi adik adik yang suka basah basahan.

4. Zona Araya

Zona araya merupakan area yang sangat tepat di Saloka Theme Park bagi Anda yang suka dengan sensasi ekstrim dan memacu adrenalin ketika bersenang senang. Beberapa wahana yang hadir di zona ini antara lain lika liku, paku bumi, bengak bengok, obat abit, dan senggal senggol. Ada juga rimba cafe yang menawarkan berbagai menu lezat dengan mengusung tema hutan (rimba).

5. Zona Segara Prada

Sudah puas bermain main dan menikmati berbagai wahana yang ada di berbagai zona lainnya, maka zona segara prada ini bisa menjadi tujuan terakhir Anda selama menjelajah taman bermain Saloka. Zona segara prada yang menerapkan tema industri pertambangan ini cocok bagi keluarga yang ingin bersantai, namun tetap dapat menikmati berbagai keseruan yang ada.

Anda yang ingin berwisata kuliner bisa mampir ke kedai daimami yang menawarkan berbagai masakan Jepang seperti chicken katsu, beef katsu, dan ocha. Selain itu, terdapat beberapa wahana yang juga bisa memberi Anda keseruan. Antara lain taman galileo yang menawarkan permainan luar ruangan dengan mengaplikasian sains, dan gonjang ganjing untuk Anda yang siap basah basahan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Saloka Theme Park
Image Credit: Twitter.com @dsambava

Secara administratif, Saloka Theme Park beralamatkan di Jalan Fatmawati, Gumuksari, Semarang, Jawa Tengah. Namun lokasinya sendiri sebenarnya berada di persimpangan antara Kota Semarang, Surakarta, Salatiga, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Sehingga bisa dibilang bahwa tempatnya dibangun memang sangat strategis.

Hanya berjarak sekitar 40 km dari arah Salatiga dan sekitar 60 km dari arah Kota Solo, tidak sulit untuk mencapai lokasi taman bermain. Dari pusat kota Semarang sendiri, Anda bisa langsung tol jurusan arah Bawen. Lalu setelah keluar tol Bawen, belok kiri ke arah Jalan Semarang-Surakarta dan ikuti jalan maka Anda pun bisa menemukan lokasi Saloka.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Saloka Theme Park
Image Credit: Google Maps (Rena Anom)

Untuk jam operasionalnya, pengunjung bisa puas bermain di Saloka mulai pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB di hari biasa dan hingga pukul 19.00 WIB pada akhir pekan serta hari libur nasional. Harga tiket masuknya sendiri tergantung kategori yang Anda pilih, apakah tiket terusan atau non terusan.

Untuk tiket terusan, Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp. 120.000 saja pada hari biasa dan Rp. 150.000 pada akhir pekan atau hari libur. Sementara untuk tiket non terusan, hanya dibanderol seharga kurang lebih Rp. 30.000 per kepala pada hari biasa dan Rp. 50.000 pada akhir pekan atau hari libur. Harga tiket tertera bisa berubah sewaktu waktu dan belum termasuk biaya parkir.

Bagi Anda yang memilih untuk membeli tiket terusan, bisa menaiki berbagai wahana yang ada di Saloka Theme Park tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Sementara bagi Anda yang membeli tiket non terusan pun tidak perlu khawatir, karena tarif per wahana yang diterapkan tergolong cukup terjangkau mulai dari Rp. 15.000 sampai Rp. 25.000 saja per wahana.

Fasilitas yang Tersedia di Saloka Theme Park

Fasilitas Saloka Theme Park
Image Credit: Google Maps (Faris Jaya Mustika)

Selain berbagai wahana super lengkap yang dihadirkan, taman bermain Saloka juga dibekali dengan fasilitas yang cukup memadai untuk menunjang kenyamanan para pengunjung selama berada di lokasi. Seperti toilet, Mushola, klinik, ruang laktasi, sampai area parkir cukup luas yang dapat menampung hingga 600 kendaraan.

Sebagai wisata tematik terpadu yang sangat cocok untuk kaum urban di era modern seperti sekarang, tentu taman bermain Saloka Theme Park menjadi destinasi yang tepat untuk berlibur bersama keluarga. Terlebih destinasi wisata satu ini menghadirkan berbagai wahana menarik dan seru yang bisa dijajal untuk membuat liburan Anda makin berkesan. Sudah siap mengunjungi Saloka?