Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 06.00-19.00 WIB, Alamat: Payung, Teja, Kec. Rajagaluh, Kab. Majalengka, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Situ Janawi merupakan wisata air berupa danau di perbukitan yang berlokasi di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Situ yang memiliki luas kurang lebih satu hektar ini masih menjadi destinasi terfavorit. Keindahannya yang mempesona dari luasnya air danau seolah menjadi magnet bagi para wisatawan untuk menghabiskan masa liburan.

Di musim liburan banyak wisatawan yang berkunjung ke situ nan indah ini. Ada sejumlah wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar daerah. Bahkan sejumlah anak-anak juga ramai memadati area danau. Mereka asyik bermain air di tempat pemandian yang disediakan oleh pihak pengelola.

Air di Danau Janawi ini masih jernih. Pada sebagian permukaan air ditumbuhi oleh tanaman air seperti enceng gondok dan teratai. Nuansa pedesaan masih dapat Anda rasakan. Hal ini disebabkan oleh rindangnya pepohonan yang mengelilingi serta di sebelah selatan berbatasan dengan pemukiman penduduk.

Daya Tarik yang Dimiliki Situ Janawi

Daya Tarik Situ Janawi
Image Credit: Google Maps Sutejanotes

1. Terletak di Wilayah Perbukitan

Danau cantik ini terletak di perbukitan yang langsung berbatasan dengan pemukiman penduduk di Desa Payung. Suasana udara yang masih sangat sejuk jauh dari polusi udara seperti di perkotaan masih dapat Anda rasakan.

Sejauh mata memandang, Anda akan melihat tingginya pohon-pohon yang hijau. Ditambah dengan luasnya danau berair tenang. Rasanya tak ingin segera pulang meninggalkan danau nan cantik ini.

2. Jarak Tempuh yang Mudah

Akses menuju lokasi Situ Janawi dapat dikatakan mudah. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi roda empat maupun roda dua. Selain itu juga bisa menggunakan angkutan umum.

Dari terminal Rajagaluh langsung menuju ke arah Desa Payung. Sesampainya di Balai Desa Payung Anda bisa jalan kaki untuk sampai ke lokasi danau.

3. Memiliki Pemandangan yang Keren

Bagi wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke kawasan situ, pasti tak memungkiri keindahan alam yang disajikan oleh wisata ini. Bahkan tak jarang yang ingin mengulanginya untuk mandi di kolam pemandian yang ada.

Daya Tarik di Situ Janawi
Image Credit: Google Maps Ade Romli

4. Terdapat Nilai Sejarah

Dilihat dari cerita sejarahnya masyarakat sekitar mempercayai bahwa sumber mata air di Danau Janawi merupakan peninggalan dari kerajaan Rajagaluh. Airnya memiliki khasiat yang ampuh. Bisa digunakan sebagai obat penyembuh penyakit ringan.

5. Keunikan dari Mata Air Janawi

Kolam dari mata air ini memiliki kandungan senyawa yang menyehatkan. Banyak yang beranggapan bahwa mandi di kolam yang berdekatan dengan danau nan cantik ini dapat menyembuhkan penyakit ringan. Misalnya seperti gatal-gatal, reumatik, pegal, dan encok.

Oleh sebab itu, banyak wisatawan yang rela datang jauh-jauh dari luar kota untuk mandi di kolam nan dingin ini. Mereka percaya bahwa penyakit yang dideritanya akan berangsur hilang setelah menyeburkan diri ke kolam pemandian.

6. Banyak Spot Foto yang Hits

Salah satu daya tarik yang memikat wisatawan adalah tersedianya beberapa spot foto yang kekinian di lokasi Danau Janawi.

Mulai dari spot foto saung-saung yang berlatarkan jernihnya air danau, naik perahu, berdiri di jembatan, berendam di kolam pemandian, dan masih banyak lainnya. Anda bebas menentukan spot mana yang menjadi favorit untuk diabadikan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Situ Janawi
Image Credit: Google Maps awil

Situ Janawi berada di Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Tepatnya berada di Desa Payung. Jarak tempuh dari pusat Kota Majalengka kurang lebih 21 kilometer. Akses perjalanan bisa Anda tempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Adapun rute perjalanan menuju lokasi danau yakni dari Kota Majalengka ambil arah menuju Jalan Sukahaji yang selanjutnya melalui Kecamatan Jatiwangi. Masih arah lurus sampai menuju di Rajagaluh belok kanan ke arah Waduk Sindang Panon. Ambil ke arah selatan untuk menuju Desa Payung.

Di Desa Payung, diharapkan Anda untuk berhati-hati dalam berkendara karena lokasi ini memiliki akses jalan yang sempit. Bagi Anda yang membawa kendaraan roda empat agar lebih fokus memperhatikan arah lawan.

Sesampainya di Desa Payung, Anda bisa melakukan perjalanan 100 meter untuk menemukan lokasi yang dituju. Hingga sampailah pada sebuah gerbang pintu yang bertuliskan Selamat Datang Situ Janawi.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Harga Tiket Masuk Situ Janawi
Image Credit: Google Maps Mci Gaming

Sama seperti wisata lainnya, sebelum memasuki area wisata biasanya pengunjung akan dikenakan tarif tiket masuk. Di Danau Janawi ini wisatawan cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Harga ini berlaku untuk weekday dan weekend.

Penetapan tarif tiket masuk bukan termasuk untuk menggunakan fasilitas permainan air seperti perahu dan sepeda air. Jika Anda ingin menyewa permainan tersebut biasanya akan dikenakan biaya lagi.

Adapun untuk karcis parkir. Bagi Anda yang berkendara sepeda motor dapat membayar parkir sebesar Rp 2.000. sedangkan untuk mobil, pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp 5.000.

Namun penetapan harga tiket maupun parkir bisa berubah sewaktu-waktu. Jadi, pastikan kantong Anda masih cukup ya untuk mengantisipasi kenaikan harga.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Situ Janawi

Kegiatan Menarik Situ Janawi
Image Credit: Google Maps Mahmud Yunus

1. Menikmati Pesona Alam Situ Janawi

Sesampainya di gerbang pintu yang bertuliskan selamat datang, Anda sudah bisa merasakan dinginnya udara di wilayah perbukitan ini. Nuansa pedesaan yang masih asri membuat Anda merasakan kedamaian.

Nah, ketika menginjakkan kaki di lokasi danau Anda langsung akan disuguhkan oleh pemandangan air danau yang luas, jernih, bersih, serta banyaknya spot foto yang menarik. Tak dapat dihindari jika Anda langsung berkata wow. Karena pesonanya memang sangat memanjakan mata.

2. Mandi atau Berenang di Kolam Pemandian

Di Situ Janawi terdapat kolam pemandian yang letaknya berdampingan dengan danau. Air di kolam ini langsung berasal dari sumber mata air yang jernih. Anda dapat merasakan sensasinya yang dingin sekaligus segar.

Pada saat musim libur tiba, kolam pemandian ini ramai dipenuhi oleh wisatawan yang ingin berenang atau sekedar mencelupkan kaki ke air. Bahkan kolam ini tidak hanya diperuntukkan bagi orang dewasa. Anak-anak pun diperbolehkan untuk mandi. Namun, pengawasan orang tua harus lebih diperhatikan.

3. Hunting Foto yang Instagramable

Ada beberapa spot foto yang keren di lokasi Danau Janawi. Sayang jika Anda tak mengabadikannya.

Apalagi bagi wisatawan yang rela datang jauh dari luar kota, tentu aktivitas berfoto bersama keluarga atau rombongan menjadi hal yang mengesankan. Dapat dijadikan sebagai kenangan yang membuktikan pernah berkunjung ke Majalengka tepatnya di wisata Situ Janawi.

Kegiatan Menarik di Situ Janawi
Image Credit: Google Maps Wildatul Marhamah

4. Menikmati Kuliner di Saung-Saung

Menikmati kuliner di warung sekitar danau sambil duduk santai di saung-saung yang tersedia adalah salah satu aktivitas yang sangat menggembirakan. Apalagi sambil menikmati aneka kuliner khas Kota Majalengka. Tentunya Anda akan mendapatkan suasana yang berbeda.

5. Naik Perahu ke Tengah Danau

Menikmati pesona cantik danau dari kejauhan rasanya kurang memuaskan. Oleh karenanya, pihak pengelola menyediakan fasilitas sewa perahu untuk pengunjung.

Anda bisa menyewanya dengan harga terjangkau. Berkeliling di seputaran danau sambil menghirup udara segar menjadikan momen berlibur semakin berkesan.

Selain itu, Anda juga bisa mengabadikan momen di atas perahu menggunakan kamera yang sudah Anda persiapkan. Tentu hasil gambarnya akan sangat keren dan dapat diunggah di halaman akun medsos Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Situ Janawi
Image Credit: Google Maps Bekok DTC

1. Lokasi Parkir

Area parkir yang ada di lokasi Situ Janawi memiliki lahan yang cukup luas. Meskipun terletak di daerah perbukitan, tetapi Anda tetap bisa memarkirkan kendaraan secara nyaman dan aman.

2. Toilet

Toilet atau MCK yang ada di lokasi setempat sangat bermanfaat untuk pengunjung. Setelah beraktivitas di kolam pemandian biasanya pengunjung akan segera ganti baju atau mandi lagi di toilet ini.

3. Mushola

Berwisata namun tak melupakan kewajiban beribadah. Oleh sebab itu, pihak pengelola menyediakan fasilitas mushola agar bisa digunakan oleh umat muslim.

4. Spot Foto Hits

Untuk mendapatkan hasil kamera yang instagramable di spot kekinian, para wisatawan pun rela antre menunggu giliran berfoto. Khususnya di hari libur tempat wisata ini sangat ramai oleh pengunjung.

5. Warung Makan

Ada beberapa warung makan yang berada di sekitar danau. Pengunjung bisa memesan cemilan gorengan maupun snack ringan, makan, minuman, bahkan menyediakan aneka oleh-oleh Khas Majalengka.

Harga yang dipatok oleh pedagang juga termasuk standar. Sesuai lokasi di pedesaan, maka harganya juga relatif murah.

6. Penginapan

Bagi Anda yang menginginkan suasana dinginnya udara di malam hari khususnya di wilayah perbukitan maka bisa menyewa beberapa tempat penginapan yang ada di dekat Danau Janawi.

Untuk membookingnya bisa dengan cara menghubungi kontak telepon pihak pengelola penginapan yang Anda tuju, bisa juga datang secara langsung. Ada banyak penginapan yang dekat dengan lokasi wisata. Anda bisa memilihnya sesuai budget yang dimiliki.

Namun, jika ingin mendapatkan penginapan yang terbaik sebaiknya sebelum berkunjung terlebih dahulu membookingnya jauh-jauh hari. Agar tidak kehabisan kuota. Khususnya di hari-hari libur.

Itulah informasi tentang keindahan Situ Janawi yang hits di Majalengka. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi Anda yang membutuhkan tujuan berlibur yang sejuk dan menyegarkan.