Harga Tiket: Rp 30.000, Jam Operasional: 08.00-15.00, Alamat: Depan Terminal, Jl. Jend. Urip Sumoharjo No.1, Mlaten, Mangkang Kulon, Kaliwungu, Kota Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Kebun binatang adalah salah satu destinasi wisata yang sangat populer, terlebih di kalangan anak-anak. Mereka sangat gemar melihat berbagai satwa yang dipamerkan dalam kebun binatang. Membahas soal kebun binatang, tahukah anda jika Kota Semarang memiliki destinasi bertema sama, yaitu Semarang Zoo. Yuk simak ulasan lebih dalam tentangnya di sini!

Sekilas Tentang Kebun Binatang Semarang

Sekilas Kebun Binatang Semarang
Image Credit: Google Maps (Imam Ma’arif)

Semarang Zoo adalah destinasi wisata yang memiliki nilai edukatif yang tinggi bagi anak anak. destinasi tersebut rampung dibangun pada tahun 2007 lalu, dan langsung menjelma sebagai destinasi favorit warga setempat untuk berlibur. Kebun binatang ini juga dikenal dengan sebutan lain, yaitu kebun binatang mangkang.

Wisatawan yang datang kesana dapat berinteraksi langsung dengan para satwa, seperti gajah, ular, dan burung. Selain itu, ada banyak wahana permainan anak yang membuat liburan semakin berwarna. Bahkan saat ini liburan di kebun binatang ini semakin mengasyikkan karena terdapat wahana tambahan berupa wahana offroad yang menantang.

Sejak covid di tahun 2019, kebun binatang ini sempat berhenti beroperasi. Akan tetapi, saat ini tempat wisata tersebut sudah kembali dibuka dan dapat menerima tamu seperti biasanya. Akan tetapi, setiap pengunjung harus mematuhi protocol kesehatan agar tetap terhindar dari bahaya Covid 19. Pihak pengelola kebun binatang pun telah memberlakukan protocol yang ketat.

Daya Tarik yang Dimiliki Semarang Zoo

Daya Tarik Semarang Zoo
Image Credit: Google Maps (Ferry Solum)

1. Jelajah Edukasi yang Mengasyikkan

Belajar tentang satwa di kebun binatang tidak akan pernah membosankan. Oleh karena itu, destinasi yang satu ini bisa menjadi pusat edukasi masyarakat terutama anak anak terkait dengan keanekaragaman satwa. Mereka bisa mengenal lebih dalam, bagaimana kenampakan fisik dan sifat dari setiap satwa tersebar di seluruh penjuru dunia.

Koleksi yang dimiliki oleh Semarang Zoo bukan hanya hewan hewan lokal yang ada di Indonesia. Ada banyak satwa lain yang sengaja didatangkan dari luar negeri untuk kemudian dikembang biakkan dan menjadi model edukasi. Setidaknya, ada 51 spesies satwa yang ada di sana. apabila di total, maka jumlah keseluruhan satwanya adalah sekitar 281 jiwa.

2. Berinteraksi Dengan Satwa

Para pengunjung yang datang ke Bonbin Semarang diperbolehkan untuk menjalin interaksi dengan hewan yang telah disediakan. Bentuk interaksi yang diberikan juga cukup bervariasi, misalnya saja berfoto dengan bayi bayi harimau, dan memegang ular yang sudah jinak. Anda tidak perlu merasa was was, karena semuanya diawasi langsung oleh keeper yang bertugas. Setelah masuk arena burung, para wisatawan juga diperbolehkan untuk mengambil foto.

Pilihan interaksi lain yang tidak kalah mengasyikkan adalah berkeliling dengan menaiki gajah. Pihak pengelola telah membuatkan rute atau rane akhusus yang akan dilalui oleh mamalia besar ini. Dengan begitu, keberadaan mereka tidak akan membahayakan pengunjung yang lain. Goyangan dari tubuh gajah yang ditunggangi, memberikan sensasi unik tersendiri.

Selain hewan hewan jinak, pengunjung Semarang Zoo juga diperbolehkan untuk memacu adrenalin dengan berinteraksi bersama harimau. Meskipun harimau terkesan buas, namun satwa yang satu ini telah terbiasa bertemu manusia sehingga lebih jinak. Meskipun begitu, anda tetap tidak boleh menyepelekannya.

3. Mengunjungi Museum Satwa

Selain satwa yang masih hidup, Semarang Zoo juga menyediakan museum yang diisi dengan satwa yang telah diawetkan. Hewan-hewan tersebut adalah bagian dari satwa kebun binatang yang telah mati. Setidaknya terdapat 30 hewan yang telah dikoleksi dan menjadi pajangan. Beberapa diantara mereka adalah elang, lutung, orangutan, macan tutul, komodo, dan rusa.

Daya Tarik Dimiliki Semarang Zoo
Image Credit: Google Maps (Natrisa Uthophia)

Penataan museum juga dapat dibilang sangat baik, karena setiap koleksi ditata sedemikian rupa sehingga sedap dipandang mata. Background dari dioramanya juga dibuat dengan latar belakang alam, sehingga hewan hewan tersebut terlihat seperti berada di tempat aslinya. Pihak museum juga tidak berambisi menambah koleksi, dan hanya memanfaatkan satwa yang mati saja.

4. Jelajah Alam dengan Jeep

Banyak alasan yang membuat wisatawan merasa senang saat berkunjung ke Semarang Zoo. Salah satu pilihan kegiatan yang dapat anda lakukan di sana adalah jelajah alam menggunakan mobil jeep. Wahana yang satu ini tergolong baru, dan membuat wisatawan merasa penasaran. Wahana tersebut dikenal dengan nama My Trip Zoo Adventure.

Wisatawan akan diajak melalui sungai dan melintasi hutan jati yang berada di sekitaran kebun binatang. Penguung juga akan melewati Sendang Kaliancar sekaligus merasakan kebudayaan sekitar. rencananya, pihak pengelola juga akan mengganteng tempat wisata lain untuk melengkapi perjalanan wisatawan. Adapun salah satu destinasi yang dimaksud adalah Tinjomoyo.

Apabila tertarik untuk mencobanya, maka anda perlu membayar biaya sekitar 450.000 per mobil. Satu fasilitas jeep dapat menampung sekitar tiga sampai empat orang. Harga tersebut sudah termasuk tiket kebun binatang dan berbagai wahana lain yang ada di dalamnya. Bagaimana menurut anda? Tour Jeep ini sangat terjangkau bukan?

5. Wahana Permainan yang Menyenangkan

Liburan tidak akan berkesan, jika anda tidak mengisinya dengan permainan yang mengasyikkan. Alasan itulah yang membuat bonbin Semarang membangun fasilitas berupa wahana yang sangat beragam. Beberapa permainan bisa dilakukan oleh orang dewasa. Oleh karena itu, anda yang datang bersama dengan anak anak bisa sekalian mencobanya.

Beberapa jenis wahana yang banyak diminati pengunjung adalah flying fox, waterboom mini, dan outbound. Di dalam waterboom sudah disediakan seluncuran yang aman untuk anak anak. Si kecil juga bisa mencoba wahana lain yang ada di zona Play Play Zoo. Keberadaan wahana tersebut akan membuat liburan lebih menyenangkan dibandingkan dengan biasanya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Semarang Zoo
Image Credit: Google Maps (Pranowo Yayou)

Kebun binatang ini berada di Kecamatan Kaliwungu, lebih tepatnya di Desa Sumberejo Kabupaten Semarang. Lokasinya tepat di perbatasan Semarang Kendal. Untuk sampai ke sana, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Persis di depan zoo adalah terminal mangkang, sehingga anda bisa datang kesana menggunakan BRT.

Jika saat ini posisi anda ada di Tugu Muda, maka arahkan kendaraan untuk masuk ke jalan Pandanaran. Setelah itu, berusahalah untuk sampai ke jalan pantura Semarang kendal. Kemudian masuk ke jalan siliwangi dan naik ke tol jatingaleh. Jika sudah, turun di Jalan Tol Semarang Batang dan arahkan kendaraan untuk sampai ke terminal mangkang.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk
Image Credit: Google Maps (Wihandono Yogo)

Jam buka Bonbin Semarang di saat weekend dan weekday tidak sama. Di saat weekend, tempat wisata yang satu ini buka mulai pukul 08.00 hingga 15.00. Sedangkan untuk weekend, destinasi tersebut buka mulai jam 08.00 hingga 16.00. Jam bukanya yang panjang itu semakin memudahkan wisatawan untuk memilih waktu yang paling luang.

Saat ini, sistem pembayaran tiket masuk di Semarang Zoo juga sangat modern. Anda tidak perlu mengantri untuk membeli tiket pada petugas. Anda bisa langsung membelinya di alat vending machine. Pembayarannya dilakukan secara non tunai, sehingga antrian tidak akan mengular karena prosesnya cepat. HTM kebun binatang di weekday adalah 20 ribu, weekend 25 ribu, dan hari libur 30 ribu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kebun Binatang

Kegiatan Menarik di Kebun Binatang
Image Credit: Google Maps (Natania Nysa)

1. Mengenal Satwa

Aktivitas pertama yang bisa anda lakukan di kebun binatang adalah belajar atau mengenal lebih dalam karakter satwa yang ada di dalamnya. Anda bisa melihat secara langsung binatang binatang yang tidak pernah anda temukan sebelumnya. Jika biasanya anda hanya melihat kucing, anjing, ayam, dan bebek, kali ini anda akan melihat singa, harimau, komodo, elang, dan gajah.

2. Berfoto Ria

Kegiatan kedua yang tidak kalah seru adalah mengambil foto bersama dengan satwa. Kegiatan yang satu ini sudah menjadi kebiasaan setiap pengunjung. Mereka selalu mengambil foto di setiap sudut bonbin, terlebih saat berinteraksi dengan binatang seperti burung, gajah, dan harimau. Pengalaman seperti itu memang patut untuk diabadikan.

3. Menjajal Permainan dan Wahana yang Disediakan

Saat datang ke Semarang Zoo, anda bisa menjajal berbagai permainan seru yang disediakan oleh pihak pengelola. Setiap permainan yang ada di sana telah didesain dengan aman. Hanya saja, anda juga perlu mematuhi setiap aturannya, agar tidak mengalami cedera. Saking banyaknya permainan yang ditawarkan, pengunjung kerap dibuat bingung untuk menjajal yang mana.

Fasilitas yang Tersedia di Semarang Zoo

Fasilitas di Semarang Zoo
Image Credit: Google Maps (Imam Santosa)

Fasilitas menjadi salah satu penunjang lokasi wisata yang sangat penting. Percuma saja jika wahana yang disediakan oleh destinasi tersebut terlihat menarik, namun fasilitas umumnya tidak nyaman. Terkait dengan hal yang satu ini, anda tidak perlu khawatir karena fasilitas pengunjung seperti toilet, mushola, dan foodcourt di Semarang Zoo sangat nyaman dan bersih.

Di setiap sudut kebun binatang juga banyak ditemukan kursi atau tempat duduk agar setiap pengunjung dapat beristirahat. Tidak heran jika kemudian, destinasi wisata yang satu ini sangat digemari oleh warga Semarang. Bahkan ada banyak wisatawan luar daerah yang sengaja mampir untuk melihat bagaimana keindahan kebun binatang ini secara langsung.

Itulah informasi menarik seputar Semarang Zoo yang membuatnya layak masuk ke dalam list liburan tahun ini. Mengingat kondisi yang sedang pandemic, pihak kebun binatang memberlakukan protocol kesehatan dengan ketat. Aturan tersebut bukan hanya untuk melindungi pengunjung, namun juga satwa yang ada di dalamnya.