Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Sukamulya, Kec. Tegal Waru, Kab. Purwakarta, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Selain Bandung, terdapat banyak kota menarik yang menyimpan destinasi wisata menawan. Salah satunya adalah Sasak Panyawangan yang berada di kota Purwakarta. Dengan keindahan yang disajikannya, Anda pun akan dibuat terbius akan pesona alam yang ditampilkan, utamanya berada di antara dua gunung yang megah. Sensasi menikmati keindahan alam yang berbeda pun bisa Anda dapatkan. Bagaimana daya tarik dan keseruan disini? Simak ulasan selengkapnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Sasak Panyawangan

Daya Tarik Dimiliki Sasak Panyawangan
Image Credit: Google Maps (Ferrostian Origianov)

Tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan dan panorama alam yang indah memang kerap kali menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Hal ini pula yang bisa Anda dapatkan ketika mengunjungi Sasak Panyawangan. Jika Anda merupakan salah satu orang yang gemar menjelajah tempat baru, maka wisata ini wajib untuk dikunjungi.

Terutama bagi Anda yang gemar mencari spot untuk hunting foto terbaru. Dengan mengunjungi objek wisata ini yang memiliki pemandangan alam khas yakni perbukitan yang hijau dan asri ini akan membuat siapa saja terbuai. Panorama yang memanjakan mata tersebut juga menyediakan berbagai macam spot foto instagramable untuk Anda nikmati.

Untuk Anda yang penasaran, bisa melihat beragam foto yang kece di media sosial tentang destinasi wisata satu ini. Selain itu, di tempat ini juga termasuk destinasi dengan lokasi yang cukup strategis. Oleh karena itu, sangat pas bagi Anda yang ingin menyejukkan pikiran akan aktivitas harian yang jenuh.

Daya Tarik Sasak Panyawangan
Image Credit: Google Maps (Sandalkuilang)

Dengan memiliki posisi yakni diapit oleh dua gunung yakni Gunung Bongkok dan Gunung Parang, tak perlu diragukan lagi bagaimana pemandangan alam yang disuguhkan. Deretan perbukitan yang indah pun juga akan bisa temukan ketika berada di destinasi satu ini. kesejukan juga bisa Anda rasakan disini.

Sebab, suhu udara dari Sasak Panyawangan tergolong cukup sejuk lantaran diapit oleh dua gunung. Selain itu, dengan banyaknya pepohonan hijau yang rindang di sekitar tempat tersebut juga akan membuat siapa saja yang berada disini merasa nyaman dan betah untuk berlama lama tinggal di destinasi satu ini.

Sehingga, bagi Anda yang dilanda penat atau sekedar ingin memanjakan mata, tak ada salahnya untuk datang dan mengunjungi objek wisata ini. Sebab lokasi ini sangat pas sebagai tempat untuk berkumpul bersama dengan keluarga atau sebagai tempat untuk refreshing di alam terbuka.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Sasak Panyawangan

Alamat Sasak Panyawangan
Image Credit: Google Maps (Agapao Putra)

Sasak Panyawangan berada di Desa Sukamulya, Tegal Waru. Tepatnya berada di Kabupaten Purwakarta yang berlokasi di Jawa Barat. Sedangkan bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi lokasi satu ini, maka Anda bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaran pribadi, baik roda dua maupun roda empat.

Adapun untuk rute nya sendiri antara lain adalah dari arah kota Purwakarta. Kemudian, Anda pun bisa mengarahkan kendaraan Anda menuju ke daerah Tegal Waru atau Plered. Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan perjalan dengan mengikuti papan petunjuk arah menuju ke Gunung Bongkok.

Kemudian, dengan melakukan perjalanan yang tidak cukup lama tersebut Anda telah bisa sampai di lokasi tersebut. Apabila Anda berasal dari Jakarta dan ingin menuju ke lokasi satu ini, maka perjalanan bisa dilalui dengan keluar pada tol exit yakni Ciganea – Jatiluhur. Selanjutnya, Anda pun bisa mengambil jalur kanan.

Anda bisa jalan lurus hingga menemukan Pasar Anyar Sukatani. Barulah Anda bisa belok kanan dan mengikuti jalan hingga sampai ke pertigaan Gunung Lembu dan juga Gunung Parang. Kemudian, Anda pun bisa belok kiri dan lurus terus hingga menemukan destinasi wisata Sasak Panyawangan.

Ketika Anda mengalami kebingungan, maka Anda bisa menggunakan aplikasi peta digital seperti Waze atau Google Maps yang tersedia di smartphone Anda. Tak hanya itu saja, apabila Anda belum yakin, maka ketika mendekati tempat wisata sebaiknya Anda juga bisa bertanya kepada warga sekitar. Mereka pun akan dengan senang hari untuk menunjukkan jalan.

Harga Tiket dan Jam Operasional Sasak Panyawangan

Harga Tiket Sasak Panyawangan
Image Credit: Google Maps (Wiwin Haerunnisa)

Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi destinasi satu ini, maka Anda pun bisa datang mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore. Untuk jadwal bukanya sendiri, Anda bisa mengunjunginya setiap Senin hingga Minggu karena wisata Sasak Panyawangan buka setiap hari sepanjang minggu.

Sedangkan untuk harga tiket masuknya sendiri juga tidak terlalu mahal dan cenderung ramah di kantong. Anda hanya perlu mengeluarkan kocek yakni sekitar 10 ribu rupiah saja per orang. Dan bagi Anda yang membawa kendaraan bermotor, maka tarif parkir di lokasi ini mulai dari 2 ribu rupiah saja.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Sasak Panyawangan

Kegiatan Menarik di Sasak Panyawangan
Image Credit: Google Maps (Adien Adjah)

1. Berenang

Saat berwisata ke tempat satu ini, kurang lengkap rasanya apabila Anda tidak melakukan aktivitas yakni berenang. Hal ini dikarenakan kolam renang yang ada di dekat gunung tersebut memiliki daya tarik tersendiri yang akan membuat wisatawan penasaran dibuatnya.

Pasalnya, di Sasak Panyawangan Anda akan menemukan dua jenis kolam renang. Selain itu, pemandangan ketika Anda berenang pun sangat memanjakan mata. Bagaimana tidak, Anda akan disuguhkan dengan bebatuan dan juga tebing tebing lengkap dengan hijaunya pepohonan.

Ditambah lagi dengan udara yang sejuk akan menambah rasa segar ketika Anda berenang di lokasi satu ini. Tidak hanya itu saja, ketika Anda berada di kolam renang ini, Anda pun akan menemukan beberapa batu besar yang dapat digunakan untuk melakukan cliff jumping. Tentunya akan sangat menyenangkan menghabiskan waktu disini.

Perlu Anda ketahui, bahwa dua kolam yang ada di lokasi tersebut memiliki sisi kedalaman yang berbeda. Oleh karena itu, sebelum menceburkan diri sebaiknya Anda melihat terlebih dahulu papan petunjuk yang tertera. Sebab, terdapat papan peringatan yang mana hanya ditujukan bagi mereka yang sudah bisa berenang ataupun menggunakan pelampung.

2. Flying Fox

Wisata alam Sasak Panyawangan berlokasi di antara dua gunung. Sehingga bagi Anda yang ingin melihat keindahan pemandangan tersebut dari sudut yang berbeda, disarankan untuk menaiki flying fox. Hal ini dikarenakan ketika Anda menggunakan flying fox, Anda pun akan melihat keindahan yang sangat memukau dan berbeda.

Oleh karena itu, bagi Anda yang penasaran bagaimana panorama alam yang disajikan dan ingin menguji adrenalin Anda, tak ada salahnya untuk datang dan menikmati wahana satu ini. sembari melayang di udara dengan kecepatan penuh, Anda pun akan sekaligus disuguhkan pemandangan yang memukau.

Tidak hanya itu saja, sejauh mata memandang maka pesona alam yang hijau akan menjadi daya tarik tersendiri yang didapatkan oleh wisatawan. Selain itu, Anda pun juga akan bisa menikmati udara yang sejuk sekaligus segar. Tentunya akan langsung menghilangkan segala macam penat yang Anda rasakan.

3. Climbing

Jika Anda merasa bahwa kegiatan flying fox kurang menantang, maka tak ada salahnya untuk melakukan wall climbing ketika berada di tempat satu ini. Seperti yang Anda ketahui, Gunung Bongkok dan Gunung Parang merupakan dua gunung yang menjadi pesona tersendiri saat Anda mengunjungi Sasak Panyawangan.

Namun, Gunung Bongkok juga memiliki ciri ciri khusus yakni bentuknya yang seperti sebuah mangkuk terbalik. Sehingga, gunung ini pun menjadi salah satu lokasi atau tempat favorit terutama bagi Anda yang menyukai aktivitas climbing. Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa aktivitas satu ini hanya bisa Anda lakukan ketika telah terlatih saja.

Sebab, dapat dikatakan aktivitas climbing di gunung batu ini cukup ekstrim. Sehingga tak sembarang orang bisa melakukannya. Bagi Anda yang telah terbiasa melakukan aktivitas seperti climbing, sangat bisa untuk menjajal kegiatan yang memicu adrenalin ini saat berada di Sasak Panyawangan.

Kegiatan di Sasak Panyawangan
Image Credit: Google Maps (Dariyah Prabowo)

4. Hunting Foto

Kegiatan satu ini memang sudah seharusnya tidak Anda lewatkan ketika berada di tempat satu ini. sebab, pemandangan alamnya yang sangat indah bak lukisan ini akan menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang tidak boleh untuk Anda lewatkan begitu saja. oleh karena itu, kegiatan hunting foto menjadi aktivitas yang wajib Anda lakukan.

Ketika Anda berkunjung ke tempat satu ini, Anda pun bisa berfoto dengan berbagai latar belakang yang menari. Sebab, seluruh ujung tempat ini dapat menjadi spot foto yang bagus. Tidak hanya itu saja, Anda pun juga bisa berswafoto sembari menikmati pemandangan alam yang indah.

Untuk itu, saat Anda berlibur ke Sasak Panyawangan jangan sampai lupa untuk membawa kamera ataupun smartphone yang bisa menunjang kebutuhan fotografi Anda. Hal ini dikarenakan pemandangan yang indah akan menjadi momen yang memang harus Anda abadikan setiap waktu.

5. Melintasi Jembatan Bambu

Adanya jembatan bambu yang ada di destinasi wisata Sasak Panyawangan ini merupakan salah satu daya tarik tersendiri yang bisa didapatkan oleh pengunjung. Oleh karena itu, sebaiknya Anda pun juga harus melintasi jembatan ini dan mengabadikannya dalam bidikan kamera untuk mengenang memori.

Hal ini dikarenakan di tempat ini terdapat jembatan bambu yang memiliki panjang yakni sekitar 2.5 kilometer. Dengan lokasi wisata yang berada di tengah tengah gunung batu dan menghadap langsung ke arah Waduk Jatiluhur ini tentunya akan memiliki sensasi keindahan tersendiri bagi yang menikmatinya.

Disini, Anda bisa berjalan mengelilingi objek wisata dengan menggunakan jembatan yang tersedia. Ketika berjalan di atas jembatan, Anda pun bisa berfoto menikmati pemandangan alam, hingga melihat area kolam renang dengan jelas dari ketinggian. Tak perlu khawatir pemandangan yang disuguhkan pada destinasi satu ini akan membuat Anda takjub.

Bagaimana tidak, Anda nantinya bisa melihat keindahan seluruh tempat wisata ini hanya dengan menyebrangi jembatan tersebut. Ditambah lagi, untuk masalah kekuatan Anda tidak perlu khawatir lantaran pihak pengelola akan selalu mengadakan pengecekan secara berkala untuk mengantisipasi adanya kerusakan.

Fasilitas yang Tersedia di Sasak Panyawangan Purwakarta

Fasilitas Sasak Panyawangan
Image Credit: Google Maps (Hidayatull Musbarr)

Untuk menunjang kenyamanan bermain dan berwisata di lokasi satu ini, pihak pengelola pun menyediakan berbagai macam fasilitas. Sebut saja seperti area parkir yang luas, toilet dan juga mushola yang digunakan untuk beribadah bisa Anda temukan disini. Dengan fasilitas yang memadai tersebut akan membuat siapa saja bisa berlama lama di tempat wisata ini.

Berwisata ke Sasak Panyawangan menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan ketika senggang atau merasa jenuh. Sebab, destinasi wisata satu ini akan menghadirkan keindahan tersendiri yang tak terkalahkan. Terlebih lagi, Anda pun akan merasakan sejuknya udara dari wisata yang berada diapit oleh dua gunung batu ini.