Harga Tiket: Rp 299.000, Jam Operasional: 09.00-16.00 WIB, Alamat: Dusun Krajan 1, Condong, Kec. Gading, Kab. Probolinggo, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Songa Rafting Adventure memang selalu menjadi sorotan karena destinasi itu sangat menarik. Sungai Pekalen menjadi rute arum jeram yang akan dilewati semua pengunjung. Mencoba rafting pada tempat ini memang tidak pernah mengecewakan. Para tamu selalu mengajak sejumlah keluarga untuk melakukan arum jeram.

Sebelum rafting Anda dapat menentukan Songa bagian atas atau bawah yang akan dilintasi. Perbedaan letak Songa memberi tingkat kesulitan yang sedikit berbeda. Jika traveller ingin memacu adrenalin maka bisa memilih Songa atas.

Selama berlibur kesana para tamu bisa membawa atau menyewa kamera anti air. Pesona sungai dengan perahu karet yang telah Anda bawa tentu harus dipotret. Maka dari itu siapkan peralatan secara lengkap untuk menunjang kegiatan ketika bermain di tempat ini.

Daya Tarik yang Ditawarkan Songa Rafting Adventure

Daya Tarik Songa Rafting Adventure
Image Credit: Google Maps Andi Tri Nugroho

1. Kejernihan Air

Songa Rafting Adventure mempunyai debit air yang cukup besar dengan kejernihan yang tidak diragukan lagi. Air ada yang mengalir dari atas menuju Sungai Pekalen yang begitu segar. Tebing serta tanaman dilewati oleh air Songa yang terlihat indah. Apalagi jika diamati terdapat batu cadas dan dua tingkat air dengan kedalaman yang berbeda sehingga menarik.

2. Spot Rafting

Nama wisata telah menggambarkan bahwa obyek ini memang dipakai untuk aktivitas rafting. Jarak yang akan dilewati para tamu mulai start hingga finish butuh waktu 3,5 jam. Anda bisa rafting sambil melewati rute arum jeram batu jenggot, rajawali, long rapid, dan masih banyak. Setiap rute ini memberi tangkat kesulitan berbeda yang memacu adrenalin.

3. Nuansa Alam

Songa Rafting Adventure semakin menjadi sorotan karena sungai dikelilingi nuansa alam. Selama rafting pengunjung dapat melihat tumbuhan liar hingga tebing. Suasana alam itu menambah pengalaman rafting yang berkesan, apalagi suara aliran sungai menambah ketenangan. Jadi melakukan kegiatan disini tidak perlu takut merasa bosan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Songa Rafting Adventure
Image Credit: Google Maps Istidatul Mardiana

Songa Rafting Adventure terletak di Dusun Krajan 1, Gading, Probolinggo, Jawa Timur. Akses motor dan mobil telah disiapkan selama masuk ke dalam obyek wisata. Sepanjang jalan Anda dapat menemukan papan petunjuk yang memberi keterangan jarak menuju Songa. Traveller bisa melihat bahwa aspal di setiap jalan telah diperbaiki dan sering pula dilewati angkutan.

Titik keberadaan destinasi cukup dekat kota Probolinggo karena setiap kali pergi para tamu tidak merasa sulit. Datang dari pusat itu membuat Anda harus lurus menuju Jalan Bogo Wonto dan lanjut ke Jalan Bengawan Solo. Belok sampai Jalan Mastrip, kemudian masuk ke Jalan Ir Sutami. Setelah berjarak beberapa meter lanjutkan menuju Jalan Raya Leces.

Wisatawan yang telah berhasil melalui rute itu, bisa ke area Jalan Raya Banyuanyar. Lalu Anda bisa mulai menemukan kawasan Dusun dengan mencari Songa Rafting. Biasanya dari Dusun pengunjung disarankan pelan-pelan dalam berkendara karena jalan tanah sedikit licin. Jika sudah mendengar suara sungai maka tidak jauh lagi Anda dapat mencapai wisata.

Biaya Wisata ke Songa Rafting Adventure

Biaya Wisata ke Songa Rafting Adventure
Image Credit: Google Maps Ilham Fathoni

Songa Rafting Adventure menawarkan paket harga yang berbeda sesuai dengan rute sungai yang bisa dilewati. Jika memilih Songa bagian bawah maka para tamu dapat membayar Rp 299.000. Trip yang bisa dilintasi kurang lebih 35 jeram dengan waktu rafting selama 2 jam. Jarak garis start sampai selesai di Songa bawah diperkirakan 10 km yang sudah aman.

Sedangkan Songa atas dibandrol harga Rp 339.000 dan sedikit lebih mahal dari Songa bawah. Rute itu lebih jauh dengan 55 jeram yang memiliki debit air berbeda. Melintasi arum jeram ini butuh waktu 3 jam dengan kisaran panjang sungai sekitar 12 km. Pelancong dapat memilih paket harga sesuai dengan bagian Songa yang akan dilewati ketika rafting.

Selain harga paket rafting, disana ada pula parkir kendaraan yang dipatok biaya sendiri. Setiap mobil dan bus yang telah parkir di area harus menyiapkan Rp 10.000. Sepeda motor wisatawan diperkirakan Rp 2.000, kemudian Anda akan diberi karcis. Makanan dan minuman juga sudah termasuk paket harga yang dapat dipilih, jadi tidak ada biaya lagi.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Songa Rafting Adventure

Kegiatan Menarik Songa Rafting Adventure
Image Credit: Google Maps Gustav Subagio

1. Rafting

Songa Rafting Adventure yang menawarkan pilihan rute bagian bawah dan atas semakin menarik perhatian traveller. Anda yang tertarik rafting akan diberi pengaman berupa dayung, helm, perahu karet, serta pelampung. Debit air yang memacu adrenalin dapat dicoba dengan kegiatan rafting. Ajak kerabat untuk naik perahu karet sambil mendayung.

2. Mencoba Kuliner

Pilihan harga rafting yang sudah termasuk kuliner membuat hati wisatawan merasa puas. Biasanya kuliner diberikan ketika jam makan siang dengan sajian yang lengkap. Mulai makanan berat, minuman segar, hingga snack bisa dinikmati sesuai paket harga. Kuliner yang telah dimasak langsung oleh petugas Songa dijamin enak serta memanjakan perut.

3. Mengabadikan Momen

Songa Rafting Adventure memberikan keindahan alam terutama tebing yang dilewati air mengalir. Melakukan aktivitas bermain air seperti arum jeram dapat direkam dan dipotret. Selama mendayung perahu karet Anda bisa sambil menyiapkan kamera yang anti air. Sehingga keseruan ini dapat dijadikan sebagai potret kenangan selama di Songa.

4. Melihat Keindahan Sungai

Pesona cantik berupa aliran Sungai Pekalen mampu membuat pengunjung terkesima. Keindahan lain dapat dijumpai pada rute arum jeram yang berbeda. Apalagi aliran air ada yang lebih tinggi dengan menghantam batu cadas. Tak hanya itu, air yang mengalir dari atas pun memberi pesona tersendiri karena langsung melintasi tebing yang memanjakan mata.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Songa Rafting Adventure
Image Credit: Google Maps Levi Ladiqi

Songa Rafting Adventure tergolong sebagai tempat arum jeram yang menawarkan fasilitas lengkap. Sebenarnya fasilitas ini ada yang sudah termasuk paket harga dan terdapat pula fasilitas gratis. Lahan yang dipakai untuk parkir disediakan secara luas oleh pengelola setempat. Meskipun Anda datang dengan mobil besar seperti bus maka tetap boleh parkir.

Bagi pelancong yang ingin rafting akan diberi fasilitas berupa pengaman. Mulai pelampung, perahu karet, helm, dan masih banyak fasilitas penunjang arum jeram. Snack serta minuman diberikan oleh petugas ketika wisatawan baru masuk ke dalam destinasi. Kemudian saat jam makan siang Anda disuguhi makanan sesuai dengan paket harga yang sudah dipilih.

Disana ada pula fasilitas tim penyelamat dan asuransi jika para tamu mengalami masalah selama rafting. Shuttle service atau transportasi lokal juga termasuk fasilitas yang telah tersedia di wisata petualangan ini. Lalu setelah melakukan kegiatan air Anda dapat menggunakan toilet umum pada bagian depan.

Itulah informasi singkat Songa Rafting Adventure yang sering digunakan untuk arum jeram. Sungai yang masih alami serta memiliki rute tertentu dapat memberi kesan rafting yang menyenangkan. Apalagi pengunjung dapat menikmati arum jeram sambil melihat kecantikan pemandangan. Jadi nikmati liburan disana bersama orang terdekat.