Garut tak hanya dikenal sebagai kota penghasil dodol. Sebab, kawasan satu ini juga memiliki daya tarik wisata alam berupa danau yang sangat mempesona yaitu Situ Bagendit.

Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Sukamukti, Kec. Banyuresmi, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Situ Bagendit adalah salah satu danau yang ada di Jawa Barat. Danau satu ini dikenal lantaran keindahan alam dan juga legendanya tersendiri. Saat Anda sedang berada di Garut, tak ada salahnya untuk mampir dan menikmati pemandangan alam yang indah di wisata satu ini. Apa saja daya tarik dan aktivitas yang bisa Anda lakukan disini? Berikut simak ulasan selengkapnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Situ Bagendit

Daya Tarik Situ Bagendit
Image Credit: Google Maps (Annisa Listiana)

Tempat wisata satu ini merupakan danau alami yang bisa Anda kunjungi. Memiliki mitos dan legenda yang cukup terkenal di tanah Jawa, menjadikan destinasi satu ini sangat menarik untuk disinggahi. Terlebih lagi, banyak kegiatan dan aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan ketika menghabiskan waktu di lokasi satu ini.

Situ Bagendit menjadi salah satu wisata yang memiliki pemandangan dan lingkungan yang cukup asri. Disini, Anda pun akan disuguhkan dengan danau yang memiliki air jernih. Tentunya ketika Anda berada disini, pasti akan langsung merasakan kesegaran akan udara maupun kualitas dari airnya.

Keindahan dari danau ini tak hanya sampai disitu saja. Melainkan, Anda juga bisa menikmati panorama alam yang indah bak lukisan. Sepanjang mata memandang, Anda pun akan disuguhkan dengan danau indah yang memiliki latar belakang berupa pegunungan. Tentunya lokasi wisata ini akan sangat apik untuk Anda yang memiliki hobi hunting foto.

Destinasi wisata ini memang telah tersohor akan keindahan alamnya. Sehingga tak mengherankan, apabila Anda berlibur kesini, akan ramai dengan banyak wisatawan. Baik di hari libur ataupun hari biasa. Sehingga, wisata ini dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menghilangkan penat dan sejenak menghilang dari padatnya aktivitas perkotaan.

Pasalnya, ada banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan di lokasi satu ini. diantaranya seperti mengelilingi danau dengan menggunakan perahu rakit sembari melihat pesona alam yang sangat menakjubkan ini. Pastinya ketika Anda berkunjung ke danau ini, Anda akan dibuat betah akan bentang alamnya yang sangat memukau.

Bagi Anda yang memiliki buah hati, berkunjung ke danau ini juga bisa menjadi salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan ketika akhir pekan. Sebab, Anda pun bisa berekreasi dan juga bermain bersama si kecil. Tentunya, liburan ke Situ Bagendit menjadi kegiatan yang pas untuk Anda kunjungi bersama dengan keluarga.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Situ Bagendit

Alamat Situ Bagendit
Image Credit: Google Maps (Irwan Susanto)

Wisata alam ini merupakan salah satu danau yang berada di Desa Bagendit. Tepatnya yakni di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut. Untuk Anda yang merupakan warga asli Garut, sepertinya tak perlu kesusahan untuk mencari lokasi ini. sebab, Anda akan sangat gampang untuk menemukannya.

Hal ini dikarenakan Anda bisa melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaran pribadi atau angkutan umum. Bagi Anda yang ingin mengendarai kendaraan pribadi, maka Anda pun bisa menempuhnya dengan menggunakan mobil atau motor. Selain itu, gunakan Google Maps atau bertanya kepada penduduk sekitar apabila kebingungan.

Namun, Anda juga bisa mengunjungi lokasi satu ini dengan menggunakan kendaraan umum. Disini, Anda bisa menggunakan bis umum hingga angkutan umum yang lain. Nantinya Anda bisa berhenti di terminal ataupun desa tujuan Anda. Lalu, barulah Anda bisa mengendarai ojek untuk sampai ke Kawasan situ.

Situ Bagendit adalah salah satu destinasi wisata yang telah populer sejak jaman dulu kala. Meskipun telah terkenal sejak dulu, wisata ini termasuk salah satu destinasi yang dikenal dengan harga tiket masuk ramah di kantong. Bahkan Anda akan dipungut biaya yang sama, baik berkunjung di akhir pekan maupun hari biasa.

Adapun tiket masuk untuk mengunjungi destinasi satu ini adalah sekitar 20 ribu rupiah saja. sangat murah meriah bukan? Sedangkan untuk jam operasional dari wisata satu ini adalah mulai pukul 8 pagi hingga jam 5 sore. Anda bisa mengunjungi danau ini setiap hari, sesuai dengan keinginan Anda.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Situ Bagendit

Kegiatan di Situ Bagendit
Image Credit: Google Maps (Sumarna)

1. Hunting Foto

Kegiatan hunting foto menjadi salah satu aktivitas yang pastinya harus Anda lakukan ketika berada di lokasi satu ini. sebab, tak lengkap rasanya jika Anda belum berfoto di kawasan wisata ini. untuk itu, Anda pun jangan sampai melewatkan untuk mengabadikan gambar dengan kamera saat berada di Situ Bagendit.

Ada beberapa spot foto keren yang bisa Anda abadikan di tempat satu ini. salah satunya adalah pada latar belakang danau yang luar biasa indahnya. Selain itu, ada beberapa tempat lain yang bisa Anda gunakan sebagai background untuk menghasilkan foto yang instagramable.

Diantaranya adalah jembatan yang menuju ke Taman Hutan Bagendit. Spot satu ini kerap kali menjadi bagian favorit bagi wisatawan untuk mengambil gambar. Tidak hanya itu saja, dengan dihiasi terowongan besi yang memiliki bentuk persegi, tentunya akan membuat jembatan satu ini sangat terlihat ikonik.

Tak hanya itu saja, susunan asimetrisnya yang unik akan membuat Anda bisa berfoto sangat apik ketika berada di lokasi satu ini. kemudian, spot lain yang bisa Anda gunakan untuk berfoto adalah jajaran toko yang berada tak jauh dari gerbang masuk. Sebab, di sepanjang jalan ini, dihiasi oleh payung payung yang diganti secara rutin akan membuat foto Anda nampak sangat indah.

2. Berpiknik di Tepi Danau

Kegiatan selanjutnya yang bisa Anda lakukan ketika berada di lokasi satu ini adalah berpiknik di tepi danau. Sudah menjadi hal yang wajib apabila Anda berada di Situ Bagendit dan menghabiskan waktu di tepi danau sembari menyantap bekal yang Anda bawa dari rumah. Tentunya Anda pun tak boleh melewatkan kesempatan satu ini.

3. Bersantai di Gazebo

Tidak hanya berada di tepi danau, Anda juga bisa untuk bersantai di gazebo dan menikmati indahnya suasana yang ada di sekitaran danau. Selain itu, jika Anda merasa berpiknik di tepi danau telah banyak orang, Anda pun juga bisa untuk menyantap hidangan di gazebo atau saung yang bisa disewa di sekitar tempat satu ini.

Kegiatan Situ Bagendit
Image Credit: Instagram.com @indira_pratyaksa

4. Menikmati Wahana Permainan Dengan Si Kecil

Bagi Anda yang sedang membawa anak kecil, mengunjungi sebuah tempat yang memiliki beragam wahana menarik tentunya menjadi salah satu keunggulan tersendiri. Dengan banyaknya wahana permainan yang tersedia di lokasi ini, tentu saja akan membuat si kecil menjadi lebih betah untuk menghabiskan waktu.

Oleh karena itu, jika pengunjung datang bersama anak anak, maka tak ada salahnya untuk mencoba berbagai wahana permainan yang ada di lokasi tersebut. Pasalnya, banyak wahana yang bisa Anda coba bersama si kecil saat berada disini. Sebut saja seperti bermain trampolin yang akan membuat si kecil menjadi betah.

Akan tetapi, tidak hanya itu saja, sebab berbagai permainan lain yakni kereta mini, seluncuran, kolam bola hingga pemancingan mini juga bisa Anda temukan di tempat satu ini. bahkan terdapat salah satu wahana yang dapat memicu kreativitas dan menjadi kegiatan kreatif saat berada disini, diantaranya adalah mewarnai. Dimana untuk mencobanya Anda bisa merogoh kocek sekitar 10 ribu rupiah.

5. Mencoba Berbagai Wahana Air

Ingin berkeliling di Danau Situ Bagendit? Tentunya hal ini menjadi salah satu kegiatan yang wajib untuk Anda lakukan. Sebab, ketika Anda berada di danau satu ini, Anda pun akan bisa untuk menikmati pemandangan yang sangat indah sembari berkeliling di danau yang terbilang cukup luas ini.

Ketika Anda ingin berkeliling, terdapat beberapa pilihan wahana air yang bisa Anda gunakan. Mulai dari sepeda air, perahu, hingga rakit yang bisa Anda naiki sendiri ataupun bersama dengan sahabat dan keluarga. Tentunya tiap wahana yang Anda coba akan memberikan sensasi dan pengalaman yang berbeda beda.

Ketika Anda berkeliling di sekitar danau, Anda pun mungkin akan mendapati adanya warna sekitar yang sedang beraktivitas di tepi danau. Sebut saja seperti nelayan yang sedang mengambil ikan. Pasalnya, selain berfungsi sebagai tempat wisata, lokasi satu ini juga menjadi salah satu mata pencaharian bagi warga yang ada di sekitar danau.

6. Bersantap di Warung Terapung

Hal lainnya yang bisa Anda lakukan di Situ Bagendit adalah bersantap di warung terapung. Warung satu ini memiliki sensasi menyantap makanan tersendiri dan tentunya berbeda. Sebab, ketika Anda telah sampai di tengah danau setelah berkeliling, maka Anda pun bisa berhenti sejenak.

Kemudian, Anda pun bisa mampir di warung terapung yang berada di tengah danau. Makan di tengah danau tentu saja menjadi salah satu pengalaman unik yang mungkin tidak akan bisa untuk Anda temui di tempat lain. Namun, jika Anda ingin mengunjungi tempat satu ini, pastikan untuk datang ketika akhir pekan.

Sebab, warung yang sengaja dibuat di atas rakit ini hanya buka ketika weekend saja. disini, Anda pun akan bisa merasakan sensasi makan dan minum di tengah danau sembari merasakan angin yang sepoi sepoi. Dikelilingi dengan air danau yang tenang, tentu saja akan membuat siapa saja yang kesini menjadi betah.

Fasilitas yang Tersedia di Situ Bagendit Garut

Fasilitas Situ Bagendit Garut
Image Credit: Google Maps (Rifky Fadillah)

Situ Bagendit memang menjadi salah satu tempat wisata yang telah lama berdiri. Sehingga tak mengherankan fasilitas yang tersedia di lokasi satu ini pun terbilang cukup lengkap. Disini, Anda akan bisa menemukan lahan parkir yang cukup luas. Sehingga, jika Anda ingin berwisata dengan menggunakan bus bersama rombongan, maka Anda pun tetap bisa parkir di lokasi ini.

Kemudian, ada pula fasilitas pendukung lainnya. Sebut saja seperti transportasi air yang bisa Anda naiki, wahana untuk bermain anak, rumah makan, toilet, tempat mushola untuk beribadah dan juga lain sebagainya. Selain itu, jika Anda ingin membeli oleh-oleh atau souvenir, Anda juga bisa menemukannya di area situ. Tentunya fasilitas yang ada di lokasi ini memang telah lengkap untuk menunjang liburan Anda.

Jika Anda memang berencana untuk berlibur di Situ Bagendit, maka tak perlu ragu lagi. Hal ini dikarenakan banyak sekali kegiatan dan aktivitas yang bisa Anda lakukan di lokasi satu ini. Mulai dari sekedar bersantai dan menikmati pemandangan yang apik, hingga menjelajah dan mencoba berbagai wahana yang tersedia di lokasi satu ini. pastinya Anda pun tidak akan bosan menghabiskan waktu di tempat satu ini.