Sumber Maron termasuk destinasi wisata yang menarik di Malang. Pemandian alami yang bisa dijadikan tujuan berlibur dengan pemandangan sawah, air terjun mini dan sungai Beriak untuk kegiatan river tubing.

Lokasi: Karangsuko, Kec. Pagelaran, Kab. Malang.
Map: Cek Lokasi

Kecantikan alam selalu berhasil menghadirkan kebahagiaan bagi manusia, salah satunya ditorehkan pada Sumber Maron. Pemandian alami yang bisa ditemukan di Kabupaten Malang ini bahkan tidak pernah sepi dikunjungi setiap harinya. Daripada penasaran dengan keindahannya, sebaiknya simak ulasan singkat ini untuk mengenalnya lebih dalam.

Daya Tarik yang Dimiliki Pemandian Sumber Maron

Daya Tarik Pemandian Sumber Maron
Image Credit: Google Maps (Wahyu Pratomo)

Sumber Maron termasuk salah satu destinasi wisata alam yang cukup populer di kota Malang. Ketika sampai disana, Anda bisa memahami mengapa destinasi wisata satu ini begitu menarik dikunjungi. Hal ini terlihat dari hamparan sawah lepas berwarna hijau segar, kolam sumber air yang terbentuk secara alami, air terjun, hingga kejernihan air sungainya berhasil menyihir wisatawan.

Kejernihan air sungai beriak dari pemandian ini, merupakan primadona yang cocok dijadikan sebagai lokasi river tubing. Jika ingin merasakan kesegarannya secara langsung, sebaiknya membawa pakaian ganti agar tidak merasa kedinginan usai berenang. Selain sungai beriak, kecantikan air terjun setinggi 5 m bernama Grojogan Sewu ini termasuk daya tarik utamanya.

Bagi mereka yang tidak pandai berenang pun tidak perlu khawatir apabila ingin menikmati kesegaran airnya. Sebab sungainya sendiri tidak terlalu dalam, sehingga ramah dikunjungi bersama dengan keluarga tercinta. Mulai dari anak anak hingga orang dewasa tentu merasa bahagia ketika bisa berkunjung ke Sumber Maron.

Walaupun sungainya cukup dangkal, sebaiknya tidak menurunkan kewaspadaan di setiap langkah yang diambil. Sebab batuan yang terkena aliran air terasa licin akibat ditumbuhi lumut. Sebagai pelengkapnya, pihak pengelola juga melengkapinya dengan sejumlah fasilitas pendukung untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengunjungnya.

Cerita Mistis Dibalik Keindahan Sumber Maron

Cerita Mistis Sumber Maron
Image Credit: Google Maps (Fachry Adrian)

Tidak dapat dipungkiri bahwa Sumber Maron memiliki pesona yang begitu menawan. Namun siapa sangka dibalik kecantikannya, pemandian alam ini ternyata menyimpan cerita mistis yang berhasil membuat bulu kuduk berdiri. Kisah ini dimulai ketika seorang putri tengah bertapa demi mendapatkan kesempurnaan dalam hidupnya.

Namun di tengah aktivitasnya tersebut, keberhasilan menekan hawa nafsu untuk jatuh cinta hingga godaan mendapatkan rupa cantik jelita bisa ditahannya dengan baik. Nafsu yang berhasil ditundukkannya berwujud patrem atau keris berukuran kecil. Keris tersebut kemudian ditanam di pohon beringin yang ada di Sumber Maron.

Ketika mendengar cerita tersebut, justru semakin banyak orang yang penasaran dan mencoba membuktikannya dengan mata kepala sendiri. Bahkan lokasi pemandian alam ini kerap dijadikan sebagai tempat pesugihan. Latar belakang dari masa lalunya ini membuat suasana di tempat ini terlihat mencekam dan menakutkan.

Bagaimana tidak, sebab sudah bukan kali pertama terjadi peristiwa aneh ketika masyarakat mengunjunginya. Contohnya saja seperti kemunculan sosok hantu menyeramkan beserta kawanannya, berhasil membuat siapapun ketakutan. Bahkan menurut penuturan wisatawan, mereka kadangkala berhasil menangkap sosok misterius tersebut secara tidak sengaja.

Walaupun terdapat cerita mistis yang menyeramkan, nyatanya hal ini tidak menyurutkan masyarakat untuk mengunjunginya kapanpun diinginkan. Bukan hanya masyarakat lokal, sebab kecantikannya bahkan terdengar hingga ke luar daerah. Sehingga tidak perlu heran jika lokasi pemandian alami ini seakan tidak pernah sepi setiap harinya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Sumber Maron

Rute Sumber Maron
Image Credit: Google Maps (Syamsul Arifin)

Penasaran melihat keindahannya secara langsung ? Segeralah meluncur Sumber Maron yang berlokasi di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Destinasi wisata satu ini dapat dijangkau dengan mudah baik menggunakan kendaraan umum, atau pribadi baik sepeda motor maupun mobil sekalipun.

Apabila bertolak dari pusat kota Malang, setidaknya dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam untuk sampai di lokasi wisatanya. Khusus bagi wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi, dapat melalui rute perjalanan menuju arah Kecamatan Gondanglegi kemudian dilanjutkan menuju Desa Karangsuko.

Sesampainya di Desa Karangsuko, Anda harus melanjutkan perjalanan sejauh 100 meteran hingga menemukan jalan perempatan. Belok ke kanan dan ikuti arahan yang diberikan oleh papan penunjuk jalan. Tidak perlu menunggu waktu lama, terlihat tulisan selamat datang yang menandakan bahwa Anda sudah sampai di tujuan.

Jika ini adalah kali pertama mengunjungi Sumber Maron, sebaiknya memanfaatkan teknologi canggih untuk menemukan lokasinya. Anda juga tidak perlu ragu bertanya dan meminta tolong kepada masyarakat sekitar untuk menunjukkan jalan yang benar. Termasuk destinasi wisata populer, sehingga tidak ada yang tidak mengetahui lokasi pemandian alami ini.

Objek wisata alam satu ini buka setiap hari senin hingga jumat mulai dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore saja. Datang lebih awal merupakan tips menghindari kepadatan pengunjung. Dengan cara ini, Anda tidak perlu berdesakan dengan pengunjung lainnya sekaligus menikmati pemandangan sekitar dengan nyaman.

Harga Tiket Masuk Pemandian Sumber Maron

Harga Tiket Sumber Maron
Image Credit: Google Maps (Ida Saidah)

Sumber Maron masuk dalam daftar destinasi wisata alam populer di Malang. Meski popularitasnya terus mengalami kenaikan, pihak pengelola mematok tarif tiket masuk yang relatif murah. Setidaknya pengunjung harus mengeluarkan dana sekitar 3 ribuan rupiah per orang untuk mendapatkan satu tiket masuk.

Sedangkan wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi akan dikenakan biaya tambahan untuk parkir. Khusus kendaraan roda dua akan dikenakan biaya retribusi sekitar 3 ribuan per kendaraan, dan tarif parkir mobil berkisar 5 ribuan rupiah per kendaraan. Besarnya tarif tiket tersebut telah berlaku pada tahun 2019 lalu.

Pengunjung akan dikenakan tarif tambahan apabila berniat menyewa berbagai fasilitas seperti ban untuk melakukan river tubing. Anda akan dikenakan tarif 3 ribuan rupiah khusus ban kecil, sedangkan 7 ribuan rupiah untuk ban sedang. Sedangkan pengunjung yang ingin merasakan sensasi piknik di alam terbuka, dapat menyewa karpet dengan mengeluarkan dana 3 ribuan saja.

Perlu diingat bahwa tarif tiket masuk dapat berubah kapanpun karena beberapa faktor. Oleh sebab itu, membawa dana sedikit lebih banyak bisa menjadi solusi cerdas untuk bisa menikmati setiap fasilitas yang ada. Namun melambungnya harga tiket tidak akan terlalu menyiksa isi dompet, sehingga tidak perlu khawatir uang akan terkuras habis saat berkunjung kesana.

Aktivitas Menarik Dilakukan di Sumber Maron

Aktivitas di Sumber Maron
Image Credit: Instagram.com @enny_sudarwati

1. Berenang

Sejak pertama kali menginjakkan kaki di kawasan wisata, para pengunjung akan disambut dengan suara gemericik air sungai jernih di depan mata. Tidak jauh dari sungai tersebut ditemukan kolam alami yang berisikan air yang sangat jernih. Kolam yang berada tepat di bawah air terjun setinggi sekitar 5 meter ini berhasil menyita perhatian.

Tentu saja menyaksikan keindahan air terjunnya saja tidaklah cukup. Alhasil banyak dari pengunjung yang mencoba berenang santai di kolam yang tidak terlalu dalam tersebut. Segarnya air dan udara sekitar yang berpadu dengan keindahan alam, berhasil membuat rasa penat di pikiran seketika luntur begitu saja.

Dengan kata lain, berenang merupakan aktivitas wajib dilakukan ketika berkunjung ke Sumber Maron. Bahkan tidak afdol jika berkunjung ke tempat ini jika belum berbasah basahan sambil merasakan kesegaran air alaminya. Tidak heran jika pengunjung selalu membawa pakaian cadangan sebagai bekal berkunjung kesana.

2. River Tubing

Debit air sungainya cukup deras namun juga mengalir tenang. Sungai yang begitu jernih tersebut seakan membelah area persawahan dan hutan lindung. Justru hal inilah yang menjadi daya pikat untuk melakukan river tubing menggunakan pelampung. Selain membawanya sendiri, pengunjung dapat menyewa ban pelambung dengan harga murah meriah.

3. Pijat Alami

Masih di tempat yang sama, Anda bisa merasakan sensasi pijat alami di sebuah kolam berisi ikan ikan ikan kecil. Cukup dengan memasukkan kaki ke dalam kolam tersebut, segerombolan ikan tersebut akan memakan sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan kulit. Aktivitas inilah yang menghasilkan sensasi bak mendapatkan pijatan alami.

4. Wisata Edukasi

Tidak hanya bermain, wisatawan dapat menjadikan Sumber Maron sebagai wisata edukasi PLTMH. Sebab derasnya air yang mengalir, kemudian dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk menerangi sekitar 4 desa di sekitar lokasi wisata.Dengan kata lain, pengunjung bisa mendapatkan ilmu terkait dengan teknologi pembangkit listrik selama berwisata santai ke objek wisata ini.

5. Hunting Foto

Apalah arti berkunjung ke destinasi wisata menarik tanpa mengabadikan momen disana. Benar, berfoto termasuk aktivitas yang tidak boleh dilupakan ketika berkunjung ke tempat ini. Disini Anda bisa menemukan sejumlah spot untuk menghasilkan foto ciamik mulai dari hunting foto underwater, air terjun mini, hingga area persawahan.

6. Flying Fox

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan selagi menapakkan kaki di Sumber Maron, salah satunya dengan mencoba wahana flying fox. Tidak hanya menguji adrenalin, pasalnya pengunjung bisa menyaksikan keindahan alam sekitar dengan meluncur dari atas ketinggian. Sensasi saat memainkan wahana tersebut akan menjadi pengalaman tidak terlupakan.

Penginapan Murah Dekat Dari Sumber Maron

Penginapan Dekat Sumber Maron
Image Credit: Booking.com

Khusus bagi wisatawan dari luar daerah yang tertarik bermalam pun tidak perlu kesulitan menemukan penginapan. Sebab Anda bisa menemukan sejumlah tempat penginapan yang berada dekat dengan lokasi Sumber Maron berada. Mulai dari hotel berbintang hingga penginapan sederhana bisa ditemukan disini.

Setidaknya dibutuhkan waktu tempuh 30 menit saja untuk bisa sampai di lokasi penginapan. Fasilitas setiap penginapan berbeda dan sesuai dengan besarnya anggaran yang harus dikeluarkan. Semakin lengkap fasilitasnya, semakin tinggi pula penawaran harga yang diberikan. Beruntungnya ada sejumlah penginapan yang memberikan penawaran harga miring kepada para tamu.

Walaupun harganya terbilang cukup murah, namun sudah memuaskan dari segi fasilitas dan pelayanan yang diberikan. Lokasinya sendiri cukup dekat dengan sejumlah pusat keramaian yang menjadi daya tarik utamanya. Selain mendapatkan kenyamanan, bermalam di Malang bisa menjadi peluang untuk mengulik destinasi wisata alam lain yang tidak kalah menarik dikunjungi.

Fasilitas yang Tersedia di Pemandian Sumber Maron Malang

Fasilitas di Sumber Maron
Image Credit: Google Maps (Zakaria Putra)

Layaknya destinasi wisata populer lainnya, pihak pengelola Sumber Maron juga melengkapi sejumlah fasilitas demi kenyamanan dan keamanan para pengunjungnya. Fasilitas yang disediakan mulai dari lahan parkir cukup luas, ruang ganti pakaian, loker khusus menyimpan barang, kamar mandi, mushola, dan masih banyak lainnya.

Pihak pengelola menyewakan peralatan keselamatan seperti ban berenang. Usai menikmati sajian alamnya dan melakukan berbagai aktivitas, para pengunjung juga bisa menikmati kelezatan kuliner untuk mengembalikan energi tubuh. Suasana yang nyaman dan tentram, membuat rasa makanan semakin nikmat terutama jika disantap bersama dengan kerabat maupun keluarga tersayang.

Sumber Maron selalu berhasil menggoreskan pengalaman seru tak terlupakan bagi wisatawan yang berkunjung kesana. Suguhkan kesegaran air yang dikelilingi dengan pepohonan asri, berhasil menarik pengunjung untuk berkunjung kesana. Dibalik pesona keindahannya, bahkan terdapat cerita mistis yang hingga kini dipercaya oleh masyarakat sekitarnya.