Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 07.00–18.00 WIB, Alamat: Ganjarsari, Kec. Cikalong Wetan, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Alam tidak pernah kehabisan cara untuk menyihir manusia dengan keindahan lanskapnya. Pemandangan hijau, kejernihan air yang mengalir dan semilir angin memberikan kenyaman serta ketenangan bagi setiap pengunjung. Sejuknya udara yang masuk melalui rongga hidung seakan memberi kedamaian jiwa. Situasi inilah dambaan para kaum urban yang tinggal di ibu kota.

Tidak bosan-bosan Jawa Barat kian menunjukkan pamornya sebagai provinsi yang kaya akan objek wisata. Kali ini giliran Bandung yang unjuk gigi memamerkan objek wisata alam yang menawan. Sendang Geulis Kahuripan merupakan tempat wisata cantik dan mulai ramai didatangi masyarakat.

Jalur yang kurang baik maka disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua saja. Penggunaan mode transportasi itu direkomendasikan karena akses jalan yang sempit. Parahnya saat musim hujan, jalur menjadi berlumpur. Oleh karenanya perlu kesabaran yang tinggi untuk mencapai lokasi wisata indah ini.

Pengorbanan itu terbayar setibanya di Sendang Geulis Kahuripan. Panorama kehijauan hutan yang menggepung area wisata menyambut kehadiran wisatawan. Keberadaannya cukup tinggi di tengah lembah sehingga memanjakan pengunjung dengan udara segar dan sejuk. Sampai-sampai rasanya ingin menghirup udara sedalam mungkin. Rasa lelah selama perjalanan sirna dalam hitungan detik.

Daya Tarik yang Dimiliki Sendang Geulis Kahuripan

Daya Tarik Sendang Geulis Kahuripan
Image Credit: Google Maps Sendang Geulis Kahuripan

Sedang Geulis Kahuripan sejatinya adalah sebuah kolam mata air. Masyarakat sekitar biasa menyebut tempat wisata hits ini dengan Talaga Cikahuripan. Layaknya sebuah nama pasti memiliki makna yang terkadung. Talaga Cikahuripan mempunyai arti secara harfiah “danau di tengah pengunungan yang memberikan kehidupan.”

Bukan hanya sekadar nama, kenyataannya Sendang Geulis Kahuripan memang menebar manfaat bagi warga sekitar. Sumber airnya digunakan untuk keperluan sehari-hari warga Kampung Cilangkop. Bahkan sebelum menjadi tempat wisata, orang sekitar mencuci baju di tempat indah ini.

Jangan khawatir ataupun membayangkan air menjadi kotor akibat busa dari sabun cuci. Pasalnya, sumber mata air ini akan terus mengeluarkan air. Dengan begitu air yang sudah kotor akan mengalir dan berganti secara otomatis bersih seperti semula. Namun karena saat ini Sendang Geulis sudah menjadi objek wisata terkenal maka warga pun sudah tidak lagi mencuci di sana.

Usut punya usut, air di Sendang Geulis Kahuripan bersumber dari mata air alami yang berasal dari celah batuan. Air ini terus keluar jadi sangat minim kejadian air berubah keruh atau terdapat kotoran pada aliran airnya. Alhasil air dijamin dalam kondisi prima dan bersih. Jadi para wisatawan tidak perlu ragu lagi untuk berendam atau berenang di kolam ciptaan Tuhan yang indah ini.

Konon katanya, airnya mengandung khasiat bagi kulit. Apalagi bagi kaum hawa yang menginkan kulitnya semakin mulus. Segera jadwalkan untuk singgah di mata air cantik ini. Bahkan beberapa lainnya percaya air objek wisata nge-hits ini mampu menyembuhkan macam-macam penyakit kulit.

Selain memiliki benefit bagi kesehatan kulit, air di kolam instagramable mengandung kadar oksigen yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari kejernihan kolamnya. Sampai-sampai dasar kolam dapat terlihat dengan jelas. Oleh karena itu, air di Sendang Geulis dapat diminum secara langsung tanpa harus dimasak terlebih dahulu, mengingat pula ini berasal dari sumber mata air alami pengunungan.

Agak berbeda dengan widata alam lainnya, wisata populer di Kabupaten Bandung Barat ini menyediakan dua kolam alami dan dua kolam buatan. Semua air baik di kolam alami atau buatan berasal dari satu mata mata. Sehingga kesegaran dan kejernihan air yang dirasakan di setiap kolam sama saja.

Daya Tarik Dimiliki Sendang Geulis Kahuripan
Image Credit: Google Maps Ahmad Ramdan Saefudin

Kolam alami pertama letaknya dekat dan menampung langsung air dari sumber utamanya. Lubang ini kira-kira berukuran 7×12 meter. Jika wisatawan ingin mendapatkan kesejukan dan kesegaran air maksimal maka kolam inilah yang cocok.

Sedangkan, kolam alami kedua lokasinya di bawah kolam pertama. Tempatnya jauh lebih besar daripada kolam sebelumnya. Meski airnya berasal dari kolam pertama namun airnya tidak kalah jernih. Kedua kolam alami ini tergolong dangkal karena kedalamannya yang tidak lebih dari satu meter.

Di bawah kolam alami kedua barulah kita temukan kolam buatan atau kolam renang. Bedanya dengan kolam renang lainnya adalah airnya langsung dari mata air jadi bebas kaporit. Mata tidak perih dan rambut pun tidak rusak. Walaupun berada paling bawah, kebersihan air tetap stabil.

Antara kolam alami dan buatan jaraknya tidak begitu dekat. Untuk memudahkan berpindah dari satu kolam ke kolam lainnya, pihak pengelola wisata membuat tangga. Tangga ini berbahan semen sehingga tidak licin walaupun hujan. Selian itu ada pegangan juga jadi tidak perlu takut terpeleset ketika tangga licin atau basah.

Menurut kepercayaan warga setempat, kebersihan air ini karena adanya pohon karet yang kelihatannya sudah ada sejak lama. Pohon karet sebagai “penjaga” kejernihan dan kemurniaan air di Sendang Geulis Kahuripan. Benar atau tidak mitos tersebut, keberadaan pohon itu dan pohon-pohon di sekitar kolam eskotis ini menghadirkan keteduhan. Sehingga momen berendam jadi tambah rileks.

Pencantuman kata “geulis” dalam susunan nama destinasi alam ini sangat tepat. Geulis yang berarti cantik mewakili keanggunan pesona alam yang tersaji. Rindangnya pepohonan perbukitan Cikalong wetan dikombinasikan dengan kesegaran udara lantas menciptakan suasana nan syahdu. Pasti pengunjung akan terbuai dengan keindahan alam ini dan berniat kembali lain waktu.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Sendang Geulis Kahuripan
Image Credit: Google Maps Radithya H

Wisata populer di kawasan Bandung ini berlokasi di Kampung Cilangkop, Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung. Sendang Geulis Kahuripan diawasi oleh RPH Cikalong Wetan dan BKPH Padalarang Perum Perhutani KPH Bandung Utara. Dari kantor Desa Banjarsari, wisatawan perlu menempuh jarak kurang lebih 10 km dengan jalur bebatuan saat memasuki area perkebunan teh. Jalur lain yaitu dari arah Padalarang wisatawan akan diarahkan menuju Tugu Nanas, dari situ hanya berjarak 4 kilometer.

Sementara jika dari arah Purwakarta, wisatawan bisa masuk melalui kantor perkebunan teh Panglejar. Jalur yang ditempuh didominasi bebatuan. Sehingga harus ekstra hati-hari. Selama itu pula pengunjung akan melihat permadani kebun teh di perbukitan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Sendang Geulis Kahuripan
Image Credit: Google Maps Rina Rupita

Kelebihan wisata alam selain menyajikan lanskap yang indah juga biaya yang tidak terlalu mahal. Untuk tiket masuk ke Sendang Geulis Kahuripan, wisatawan cukup membayar Rp 10.000 per orang. Harga ini berlaku untuk hari biasa (weekdays) maupun hari libur (weekend). Perlu diperhatikan, biaya ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Selain harus membayar tiket masuk, pengunjung pun mengeluarkan uang untuk parkir. Jangan khawatir, tarif parkir yang ditetapkan pengelola sebesar Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 per mobil. Jam operasional objek wisata alam cantik ini dari pukul 07.00 – 18.00 WIB.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Sendang Geulis Kahuripan

Kegiatan di Sendang Geulis Kahuripan
Image Credit: Instagram PEXPAADVENTURE

Ketika berkunjung ke tempat ini, ada banyak kegiatan yang menarik dilakukan untuk menjadikan liburan Anda lebih menyenangkan, diantaranya:

1. Berendam Menyegarkan Diri

Ikon dari destinasi Sendang Geulis Kahuripan adalah kolam alaminya. Jadi wajib hukumnya untuk beredam di kolam tersebut. Air yang tidak tinggi serta ukuran kolam yang tidak begitu luas maka spot ini lebih pas untuk berendam.

Menyandarkan bahu di pinggir kolam seraya memejamkan mata. Hembusan angin dan sejuknya udara sebagai pelengkap ketenangan diberikan untuk setiap pengunjung. Ini sepadan dengan perjuangan yang dikeluarkan supaya sampai di hindden paradise Bandung ini.

2. Berenang di Kolam Alami

Tersedianya kolam buatan semakin membuat betah para pengunjung. Setelah puas berendam dengan kesejukan air dan alamnya, pengunjung bisa melanjutnya dengan kegiatan berenang. Kolam renang ini berukuran besar sehingga leluasa untuk hilir mudik ke sana ke mari. Liburan dapat, olahraga pun dapat.

Bukan sekadar kolam berenang biasa karena lokasinya berada di tengah hijaunya hutan. Selain tubuh, mata juga dimanjakan dengan asrinya pemandangan. Ditambah birunya langit jadi perpaduan yang sempurna.

Kegiatan Menarik. Sendang Geulis Kahuripan
Image Credit: Google Maps dendie701

3. Swafoto dalam Air

Manusia di era digital ini rasanya sudah sangat erat dengan swafoto. Bahkan menjadi sebuah keharusan mengabadikan momen dengan kamera di gawai. Apalagi panorama di tempat wisata hits ini sangat menawan dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Jangan hanya foto dengan birunya kolam Sendang Geulis Kahuripan sebagai latar saja. Cobalah untuk berfoto di bawah jernihnya air di kolam alami itu atau lebih dikenal foto underwater. Tahan napas untuk beberapa detik lalu klik. Hasilnya pasti ciamik sekali.

4. Snorkling Sederhana

Setelah foto underwater mengapa tidak sekalian mencoba snorkling sederhana terutama bagi para pemula yang belum berani snorkling di laut lepas. Airnya yang jernih dan tidak terlalu dalam sehingga tidak takut untuk tenggelam.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Sendang Geulis Kahuripan
Image Credit: Google Maps Muhammad Imanudin Abubakar

Nampaknya wisata hidden paradise paris van Java ini telah dikelola dengan baik. Walaupun wisatawan yang datang tidak terlalu ramai, tetapi fasilitasnya cukup mumpuni. Berikut sarana yang pengelola sediakan untuk kenyamanan para pengunjung Sendang Geulis Kahuripan:

1. Toilet

Rasanya fasilitas toilet adalah hal wajib yang harus ada di sebuah tempat liburan. Sendang Geulis menyediakan toilet agar pengunjung tidak buang air kecil (BAK) atau buang air besar (BAB) sembarang. Hal ini guna menjaga kelestarian dan keasrian lokasi mata air. Mengingat bagaimana sembrononya masyarakat Indonesia.

2. Ruang Ganti

Bagi pengunjung yang hanya ingin berganti pakaian setelah puas bermain air bisa memanfaatkan ruang ganti ini. Sarana ini dihadirkan agar tidak terjadi penumpukan di toilet bilamana objek wisata Sendang Geulis sedang ramai pengunjung.

3. Kantin

Para wisatawan yang lupa membawa bekal makanan atau minuman tidak perlu khawatir kelaparan. Di sini tersedia kantin yang menjual mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Minuman pun tersedia dari yang panas hingga dingin.

4. Saung

Sementara pengunjung yang sudah membawa persediaan makanan, tetapi sungkan untuk menumpang di kantin. Tidak perlu risau, pengelola siap sedia menyediakan saung. Anda bisa sambil beristirahat, bercengkerama dan bersenda gurau dengan teman-teman.

Kesejukan semilir angin sebagai teman santap siang. Secara tidak sadar menambah nafsu makan kala itu.

5. Warung makan

Di Sendang Geulis Kahuripan terdapat pula warung nasi liwet khas tanah parahyangan. Menu yang ditawarkan adalah kuliner dengan cita rasa otentik pedesaan Sunda. Bagi yang tertarik silahkan mencobanya. Selain wisata alam sekaligus wisata kuliner.

6. Penginapan

Bagi Anda yang merasa kurang puas jika hanya berlibur satu hari disana, Anda bisa menyewa penginapan. Lokasinya pun tidak jauh dari objek wisata populer ini. Liburan semakin puas sehingga siap kembali menghadapi kerasnya ibu kota.

Itulah beberapa hal menarik seputar destinasi alam hits Sendang Geulis Kahuripan di Bandung Barat. Semoga informasi ini bermanfaat sebagai referensi tujuan liburan Anda selanjutnya.