Situ Cicerem, Telaga Biru yang Indah di Kuningan

Situ Cicerem Kuningan

Lokasi: Jl. Kaduela, Kaduela, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan.
MapCek Lokasi

Mengunjungi tempat wisata yang bernuansa alam dipercaya menjadi obat untuk menenangkan pikiran paling ampuh. Apalagi jika suasananya memang masih asri dan terjaga dipastikan bisa menghilangkan penat akibat aktivitas harian. Jika anda berada di Kuningan, Jawa Barat jangan lewatkan untuk mengunjungi telaga biru yang airnya jernih. Masyarakat kerap menyebutnya Situ Cicerem. Untuk lebih tahu, yuk simak ulasannya berikut.

Mengintip Keindahan Situ Cicerem yang Miliki Air Jernih

Mengintip Keindahan Situ Cicerem yang Miliki Air Jernih

Image Credit: Jalancerita.com

Rasanya tidak lengkap jika tidak membahas sejarah sebuah tempat yang ada di Indonesia. Setiap tempat tentunya menyimpan cerita yang menambah nilai pada tempat tersebut. Di Telaga Biru Kuningan ini, banyak yang menyebutkan jika telaga ini erat kaitannya dengan asal mula adanya Desa Kadeula. Dimana cerita dimulai dari adanya seorang pemuka agama yang datang dari Kasepuhan Cirebon. Pemuka agama ini datang untuk menyebarkan agama Islam.

Dalam penyebaran agama Islam di desa tersebut, sang pemuka agam mengajak para warga untuk mengadakan pertemuan di danau. Pada saat itu, Situ Cicerem hanyalah sumber mata air yang masih kecil. Kemudian sesepuh desa memutuskan untuk melakukan perluasan pada mata air tersebut. Hingga akhirnya menjadi sebuah danau yang saat ini menjadi sumber mata air masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.

Saat ini selain digunakan sebagai sumber mata air juga dibuka untuk kawasan wisata. Situ Cicerem mulai buming di tahun 2010an hingga saat ini. Dimana para pengguna media sosial mengunggah foto dari keindahan situ satu ini. Danau ini memiliki keindahan yang memang bisa menarik banyak orang. Terutama airnya yang bersih menjadi daya tarik utamanya. Mengingat banyak danau yang miliki air kecoklatan yang berbeda dengan danau ini.

BACA JUGA:  15 Kolam Renang di Purwakarta Paling Hits Dikunjungi

Telaga ini memiliki kedalaman sekitar 5 meter yang ditumbuhi dengan tumbuhan air warna hijau dan memiliki kontur berbatu. Ada beraneka jenis ikan yang menjadi penghuni dari telaga ini. Meskipun dihuni oleh ikan namun tidak membuat air dari danau ini memiliki bau amis dan juga air yang keruh. Pepohonan di sekitarnya juga turut andil membuat Telaga Biru ini memiliki panorama yang mengagumkan dan menenangkan.

Aktivitas Manarik yang Bisa Dilakukan di Situ Cicerem

Aktivitas Manarik yang Bisa Dilakukan di Situ Cicerem

Image Credit: Okezone.com

Meskipun memiliki banyak sekali ikan, namun anda tidak diperbolehkan untuk memancing ikan ikan tersebut. sehingga kebanyakan pengunjung yang datang akan duduk dipinggiran telaga. Kemudian menaburkan makanan hingga ikan ikan ini berkumpul. Tak jarang juga banyak yang mengabadikan ikan ikan berbagai ukuran ini ke dalam foto maupun video. Tentunya aktivitas ini akan membuat anda terhibur sekaligus menyegarkan pikiran.

Selain memberikan makan ikan, anda juga bisa berenang maupun menggunakan pelampung besar dan bersantai di atasnya. Mengapung di atas pelampung yang mirip kasur memang sangat menyenangkan. Mengingat anda bisa merasakan sensasi tidur di atas air dengan sejuknya udara telaga yang sangat pas untuk relaksasi. Tak jarang pengunjung juga hanya berendam di pinggir telaga atau bahkan berenang bagi anda yang bisa berenang.

Untuk yang tidak bisa berenang, bersantai di pinggir telaga juga tidak kalah menarik untuk dilakukan. Duduk sambil bercengkrama di temani dengan udara yang sejuk pastinya sangat pas. Pepohonan rindang di sekitarnya membuat anda tidak akan kepanasan. Begitu sore menjelang anda bisa mendengarkan suara tonggeret maupun jangkrik yang bersahutan. Suara hewan hewan ini seakan menjadi pertanda bahwa pengunjung harus segera pulang.

BACA JUGA:  Saung Manglid, Destinasi Agrowisata Edukatif Terhits di Purwakarta

Yang tidak boleh terlewatkan ketika mengunjungi Situ Cicerem adalah mengambil gambar. Pengambilan gambar yang bagus akan menghasilkan foto yang bagus sehingga bisa diunggah di media sosial. Tempat satu ini bisa dikatakan sebagai tempat yang instagramable iika bisa mendapatkan sudut pengambilan yang pas. Apalagi pemandangannya yang masih asri juga sangat cantik jika dibingkai dengan kamera kesayangan anda.

Fasilitas yang Tersedia di Situ Cicerem Kuningan

Fasilitas yang Tersedia di Situ Cicerem Kuningan

Image Credit: 10Tempat-wisata.blogspot.com

Tak hanya memiliki keindahan panorama yang indah, fasilitas yang tersedia juga bisa dikatakan lengkap. Situ Cicerem di kelola oleh masyarakat sekitar yang bergabung dalam organisasi Karang Taruna. Sehingga anda bisa mendapatkan fasilitas yang terbilang lengkap seperti halnya tempat wisata lainnya. Anda sudah bisa menemukan toilet dan juga warung makanan untuk sekedar jajan atau mengisi perut sambil menikmati keindahannya.

Seiring dengan meningkatnya jumlah pengunjung, suatu saat nanti mungkin fasilitas yang ada akan lebih diperbarui. Sehingga akan membuat pengunjung semakin nyaman untuk menikmati keindahannya. Anda juga sudah bisa menemukan lahan parkir untuk kendaraan anda ketika mengunjungi tempat ini. Hanya saja belum ada tambahan tambahan wahana yang bisa membuat berlibur ke telaga ini semakin seru dan juga menyenangkan.

Harga Tiket & Cara Menuju Situ Cicerem

Harga Tiket & Cara Menuju Situ Cicerem

Image Credit: Ramahtraveler.com

Untuk menuju lokasinya juga terbilang mudah. Jika menempuh perjalanan dari pusat kota Kuningan anda hanya membutuhkan jarak tempuh sekitar 2,4km. Akses menuju telaga Biru terbilang mudah untuk dijangkau. Apalagi selama perjalanan anda akan disuguhkan pemandangan yang menakjubkan. Hamparan sawah hijau yang luas berpadu dengan gagahnya Gunung Ceremai.

Untuk anda yang memulai perjalanan dari Kuningan anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Bundaran Ciracas. Kemudian silahkan menuju ke Jl. Mandirancan hingga menemukan tugu Macan Mandirancan. Setelah itu ambil arah menuju Jl. Cirea Pasawahan sampai bertemu dengan pertigaan menuju Paniis. Sepanjang jalan ini anda akan menemukan beberapa tempat wisata lain namun silahkan lanjutkan hingga bertemu masjid Pesawahan.

BACA JUGA:  15 Wisata Pantai di Karawang yang Paling Hits Dikunjungi

Setelah itu lanjutkan perjalanan hingga menuju Jl. Pasawahan dan bertemu dengan Polsek Pasawahan. Dari sinilah nanti anda bisa mendapatkan petunjuk arah menuju Siti Cicerem. Jika merasa bingung, anda bisa bertanya kepada masyarakat sekitar yang pastinya tahu tentang tempat. Anda juga bisa menggunakan maps anda untuk sampai di telaga yang memiliki keindahan luar biasa ini.

Harga tiket untuk masuk ke dalam telaga juga terbilang terjangkau. Anda hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp. 5 ribu hingga Rp. 10 ribu. Tergantung dari kendaraan yang anda gunakan karena memang tidak ditarik berdasarkan jumlah orang namun kendaraan. Harga masuk tentunya belum termasuk dengan harga parkir kendaraan. Meskipun demikian untuk retribusi menuju tempat seindah ini termasuk terjangkau.

Karena berada di ketinggian 315 mdpl maka sebaiknya jika anda mengunjungi menggunakan pakaian yang nyaman. Untuk udara paling dingin biasanya terjadi pada bulan Juni hingga bulan September. Ketika anda mengunjungi pada bulan tersebut sebaiknya menggunakan pakaian yang hangat dan juga tebal. Selain masalah cuaca, anda juga harus mempersiapkan baju ganti jika ingin berbasah basah sesampainya di telaga nanti.

Meskipun terbilang tempat wisata yang murah, namun pemandangan dan pesona yang ditawarkan tidak murahan. Kebanyakan pengunjung yang datang merupakan muda mudi yang ingin berburu foto. Dan Situ Cicerem menjadi salah satu objek wisata di Kuningan yang wajib masuk dalam list liburan anda. Selain memiliki pemandangan yang mempesona, anda juga bisa mendapatkan pengalaman yang seru dan tidak terlupakan.