Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Cihaurbeuti, Sukahaji, Kec. Cihaurbeuti, Kab. Ciamis, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Waterboom adalah satu satu destinasi wisata dengan menampilkan kegiatan yang berhubungan dengan air. Waterboom ini menyediakan wahana-wahana rekreasi air atau taman bermain air yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan menarik diperuntukkan bagi wisatawan.

Salah satu waterboom yang terkenal menyediakan aktivitas-aktivitas menarik untuk dikunjungi berada di Ciamis Jawa Barat, yaitu Sukahaji Waterboom. Banyak kegiatan yang dapat anda lakukan di destinasi air yang satu ini, letaknya strategis menjadi salah satu keunggulan dengan ramainya pengunjung yang berdatangan setiap harinya.

Objek wisata air dengan konsep taman rekreasi dengan keunggulan air ini memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satu destinasi yang wajib didatangi dengan keluarga karena memiliki banyak daya tariknya. Berikut ini akan dijelaskan ulasan tentang Sukahaji Waterboom.

Daya Tarik yang Dimiliki Sukahaji Waterboom

Daya Tarik Sukahaji Waterboom
Image Credit: Google Maps Wahana

1. Outbound Menarik

Menyediakan wahana khusus bagi pengunjung yang ingin merasakan kegiatan outbound dengan fasilitas yang sangat memadai. Terlebih bagi anda yang datang bersama anak kecil. Kegiatan ini menarik untuk diikuti. Outbound dapat meningkatkan wawasan, petualangan dan membangkitkan jiwa-jiwa interaktif saat memainkannya.

Outbound ini berada di dekat area persawahan. Selain itu, terlihat juga pemandangan gunung-gunung yang menghijau sepanjang mata memandang di sekitar area Sukahaji Waterboom. Jaraknya sangat dekat hanya sekitar beberapa kilometer saja. Area persawahan ini ditata oleh petugas sehingga mirip dengan area asli outbound di alam.

Spot outbound dengan pemandangan yang menarik ini menambah kesenangan sendiri. Terlebih banyak pengunjung yang berasal dari Kota. Aktivitas ini dapat menambah wawasan edukatif sekaligus menambah kesenangan batin. Jika ingin bermain outbound, pastikan anda telah membawa pakaian ganti ya!

Ada beberapa kegiatan outbound yang ditawarkan di area seperti kegiatan dengan berbagai permainan yang menarik, menanam pohon di area, menangkap ikan di kolam, membuat origami, dapat memberi makan hewan ternak, bermain di lumpur sawah, membuat masakan, serta yang lebih menantang melintas di tali dari atas kolam.

Area outbound jadi salah satu tempat yang paling banyak diminati para pengunjung di Sukahaji Waterboom. Setiap harinya selalu penuh dengan wisatawan. Selain itu sebagai apresiasi ramainya tempat, setiap bulannya pengelola selalu mengadakan perlombaan di lokasi outbound dengan harga tiket yang menarik.

Bermain di Outbond tentunya memberikan alasan yang sudah pasti kotor. Tetapi para pengunjung tidak risih. Outbound adalah salah satu kegiatan pengalihan melepas lelah, stress dan beban. Momen bermain bersama keluarga di outbond dapat mempererat hubungan. Disarankan juga untuk anda agar tetap menjaga kebersihan ya!

2. Area Permainan Anak

Uniknya, selain menawarkan permainan air, Sukahaji Waterboom juga menyediakan permainan-permainan untuk anak. Anda dapat mengajak anak-anak untuk bermain di sini. Kegiatan ini dapat juga melatih motorik anak yang masih dalam tahap perkembangan.

Beberapa kegiatan anak yang menarik untuk dimainkan seperti permainan mobil-mobilan mini, ada motor mini juga serta beberapa becak mini. Lokasi khusus untuk bermain di area ini memanjang sekitar 100 meter lebih untuk luasnya.

Tempat bermain ini sangat aman, terbukti dijaga oleh beberapa petugas yang memantau area untuk menghindari kejadian yang tidak diharapkan. Macam-macam permainan anak ini dibebankan biaya masing-masing yang berbeda dari harga tiket masuk. Tapi anda tenang saja karena biaya yang dibebankan sangat ekonomis.

3. Area Permainan Air

Daya tarik utama Sukahaji Waterboom ialah area permainan air yang disediakan dengan sangat lengkap dan memadai. Tempat bermain air ini cocok untuk segala umur yang artinya sangat aman untuk anak-anak. Fasilitas yang diberikan tidak main-main, terdapat 2 kolam khusus bagi orang dewasa dan anak-anak.

Dua kolam berenang ini memiliki berbagai fasilitas yang menarik. Setiap kolamnya memiliki berbagai macam wahana yang menambah keseruan berlibur seperti wahana air pancuran atau perosotan air dengan panjang yang berkelok-kelok, terdapat juga tempat air yang seperti wadah besar siap untuk menumpahkan isinya ke pengunjung.

Ukuran kedua kolam memiliki kedalaman yang berbeda-beda. Untuk kolam khusus anak-anak ada yang setinggi 40 cm diperuntukan khusus anak-anak dan balita. Untuk kolam orang dewasa kedalamannya berbeda-beda, ada yang setinggi 150 cm bahkan ada yang sampai 3 meter, khusus untuk anda yang dapat berenang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Sukahaji Waterboom
Image Credit: Google Maps doyan

Untuk menuju ke lokasi destinasi bermain air yang unik ini, anda dapat berkunjung di Jalan Raya Cihaurbeuti Desa Sukahaji Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Lokasi wisata air ini juga berdekatan dengan Tasikmalaya serta sangat strategis untuk dikunjungi bahkan bersama rombongan.

Rute perjalanan ke lokasi hanya sekitar 10 menit perjalanan dengan jarak sekitar 5 kilometer saja dari titik tempuh Terminal Indhiang tasikmalaya menuju ke Sukahaji Waterboom. Wisata air ini berada di sebelah samping jalan utama sehingga dapat diakses berbagai kendaraan.

Tetapi jika anda berangkat dari titik pusat Kota Ciamis maka waktu tempuh ke lokasi wisata sekitar 30 menit di perjalanan dengan jarak tempuh perjalanan sekitar 19 kilometer.

Selama perjalanan, pengunjung dapat menggunakan kendaraan mobil ataupun sepeda motor pribadi. Selain itu juga dapat menaiki kendaraan umum seperti bus. Rutenya dari bus menuju ke Terminal terdekat seperti Indhiang Tasikmalaya. Setelah itu perjalanan dapat dilanjutkan dengan memesan ojek online ataupun ojek sekitar.

Walaupun tempat lokasi sangat strategis, tetapi disarankan bagi pengunjung yang baru datang ke daerah sekitar agar menggunakan aplikasi google maps selama perjalanan agar terhindar dari kebingungan atau sesat. Disarankan juga untuk selalu menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan hand sanitizer.

Harga Tiket Masuk Sukahaji Waterboom

Harga Tiket Masuk Sukahaji Waterboom
Image Credit: Instagram Wahana Edukasi

Untuk bisa memasuki lokasi wisata air yang menarik ini, pengunjung dibebankan biaya tiket masuk sebesar Rp. 15.000 per orang untuk hari biasa dan sebesar Rp. 20.000 per orang untuk hari-hari libur. Adapun jam operasionalnya, wisata waterboom ini dibuka dari Hari Senin sampai Hari Minggu pukul 08.00 WIB pagi sampai pukul 16.00 WIB sore.

Bagi wisatawan yang ingin melakukan outbound di Sukahaji Waterboom, tersedia biaya di setiap tingkatannya yang terdiri dari tingkat Paud, Tk dan SD serta tingkat SMP, SMA dan umum. Untuk tingkat anak-anak seperti PAUD, TK, SD terdiri dari 5 paket. Paket ke-1 biayanya sekitar Rp. 20.000 per anak.

Paket ini sudah termasuk dari origama dan ice breaking, wahana ketangkasan lumpur dan rintangan serta Senam. Paket ke-2 biayanya sekitar Rp. 30.000 per anak. Paket ini sudah termasuk wahana rintangan dan lumpur, senam, origamoi dan ice breaking, serta ditambah pilihan membuat roti atau menangkap ikan.

Paket ke-3 biayanya sekitar Rp. 40.000 per anak. Paket ini sudah termasuk ice breaking, senam, wahana lumpur dan ketangkasan, origami, membuat roti dan menangkap ikan. Paket ke-4 biayanya sekitar Rp. 50.000 per anak. Paket ini sudah termasuk sama dengan paket ke-3 ditambah dengan memberi pakan ternak, dan menanam benih.

Paket ke-5 biayanya sekitar Rp 60.000 per anak. Paket ini sudah termasuk sama dengan paket ke-4 tetapi tanpa batasan-batasan wahana-wahana lainnya. Sementara itu untuk outbound tingkat SMP, SMA dan umum terdiri dari 2 paket yang menarik untuk dicoba.

Paket ke-1 biayanya Rp 25.000 per pengunjung. Paket ini sudah termasuk wahana rintangan dan lumpur, leadership, togetherness, problem solving serta ice breaking dan senam.

Paket ke-2 biayanya Rp. 35.000 perorang. Paket ini sudah termasuk wahana ketangkasan dan lumpur, rintangan green, leadership, flying fox, senam, ice breaking serta togetherness dan problem solving. Saat memasuki outbound pengunjung diwajibkan membawa 3 baju, yaitu baju renang, baju lumpur, dan baju bersih.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Sukahaji Waterboom

Kegiatan Menarik Sukahaji Waterboom
Image Credit: Google Maps Wahana Edukasi Sukahaji Waterboom

1. Bermain Air

Kegiatan menarik yang paling utama di Sukahaji Waterboom adalah bermain air. Anda dapat bermain air di kolam yang disediakan khusus dengan air yang jernih dan bersih. Selain berenang di kolam, pengunjung juga dapat merasakan sensasi bermain di wahana air seperti pancuran air, perosotan air dan masih banyak lainnya.

2. Outbound

Outbound adalah salah satu kegiatan yang diunggulkan di waterboom ini. Pengunjung dapat merasakan kegiatan outbound bersama rombongan. Menikmati setiap wahana-wahana dan rintangan yang diberikan dengan suasana asri karena area outbound berada di dekat persawahan dengan spot hijau pegunungan.

3. Bersantai

Di sekeliling tempat wisata hits ini disediakan beberapa pondok-pondok atau gazebo khusus wisatawan. Anda dapat bersantai di pondok tersebut. Selain itu terdapat juga foodcourt di dekat pondok, sambil bersantai menyantap makanan yang disajikan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Waterboom

Fasilitas Sukahaji Waterboom
Image Credit: Google Maps kaka darsuki

Sukahaji Waterboom memiliki beberapa fasilitas yang sangat memadai diperuntukkan untuk semua wisatawan seperti tersedianya area parkir kendaraan yang luas dengan dilengkapi para petugas keamanan yang ketat. Selain itu tersedia toilet yang bersih bagi pria dan wanita.

Selanjutnya, tersedia kamar ganti dan kamar bilas yang bersih dan luas. Di sekitar tempat disediakan juga beberapa pondok-pondok khusus untuk bersantai. Bagi muslim, tersedia tempat ibadah dilengkapi dengan kualitas air wudu’ yang bersih.

Di sekitar wisata ini juga disediakan beberapa food court yang menyediakan makanan dan minuman khusus pengunjung. Selain itu terdapat area kolam yang luas serta area spot outbound yang menarik.

Sukahaji Waterboom adalah salah satu destinasi rekreasi bermain air yang dapat dikunjungi oleh anda. Rekreasi ini sangat menarik karena menyediakan beberapa aktivitas lainnya selain bermain air. Pastikan untuk berkunjung ya jika berada di Ciamis!