Menikmati pemandangan gunung dan curug, mencoba keseruan trekking, berwisata kuliner dan berbagai kegiatan seru lainnya bisa dilakukan di Situ Gunung Sukabumi.

Harga Tiket: Rp 16.000, Jam Operasional: 06.00-16.00 WIB, Alamat: Gede Pangrango, Kec. Kadudampit, Kab. Sukabumi, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Sukabumi menjadi salah satu kota di Provinsi Jawa Barat yang dikaruniai dengan segudang potensi wisata alam dengan panorama memukau. Sebut saja seperti Situ Gunung yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Berada di ketinggian sekitar 850 meter di atas permukaan laut, destinasi ini mampu menawarkan hal yang menakjubkan bagi para wisatawan.

Situ Gunung merupakan salah satu destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan saat bertandang ke Sukabumi. Berada di ketinggian sekitar 850 meter di atas permukaan laut, tepatnya di kaki Gunung Gede Pangrango, wisata satu ini termasuk di dalam kompleks Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Berada di kawasan wisata seluas kurang lebih 100 hektar, Situ Gunung ini adalah tempat wisata yang tidak hanya populer di masyarakat lokal namun juga banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Terlebih setelah dibangunnya jembatan gantung di area tersebut, yang menjadi jembatan gantung terpanjang di Indonesia.

Selain keberadaan jembatan gantung, pemandangan alam situ yang begitu indah serta dilengkapi dengan semak dan beragam flora di dalamnya, membuat destinasi satu ini semakin digemari. Terutama bagi para pecinta fotografi, karena keindahan alamnya benar benar memikat. Terlebih situ ini termasuk sebagai tempat wisata murah yang bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Daya Tarik yang Dimiliki Situ Gunung

Daya Tarik Situ Gunung
Image Credit: Twitter.com @pegipegi

1. Danau Situ Gunung

Sebelum maupun sesudah dibangunnya jembatan gantung di area ini, Situ Gunung tetap menjadi salah satu daya tarik utama dari objek wisata di Sukabumi ini. Bahkan area ini menjadi yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Untuk sampai di lokasi danaunya sendiri, pengunjung harus berjalan sekitar 1 kilometer atau kurang lebih 20 menit setelah melewati pintu masuk.

Untuk mencapai keberadaan danau, Anda hanya perlu mengikuti papan petunjuk jalan yang bisa ditemukan di kiri dan kanan jalan. Jika masih bingung, Anda dapat bertanya ke pada petugas yang ada di loket atau bagian pintu masuk. Intinya, arah menuju danau adalah belok ke kiri setelah pintu masuk.

Selama perjalanan yang membutuhkan estimasi waktu sekitar 20 menit menuju danau, Anda tidak akan mengalami kesulitan. Pasalnya, meski Anda wajib berjalan kaki dan tidak diperbolehkan membawa kendaraan masuk ke dalam, namun jalurnya ini sudah diaspal dan mulus sehingga mudah dilalui.

Setelah sampai di lokasi Danau Situ Gunung, lelahnya perjalanan akan langsung terbayar. Dimana Anda akan langsung disambut oleh luasnya danau yang dihiasi dengan pohon pinus di sekelilingnya. Di sini Anda bisa menikmati pemandangan berupa air danau yang jernih, hingga indahnya kaki Gunung Gede Pangrango yang terlihat cukup dekat.

2. Suspension Bridge

Setelah dibangunnya jembatan gantung, jumlah wisatawan yang berkunjung ke sini semakin meningkat. Terlebih, konon katanya jembatan ini merupakan jembatan gantung terindah dan terpanjang yang ada di Indonesia. Dengan bantuan sosial media, tidak butuh lama untuk membuat suspension bridge tersebut viral dan dibanjiri oleh pengunjung.

Bisa dibilang bahwa saat ini jembatan gantung tersebut menjadi primadona wisata Sukabumi. Dengan panjang mencapai 250 meter, lebar 2 meter, dan ketinggian sekitar 150 meter, suspension bridge menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan alam sekitar sembari berburu foto ciamik.

Bagi Anda yang suka uji adrenalin, jembatan gantung Situ Gunung ini wajib dicoba. Karena akan terasa sangat menantang, ketika Anda melintas di jembatan gantung yang bergoyang goyang ketika ada yang orang yang melintas. Menariknya lagi, ketika udara sedang dingin akan ada kabut yang menyelimuti jembatan.

3. Camping Ground

Situ Gunung Sukabumi memiliki camping ground bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alamnya lebih lama. Kawasan ini sendiri memang sangat cocok untuk berkemah, mengingat bahwa objek wisata ini masih termasuk bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Gede Parango.

Letaknya yang berada di kaki gunung membuat udara di sekitar objek wisata menjadi sejuk, bahkan cenderung dingin ketika malam dan pagi hari. Benar benar suasana yang sangat cocok untuk berkemah. Pada destinasi, Anda akan menemukan 6 buah camping ground sebagai lokasi berkemah.

Apabila Anda ingin lebih dekat dengan lokasi jembatan gantung atau curug sawer, maka pilihlah lokasi camping di Bungbuay, Bagedor, atau Calliandra camping ground. Sementara bagi Anda yang lebih ingin berada dekat dengan danau ini, maka bisa memilih di area camping ground Arben, Tepus, atau Harendong.

4. Curug Sawer

Setelah Anda melewati jembatan gantung, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Curug Sawer yang berada di kawasan wisata ini. Curug Sawer ini letaknya sangat berdekatan dengan jembatan, hanya butuh waktu kurang lebih 10 menit perjalanan saja untuk sampai di lokasi.

Jadi, bagi Anda yang sudah datang ke jembatan gantung Situ Gunung jangan terlewat untuk menjelajah indahnya Curug Sawer yang berada tidak jauh dari sana. Setibanya di Curug Sawer, Anda dapat menikmat percikan air terjun dengan air yang begitu jernih dan juga sangat menyegarkan.

Ditambah dengan kolam di bawah air terjun yang menampung setiap bulir airnya, membuat suasana alam di sini semakin asri. Namun karena aliran airnya tergolong cukup deras, para pengunjung tidak diperkenankan untuk bermain air di lokasi ini. Kendati demikian, Anda tidak perlu kecewa karena keindahan yang ditawarkan oleh Curug Sawer tidak sampai di situ saja.

Sebab panorama alamnya yang begitu indah di sekitar benar benar mampu memanjakan mata. Anda akan dibuat terkagum kagum dengan indahnya perpaduan air terjun dengan pepohonan hijau yang menyelimutinya di sisi kiri dan kanan. Tentunya Anda diperbolehkan untuk sekadar mengabadikan momen sepuasnya di sini.

Daya Tarik dari Situ Gunung
Image Credit: Twitter.com @lintangbuana

5. Curug Cinumpang

Selain Curug Sawer, ada satu lagi curug yang bisa Anda datangi ketika berwisata di Situ Gunung, yaitu Curug Cinumpang. Sayangnya jarak Curug Cinumpang dari Curug Sawer terbilang cukup jauh yaitu sekitar 4 kilometer, atau membutuhkan kurang lebih 40 sampai 60 menit berjalan kaki.

Apabila Anda penasaran dengan Curug Cinumpang tapi enggan untuk berjalan kaki sejauh itu, Anda bisa memilih untuk naik ojek menuju lokasi. Karena sangat disayangkan jika tidak singgah sejenak di Curug Cinumpang. Dimana curug satu ini merupakan salah satu lokasi wisata keluarga yang cocok untuk anak anak.

Meski hanya ada sungai biasa, tidak seperti halnya Curug Sawer, namun di sini Anda dapat menemukan taman bermain serta kolam renang yang cukup luas. Taman bermainnya sangat cocok untuk anak anak, sementara kolam renang yang ada khusus untuk dewasa sebab tingginya mencapai 2 meter.

Setelah puas bermain di Curug Cinumpang Anda tidak ingin berjalan kembali ke arah danau untuk pulang, Anda yang datang kemari tanpa membawa kendaraan pribadi bisa langsung melewati pintu keluar yang ada di wisata Cinumpang ini. Namun bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, maka terpaksa harus kembali ke parkiran yang ada di lokasi wisata.

6. Amphitheater

Tidak hanya menikmati keindahan alam, di Situ Gunung juga terdapat area pertunjukan terbuka yang bisa Anda temukan. Panggung terbuka ini memiliki ukuran sedang yang terbuat dari kayu. Biasanya pihak pengelola wisata menggunakannya sebagai tempat pagelaran seni. Jika sedang tidak ada pertunjukan, banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai spot foto instagramable.

7. De’ Balcone Resto

Lapar setelah puas berputar putar mengelilingi danau nan indah ? Anda bisa datang ke tempat makan bernama De’ Balcone Resto. Tempat makan di dalam area wisata ini menawarkan berbagai menu sajian khas Sunda, salah satunya seperti minuman hangat Bandrek. Selain menu makanan dan minuman yang lezat, De’ Balcone Resto juga hadir dengan konsep yang sangat instagenic.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Situ Gunung

Alamat Situ Gunung
Image Credit: Google Maps (Marllo Marlley)

Wisata Situ Gunung masih terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Parango, yang beralamatkan Desa Gunung Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat. Karena lokasinya termasuk di kawasan taman nasional, sangat mudah untuk mencari destinasi ini. Anda bahkan bisa dengan mudah menemukan rutenya melalui peta digital.

Jika berangkat dari arah kota Jakarta, bisa menggunakan rute Jakarta – Bogor – Sukabumi. Sementara Anda yang berangkat dari Bandung bisa menggunakan rute Bandung – Cianjur – Sukabumi. Setelah sampai di Sukabumi, Anda bisa meneruskan perjalanan sekitar 1 hingga 2 jam ke lokasi taman nasional.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, kunjungan ke Situ Gunung juga bisa memanfaatkan transportasi umum. Dimana Anda bisa menggunakan kereta api dan turun di Stasiun Cisaat. Selain harganya relatif murah, jarak tempuh menggunakan kereta api terbilang cukup cepat. Seperti dari Stasiun Bogor Paledang ke Stasiun Cisaat yang hanya butuh sekitar 2 jam perjalanan.

Setibanya di Stasiun Cisaat, Anda bisa meneruskan perjalanan dengan naik angkot atau berjalan kaki sekitar 10 menit ke Polsek Cisaat atau ke arah Alun Alun. Dari sana, Anda bisa naik angkot kembali menuju kawasan wisata yang berjarak sekitar 10 kilometer. Namun karena terbatasnya angkutan umum rute ini, maka Anda pun dapat mengandalkan layanan ojek.

Jam Operasional dan Harga Tiket Situ Gunung

Jam Operasional Situ Gunung
Image Credit: Instagram.com @lyaamalyana

Jam operasional normal tempat wisata satu ini yaitu dari pukul 06.00 hingga 16.00 WIB setiap harinya, namun masih bisa berubah tergantung ketentuan pihak pengelola. Sementara tiket masuk Situ Gunung dilansir dari website resminya, dibedakan antara pengunjung yang ingin rekreasi saja dan pengunjung yang ingin berkemah.

Bagi yang ingin berkemah dikenakan tarif kurang lebih Rp. 24.000 saja di hari biasa dan sekitar Rp. 29.000 di akhir pekan dan hari libur. Sementara untuk pengunjung yang ingin rekreasi saja dikenakan tarif sekitar Rp. 16.000 di hari biasa, dan sebesar Rp. 18. 500 pada kunjungan di akhir pekan dan hari libur.

Tarif tersebut belum termasuk dengan biaya parkir apabila Anda membawa kendaraan pribadi. Untuk mobil dikenakan tarif Rp. 10.000, sepeda motor Rp. 5.000, dan sepeda Rp. 2.000. Tentunya rincian biaya ini bisa berubah sewaktu waktu sesuai dengan kebijakan pihak pengelola tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Situ Gunung

Kegiatan di Situ Gunung
Image Credit: Instagram.com @vickyfirdaus29

1. Naik Perahu Rakit

Ketika Anda singgah di danau ini, Anda bisa mencoba menikmati keindahan danau lebih dekat dengan naik perahu getek atau perahu rakit. Dengan harga yang sangat terjangkau, Anda akan diajak mengelilingi danau hingga puas sehingga ada banyak kesempatan untuk mengabadikan seluruh keindahan yang ada dalam bentuk potret.

2. Memancing

Selain naik perahu rakit, Anda yang memiliki hobi memancing juga bisa menyalurkannya di Situ Gunung ini. Bahkan setiap harinya, cukup banyak orang yang memancing di tepi danau tersebut. Tangkapan ikan yang diperoleh pun cukup besar dan bisa langsung diolah setelahnya untuk mengganjal perut.

3. Piknik

Di sekitar Danau, Anda bisa menemukan banyak yang menyewakan tikar untuk selonjoran dan piknik di area danau sembari menikmati keindahan alam yang ada. Danau ini sendiri memang lokasi yang tepat untuk piknik bersama keluarga atau teman. Anda yang berhasil memancing tangkapan besar bisa barbeque-an ketika piknik.

Sebagai persiapan, Anda pun bisa juga membawa tikar sendiri dari rumah agar tidak menyewa di tempat. Bahkan tanpa tikar pun sebenarnya duduk duduk di atas rumput di sekitar danau ini tidak masalah asalkan rumput tidak basah karena hujan, sebab rumputnya sangat terjaga kebersihannya.

Kegiatan Situ Gunung
Image Credit: Twitter.com @fellowpluto

4. Belanja

Melengkapi kegiatan piknik Anda bersama keluarga atau teman agar lebih mengasyikkan, di sekitar Danau Situ Gunung Sukabumi tersebut sudah terdapat beberapa warung yang menjajakkan berbagai makanan dan minuman ringan. Selain makanan dan minuman, ada pula macam macam aksesoris seperti gelang dan lain sebagainya yang bisa Anda beli sebagai cinderamata.

5. Treking Keliling Danau

Pihak pengelola objek wisata sendiri memang menawarkan paket tracking bagi Anda yang memiliki jiwa petualang. Sehingga di sini Anda dapat menemukan area loop trail, yang dapat dilalui untuk hiking sembari menikmati pemandangan alam sekitar. Jalur trekking di area danau sepanjang 1,9 kilometer dan membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan.

Selain trekking keliling danau, Anda juga bisa memilih trekking menuju Curug Sawer tanpa melewati jembatan gantung. Selama trekking, Anda akan dimanjakan dengan view yang menakjubkan dengan alam yang begitu asri. Namun sebaiknya siapkan fisik terlebih dahulu jika ingin trekking berkeliling wisata Situ Gunung.

6. Berkemah

Seperti yang telah disebutkan, wisata alam ini memiliki area camping ground yang ditawarkan untuk para pengunjung yang ingin bermalam dan menikmati wisata lebih lama. Anda yang memiliki berkemah memang akan dikenakan tarif lebih besar, namun fasilitas yang didapat pun cukup memadai. Mulai dari lahan untuk mendirikan tenda sampai dengan beberapa toilet bersih.

Dalam hal ini, Anda bisa memilih sewa tenda biasa atau glamping atau glamour camping dengan bentuk bangunan minimalis yang dibuat semi permanen. Untuk Anda yang mencari kenyamanan ekstra, bisa juga memilih glamping di Villa Cemara atau area Calliandra Camping Ground. Villa tersebut adalah penginapan yang berbentuk rumah panggung dengan kapasitas maksimal 12 orang.

Sementara Calliandra Camping Ground menyediakan penginapan apik yang memiliki luas 3.400 meter persegi dengan daya tampung mencapai 400 orang. Penginapan Calliandra ini dikelola oleh Gunung Gede Pangrango Resort PTN Situ Gunung. Masing-masing penginapan tersebut menawarkan tarif yang beragam, sesuai dengan fasilitas yang disediakannya.

Sangat kompleks bukan sajian wisata yang dihadirkan oleh Situ Gunung ini? Dimana Anda bisa melakukan banyak sekali kegiatan mengasyikkan selama berada di sana. Bahkan satu hari rasanya kurang untuk menjelajah setiap sudut keseruan di objek wisata satu ini. Tidak heran jika banyak wisatawan yang memilih untuk bermalam agar dapat menikmatinya lebih lama.