Sindu Kusuma Edupark, Destinasi Rekreasi Seru di Jogja

Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark salah satu wisata edukasi di Jogja yang menawarkan beragam wahana bermain dan berlajar yang seru untuk rekreasi keluarga. Mulai dari cinema 8D hingga bianglala raksasa dapat Anda temukan di Edupark Jogja.

Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: Pukul 08.00-23.00 WIB, Alamat: Jl. Jambon, Kragilan, Sinduadi, Kec. Mlati, Kab. Sleman, Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Berwisata ke Jogjakarta tidak melulu tentang candi dan keraton. Anda pun bisa seru seruan di sebuah objek wisata yang dipenuhi dengan puluhan wahana seru. Namanya adalah Sindu Kusuma Edupark atau SKE. Dengan luas mencapai 7 hektar, Anda akan disambut dengan tampilan bianglala raksasa dan deretan permainan seru yang tidak boleh dilewatkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Sindu Kusuma Edupark

Daya Tarik Sindu Kusuma Edupark

Image Credit: Twitter.com @pegipegi

Saat Anda menapakkan kaki di lokasi wisata Edupark ini, Anda akan disambut oleh deretan patung tokoh punakawan. Hal ini menjadi daya tarik sendiri karena kesan taman hiburan modernnya tidak mengubur sentuhan budaya Jawa. Patung Gareng, Semar, Bagong, dan Petruk tersebut juga mencerminkan tema seni budaya yang sangat kental.

Itulah yang membuat SKE memiliki nilai daya tarik tersendiri. Selain mengangkat budaya lokal, di sini Anda juga bisa menikmati berbagai macam wahana seru dan menantang. Salah satu yang menjadi daya tarik utama adalah adanya bianglala raksasa yang diklaim sebagai tertinggi di Indonesia. Dengan tinggi mencapai 48 meter, pastinya akan memacu adrenalin pengunjung.

Tidak hanya bianglala raksasa yang dinamai Cakra Manggilingan saja yang menarik, namun cinema 8D juga menjadi salah satu magnet pengunjung. Film film seru yang dimainkan akan semakin terasa riil dengan gambar nyata, volume suara yang menggelegar, hingga efek angin dan tuas kursi yang tidak mau diam.

Sindu Kusuma Edupark sendiri memiliki julukan berupa The city of fantasy. Hal tersebut diberikan tidak tanpa alasan. Pasalnya KSE adalah destinasi rekreasi keluarga yang serba lengkap. Wahananya sangat beragam, belum termasuk dengan waterpark atau wisata air yang disediakan. Jadi para pengunjung yang ingin bermain air pun bisa datang berkunjung.

Meski demikian, nama Edupark tidak disematkan begitu saja. Di objek wisata ini, para pengunjung juga memiliki kesempatan untuk menikmati wisata edukasi dari keberadaan omah batik dan omah musik. Koleksi instrumen jaman dahulu dan deretan batik dari penjuru negeri bisa dijadikan bahan belajar untuk anak dan sanak keluarga.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Sindu Kusuma Edupark

Alamat Sindu Kusuma Edupark

Image Credit: Google Maps (Angga Budiarto)

SKE memiliki lokasi yang sangat strategis. Alamatnya adalah di Jl. Jambon kragilan, Sleman Jogja. Posisi tersebut tepatnya hanya berjarak 15 menit dari jantung kota. Karena itulah para pelancong pun bisa menemukan SKE dengan mudah. Hanya butuh 16 menit dengan sepeda motor dari kota jogja ,8 menit dari tugu Jogja, dan 12 menit dari Malioboro.

BACA JUGA:  Candi Prambanan, Candi Megah Dengan Kisah Cinta yang Melegenda

Jika melihat lokasinya yang sangat mudah ditemukan dan dijangkau, maka Anda tidak perlu khawatir akan rute perjalanan. Berlokasikan dekat dengan jantung kota juga menjamin jalanan sudah dalam kondisi yang mulus. Begitu pula dengan akses kendaraan dan angkutan kota yang bisa dibilang tidak akan membuat pengunjung kerepotan.

Apabila Anda meluncur dari pusat kota Jogja, maka pergilah ke arah barat dan melewati jalan Panembahan senopati. Ikuti jalan hingga mencapai perempatan dan belok ke utara menuju jalan Letjen Suprapto. Jalan saja terus sampai menemui pertigaan. Ambil arah ke timur dan melewati Jl Tentara Rakyat Mataram, kemudian ikuti arus hingga menuju Jl. Magelang.

Susuri jalan Magelang hingga menemui perempatan. Di perempatan tersebut pilih arah barat ke Jl Jambon. Teruskan perjalanan dan Anda akan menemukan Sindu Kusuma Edupark. Untuk lebih jelasnya, ada baiknya menggunakan GPS karena arus padat kendaraan dan pengalihan arus bisa saja terjadi.

Harga Tiket Masuk dan Wahana Sindu Kusuma Edupark

Harga Tiket Sindu Kusuma Edupark

Image Credit: Google Maps (Srikandi Official)

Mengenai harga tiket masuk, Anda perlu catat bahwa setiap wahana akan dibanderol dengan harga yang berbeda. Harga yang ditarik memang cenderung ramah kantong, karena dimulai dari angka 10 ribuan saja. Namun, terdapat total 18 wahana (hingga akhir 2020) yang berarti estimasi biaya bisa melonjak seiring Anda mencoba wahana permainan.

Untuk Anda yang ingin berhemat, saat ini pihak pengelola Sindu Kusuma Edupark menyediakan paket terusan. Paket tersebut berkisar dari harga 55 ribu hingga 140 ribuan saja. Pilihan tersebut bisa disesuaikan dengan wahana mana saja yang ingin dicoba. Jika tidak ingin paket, maka siap siap saja dengan perhitungan biaya tambahan.

Terdapat beberapa atraksi dan permainan yang hanya membanderol tiket 10 ribuan. Beberapa diantaranya adalah Bianglala Cakra manggilingan, komidi putar, mentor tumbur, dan sepeda mabur. Untuk kisaran 20 ribu adalah mobil gowes, kora kora, dan segway. Ada pula disaster room dan house of terror seharga 25 ribu. Sedangkan Cinema 8D dibanderol 30 ribuan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Wisata Edupark Jogja

Kegiatan di Wisata Edupark

Image Credit: Facebook.com @sindu-kusuma-edupark

1. Menikmati Wahana Seru

DI objek wisata ini terdapat banyak sekali wahana wahana seru yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Dengan total 18 buah wahana, Anda bisa menghabiskan waktu seharian untuk bermain di SKE. Bahkan, ada rencana penambahan wahana baru dalam waktu dekat. Wahana seperti disaster room hingga planetarium kabarnya akan segera diluncurkan.

Dalam hal ini, wahana yang tidak boleh dilewatkan adalah Cakra Manggilingan. Tingginya yang mencapai 48 meter akan menjamin tampilan panorama sekitar dengan bird level 360° akan lebih jelas. Ada pula wahana Family coaster yang baru baru ini diresmikan. Mencoba wahana ini dijamin akan membuat jantung deg degan.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Sleman Terbaru & Terhits Dikunjungi

Masih banyak sekali wahana seru dan menantang yang bisa dipilih. Seperti Panggon lunjak yang berupa trampolin raksasa. Anda pun bisa berkeliling area permainan menggunakan segway, menantang nyali di house of terror, atau meluncur di ketinggian dengan wahana cleret gandul yang memiliki tampilan layaknya flying fox.

2. Nonton Film di Cinema 8D

Seru seruan dengan menonton film berefek 8D pasti akan lebih menantang. Anda bisa menyaksikan beragam film laga, horror, petualangan, hingga romansa dengan efek tambahan. Menggunakan kacamata khusus, tampilan film akan semakin riil. Kursi pun akan bergerak sesuai efek film, begitu juga dengan tambahan hembusan angin hingga cipratan air usil.

3. Bermain Air di Waterpark

Jika ingin melepas penat dan menghilangkan panas, waterpark yang tersedia di Sindu Kusuma Edupark juga cukup luas dan mumpuni. Terdapat perosotan raksasa dengan aliran arus layaknya sungai. Ada juga deretan perosotan dengan desain yang berbeda. Anda pun bisa bersantai dengan berenang dengan ban atau menantang diri di kolam arus.

4. Bersantai di Terapi Ikan

Salah satu yang unik dari SKE adalah terapi ikan. Fasilitas yang satu ini gratis dan bisa Anda nikmati untuk mendapat manfaat kesehatan. Ikan ikan kecil yang ada di dalam kolam akan memberi terapi dengan gigitan ringan pada kaki yang direndam. Rasanya geli, namun efeknya bisa membantu perlancar peredaran darah dan menjaga kesehatan kulit.

5. Menyaksikan SKE Light Festival

Saat malam hari, SKE juga memiliki aktivitas yang cocok untuk pencinta fotografi. Aktivitas malam tersebut adalah sajian wahana bernama light festival. Di sini Anda bisa menemukan deretan lampu LED warna warni yang ditata dengan cantik. Alhasil, seluruh taman berubah menjadi spot instagramable setelah menginjak pukul 17.00 sore.

6. Mengunjungi Omah Batik dan Omah Musik

Ingin melihat koleksi barang yang tidak ada duanya? Anda bisa melihat lihat sambil belajar akan keberagaman batik sebagai warisan budaya Indonesia di wahana omah batik. Di sini Anda bisa mengenal berbagai macam corak dan juga ciri khas batik dari penjuru Indonesia. Menariknya, Anda pun tidak perlu mengeluarkan uang untuk berkunjung.

Setelah puas dengan koleksi batik, Anda pun bisa mempelajari tentang instrumen musik. Layaknya sebuah museum, omah musik menyuguhkan deretan instrumen musik jaman dahulu atau kuno. Salah satunya adalah Gramofon antik yang mampu menggambarkan perjalanan dan perkembangan musik di Indonesia.

BACA JUGA:  Pantai Parangtritis, Menikmati Indahnya Sunset di Yogyakarta

7. Menikmati Santapan Khas Yogjakarta

Puas dengan permainan dan aktivitas seru? Kini saatnya mengisi perut dengan makanan sedap khas Jogjakarta. Sindu Kusuma edupark menyediakan suatu lokasi bernama Jogja Festival resto, yang mana menyediakan deretan menu lezat dan menggiurkan. Terdapat banyak menu yang tersedia, namun jangan lupa untuk mencicipi kuliner asli Jogja.

Penginapan Murah di Sekitar Sindu Kusuma Edupark

Penginapan di Sindu Kusuma Edupark

Image Credit: Trivago.com

Jika Anda tertarik untuk mencari penginapan terdekat, untungnya cukup banyak pilihan yang bisa Anda dapatkan. Salah satu alasannya adalah lokasi SKE yang berada di jantung kota. Anda pun bisa mengunjungi Malioboro untuk memborong beberapa cinderamata untuk sanak saudara di rumah, kemudian mampir ke hotel Cordela Kartika Dewi yang sangat dekat.

Hanya butuh waktu kurang lebih 5 sampai 7 menit saja, Anda bisa mencapai hotel berbintang yang satu ini. Sebagai hotel yang cukup terkemuka, seluruh fasilitas yang diberikan cukup memadai. Termasuk dengan sarapan gratis, spa, dan internet. Untuk menginap di sini, Anda harus membayar sekitar 400 ribuan per malam (per Januari 2021).

Untuk penginapan yang lebih terjangkau, Anda bisa memilih the Atrium hotel & Resort yang berjarak kurang lebih 2 km saja. Untuk tarif hotel modern ini adalah sekitar 480 ribuan per malamnya. Ada pula opsi hotel Grand Serela Yogyakarta yang berjarak kurang lebih 1 Km dari SKE. Dengan pilihan kamar superior dan deluxe, Anda bisa menyewa kamar seharga 330 ribuan per malam.

Fasilitas yang Tersedia di Sindu Kusuma Edupark

Fasilitas di Sindu Kusuma Edupark

Image Credit: Google Maps (Dian Indra Bintoro)

Sebagai rana wisata yang semakin dikenal, Edupark di Jogja ini sudah melengkapi diri dengan segala kebutuhan wisatawan. Wahana yang tersedia pun beragam, sehingga para pengunjung tidak akan merasa bosan. Tersedia juga kamar mandi dan gazebo yang mana bisa digunakan untuk beristirahat setelah lelah berkeliling area.

Untuk kebutuhan santapan, SKE telah menyediakan area tempat makan dengan deretan warung makanan dan minuman yang mudah ditemukan. Bahkan, di are luar tempat wisata juga banyak ditemukan penjaja makanan berupa pedagang kaki lima yang menjual makanan dan jual cinderamata bagi pelancong.

Terdapat pula beberapa spot foto yang dilengkapi dengan persewaan baju tradisional Korea (hanbok). Untuk area parkirnya sendiri, tempatnya cukup luas untuk menampung kendaraan besar berupa bis. Untuk tarif parkir, diketahui biaya terakhir adalah 2 ribuan untuk kendaraan roda dua. Sedangkan roda empat atau mobil adalah 5 ribuan saja. Tidak hanya itu, fasilitas

Layaknya deretan taman hiburan ternama di ibukota, Sindu Kusuma Edupark memiliki deretan wahana yang layak untuk dicoba. Tidak hanya memberi keseruan dan memacu adrenalin, Anda pun bisa berkeliling ke berbagai fasilitas lainnya. Bersantai di terapi ikan, berfoto ria di berbagai spot, menikmati santapan khas Jogja, semua bisa Anda temukan di SKE. Tertarik untuk mencoba?