Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 11.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Nitiprayan No.88, Sanggrahan, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Jogja tidak pernah kehilangan nama sebagai kotanya para turis. Selain memiliki banyak destinasi budaya dan alam, Bantul juga merupakan rumah bagi para seniman. Bagi anda yang tertarik dengan seni, maka sempatkan waktu anda untuk mampir ke Sangkring Art Space. Destinasi ini memiliki akses jalan yang mudah sehingga wisatawan bisa menjangkaunya tanpa kesulitan.

Sangkring Art Space juga memiliki website yang didalamnya memuat informasi terkait dengan keistimewaan tempat tersebut. Anda juga bisa mengintip sedikit bagaimana indahnya bagian dalam dari lokasi wisata seni yang satu ini. Hingga sekarang, lokasi tersebut masih terus beroperasi dan menerima ribuan pengunjung setiap harinya.

Sejarah Singkat Sangkring Art Space

Sejarah Singkat Sangkring Art Space
Image Credit: Google Maps Prastica Malinda

Sangkring Art Space merupakan sebuah destinasi wisata analana yang mulai berdiri sejak 31 mei tahun 2007. Lokasi tersebut didirikan oleh Putu Sutawijaya, dan pengambilan nama “Sangkring” diambil dari nama leluhur belia dengan pertimbangan bahwa nama tersebut menjadi kekuatannya sekaligus kenangan yang menghubungkan dirinya dengan masa lalu.

Nama itu juga yang memotivasi Putu Wijaya untuk melangkah lebih jauh dalam dunia seni dan menjadi sosok yang lebih kreatif. Konsep galeri seni ini adalah mendukung solidaritas kesenian tanpa memperdulikan ideology dan asal usul budaya. Destinasi ini juga menjadi uang eksperimen bagi setiap pelaku seni untuk bisa mengekspresikan dirinya dengan baik.

Tidak ada batasan peserta seni yang bisa memamerkan karyanya di galeri tersebut. Orang yang muda akan dihormati dan anak muda akan sangat dihargai. Semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk berkarya tanpa batas. Tidak heran jika isi lukisan dan barang seni yang ada di sana memiliki konsep yang beraneka ragam. Justru hal inilah yang membuat tempat ini lebih istimewa.

Koleksi Sangkring Art Space

Koleksi Sangkring Art Space
Image Credit: Google Maps Oky

1. Lukisan

Sangkring Art Space memiliki banyak ruang yang masing masing difungsikan untuk tujuan yang berbeda dalam seni. Di ruangan pertama, anda akan menemukan berbagai seni rupa seperti misalnya lukisan. Karya tersebut dibuat oleh banyak pengrajin sehingga memiliki konsep yang beragam dan sangat luas. Lukisan itu dipajang dengan rapi di dinding sehingga nyaman untuk dilihat.

Adapun beberapa lukisan menarik yang bisa anda lihat adalah lukisan abstrak, lukisan benda hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan, serta lukisan dengan warna yang terang dan cerah sehingga kuat dengan kesan modern dan kekinian. Ukuran lukisan tersebut juga beragam, ada yang kecil hingga ekstra besar yang hampir menutupi sebagian sisi dinding.

2. Seni Patung

Selain seni lukisan, anda juga bisa melihat deretan seni patung. Bahan yang digunakan untuk membuat seni tersebut cukup beragam. Semuanya dibuat oleh penggiat seni yang mengekspresikan hati dan pikirannya untuk membuat karya yang bisa dinikmati oleh orang lain. Setiap pengunjung akan dibuat kagum dengan karya tersebut karena sentuhan seni yang memukau.

Sama halnya dengan ukuran lukisan yang dipajang, anda juga akan menemukan berbagai ukuran patung. Efek kotur, bentuk, dan cahaya dapat tampilan seni tersebut menjadi lebih hidup. Bahkan ada beberapa patung yang menampilkan raut wajah yang penuh dengan perasaan. Jika anda menggantinya dengan lebih lekat, maka ada banyak emosi yang ditampilkan dari karya tersebut.

3. Seni Instalasi

Seni instalasi merupakan sebuah seni yang dibuat dengan cara merakit, menyusun, dan memasang berbagai media menjadi satu. Media yang dimaksud bisa berupa seni tiga dimensi maupun bentuk kesatuan realitas yang kaya akan makna baru. Intinya seni instalasi ini tidak membedakan antara karya seni berupa lukisan dan patung kemudian menyatukannya menjadi media baru.

Sejatinya seni instalasi masih sedikit awam di telinga orang yang tidak terlalu mengenal seni. Namun tipe seni tersebut memiliki keunikan yang sulit dijelaskan sehingga mampu menarik perhatian orang banyak. Seni instalasi juga menjadi bukti bahwa seni tidak memiliki batasan dan akan tetap dapat diterima orang lain.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Sangkring Art Space
Image Credit: Google Maps Sangkring Art Space

Sebelumnya sempat disinggung bahwa akses untuk menuju Sangkring Art Space tidak sulit untuk dilalui dan mudah ditemukan. Hal tersebut benar, mengingat lokasi destinasi wisata yang satu ini berada di kawasan yang ramai turis. Bahkan aksesnya hanya 16 menit dari malioboro. Adapun lokasi tepatnya berada di jalan Nitiprayan No. 88 Sanggrahan Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Apabila posisi anda mulanya berada di malioboro, maka arahkan kendaraan anda untuk ke jalan Sosrokusuman. Kemudian belok ke kanan menuju Jl. KH. Ahmad Dahlan. Di sana anda perlu jalan lurus hingga melewati pasar serangan. Jika sudah, belok kiri menuju Jl. Nitipuran dan arahkan stir menuju jalan kesejahteraan. Sekitar 100 meter, belok kanan ke Jl. Adimurti. Terakhir, belok kiri ke Jl. Nitiprayan.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Sangkring Art Space
Image Credit: Google Maps Yusdi Bachtiar

Selian alamat dan rute, anda juga perlu mengetahui berapa harga tiket yang perlu dibayar saat masuk Sangkring Art Space. Adapun biaya yang dimasud adalah sekitar 10 ribu rupiah. Informasi terkait dengan harga ini bisa berubah tergantung dari keputusan pihak pengelola. Namun pastinya biaya tersebut tidak akan melambung terlalu tinggi sehingga masih ramah di kantong wisatawan.

Untuk menikmati keindahan karya seni yang dipajang, anda bisa datang mulai dari pukul 11 siang hingga 5 sore. Kebanyakan wisatawan menyerbu tempat ini di sore hari gara mereka bisa langsung menikmati senja dan malam di malioboro. Anda juga bisa melakukan hal yang sama agar perjalanan liburan di jogja terasa lebih menyenangkan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Sangkring Art Space

Kegiatan Menarik Sangkring Art Space
Image Credit: Google Maps Very

1. Menikmati Karya Seni

Aktivitas pertama yang pastinya bisa anda lakukan di Sangkring Art Space adalah menikmati keindahan karya seni yang dipajang di setiap sudut ruangan. Meskipun sederhana, namun aktivitas semacam ini bisa membuat pikiran anda lebih nyaman dan tenang. Anda juga bisa menelisik lebih dalam, pesan apa yang ingin disampaikan oleh pembuat karya kepada penikmat seninya.

Setidaknya anda memerlukan waktu setengah jam untuk melihat setiap karya satu per satu. Melewatinya sekilas tidak akan membuat anda merasa puas berada di sana. Kondisinya akan lebih menyenangkan jika anda menikmati keindahan karya di Sangkring Art Space bersama orang yang tertarik dengan dunia seni.

2. Mengambil Foto yang Estetik

Selain menikmati karya yang dipajang, anda juga bisa mengambil beberapa foto estetik di setiap sudut Sangkring Art Space. Selian menampilkan karya seni yang indah, setiap sisi bangunan juga ditata sedemikian rupa agar terlihat cantik dan menarik. Namun untuk terkait dengan masalah foto ini, anda perlu melihat kembali apakah ada larangannya atau tidak.

3. Mencari Inspirasi

Sangkring Art Space merupakan lokasi yang cocok bagi mahasiswa atau pelaku seni untuk mencari inspirasi. Ada kalanya, inspirasi tersebut akan muncul setelah anda melihat karya seni orang lain. Mengambil inspirasi ini bukan berarti melakukan tindakan plagiasi. Anda perlu mengolah inspirasi tersebut agar menjadi sebuah karya yang original.

Memplagiasi karya orang lain dan mengakui bahwa karya tersebut adalah milik diri sendiri bukanlah perilaku yang baik. Bahkan kegiatan semacam itu sangat dikecam oleh semua orang termasuk para pelaku seni. anda tidak perlu khawatir, karena banyak inspirasi atau ide yang bisa anda ambil dari masing masing karya yang dipajang.

Kegiatan Menarik di Sangkring Art Space
Image Credit: Google Maps Fatmawati Mustofa

4. Eksperimen Seni

Selain ruang pameran, Sangkring Art Space juga menyediakan ruang tambahan yang dikenal dengan nama Sangkring Art Project. Di dalam sana, anda bisa melakukan eksperimen seni. ruangan tersebut diperuntukkan bagi seniman dari berbagai usia dan disiplin ilmu untuk menghasilkan sebuah karya yang menarik. ruangan tersebut memiliki desain yang terbuka dan ramah.

Saking nyamannya spot Sangkring Art Project, para seniman bisa melakukan kolaborasi demi menghasilkan sebuah seni yang berbeda dari yang lain. Anda bisa berkolaborasi dengan orang dari berbagai latar belakang karena semuanya memiliki kesempatan yang sama untuk mengekspresikan dirinya. Alasan ini pula yang membuat Sangkring Art Space lebih istimewa.

5. Mengikuti Pertemuan Seni

Bale banjar Sangkring merupakan ruangan ketiga yang dimiliki oleh Sangkring Art Space. Di dalam sana sering diadakan pertemuan antara pelaku seni. Spot tersebut dibangun dengan konsep public space sehingga siapapun boleh mengaksesnya. Ruang tersebut juga menjadi ruang dialog baru para pegiat seni.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Sangkring Art Space
Image Credit: Google Maps Rosfita Hanis Astuti

1. Ruang Pameran

Ruang pameran menjadi fasilitas pertama yang akan dikunjungi oleh setiap wisatawan. Ruangan ini berada di bagian paling depan sehingga akan langsung dapat dilihat oleh pengunjung begitu mereka melewati pintu masuk. Setiap barang seni yang ada di sana sudah ditata dengan rapi sehingga anda dan keluarga dapat menikmatinya dengan nyaman.

2. Sangkring Art Project

Sangkring art project adalah fasilitas yang bisa diakses oleh penggiat seni dari berbagai bidang iln untuk saling berkolaborasi. Anda bisa datang ke sana dan bertemu dengan seniman lain dan berusaha mengemangkan sebiah karya bersama sama. Spot tersebut adalah tempat terbaik bagi setiap seniman untuk meningkatkan skill dan kreativitasnya.

3. Bale Banjar Sangkring

Bale banjar sangkring adalah tempat yang disediakan bagi semua orang untuk saling berbagi ilmu terkait dengan seni. Konsep dari ruangan ini open space sehingga terlihat luas dan tidak memiliki banyak sekat. Semua orang bisa duduk bersama dan saling berdialog untuk menghasilkan sebuah ide yang revolusioner dan istimewa.

4. Tempat Parkir

Sama halnya dengan destinasi wisata yang lain, tempat parkir menjadi fasilitas yang tidak boleh sampai ketinggalan. Terkait dengan hal ini, anda tidak perlu khawatir karena pihak Sangkring Art Space sudah menyediakan lahan agar para pengunjung dapat menaruh kendaraannya dengan nyaman. Anda bisa datang kesana dengan menggunakan kendaraan pribadi berupa motor atau mobil.

5. Toilet

Keberadaan toilet sudah pasti sangat diperlukan di sebuah destinasi wisata. Toilet yang dimiliki oleh Sangkring Art Space sangat bersih dan nyaman karena selalu dirawat oleh pihak pengelola. Anda sebagai pengunjung juga perlu melakukan hal yang sama untuk tetap menjaga kebersihan toilet dengan baik. dengan begitu, orang lain juga akan melakukan hal yang sama dengan tetap menjaga kebersihan.

Perjalanan wisata di Sangkring Art Space merupakan sebuah pilihan menarik yang bisa anda kunjungi selama berada di jogja. Tarif nya pun tidak terlalu mahal sehingga tidak akan mengganggu anggaran anda untuk menikmati liburan di jogja. Selain melihat lihat hasil seni, anda juga bisa membeli beberapa barang koleksi yang ditawarkan di tempat ini.