Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Kota Bogor dan sekitarnya memang dikenal memiliki banyak sekali ragam destinasi wisata yang sangat unik dan menarik. Biasanya, ragam objek wisata popular di daerah tersebut selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama dari ibukota selama masa liburan ataupun akhir pekan. Oleh sebab itu, kini semakin banyak pengelola kawasan wisata yang menghadirkan tempat-tempat hits yang menarik untuk dikunjungi.

Kali ini, kami memberikan sebuah rekomendasi salah satu tempat wisata terbaik di sekitar Kabupaten Bogor, yakni Sentul Paradise Park. Tempat wisata hits ini sangatlah lengkap karena menghadirkan arena kolam renang, air terjun, serta ragam wahana permainan yang menyenangkan. Berikut telah kami sajikan ulasan lengkap mengenai tempat wisata hits ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Sentul Paradise Park

Daya Tarik Sentul Paradise Park
Image Credit: Google Maps Daniel Rianto Ratu

Sentul Paradise park merupakan kawasan wisata yang cukup lengkap, karena menghadirkan air terjun alami serta kolam renang dan berbagai wahana air yang lengkap. Pada mulanya, kawasan wisata hits ini hanya berbentuk hutan, sebelum akhirnya diambil alih oleh pihak pengembang dan dikelola menjadi tempat rekreasi keluarga yang menarik. Di tempat wisata hits ini, pengunjung dapat melakukan beragam aktivitas seperti berenang, menikmati air terjun, berfoto, ataupun memainkan beragam wahana permainan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tempat wisata ini juga menghadirkan sebuah kenampakan alam yang cukup mempesona, yakni air terjun. Air terjun di tempat ini dikenal sebagai Curug Bidadari. Lokasi dari curug ini masih dalam satu kawasan dengan kolam renang serta wahana lainnya. Oleh sebab itu, tak lengkap rasanya apabila pengunjung menikmati fasilitas kolam renang alami tanpa mengunjungi air terjun, karena lokasinya bersebelahan.

Sebenarnya, ada banyak sekali daya tarik yang ditawarkan di tempat wisata menarik ini. Oleh karena itu, tak heran sampai saat ini pun kawasan wisata Sentul Paradise Park masih ramai dikunjungi oleh wisatawan sebagai destinasi menarik untuk menghabiskan waktu liburan. Apa sajakah daya tarik yang ditawarkan? Penjelasan nya ada di bawah sini:

1. Curug Bidadari

Curug Bidadari merupakan salah satu daya tarik utama berupa air terjun yang letaknya masih berada dalam satu kawasan Sentul Paradise Park. Air terjun yang satu ini sekilas nampak sangat megah, dengan ketinggian mencapai 75 meter serta lebar 7 meter. Air di curug ini bersumber dari beragam mata air di kawasan Sentul. Selain itu, aliran air terjunnya cukup deras sehingga memberikan kesan kesegaran alami tersendiri.

Pada awalnya, air terjun ini dikenal masyarakat dengan nama Curug Bojong Koneng, sesuai dengan nama daerah setempat. Namun, semenjak tempat wisata ini dikelola oleh pihak pengembang, nama air terjun ini berubah menjadi Curug Bidadari. Meski demikian, hal lain dalam air terjun ini tetap dijaga keasliannya seperti semula.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aliran air di curug ini memang cukup deras. Oleh karena itu, pengunjung sebaiknya lebih berhati-hati lagi ketika sedang berenang di sekitaran dasar air terjun. Oleh karena itu, ada baiknya bagi pengunjung untuk bertanya kepada pihak penjaga, apakah kondisi curug sedang aman dan sesuai untuk berenang sehingga keamanan dapat lebih terjamin.

2. Kolam Renang

Apabila berbicara tentang Sentul Paradise Park, pasti satu hal yang langsung muncul di benak masyarakat adalah kolam renangnya. Kolam Renang yang terdapat di kawasan wisata ini memang dapat dikatakan sebagai sebuah daya tarik paling popular di tempat wisata hits ini. Banyak sekali orang yang tertarik untuk berenang di kolam renang ini, tak lain adalah karena airnya yang masih alami (bersumber dari mata air pegunungan), serta konsepnya yang unik karena berpadu dengan suasana alam terbuka.

Luas total dari kawasan kolam renang ini mencapai 6.400 meter sehingga cocok dimanfaatkan untuk sekadar berenang dan bersantai, ataupun memainkan wahana air sekaligus. Terdapat 2 jenis kolam yang disediakan, pertama yaitu Lazy Pool dengan kedalaman 30 cm yang aman bagi anak-anak. Selain itu, ada juga Wave Pool yang memiliki kedalaman mencapai 1,5 meter sehingga utamanya diperuntukkan khusus bagi orang dewasa.

3. Wahana Permainan Air

Ada banyak sekali wahana permainan air yang dapat dimainkan di kawasan wisata hits ini. Mungkin beberapa dari Anda akan bertanya-tanya, di manakah letak wahana permainan air ini? Jawabannya cukup tak disangka, karena nyatanya arena wahana permainan ini menyatu dan bergabung dengan area kolam renang. Cukup menarik bukan?

Ragam wahana permainan air yang tersedia dan bisa dimainkan oleh para pengunjung adalah perahu mini, bola air, ban unicorn, dan masih banyak lagi. Untuk dapat memainkan ragam wahana air ini, pengunjung dapat membayar tarif sewa permainan pada loket yang telah disediakan. Selain itu, masih ada wahana permainan air lainnya yakni perosotan panjang, sehingga memberikan pengalaman permainan air layaknya di sebuah wahana waterpark.

4. Flying Fox

Bagi Anda yang menyukai hal-hal menantang serta memacu adrenalin, maka flying fox ini merupakan pilihan yang tepat. Di dalam kawasan wisata Sentul Paradise Park ini terdapat sebuah wahana flying fox, yang memungkinkan pengunjung untuk memainkan wahana yang cukup menantang dengan meluncur dari ketinggian. Namun tenang saja, pasalnya wahana flying fox ini sudah dilengkapi dengan sarana keamanan yang sesuai standar, seperti helm, dan tali pengaman.

Agar dapat mencoba wahana flying fox ini, pengunjung dapat membeli tiket terlebih dahulu. Wahana yang satu ini memang menawarkan pengamanan yang cukup menarik, yakni meluncur di ketinggian sambil ditemani oleh pemandangan alam air terjun dan pegunungan yang sangat menawan.

Daya Tarik Dimiliki Sentul Paradise Park
Image Credit: Google Maps Otize sajalah

5. Spot Foto

Bisa dikatakan, Sentul Paradise Park merupakan sebuah surga bagi orang-orang yang hobi berfoto. Hal ini terjadi karena ada banyak sekali spot berfoto yang sangat menarik di tempat wisata hits ini. Untuk itu, pengunjung sudah tidak perlu kehabisan tempat berfoto, karena ada banyak lokasi photogenic yang tentunya akan membuat hasil foto semakin fenomenal.

Spot berfoto pertama yang tersedia di kawasan wisata hits ini adalah kelopak bunga. Tempat berfoto yang satu ini memang cukup dikenal karena keunikannya, di mana para pengunjung dapat berfoto sambil duduk di atas kelopak bunga, dengan latar belakang Air Terjun Bidadari. Spot berfoto lainnya yang tak kalah menarik adalah bingkai love, yakni bingkai bambu berbentuk hati yang dihiasi bunga-bunga dengan latar belakang pemandangan alam yang indah.

6. Pancuran 7 Bidadari

Daya tarik lainnya yang ditawarkan di tempat wisata hits ini adalah Pancuran 7 Bidadari. Pancuran yang satu ini sangatlah menarik, karena dibuat menggunakan bambu sehingga menghadirkan konsep menyatu dengan alam. Selain itu, air di pancuran ini bersumber dari mata air pegunungan, sehingga pengunjung dapat merasakan secara langsung kesegaran air yang mengalir di pancuran ini.

Banyak sekali orang yang masih bingung, mengapa pancuran ini dinamakan 7 Bidadari? Nyatanya, jumlah pancuran ini ada 7 buah, dan berada sangat dekat dengan lokasi Curug Bidadari. Oleh sebab itu, kini pancuran tersebut semakin dikenal dengan nama Pancuran 7 Bidadari. Biasanya, para pengunjung memanfaatkan pancuran ini untuk membersihkan diri (membilas) setelah berenang, ataupun sekadar menyegarkan badan.

7. Pantai Buatan

Selanjutnya, pengunjung juga dapat menikmati keindahan pantai buatan yang terdapat di sekitar area kolam renang. Pantai buatan yang satu ini sangatlah mirip dengan pantai aslinya, karena dilengkapi dengan pasir putih dan lembut yang dibawa langsung dari Pulau Bangka. Oleh karena itu, banyak dari antara pengunjung yang memanfaatkan pantai buatan ini sebagai lokasi bersantai layaknya di pantai, namun dengan suhu udara yang jauh lebih sejuk.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Sentul Paradise Park
Image Credit: Google Maps Quarter Lamb

Objek wisata ini berada di lokasi yang cukup strategis, tepatnya di Jalan Sentul Paradise Park, Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Apabila perjalanan ditempuh menggunakan kendaraan roda empat, maka rute dapat dilalui melalui Tol Jagorawi dari arah Jakarta, dan keluar di gerbang tol Sentul Selatan.

Setelah itu, belok kiri ke arah Jl. MH Thamrin dan terus mengikuti alur jalan utama hingga ke Jl. Bojong Koneng. Kemudian, terus ikuti jalur di Jl. Bojong Koneng hingga mencapai Jl. Gunung Batu, dan belok kiri ke Jl Sentul Paradise Park. Apabila sudah sampai di jalan tersebut, teruslah ikuti jalan utama, karena lokasi tempat wisata ini berada di penghujung jalan tanpa perlu berbelok lagi.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Sentul Paradise Park
Image Credit: Google Maps eko timbul

Untuk dapat masuk ke area wisata popular ini, pengunjung dapat membeli tiket masuk yang dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Harga tiket masuk yang dikenakan untuk per orangnya yakni Rp20.000 untuk hari biasa, Rp25.000 untuk akhir pekan, dan Rp30.000 untuk hari libur (special day).

Biaya tiket di atas belum termasuk tarif parkir yang dikenakan, yakni Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat, serta Rp 4.000 untuk kendaraan roda dua.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Sentul Paradise Park

Kegiatan Menarik Sentul Paradise Park
Image Credit: Twitter Explore Jawa Barat

Banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat berada di Sentul Paradise Park, di antaranya yaitu:

1. Berenang

Dengan kolam yang jernih dan bersih para wisatawan dapat melakukan kegiatan bermain air di taman indah ini. Biasanya daerah kolam ramai di saat weekend, maka disarankan untuk datang di hari biasa untuk menikmatinya.

2. Bermain di Wahana Air

Dilengkapi berbagai wahana air, sehingga pengunjung dapat mencoba beberapa yang menantang untuk mendapatkan liburan seru. Bermain bersama si kecil menjadi hal menarik untuk dilakukan.

3. Bersantai

Bersantai sembari menikmati pemandangan alam merupakan pilihan tepat yang dapat Anda lakukan di taman wisata air yang populer di Sentul ini.

4. Menikmati Air Terjun

Menikmati air terjun dengan keluarga, teman ataupun kerabat menjadi pilihan tepat demi menghilangkan rasa lelah dari segala aktifitas yang sudah di kerjakan

Kegiatan Menarik di Sentul Paradise Park
Image Credit: Twitter Life Smile Tour

5. Berfoto

Berfoto sudah pasti menjadi tujuan utama para wisatawan yang datang ke tempat ini. Selain spot foto bernuansa alam, pihak pengelola juga menyediakan beberapa spot foto yang unik di kawasan wisata.

6. Menikmati Hidangan di Saung Makanan / Pujasera

Berbagai macam makanan dijajakan di dalam kawasan wisata. Pengunjung sisa memilih makanan yang sesuai dengan selera.

7. Mencoba Bermain Flying Fox

Bermain Flying Fox merupakan salah satu wahana menarik yang dapat dilakukan. Di samping menyenangkan, kegiatan ini juga memicu adrenalin untuk menjadikan liburan Anda lebih menyenangkan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Sentul Paradise Park
Image Credit: Google Maps Sentul Paradise Park

Kawasan wisata Sentul Paradise Park sudah menyediakan ragam fasilitas yang sangat lengkap mulai dari toilet, kamar ganti, Mushola, pos keamanan, saung makanan, tempat bersantai, spot foto, serta arena parkir kendaraan.

Di tempat wisata yang hits ini, terdapat beberapa tempat bersantai yang kerap dimanfaatkan pengunjung untuk beristirahat sambil menikmati suasana alam yang sejuk, ataupun menunggu anggota keluarga atau teman yang sedang memainkan wahana. Beberapa tempat bersantai yang disediakan di tempat ini yakni gazebo, pendopo, atau kursi yang terdapat di area saung makanan.

Apabila Anda ingin bersantai namun tetap dapat menikmati kesegaran air terjun, maka Anda dapat beristirahat di area bebatuan pada dasar curug. Biasanya, pengunjung memanfaatkan area ini untuk berfoto, meletakkan barang-barang sementara, serta untuk beristirahat. Namun, ada baiknya untuk lebih berhati-hati di area ini karena cukup licin apabila sedang basah.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai salah satu destinasi wisata alam populer di kawasan Sentul, Bogor yaitu Sentul Paradise Park. Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi tempat ini serta membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi pihak pengelola di nomor 0812-7111-2999.