Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sirnajaya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Jawa barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai beragam potensi keindahan wisata alam yang sangat indah. Hal ini pun meningkatkan keinginan bagi wisatawan lokal maupunmancanegara untuk melakukan perjalanan wisata ke provinsi tersebut.

Wilayah ini memiliki morfologi wilayah yang relatif rendah di bagian utara dan tinggi di bagian selatan. Kondisi ini membuat destinasi wisata yang ditawarkan pun menjadi variatif. Jika anda tertarik dengan wisata air, anda dapat memasukkan Situ Rawa Gede ke daftar tempat wisata yang ingin anda kunjungi.

Letaknya yang jauh dari hiruk-pikuk kota membuat lokasi ini relatif lebih sulit dijangkau ketimbang tempat wisata lainnya yang ada di Bogor seperti The Jungle Land, Kebun Raya Bogor, dan tempat wisata lainnya. Kendati demikian, anda dapat merasakan nuansa alam yang kuat sehingga tempat ini sayang untuk anda lewatkan. Untuk mengetahui lebih luas mengenai tempat wisata alam yang cantik ini, mari simak ulasan berikut.

Kata “Situ” berasal dari Bahasa Sunda yang dalam Bahasa Indonesia berarti danau. Tempat wisata alam ini memiliki area yang cukup luas. Danau ini dikelola oleh organisasi masyarakat setempat yang dibantu dengan uluran tangan pemerintah. Namun, hal tersebut tidak membuat keindahan tempat ini menjadi luntur.

Daya Tarik yang Dimiliki Situ Rawa Gede

Daya Tarik Situ Rawa Gede
Image Credit: Instagram Muhammad Harven Wicaksono

1. Udaranya yang Sejuk

Situ Rawa Gede berada di ketinggian kurang lebih 800 meter diatas permukaan laut. Letak tersebut membuat udara yang berhembus sejuk dan menenangkan.

2. Pemandangan yang Indah

Tempat ini mempunyai pesona alam yang sedap dipandang. Sebuah danau dengan latar belakang perbukitan menjadi sebuah paduan yang dapat memanjakan mata anda.

Daya Tarik Dimiliki Situ Rawa Gede
Image Credit: Instagram Sidik Mulyana

3. Lokasinya yang Jauh dari Suasana Perkotaan

Jika anda merasakan suntuk dengan suasana perkotaan, maka tempat ini dapat menjadi penawar kondisi tersebut. Lingkungannya yang masih asri dapat membangun suasana hati anda menjadi lebih baik.

4. Terdapat Wahana Permainan Air

Bagi sebagian orang, tidak lengkap rasanya jika anda hanya sekadar melihat pemandangan tanpa merasakan permainan yang menyenangkan. Maka dari itu, anda tidak perlu khawatir karena tempat wisata alam paling hits ini memiliki fasilitas permainan air yang mendukung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Situ Rawa Gede
Image Credit: Instagram Abdilah Yoga

Lokasi Situ Rawa Gede terletak di dusun Pupusjaya, Kabupaten Bogor. Untuk menjangkau lokasi ini, anda dapat mengikuti beberapa rute yang ditawarkan peta daring seperti google maps yang ada di gadget anda. Tidak hanya itu, anda juga dapat mengikuti rute yang sudah terpasang di area jalan atau bertanya kepada masyarakat sekitar yang tentunya sudah lebih paham tentang kawasan tersebut. Berikut merupakan gambaran rute yang dapat anda tempuh menuju lokasi danau.

1. Dari Jakarta dengan Menggunakan Mobil atau Roda Empat

Dari Jakarta, jarak yang harus anda tempuh sekitar 2 sampai 3 jam tergantung keadaan jalanannya. Anda dapat memasuki Tol Jagorawi dan keluar di gerbang tol daerah Citeureup, Setelah itu, ambil arah menuju Kecamatan Sukamakmur. Jika anda telah melewati Kantor Kecamatan wilayah tersebut, anda akan melewati jalanan yang menanjak sebelum akhirnya tiba di lokasi tujuan.

2. Dari Bogor dengan Menggunakan Kendaraan Roda Dua

Dari Bogor, anda dapat melewati Kecamatan Cimahpar melalui Leuwihejo, Sentul, dari situ, arahkan kendaraan anda ke Kecamatan Sukamakmur.

3. Dari Cianjur

Dari Cianjur, anda dapat menggunakan jalur Cipanas, Puncak. Dari kawasan wisata Kota Bunga, Anda hanya perlu menyusuri jalan alternatif menuju Jonggol dan Jakarta. Jalan tersebut akan melewati Kecamatan Sukamakmur dan kemudian arahkan kendaraan anda ke arah Desa Sirnajaya.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Situ Rawa Gede
Image Credit: Instagram Wisata & Kuliner Bogor

Untuk memasuki tempat wisata yang indah ini, anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 20 ribu Rupiah per orang bagi yang berusia di atas 5 tahun. Selain biaya masuk, anda juga membutuhkan biaya untuk retribusi parkir sebesar 5 ribu Rupiah untuk kendaraan roda dua dan 10 ribu Rupiah untuk kendaraan roda empat.

Untuk waktu operasionalnya sendiri, Situ Rawa Gede dapat diakses setiap hari dan dibuka selama 24 jam penuh sehingga anda bebas dalam memilih waktu kunjungan yang tepat. Namun, hal ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Situ Rawa Gede

Kegiatan Menarik Situ Rawa Gede
Image Credit: Instagram MY TRIP MY ADVENTURE BOGOR

1. Menyelusuri Danau

Terdapat sepeda air atau perahu yang dapat menjadi pilihan bagi anda yang ingin menelusuri danau dengan hembusan angin yang sejuk. Sepeda air cocok digunakan bagi anda yang berkunjung sendiri, berpasangan, atau bersama keluarga dalam skala kecil. Jika anda datang bersama orang yang berkuantitas banyak, maka perahu menjadi moda yang cocok untuk digunakan bersama-sama, Untuk menikmati fasilitas ini, anda perlu merogoh biaya sebesar 10 ribu hingga 20 ribu Rupiah per sesinya.

2. Memancing

Situ Rawa Gede menjadi tempat yang cocok bagi anda yang ingin memancing. Terdapat variasi ikan yang hidup di danau ini, di antaranya ikan nila dan mujair. Jika anda tertarik untuk member makan kepada ikan-ikan tersebut, anda dapat membelinya di toko yang ada di sekitar danau dengan membayar sebesar 3 sampai 5 ribu Rupiah. Anda disarankan untuk membawa peralatan pribadi sebab di lokasi ini belum terdapat kios penyewaan alat pancing

3. Berenang di Kolam yang Tersedia

Para pengunjung tidak dapat berenang secara langsung di danau. Akan tetapi, anda masih bisa merasakan kesegaran air di area perbukitan ini dengan cara berenang atau sekadar bermain air di kolam yang sudah disediakan pihak pengelola.

4. Terapi di Kolam Ikan

Sering melihat orang merendamkan kakinya di kolam yang penuh ikan? Disini, anda dapat melakukan aktivitas serupa. Terapi ikan ini bermanfaat untuk menghilangkan kepenatan anda dan membuat anda menjadi lebih rileks.

5. Bermain Air di Curug Cidulang

Tidak jauh dari Situ Rawa Gede, terdapat air terjun atau curug yang dapat anda kunjungi, yakni Curug Cidulang. Untuk mengunjungi tempat ini, anda tidak perlu menggocek biaya tambahan karena biaya tersebut sudah termasuk pada tiket masuk yang sudah anda bayarkan sebelumnya. Disini anda dapat bermain air atau sekadar menikmati pemandangan sembari menikmati hawa yang sejuk.

Kegiatan Menarik di Situ Rawa Gede
Image Credit: Instagram #CAMPINGBOGOR

6. Camping

Jika anda ingin bermalam sembari menikmati indahnya langit yang dipenuhi bintang, tempat wisata popular ini dapat menjadi pilihan bagi anda untuk melakukan hal tersebut. Anda hanya perlu merogoh biaya sebesar 10 ribu Rupiah. Akan tetapi, anda diharuskan untuk membawa peralatan kemah sendiri dan tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

7. Bersantai Menggunakan Hammock

Di pinggiran danau, terdapat pepohonan pinus yang dapat anda gunakan untuk menggantungkan hammock. Kegiatan ini dapat membuat anda bisa merebahkan diri di permukaan hammock sembari menikmati cantiknya langit dan semilir angin yang menyejukkan.

8. Fotografi

Ketika berkunjung di tempat yang indah seperti Situ Rawa Gede, berfoto akan menjadi hal yang wajib dilakukan. Perbukitan, danau, air terjun, dan objek lainnya menjadi latar belakang yang unik dan menarik untuk diabadikan. Lokasi ini juga kerap kali dijadikan spot foto pra-wedding karena pemandangannya yang asri.

9. Berpiknik di Pinggiran Danau

Bersantap bersama keluarga, teman, pasangan, rekan kerja, dan lainnya tentu menjadi hal menyenangkan. Apalagi, jika kegiatan tersebut dilakukan di danau yang memiliki segudang pesona alam. Disini, anda dapat menyantap bekal yang sudah anda bawa sebelumnya atau bisa juga memesan di tempat-tempat penjualan makanan yang sudah tersedia.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Danau

Fasilitas yang Tersedia Kawasan Danau
Image Credit: Instagram khairunnisa

1. Area Parkir

Area parkir Situ Rawa Gede cukup luas sehimgga dapat menampung kendaraan dengan jumlah yang banyak.

2. Agrowisata dan Kedai Kopi

Di tempat wisata terindah di kabupaten bogor ini, anda dapat mengenal lebih jauh tentang budi daya kopi. Selain itu, disini anda dapat menikmati kopi yang merupakan hasil pertanian dari masyarakat sekitar. Kopi yang disajikan pun merupakan jenis robusta dan arabika yang memiliki kualitas tinggi.

3. Jembatan Tengah Danau

Situ Rawa Gede memiliki jembatan penghubung antara daratan utama dan daratan yang ada di tengah danau. Jembatan ini terbuat dari rangkaian bambu yang penuh warna. Tempat ini menjadi salah satu spot foto yang diminati oleh pengunjung.

4. Sarana Ibadah

Danau hits ini mempunyai fasilitas Mushala yang dapat digunakan oleh umat Muslim untuk menunaikan ibadah Shalat.

5. Toilet

Toilet menjadi hal yang krusial dari berdirinya sebuah lokasi wisata. Jika anda berkunjung ke tempat wisata terindah ini anda tidak perlu khawatir sebab toilet yang tersedia di tempat wisata alam yang populer ini memiliki kualitas yang baik.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Danau
Image Credit: Instagram @infojonggol

6. Tempat Penjualan Makanan yang Beragam

Apabila anda tidak siap atau malas untuk menyiapkan bekal makanan dari rumah, anda dapat membeli makanan dan minuman secara langsung di tempat penjualan yang tersedia di lokasi ini. Terdapat banyak makanan yang variatif dan unik untuk anda coba.

7. Saung atau Gazebo

Bagi anda yang ingin beristirahat atau menikmati pemandangan sembari duduk santai, anda dapat melakukannya di berbagai saung atau gazebo yang tersedia.

8. Penginapan

Jika anda ingin bermalam di area Situ Rawa Gede, anda dapat menyewa penginapan yang harganya berkisar pada 400 hingga 500 ribu Rupiah. Fasilitas penginapan pun lengkap, mulai dari tempat tidur, listrik, lemari, dan lain sebagainya

9. Taman dan Air Mancur

Bagi anda yang ingin mengabadikan banyak momen, tetapi ingin menggunakan latar foto yang berbeda, anda dapat melakukannnya di spot foto yang dibuat oleh pengelola. Terdapat taman yang disebut “Taman Love” dan air mancur yang bisa menjadi latar belakang foto yang unik.

Demikianlah ulasan singkat dari Situ Rawa Gede yang berada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk mengunjungi tempat ini, pastikan anda menggunakan kendaraan yang sudah diperiksa keamanannya sebab jalur yang dilalui untuk mencapai lokasi wisata paling ngehits ini tidak selalu mulus. Bagi anda yang tidak tahan terhadap udara dingin, sebaiknya anda menggunakan baju yang tebal atau mempersiapkan jaket supaya anda tidak merasa kedinginan. Jangan lupa juga untuk senantiasa menjaga kebersihan supaya destinasi ii tetap terjaga keasriannya.