Majalengka menyimpan banyak objek wisata alam yang menarik dijelajahi, salah satunya Situ Cipanten. Pemandangan sekitar menawan dan air danaunya 2 warna.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-17.15 WIB, Alamat: Jl. Gunung Kuning – Sindang, Gunung Kuning, Kec. Sindang, Kab. Majalengka, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Menjadi kebutuhan, liburan di Indonesia sebenarnya tak perlu bingung. Mengingat hampir setiap kota menawarkan pesona dan juga memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Begitu juga dengan Majalengka yang memiliki Situ Cipanten yang pesona tak bisa diabaikan begitu saja. Untuk mengetahui lebih dekat dengan tempat ini, simak ulasan berikut.

Pesona Situ Cipanten di Majalengka

Pesona Situ Cipanten
Image Credit: Twitter.com @sany_maya

Situ Cipanten merupakan salah satu destinasi wisata di Majalengka yang keberadaannya sudah lama. danau ini menjadi danau yang menjadi favorit masyarakat Majalengka untuk menghabiskan waktu liburan mereka. Sudah ada sejak tahun 1970, danau ini tidak melunturkan pesonanya dan masih menjadi tempat liburan di Majalengka yang kondang.

Udaranya yang sejuk akan membuat siapapun betah menghabiskan waktu lama di tempat yang memiliki luas sekitar 1 hektar ini. Hamparan danau yang tenang berpadu dengan alam pegunungan yang indah memang menjadi obat manjur untuk mengusir penat. Pepohonan di sekitarnya begitu rindang membuat kawasan wisata ini menyejukkan mata siapapun yang datang.

Saat ini memang telah banyak hadir destinasi wisata yang berkembang karena kreatifitas warga sekitar. Apalagi dengan tambahan dana desa yang bisa membuat wisata tersebut semakin cantik. Hadirnya sosial media juga turut serta untuk membantu mengenalkannya pada khalayak yang lebih lebar. Begitu juga dengan destinasi wisata andalan Majalengka ini.

Terus berkembang dengan hadirnya spot spot instagramable, membuat Situ Cipanten dikenal di media sosial. Sehingga orang orang menjadi penasaran untuk mengunjungi tempat ini. Wisata ini juga dikelola oleh Karang Taruna, sehingga sentuhan milenial yang berada di kawasan ini semakin kental. Cocok untuk jadi destinasi liburan ketika di Majalengka.

Daya Tarik yang Dimiliki Situ Cipanten

Daya Tarik Situ Cipanten
Image Credit: Twitter.com @zarkasitastura

Pesona yang ditawarkan danau ini memang akan membuat siapapun terpesona. Hal ini karena danau ini termasuk danau yang unik. Dimana airnya memiliki 2 warna yang menjadi daya tarik utamanya. Ketika musim kemarau, airnya akan berubah menjadi warna biru. Sementara ketika musim penghujan maka airnya akan berubah menjadi warna hijau.

Keunikan inilah yang akhirnya juga menjadi alasan banyak yang mengunjunginya. Di waktu waktu tertentu pengunjung juga bisa melihat perubahan warna air tersebut saat siang hari. Walaupun memiliki dua warna, sumber air dari Situ Cipanten ini sangat bersih. Karena sumber mata airnya hingga kini terjaga kebersihannya.

Bahkan masyarakat di Desa Gunungkuning mengandalkan situ ini sebagai sumber air dalam memenuhi kebutuhan sehari hari. Kebersihan yang ada di wisata ini juga tidak hanya di airnya saja, tetapi juga pada lingkungannya. Untuk itu, sebagai wisatawan harusnya terus berlaku bijak dengan tidak membuang sampah secara sembarangan untuk menjaga lingkungan.

Pemandangan alam sekitarnya juga begitu mendukung, sangat cocok jika berpadu dengan danaunya yang luas juga tenang. Pohon pohon rindang, serta panorama perbukitan menjadi nilai plus yang banyak diburu oleh pengunjung. Pengunjung bisa bersantai sembari menikmati udaranya yang sejuk. Memandang danau yang tenang adalah perpaduan yang luar biasa.

Daya Tarik Cipanten
Image Credit: Facebook.com @mohamad.shopan

Tidak hanya bentang alamnya, cerita dari Situ Cipanten ini juga menarik untuk diketahui. Berdiri di tahun 1970 an, sebenarnya situ ini dahulu masihlah belum tertata apik. Hingga menimbulkan suasana yang terkesan angker juga tidak terjamah. Hingga seiring dengan berkembangnya waktu situ ini mulai berubah wajah menjadi lebih cantik.

Hingga akhirnya pemerintah Desa yang bekerja sama dengan Karang Taruna setempat mulai merubah tempat ini makin cantik. Air danau yang memang sudah bersih, kemudian ditambahkan dengan beragam jenis ikan. Ada banyak ikan yang hidup di dalam danau ini, menambah keindahan tersendiri.

Apalagi ketika musim kemarau, Anda bisa dengan mudah melihat ikan ikan ini berenang. Wisata satu ini sebenarnya juga dimanfaatkan sebagai perikanan juga perairan. Saat ini juga sudah ditambahkan spot spot kekinian lengkap dengan wahana yang sengaja dihadirkan untuk memanjakan pengunjung. Dengan begitu pengunjung akan bebas melakukan berbagai kegiatan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Situ Cipanten

Alamat Situ Cipanten
Image Credit: Google Maps (Arif Jubaedi)

Untuk menuju Situ Cipanten tidaklah sulit. Beralamat di Desa Gunung Kuning, Kec. Sindang, Kab. Majalengka Jawa Barat. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota, setidaknya jaraknya sekitar 16 km. Membutuhkan waktu sekitar 26 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Waktu tempuh ini tentu saja tergantung kondisi jalanan.

Jalan menuju lokasi juga sangat mudah untuk Anda jangkau. Ada beberapa rute yang bisa Anda gunakan untuk menuju destinasi wisata ini. Terutama untuk Anda yang memulai perjalanan dari Bandung, Subang, Sumedang dan Garut. Jika Anda memulai perjalanan Anda dari Subang, Anda bisa menggunakan jalur yang menuju Kec. Tomo dan melalui Jl. Raya Cijelag.

Nantinya jika Anda memasuki Kecamatan Tomo, Anda bisa langsung mengikuti jalur Kec. Tomo untuk menuju Kecamatan Jatiwangi atau jalur provinsi Sumedang ke Majalengka. Anda hanya perlu mengikuti ruas jalan utama Jatiwangi hingga menuju Majalengka dan sampai di pusat kota Majalengka.

Nantinya Anda hanya perlu untuk mengikuti rute yang ada sampai menemukan Bundaran Cigasong. Jika sudah melewati Bundaran Cigasong, untuk menuju Rajagaluh sampai menuju ke pertigaan. Di pertigaan ini, Anda bisa mengambil arah kanan sampai akhirnya masuk ke jalan Situ Cipanten. Nantinya Anda akan menemukan petunjuk untuk sampai di lokasi.

Sementara untuk Anda yang memulai perjalanan dari bandung, Anda bisa mengambil arah ke Majalengka di persimpangan Jatiwangi. Nantinya jika sudah memasuki jalur utama, Anda akan tiba di Bundaran Cisayong. Dari bundaran ini ambil jalan lurus untuk sampai di kawasan Rajagaluh. Kemudian ikuti jalan sampai Anda tiba di pertigaan.

Dari pertigaan ambil kanan dan memasuki jalan ke lokasi situ. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai di wisata satu ini. Memang akan lebih mudah dan leluasa jika dibandingkan dengan kendaraan umum. Anda juga bisa mengandalkan GPS yang terpasang di smartphone Anda untuk sampai di destinasi andalan Majalengka ini.

Harga Tiket dan Jam Operasional Situ Cipanten

Harga Tiket Situ Cipanten
Image Credit: Twitter.com @isbattulhusnar

Tak hanya harus mengetahui lokasinya, Anda juga harus mengetahui harga tiket masuk Situ Cipanten ini. Tiket masuk kawasan wisata ini sangat ramah kantong, pengunjung hanya perlu untuk membayar sekitar Rp 5 ribu saja. Harga tiket masuk ini tentu saja masih belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan yang Anda bawa.

Namun tenang saja, harga parkirnya mulai dari Rp 5 ribu sampai dengan Rp 10 ribu, tergantung kendaraan apa yang Anda bawa. Harga tiket juga bisa berubah sewaktu waktu sesuai dengan kebijakan pengelola tempat wisata. Pengunjung perlu untuk menyiapkan dana tambahan jika ingin menjajal beberapa wahana yang ada di sini.

Anda bisa mengunjungi destinasi wisata alam ini kapan saja, karena memang buka setiap hari dari Senin hingga Minggu. Jam bukanya mulai dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.15 WIB. Anda bisa datang lebih pagi agar bisa lebih puas untuk menjelajah setiap sudut. Dan Anda juga bisa datang ketika musim kemarau agar bisa menikmati perubahan warna airnya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Situ Cipanten

Kegiatan di Situ Cipanten
Image Credit: Twitter.com @hotel_fitra

1. Menikmati Keindahannya

Ketika menghabiskan liburan di Situ Cipanten rasanya tidak lengkap apabila tidak menikmati keindahannya. Menikmati hamparan danau yang tenang dan airnya begitu bersih akan membuat segala penat Anda hilang. Apalagi ditemani dengan udara khas pegunungan yang sejuk, pasti akan menyegarkan. Anda bisa berlama lama di tempat ini untuk melepas penat.

2. Mencoba Berbagai Wahana

Selain menikmati keindahan yang tersaji, Anda juga bisa mencoba beberapa wahana yang ada di tempat ini. Wahana yang bisa ditemukan adalah Becak Air. Becak air yang menyerupai angsa ini bisa dinaiki oleh dua orang. Anda bisa menikmati sekeliling danau dengan menggunakan becak air ini. Kegiatan ini akan sangat menarik jika dilakukan bersama keluarga.

Nantinya Anda akan mengayuh becak air ini mengelilingi area Situ Cipanten ini. Jika Anda ingin berkeliling danau dengan banyak orang, Anda bisa menyewa perahu. Hanya dibutuhkan biaya sekitar Rp 5 ribu satu orangnya. Atau Anda ingin menantang adrenalin dengan mencoba wahana sepeda gantung, dengan biaya sekitar Rp 20 ribu.

3. Berenang

Melihat airnya yang jernih, rasanya tidak lengkap apabila tidak menjajal kesegarannya. Anda bisa berenang di area danau bersama dengan ikan ikan yang ada. Namun tidak disarankan untuk anak kecil, karena memang cukup dalam. Untuk Anda yang tidak bisa berenang, Anda bisa meminjam pelampung yang memang telah disediakan oleh pengelola.

4. Berburu Foto Cantik

Agar kegiatan liburan Anda semakin lengkap, Anda bisa sekalian berburu foto cantik di kawasan wisata ini. Spot foto selfie sangat banyak mulai dari perahu Titanic hingga hadirnya jembatan Cinta. Dari spot ini keindahan danau juga masih tetap terlihat di kamera Anda. Untuk itu, pastikan Anda membawa kamera terbaik Anda dan memiliki kapasitas memori yang besar.

Fasilitas yang Tersedia di Situ Cipanten Majalengka

Fasilitas Situ Cipanten
Image Credit: Twitter.com @infomjlk

Tidak hanya menawarkan banyak kegiatan yang menarik, Anda juga bisa menemukan beberapa fasilitas pendukung. Fasilitas di tempat ini walaupun sederhana, tetapi terbilang lengkap. Fasilitas yang pertama yang bisa ditemukan yaitu lahan parkir yang cukup luas. Sehingga Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda dengan aman.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan beberapa spot foto yang kekinian. Spot ini tersebar di beberapa tempat yang akan memudahkan Anda tetap bisa mengambil pemandangan indah Situ Cipanten. Anda yang membawa anak anak juga bisa bermain di arena bermain anak. Di beberapa sudut juga terdapat gazebo yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk bersantai atau istirahat.

Pengunjung juga bisa menemukan rest area yang memadai. Beberapa warung menjual makanan dan minuman juga bisa Anda temukan. Anda yang ingin mengadakan outbond pun bisa dilakukan di Kawasan situ ini. Untuk Anda yang ingin bermalam, ada beberapa penginapan di sekitar situ tetapi harus keluar dari kawasan ini.

Menghabiskan liburan di Situ Cipanten akan membuat liburan Anda semakin berkesan. Keindahan yang dimiliki memang luar biasa dan tentu saja masih bisa dikembangkan. Danau Cipanten bisa Anda jadikan alternatif ketika Anda singgah di Majalengka. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di tempat indah, apalagi jika Anda datang bersama teman atau keluarga.