Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Dadapan, Mangli, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Magelang seringkali mengingatkan kepada beberapa candi terkenal seperti, Candi Borobudur dan Candi Mendut. Tidak lupa dengan beberapa hidangan yang menggugah selera. Jika anda ingin mendapatkan pengalaman baru dalam berwisata di Magelang, Silancur Highland bisa dijadikan destinasi liburan kali ini.

Objek wisata yang memiliki nama lain Gardu Pandang Silancur ini menyajikan keindahan alam dan cocok untuk para penggemar selfie. Banyak spot instagramable yang dapat anda temukan selama berkunjung. Pesona alam yang disuguhkan juga akan membuat anda jatuh hati. Tak heran jika wisata hits di Magelang ini selalu menjadi jujugan wisatawan. Apalagi jika dikunjungi dengan keluarga atau teman dekat.

Daya Tarik yang Dimiliki Silancur Highland

Daya Tarik Silancur Highland
Image Credit: Google Maps Eko Purwadi

1. Pemandangan yang Menarik

Berada di kaki Gunung Sumbing memberikan banyak sekali pemandangan yang dapat anda nikmati. Ada beberapa beberapa perkebunan warga dan pedesaan asri yang menarik. Selain itu, juga gunung lainnya yang bisa memanjakan mata anda. Faktanya, tidak hanya 1 gunung, namun ada 4 gunung lainnya yang juga turut hadir.

Lima gunung yang ada di sekitar kawasan ini seolah-olah menjadi pagar yang melindunginya. Selain Gunung Sumbing ada juga Gunung Telomoyo, Merapi, Merbabu, dan Gunung Andong. Ketika cuaca sedang cerah, anda dapat dengan mudah menikmati pemandangan tersebut secara jelas.

Meski begitu, tidak perlu takut pada terik matahari, Hawa sejuk tetap akan menyambut kedatangan anda. Lokasi Silancur Highland yang berada di dataran tinggi sehingga jauh dari polusi dan asap kendaraan. Cocok untuk anda yang ingin beristirahat dari hiruk-pikuk kota maupun rutinitas sehari-hari.

2. Spot Foto yang Instagramable

Tidak mau kalah dengan berbagai tempat wisata lainnya. Wisata di Kabupaten Magelang ini juga menyediakan banyak spot foto yang cantik untuk di upload di feed instagram anda. Bagi anda yang menginginkan foto lengkap seluruh keluarga, juga tersedia jasa foto dengan harga yang terjangkau.

Pada malam hari, dapat terlihat dengan jelas lampu lampu Kota Magelang. Jika beruntung, saat langit cerah anda juga dapat menikmati indahnya pemandangan malam hari di dataran tinggi berikut. Barangkali anda juga bisa menemukan beberapa rasi bintang untuk dibagikan kepada teman atau keluarga.

3. Flying Fox

Terdapat permainan yang menantang adrenalin seperti flying fox. Untuk anda yang menyukai ketinggian, jangan lupa untuk mencoba permainan satu ini. Anda bisa melihat lebih dekat perkebunan milik warga setempat. Setelah itu, anda juga bisa membeli langsung sayur-sayuran dari perkebunan tersebut.

Untuk menikmati wahana flying fox, ada biaya tambahan di luar dari harga tiket masuk. Keamanannya tidak perlu diragukan lagi. Karena sebelum bermain anda akan di briefing terlebih dahulu dan akan dipantau hingga sampai di tujuan akhirnya. Peralatannya pun juga sudah memenuhi standar keamanan saat bermain flying fox.

Daya Tarik Dimiliki Silancur Highland
Image Credit: Google Maps Mentek adhen

4. Area Berkemah

Ingin menginap dengan sensasi yang berbeda? Anda dapat menghabiskan malam sambil menikmati indahnya langit ataupun lampu lampu Kota Magelang. Silancur Highland yang berada di ketinggian ini, menyediakan area berkemah bagi anda dan keluarga. Berkemah juga menjadi salah satu daya tarik pengunjung, baik dalam kota maupun daerah lainnya.

Pada malam hari, anda bisa menghabiskan waktu di depan api unggun sambil bercengkrama dengan pengunjung lainnya. Pada waktu waktu tertentu, pengelola juga menghadirkan musik akustik yang bisa menambah hangatnya suasana berkemah. Tidak hanya menambah kenangan, tapi juga bisa menambah relasi anda.

5. Cafe

Saat menuju sebuah tempat wisata, tentu perlu mengisi energi tubuh anda. Anda bisa membawa makanan sendiri dari rumah. Tapi jika tak sempat tak perlu khawatir, di Gardu Pandang Silancur ini anda akan menemukan cafe yang menjadi daya tarik tersendiri. Dimana berbagai menu makanan juga minuman ditawarkan dan bisa anda pilih sesuai selera.

6. Rumah Hobbit

Bagi anda pecinta novel ataupun film Lord of The Rings, pasti tidak asing dengan Rumah Hobbit ini. Walaupun tidak sama persis dengan aslinya, anda masih bisa merasakan keindahan dari rumah mungil ini. Setidaknya anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk pergi ke luar negeri demi melihat Rumah Hobbit di Selandia Baru.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Silancur Highland
Image Credit: Google Maps Arif

Lokasi Silancur Highland berada di kaki Gunung Sumbing. Untuk lebih tepatnya berada di Dusun Dadapan, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Bagi wisatawan yang akan membawa kendaraan pribadi, jalur yang akan dilalui sangat mudah ditempuh baik untuk kendaraan roda dua ataupun mobil.

Dari Kota Magelang, silahkan menuju ke arah Alun Alun. Kemudian jalan terus ke arah barat menuju Jalan Raya Bandongan. Untuk mempermudah, anda juga bisa mencari Pasar Bandongan terlebih dahulu. Lalu, lanjutkan perjalanan hingga ada pertigaan Jalan Tonoboyo. Ambil jalur yang menuju ke Kalegen.

Selanjutnya, lurus terus hingga menemukan petunjuk jalan ke arah Desa Mangli. Ikuti jalan tersebut hingga menemukan perempatan kedua, dan lanjutkan perjalanan hingga mencapai lokasi dari Silancur Highland. Jarak yang ditempuh sekitar 15 kilometer dengan estimasi waktu perjalanan adalah 35 menit.

Walaupun jalurnya mudah ditempuh, tetapi tetap saja lokasinya berada di dataran tinggi. Sehingga ada beberapa tanjakan yang cukup landai. Jalannya sudah beraspal penuh, namun jaraknya tidak terlalu lebar. Oleh karena itu, mohon periksa terlebih dahulu kondisi kendaraan pribadi anda dan juga dibutuhkan kemampuan berkendara yang baik.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Jam Operasional Silancur Highland
Image Credit: Google Maps Deny Yudanto

Jam operasional Silancur Highland bukanya 24/7, dengan kata lain buka 24 jam selama 7 hari penuh. Waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah pagi hari. Selain bisa menikmati sunrise, anda juga tidak akan terjebak keramaian. Untuk anda yang ingin berkemah, terdapat jam operasional khusus untuk bongkar tenda yaitu pukul 04.30-19.00.

Tidak perlu takut tentang harga tiket masuknya. Bagi pengunjung dewasa dikenakan sekitar Rp 10.000 dan untuk anak-anak yang kurang dari 6 tahun cukup membayar sekitar Rp 5000 saja. Namun, jika anda memutuskan untuk menginap atau berkemah, biaya masuknya menjadi kurang lebih Rp 20.000 untuk orang dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Silancur Highland

Kegiatan Menarik Silancur Highland
Image Credit: Google Maps Ashan Fardhani

1. Hunting Foto

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, banyak spot selfie bagi anda. Ada latar pegunungan dan lahan pertanian milik warga setempat. Jika beruntung, anda juga dapat melihat indahnya golden sunrise ataupun sunset. Hal ini juga yang menjadi salah satu daya tarik utama Silancur Highland bagi para wisatawan.

Ada juga taman bunga yang tertata rapi dengan berbagai macam warna. Pecinta fotografi sangat cocok untuk hunting di kawasan pegunungan tersebut. Dijamin anda tidak akan kehabisan spot foto menarik saat berkunjung ke wisata menarik ini. Pastikan untuk membawa kamera atau baterai tambahan. Dengan begitu anda akan puas untuk mengabadikan setiap momen.

2. Berkemah

Bagi anda yang menyukai kegiatan berkemah, tempat wisata satu ini juga menyediakan area berkemah. Tidak hanya anak muda yang datang, banyak juga keluarga yang memutuskan untuk menghabiskan waktu disini. Tentu saja aktivitas ini akan memberikan pengalaman berbeda. Pada malam hari, anda bisa menyaksikan indahnya cahaya lampu yang ada di sekitar area tersebut.

Anda diperbolehkan untuk membawa peralatan kemah pribadi. Namun, juga disediakan persewaan alat kemah yang lengkap. Ada beberapa pilihan paket berdasarkan banyaknya orang yang akan berkemah. Setiap paketnya menawarkan matras, sleeping bag, dan jasa bongkar pasang tenda.

Harga paket berkisar antara Rp 130.000 sampai 250.000. Terdapat paket 2 orang basic, 2 orang standart, dan 4 orang lengkap. Anda tidak perlu membayar tiket menginap lagi jika sudah membeli paket berkemah tersebut. Juga disediakan kayu bakar yang dibanderol dengan harga Rp 15.000 per ikat.

Ingin pengalaman berkemah yang lebih lengkap lagi? Pengelola Silancur Highland juga menyediakan beberapa paket barbeque lengkap dengan alatnya yang bisa anda pilih. Kisaran harganya adalah Rp 185.000 sampai Rp 310.000. Untuk paket premium 6 orang, anda dapat menikmati beef and chicken marinated serta daging wagyu. Selain itu, juga 1 pack selada+bawang bombay, dan 4 jenis saus.

3. Piknik Seru

Ingin merasakan suasana yang berbeda saat menghabiskan waktu bersama keluarga? Anda bisa menciptakan kenangan indah bersama keluarga dan juga orang terkasih lainnya. Walaupun tidak sampai menginap, tapi dijamin anda mendapat pengalaman yang menyenangkan saat menghabiskan waktu tempat wisata hits ini.

Destinasi Silancur Highland memiliki dataran rumput yang hijau dan luas, baik rumput alami maupun rumput sintetis. Tentu merupakan area yang cocok untuk duduk santai atau bermain bola. Bisa juga untuk anda yang mungkin ingin merasakan bersantai di Central Park, New York. Sudah lumayan mirip bukan untuk rumput hijaunya yang luas?

Anda diperbolehkan untuk piknik di dalam kawasan wisata indah ini. Silahkan membawa perbekalan dari rumah anda. Namun jika anda tidak ingin membawa terlalu banyak barang, bahan bahan untuk piknik nanti bisa anda beli di cafe yang tersedia dalam area tersebut. Jangan lupa untuk mengabadikan momen bersama keluarga anda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Silancur Highland
Image Credit: Google Maps Rachmawati Nirmala Dewi

Fasilitas yang dimiliki oleh Silancur Highland bisa dibilang lengkap. Sehingga pengunjung dipastikan akan merasa nyaman selama berada di kawasan wisata tersebut. Contohnya seperti area parkir yang luas dan dijaga 24 jam. Tarifnya sekitar Rp 5000 sampai Rp 20.000, tergantung kendaraan yang dibawa dan akan menginap atau tidak.

Terdapat wifi yang bisa anda gunakan secara gratis. Untuk passwordnya bisa ditanyakan pada bagian receptionist. Anda tetap bisa upload hasil foto anda dengan lancar tanpa adanya gangguan sinyal. Namun, usahakan untuk membawa powerbank agar tidak kehabisan daya di tengah-tengah hunting foto.

Anda juga dapat menemukan mushola di dalam areanya. Anda bisa beristirahat sejenak setelah seharian mengelilingi tempat wisata satu ini. Juga disediakan banyak tempat duduk di seluruh area. Terdapat cafe yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman untuk para pengunjung.

Tersedia toilet dan kamar mandi bagi pengunjung. Untuk wisatawan yang berkemah tidak akan kesulitan untuk bersih bersih diri ataupun buang air. Kebersihannya terjaga dan juga wangi. Jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya. Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan tempat sampah di destinasi wisata ini.

Ada banyak sekali tempat wisata yang bisa anda tuju selama berlibur di Magelang. Jika ingin mendapat paket wisata yang lengkap, Silancur Highland bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Kapan lagi bisa merasakan liburan dengan harga yang terjangkau? Dijamin anda tidak akan menyesal setelah berkunjung ke tempat wisata yang lengkap ini.