Harga Tiket: Rp 60.000, Jam Operasional: 07.00-16.30 WIB, Alamat: Seropan, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sudah lama terkenal menyimpan banyak sekali destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Memiliki budaya yang kental, membuat Yogyakarta populer akan wisata sejarahnya yang cukup melimpah. Namun bukan hanya wisata sejarah, di sini anda juga dapat menemukan beragam wisata alam yang dapat dituju untuk melepas penat.

Salah satunya yaitu Wisata Sungai Oyo, atau biasa juga disebut dengan nama Sungai Oya. Objek wisata alam ini sangat terkenal di daerah Gunung Kidul. Biasanya para pelancong akan menyempatkan diri berkunjung ke Sungai Oya setelah pergi ke Goa Pindul, karena letak keduanya memang tidak jauh. Penasaran keseruan apa saja yang ada di Sungai Oyo? Yuk cari tahu dari ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Sungai Oyo

Daya Tarik Sungai Oyo
Image Credit: Google Maps AgoL Santoso

1. Pesona Air Terjun Sungai Oyo

Termasuk sungai jenis periodik, yang mengalir membelah bukit kapur di bagian selatan dan utara. Sungai tersebut terbentuk karena adanya erosi batu karst, dan terjadi akibat terjadinya perubahan temperatur signifikan di area tersebut. Sehingga membentuk sebuah air terjun yang menjadi spot utama pada wisata alam ini.

Sebagai spot utama, pengunjung tentu menghabiskan sebagian besar waktu rekreasi ke Sungai Oyo dengan bermain di sekitar air terjun. Biasanya banyak yang datang untuk menikmati nyamannya mandi di bawah air terjun. Karena air yang mengalir di sana memang begitu jernih dan menyegarkan. Tidak heran apabila banyak juga yang berusaha mengambil foto dengan background air terjun yang jernih ini.

2. Menyatu ke Alam Terbuka

Ketika berkunjung ke tempat ini, anda benar benar akan menemukan wisata alam yang dicari cari untuk melepaskan penat. Bagaimana tidak, wisata ini mampu membawa anda menyatu dengan alam terbuka karena lokasi dan view pemandangannya. Berbeda dengan Goa Pindul, Sungai Oyo mengalir dari timur laut ke barat daya sepanjang kurang lebih 106,75 kilometer.

Sungai tersebut bermuara ke Sungai Opak yang ada di Desa Sriharjo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, dan membentang sepanjang Pegunungan Sewu. Adapun debit airnya rata rata bulanan sekitar 9,31 m3/detik, dengan debit minimum sebesar 1,89 m3/detik dan debit maksimum 83,2 m3/detik.

Daya Tarik Dimliki Sungai Oyo
Image Credit: Google Maps awnikolas

3. Wisata yang Menantang Adrenalin

Bagi anda yang suka dengan kegiatan adventure, Sungai Oyo adalah pilihan tepat untuk menghabiskan waktu liburan. Karena wisata alam ini mampu menawarkan berbagai kegiatan menantang adrenalin yang anda gemari. Seperti yang telah disebutkan, kawasan sungai ini berbeda dari Goa Pindul bila dilihat pada segi lokasi dan view pemandangannya yang lebih terbuka.

Tidak hanya lebih terbuka, namun lokasi ini jauh lebih menantang meskipun anda akan menggunakan peralatan khusus yang sama dengan di Goa Pindul ketika menjelajah di Sungai Oyo. Salah satu alasannya adalah debit air yang cukup besar, membuat anda dapat mencoba sensasi rafting lebih menantang di sungai ini.

Jika masih kurang, anda bisa menantang adrenalin dengan mencoba mengunjungi wisata sungai pada musim hujan. Karena pada musim hujan jarak tempuh menyusuri sungai bisa lebih panjang 2-4 kali ketimbang musim kemarau. Terlebih beberapa gelombang ombak dengan kecepatan arus yang lebih kencang tentunya mampu menciptakan pengalaman lebih menegangkan.

4. Tidak Terlalu Ekstrim

Meskipun pada musim hujan jarak tempuh menyusuri Sungai Oyo memang bisa lebih panjang 2 sampai 4 kali dari musim kemarau, ditambah dengan arusnya yang begitu kencang. Namun anda yang kurang punya nyali tidak perlu khawatir apabila ingin menikmati keindahan dan keseruan di objek wisata alam tersebut.

Pasalnya river tubing disini pada musim kemarau terbilang tidak terlalu ekstrim. Sungai ini juga dibuka sebagai objek wisata karena keamanannya sudah diteliti sebelumnya oleh para ahli. Selain itu, pada musim hujan pengecekan debit air dilakukan setiap hari untuk memastikan keamanannya bagi para pengunjung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Sungai Oyo
Image Credit: Google Maps Andi Suwandi

Wisata Sungai Oyo berada di daerah Gelaran II, Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari Goa Pindul, yang merupakan destinasi wisata populer di Gunung Kidul, sungai ini hanya berjarak sekitar 1 kilometer saja. Jadi anda dapat menemukannya dengan mudah.

Dari pusat Kabupaten Gunung Kidul sendiri kurang lebih membutuhkan waktu 1,5 jam perjalanan untuk mencapai lokasi. Anda bisa menggunakan bantuan peta digital supaya lebih mudah menemukan tempat wisata. Karena baik Goa Pindul maupun Sungai Oyo sudah terkenal di kalangan warga sekitar, anda bisa bertanya ke penduduk setempat apabila kehilangan arah selama perjalanan.

Harga Tiket Masuk Wisata Sungai Oyo

Harga Tiket Masuk Sungai Oyo
Image Credit: Google Maps Nissa Karunia

Jam operasional objek wisata dibuka untuk pengunjung mulai pukul 17.00 WIB sampai dengan 16.30 WIB. Jadi pastikan anda datang di antara waktu tersebut apabila ingin menikmati wisata susur sungai Oyo. Terlebih jika anda juga ingin berkunjung ke Goa Pindul terlebih dahulu, maka sebaiknya datang sedikit lebih pagi agar dapat menikmati berbagai aktivitas seru di sana.

Adapun harga tiket masuk untuk menikmati susur sungai yaitu sekitar Rp. 60.000 per orangnya. Dengan biaya tersebut, anda sudah mendapatkan fasilitas pemandu, pelampung, sepatu karet, ban, serta penjemputan. Penjemputan biasanya disertakan dalam fasilitas karena banyak orang yang melakukan river tubing di Sungai Oyo setelah menyusuri air di dalam Goa Pindul.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Sungai Oyo

Kegiatan Menarik Sungai Oyo
Image Credit: Google Maps AgoL Santoso

1. Susur Sungai

Susur sungai atau river tubing menjadi aktivitas menarik utama yang tidak boleh anda lewatkan ketika datang ke Sungai Oyo. Terlebih tempat ini disebut sebut sebagai sungai terbesar yang ada di daerah Kabupaten Gunung Kidul. Sehingga kegiatan menelusuri sepanjang aliran sungainya tentu sangat menarik untuk diikuti.

Selama kegiatan susur sungai tersebut, anda bisa menjumpai berbagai macam batuan karst yang tersusun rapi. Dan pemandangan alam nan indah serta eksotis juga akan memanjakan mata sepanjang track susur sungai sekitar 1,5 sampai 2 kilometer tersebut. Waktu tempuh river tubing di sini antara lain sekitar 2 jam, namun tergantung dari debit air dan juga musim ketika anda berkunjung.

2. Menikmati Panorama Alam

Seperti yang telah disebutkan, Wisata Sungai Oyo mempunyai pemandangan alam yang begitu rupawan. Dimana anda bisa menjumpai panorama alam nan indah tersebut sepanjang perjalanan susur sungai. Seperti pemandangan cantik berupa pohon kayu putih yang berada di sepanjang jalan dan berjajar rapi mulai dari Goa Pindul menuju starting point Sungai Oyo.

Selanjutnya sepanjang aliran sungai akan melewati bukit kapur yang cukup tinggi. Pada musim hujan tiba, bukit kapur tersebut bahkan tampak semakin cantik karena warnanya berubah warna menjadi hijau. Pada musim kemarau pun pemandangan tidak kalah cantik, lantaran pohon pohon yang ada di sekitar sungai berubah warna menjadi coklat seperti pohon di luar negeri pada musim gugur.

Kegiatan Menarik di Sungai Oyo
Image Credit: Google Maps Pindul Cave

3. Melompat di Curug Pengantin

Curug Pengantin tidak boleh dilewatkan begitu saja ketika anda tengah menikmati kegiatan susur sungai di Wisata Sungai Oyo. Air terjun kecil ini biasanya memang digunakan sebagai tempat istirahat bagi para pengunjung. Karena spot foto di Curug Pengantin dinilai begitu indah dan mampu menghasilkan foto ciamik.

Bukan hanya cantik, namun Curug Pengantin ini juga sangat unik. Sebab tidak seperti air terjun pada umumnya yang akan mengalami penurunan debit ketika musim kemarau tiba. Curug Pengantin di Gunung Kidul justru terus menerus mempunyai ketersediaan air yang melimpah sepanjang tahun. Dimana perubahan musim bahkan sama sekali tidak mempengaruhi jumlah debit airnya.

Itu membuat banyak wisatawan menjadikannya sebagai lokasi atraksi untuk melompat dari puncak air terjun ke Sungai Oyo. Sekadar informasi, tinggi air terjun di sini kurang lebih 4 sampai 9 meter. Sehingga membuat aktivitas tersebut tentu sangat menantang adrenalin. Namun anda tidak perlu khawatir, karena semua kegiatan yang dilakukan tetap berada dalam pengawasan petugas setempat.

4. Berburu Foto

Dengan keindahan alam yang begitu rupawan, jangan sampai melewatkan kegiatan berburu foto ketika menikmati berbagai kegiatan di Wisata Sungai Oyo. Karena panorama alamnya yang sangat indah akan membantu anda mendapatkan potrek yang ciamik untuk kebutuhan sosial media. Apalagi banyak spot foto Instagramable yang bisa anda temukan di sini sebagai latar belakang.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Sungai Oyo
Image Credit: Google Maps Riski Wahyu Purnomo

Fasilitas yang tersedia di Wisata Sungai Oyo termasuk cukup lengkap dan mampu memenuhi kebutuhan para wisatawan ketika berkunjung. Dimana harga tiketnya sudah termasuk fasilitas pemandu selama susur sungai, pelampung, sepatu karet, ban, serta penjemputan dari objek wisata.

Selain itu, tersedia pula ruang bilas untuk mandi dan bersih bersih setelah anda mengikuti kegiatan susur sungai. Jika sudah mandi dan bersih bersih, anda bisa beristirahat di pendopo yang telah disediakan atau menikmati berbagai hidangan di Wedang Cinta. Tentunya deretan fasilitas tersebut dapat melengkapi dan menyempurnakan pengalaman wisata anda di sini.

Bagaimana, tertarik menikmati wisata alam dengan pemandangan rupawan dan berbagai aktivitas menarik di tempat ini? Terlebih lokasi dari destinasi ini tidak jauh dari Wisata Goa Pindul, yang berarti anda dapat menikmati banyak keseruan dalam sekali jalan. Jadi tunggu apa lagi, segera rencanakan liburan anda selanjutnya ke Sungai Oyo di Gunung Kidul.