Saung Manglid, Destinasi Agrowisata Edukatif Terhits di Purwakarta

Saung Manglid Purwakarta

Lokasi: Parakanceuri, Pusakamulya, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta.
MapCek Lokasi

Daerah Jawa Barat merupakan salah satu daerah yang banyak dikunjungi wisatawan saat musim liburan tiba. Salaha satu wilayah di derah Jawa Barat yang juga terkenal akan destinasi wisatanya adalah wilayah Purwakarta. Banyak lokasi wisata yang dapat Anda temui di wilayah tersebut. Seperti misalnya lokasi wisata yang bernama Saung Manglid. Tempat wisata berupa agrowisata ini juga merupakan sarana edukatif terhits di Purwakarta saat ini.

Konsep Tempat Wisata Saung Manglid

Konsep Tempat Wisata Saung Manglid

Image Credit: Sulistyarini69.blogspot.com

Saat musim liburan tiba, tempat wisata Saung Manglid banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Tak hanya dari wisatawan lokal saja, lokasi wisata tersebut juga didatangi oleh pengunjung dari luar wilayah Purwakarta. Beragam kelebihan dan daya tarik yang ditawarkan oleh tempat wisata inilah yang membuatnya banyak dibidik oleh para wisatawan yang ada baik dari dalam maupun luar daerah.

Konsep dari agrowisata edukatif bernama Saung Manglid ini adalah tempat kuliner berupa restoran atau cafe yang memiliki beragam kelebihan di dalamnya. Pengunjung yang datang dapat menemui aneka spot foto yang menarik dan beragam aktivitas lainnya yang bercirikan kegiatan agrowisata. Mulai dari bertanam hingga memanen aneka jenis sayuran yang ada di lokasi Saung Manglid tersebut.

Dengan mengunjungi satu tempat saja, para pengunjung yang ada sudah dapat menikmati beragam aktivitas yang ada. Sebagai agriwisata yang memiliki nilai edukatif di dalamnya juga membuat Saung Manglid banyak dikunjungi oleh para orang tua bersama dengan buah hati mereka. Hal tersebutlah yang membuat agrowisata ini banyak diburu oleh wisatawan saat akhir pekan maupun musim liburan tiba.

Spot Foto Menarik di Saung Manglid

Spot Foto Menarik di Saung Manglid

Image Credit: Portaljabar.net

Salah satu hal yang menarik di Saung Manglid adalah spot foto yang ada di lokasi wisata tersebut. Spot foto yang juga menjadikan tempat wisata ini terlihat bergitu kental akan cirikhas tanah Sunda adalah spot foto carangka. Carangka sendiri merupakan sebuah barang yang terbuat dari bambu yang dianyam. Dengan barang atau alat tradisional tersebut, masyarakat Sunda biasa mengangkut aneka hasil kebun yang ada.

Carangka yang dulunya dijadikan untuk mengangkut hasil perkebunan, saat ini juga dapat dimanfaatkan sebagai alat yang lainnya. Misalnya adalah untuk dekorasi spot foto yang menarik minat para pengunjung di Saung Manglid. Carangka yang ada telah disusun sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk atap kecil untuk lokasi mengambil foto yang Instagramable.

Letak spot foto tersebut berada di Taman Carangka yang ada di Saung Manglid. Perpaduan antara tumpukan carangka yang unik dan pemandangan alam yang masih asri juga membuat para pengunjung menyukai spot foto yang hits tersebut. Aneka jenis tanaman dan bunga yang ada juga membuat lokasi untuk berfoto tersebut juga terlihat bergitu segar dan sedap dipandang mata.

Fasilitas yang Ada di Saung Manglid

Fasilitas yang Ada di Saung Manglid

Image Credit: Facebook.com @saungmanglid

Dengan adanya beragam fasilitas di suatu tempat wisata tentu menjadikan tempat wisata tersebut semakin nyaman untuk dikunjungi. Di Saung Manglid ini juga tersedia beragam fasilitas yang ditujukan untuk para wisatawan yang datang ke tempat tersebut. Fasilitas yang ada misalnya adalah berupa arena outbond, arena taman untuk berfoto, dan juga arena untuk berburu aneka sajian yang sedap.

Di Saung Manglid ini Anda juga dapat melakukan pemotretan untuk foto prewedding. Lokasinya yang masih alami dan hijau ini tentu akan sesuai dengan tema foto prewedding Anda yang mengangkat tema kembali ke alam dan kehidupan tradisional tanah pasundan. Bagi Anda yang mencari tempat untuk berkumpul suatu komunitas juga dapat memilih lokasi wisata ini.

Fasilitas yang ditawarakan oleh Saung Manglid ini terbukti memadai dengan banyaknya orang yang berkunjung ke tempat tersebut dengan beragam keperluan. Dahulunya, lokasi wisata yang memiliki luas tiga hektar ini sendiri merupakan lahan pertanian dan perkebunan biasa. Namun pada akhirnya karena memiliki peluang yang bagus, lahan tersebut diubah menjadi sebuah agrowisata yang memiliki nilai edukatif di dalamnya.

Wisata Kuliner Tradisional di Saung Manglid

Wisata Kuliner Tradisional di Saung Manglid

Image Credit: Facebook.com @Saungmanglid

Pada agrowisata Saung Manglid ini Anda juga dapat berburu aneka sajian kuliner yang ada. Sajian lezat yang ditawarkan antara lain adalah menu khas dari Sunda. Seperti misalnya tumis kangkung, tumis genjer, ayam kampung, hingga olahan ikan gurame. Bahan makanan yang diolah di Saung manglid ini sendiri juga didapatkan dari para petani yang ada di sekitar tempat ini.

Hal tersebut juga dilakukan dengan maksud dan tujuan tersendiri. Selain agar memperoleh sayuran yang masih segar juga sekaligus dapat membantu kesejahteraan dari petani yang ada di wilayah tersebut. Sajian yang ada di Saung Manglid tersebut juga relatif ramah di kantong dengan rasa dan bahan organik yang dimilikinya. Hal tersebut pula yang membuat banyak orang dari wilayah Subang, Bandung, dan Karawang juga gemar berkunjung ke agrowisata ini.

Tema untuk tempat makan yang ditawarkan di Saung Manglid ini juga sangat beragam. Mulai dari tema tradisional hingga tema yang modern. Anda dapat memilih makan di tempat lesehan sehingga terasa sedang makan di pedesaan, hingga tema yang lebih terkesan modern dan juga romantis. Suasana yang artistik dari agrowisata Saung Manglid ini juga membuat para pengunjung betah berlama lama berada di lokasi tersebut.

Belajar Bercocok Tanam di Saung Manglid

Belajar Bercocok Tanam di Saung Manglid

Image Credit: Facebook.com @Saungmanglid

Selain memiliki konsep restoran dan cafe yang menyediakan anek olahan khas Sunda, di Saung Manglid Anda juga dapat belajar untuk bertanam. Aneka jenis sayur dan buah buahan dapat Anda tanam di agrowisata ini. Tak hanya itu, Anda juga dapat memetik atau memanena aneka jenis sayur dan buah yang telah matang. Keseruan pada saat bertanam dan memanen sayuran tersebut juga menjadikan agrowisata ini banyak digemari.

Anda juga dapat berkunjung dengan mengajak si kecil untuk turut serta. Selain dapat menikmati momen makan bersama dengan keluarga, tentu Anda juga dapat memberikan pengalaman baru bagi sang buah hati dalam hal bercocok tanam. Sang buah hati juga dapat memperoleh sumber pembelajaran secara tidak langsung dengan melalui aktivitas tersebut.

Mereka dapat belajar mengenai aneka nama buah dan sayuran yang ada beserta cara menanamnya. Tak hanya itu, si kecil juga dapat belajar untuk lebih dekat dengan alam dengan cara tersebut. Diharapkan dengan aktivitas yang ada, juga membuat sang buah hati menjadi lebih menghormati alam di sekitarnya. Mereka juga akan belajar dalam hal merawat tanaman yang ada di lingkungan agrowisata tersebut.

Agrowisata merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisawatan saat ini. Salah satu agrowisata edukatif yang terkenal dan hits di wilayah Purwakarta, Jawa Barat adalah Saung Manglid. Di tempat tersebut, Anda dapat menemui aneka sajian lezat khas dari tanah Sunda. Tak hanya itu, selepas menikmati aneka sajian yang ada Anda juga dapat mengajak si kecil untuk mencoba bercocok tanam dan memanen aneka jenis sayur dan buah.