Harga Tiket: Rp 35.000, Jam Operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Boyong No.97, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Yogyakarta juga punya kebun binatang yang wajib masuk dalam list perjalanan anda bersama keluarga. Kebun binatang baru yang terletak di daerah Kaliurang ini mulai populer dan banyak dikunjungi wisatawan. Tak hanya wisata sejarah dan wisata alam saja, Objek wisata yang sedang naik daun ini akan menjadi salah satu wisata unggulan di Sleman Yogyakarta.

Suraloka Zoo menyuguhkan berbagai macam hewan eksotis khas Indonesia yang ramah untuk dikunjungi. Fasilitas yang lengkap dan ditunjang dengan tenaga ahli yang mumpuni, menjadikan kebun binatang ini sebagai destinasi wisata yang ramah untuk keluarga. Sebelum mengunjunginya, anda bisa menyimak informasi dibawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Suraloka Zoo

Daya Tarik Suraloka Zoo
Image Credit: Google Maps Erly Faradisa

1. Banyak Berbagai Jenis Satwa

Walaupun terbilang baru, namun kebun binatang di Yogyakarta ini mempunyai koleksi hewan yang cantik dan menarik untuk dilihat. Beberapa hewan unggulan yang dipamerkan di kebun binatang ini adalah seperti rusa, kambing, bebek peking, burung merak, kelinci rex, ayam badut, merpati kipas, dan masih banyak hewan lainnya.

Satwa yang ditampilkan di kebun binatang Suraloka ini tentu akan menarik minat anak anak. Sehingga berkunjung ke lokasi wisata satu ini bisa juga menjadi liburan edukasi yang menyenangkan untuk keluarga. Bahkan di kebun binatang ini anda akan bisa memberi makan langsung hewan hewan tersebut lho.

2. Letak Satwa yang Unik

Tak hanya bisa melihat berbagai macam binatang dan memberi makan dari dekat. Namun yang unik dari kebun binatang ini adalah tata letak satwa yang dipamerkan. Setiap jenis satwa yang dipamerkan tersebut akan ditempatkan di lokasi tempat yang dibangun dengan unik. Sehingga akan menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan yang datang.

Binatang yang dipamerkan di Suraloka Zoo tersebut akan diletakkan di lokasi khusus yang akan menyebar di beberapa titik di kebun binatang. Salah satunya adalah seperti kelinci yang ditempatkan di sebuah rumah kecil yang terbuat dari kayu yang cantik. Ada juga komplek burung merpati yang mempunyai rumah Gupon yang didesain tinggi dan juga unik.

3. Wahana Bermain yang Seru

Kebun binatang suraloka juga mempunyai berbagai macam wahana yang bisa menjadi alternatif kegiatan yang menyenangkan untuk anak anak. Wahana permainan yang disediakan cukup bervariasi dan juga aman digunakan untuk anak anak. Beberapa wahan permainan tersebut antara lain seperti jembatan kayu, ayunan, kereta mini dan lainnya.

Tak hanya wahana yang nyaman untuk anak-anak, di kebun binatang ini juga terdapat wahana bermain seru untuk dewasa. Wahana permainan ini cukup memicu adrenalin bagi anda yang suka tantangan. Salah satunya adalah seperti wahana Flying Fox hingga wahana climbing yang dekat dengan patung dinosaurus besar.

Daya Tarik Dimiliki Suraloka Zoo
Image Credit: Google Maps Stephanus Hartono

4. Spot Fotonya yang Menarik

Berwisata memang tak akan lengkap bila tidak mengambil foto sebagai kenang kenangan. Terlebih saat ini banyak orang yang menggunakan sosial media, sehingga tentu akan lebih suka mengambil foto berlatar estetik dimana saja. Salah satu daya tarik kebun binatang ini adalah banyaknya spot foto yang akan membuat kalangan muda tertarik.

Spot foto tersebut antara lain seperti kolam mancur dan sebuah kolam mini di dekatnya. Ada juga spot foto di dekat 3 patung lumba lumba yang berwarna merah. Bila anda tertarik dengan film jurasic park, maka spot foto di dekat patung dinosaurus ini juga akan seru. Koleksi patung dinosaurus yang ada di Suraloka Zoo cukup lengkap.

5. Resto Suraloka dengan Berbagai Jenis Hidangan Lezat

Bila berkunjung ke kebun binatang di Yogyakarta ini maka anda tak perlu kuatir tentang fasilitasnya. Khususnya tentang makanan dan aneka kuliner lainnya. Dalam kebun binatang Suraloka juga tersedia restoran yang akan menyajikan berbagai hidangan lezat dan khas Yogyakarta yang tak boleh anda lewatkan.

Varian makanan yang disajikan juga beragam tak hanya makanan tradisional saja namun juga banyak makanan jenis lain yang disukai anak anak. Tak hanya itu, banyak juga jajanan yang bisa anda pilih sebagai camilan setelah lelah berkeliling di kebun binatang. Restoran ini juga menjadi salah satu daya tarik tempat ini karena kelengkapannya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Suraloka Zoo
Image Credit: Google Maps Novianto NP

Alamat lengkap Suraloka Zoo tepatnya berada di Jalan Boyong nomer 97 daerah Kaliurang Kelurahan Hargobinangun Kecamatan Pakem di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasi kebun binatang ini terletak di daerah yang strategis dan mudah untuk ditemukan, khususnya untuk para wisatawan luar kota.

Bila anda berkendara dari pusat kota Yogyakarta, maka waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke lokasi adalah sekitar 40 menit perjalanan. Jarak tempuh dari pusat kota ke kebun binatang ini adalah sekitar 24 km. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dan dibantu dengan menggunakan aplikasi Google Maps.

Harga Tiket Masuk Suraloka Zoo

Harga Tiket Masuk Suraloka Zoo
Image Credit: Google Maps rizhet setro

Sebelum berkunjung ke lokasi wisata kebun binatang yang unik ini anda juga bisa melihat reviewnya melalui sosial media resminya. Suraloka mempunyai Instagram resmi yang selalu mengupdate informasi dan kegiatan menarik yang bisa anda saksikan. Anda bisa mengunjungi @suralokazoo dan melihat keseruan apa yang bisa anda lakukan nanti.

Harga tiket masuk ke kebun binatang Yogyakarta ini juga cukup terjangkau. Sehingga pilihan mengunjungi objek wisata ini bisa menjadi liburan hemat sekeluarga saat liburan sekolah. Harga tiket masuk per orang yang dibandrol adalah sekitar Rp 35 ribu. Harga tersebut tergolong masih terjangkau dibandingkan kebun binatang di lokasi lainnya.

Kebun binatang yang sedang naik daun di Yogyakarta ini mempunyai jam operasional yang cukup bebas. Tempat ini buka setiap hari dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore. Jam dan hari buka yang fleksibel inilah yang membuat lokasi wisata ini populer dan banyak diminati wisatawan lokasl hingga luar kota.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Suraloka Zoo

Kegiatan Menarik Suraloka Zoo
Image Credit: Google Maps Rafif 6B Arya 4B

1. Bermain Sambil Belajar

Suraloka Zoo ini sangat cocok menjadi objek wisata untuk anak anak. Hal ini karena kebun binatang hits ini bisa menjadi ajang pembelajaran yang baik untuk anak anak tentang hewan dan lingkungan. Belajar sambil bermain tentu akan menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk anak anak dan akan membuat mereka belajar banyak dari lingkungan.

Lokasi kebun binatang ini juga dekat dengan suasana alam. Sehingga kebun binatang di Yogyakarta ini terlihat asri dan sejuk dengan deretan pepohonan. Kebun binatang satu ini juga di desain dengan baik dan lucu. Rumah hewan hewan lucu tersebut dibangun dengan menarik dan tentunya akan membuat anak anak semakin betah.

2. Berfoto

Tak hanya bercengkrama dengan hewan hewan lucu dan menikmati pemandangan yang asri. Anda juga bisa berfoto bersama di banyak spot yang tersedia. Spot foto yang disediakan oleh pihak pengelola berada di banyak tempat dengan tema yang menarik dan berbeda di tiap tiap lokasi spot foto.

Anda bisa berfoto di dekat kolam air mancur yang didesain indah, atau anda juga bisa memilih spot foto menarik di dekat patung lumba lumba yang berwarna merah. Bila anak anda suka dengan berbagai macam dinosaurus, maka disediakan juga tempat berfoto khusus dekat dengan patung dinosaurus berbagai macam jenis.

3. Bermain Wahana

Pihak pengelola Suraloka Zoo juga menyediakan berbagai macam wahana permainan seru untuk anak anak dan juga orang dewasa. Wahana permainan ini akan membuat kegiatan berlibur anda bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan dan seru. Wahana yang disediakan juga tergolong aman dan dibawah pengawasan ahlinya.

Beberapa pilihan wahana yang disediakan untuk dewasa antara lain seperti flying fox hingga climbing. Namun wahana tersebut memang cenderung ektrem untuk anak anak. Oleh karena itu, pihak pengelola menyediakan wahana permainan lainnya yang aman untuk anak anak. seperti jembatan kayu, ayunan, kereta mini dan lainnya.

Fasilitas yang T5ersedia di Kebun Binatang

Fasilitas Suraloka Zoo
Image Credit: Google Maps Suraloka Zoo

Walaupun masih tergolong objek wisata baru, namun kebun binatang Suraloka mempunyai fasilitas umum yang lengkap. Area parkir yang disediakan sudah luas dan nyaman untuk kendaraan pengunjung. Toilet dan mushola juga terkaga kebersihannya dan bisa digunakan dengan baik oleh wisatawan.

Fasilitas lainnya seperti spot foto, taman, kolam ikan hingga restoran di dalam kebun binatang akan memudahkan pengunjung. Tak hanya itu, kebun binatang ini juga memiliki area playground indoor yang ramah digunakan anak anak bermain. Akses Wi-Fi gratis juga tersedia untuk pengunjung.

Salah satu fasilitas yang tersedia untuk pengunjung dari luar kota yang akan memudahkan bila ingin menginap adalah adanya hotel. Hotel atau penginapan ini sudah mempunyai fasilitas yang lengkap dan nyaman untuk wisatawan. Bila anda sudah menginap di hotel ini makan akan ada free tiket masuk Suraloka Zoo, sehingga merupakan paket yang hemat,

Yogyakarta menyimpan keindahan dan daya tariknya tersendiri. Mengunjungi Yogyakarta tidak pernah ada habisnya. Selalu ada hal baru yang menarik untuk selalu dikulik seperti objek wisata satu ini. Kebun binatang yang bisa dikunjungi keluarga ini akan menjadi objek wisata populer baru di Yogyakarta.

REKOMENDASI DESTINASI