15 Taman di Bandung yang Cocok untuk Refreshing

Taman Bandung

Kota Bandung dikenal memiliki beragam wisata mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata bersejarah, hingga wisata religi. Memiliki julukan Kota Kembang, tidak mengherankan jika Bandung mempunyai deretan taman bunga yang siap memanjakan warga dan para pelancong. Apalagi jika kini banyak taman di Bandung yang sudah direvitalisasi dengan mengusung konsep tematik.

Untuk menghilangkan rasa penasaran, berikut 15 taman keren di Bandung yang kerap kali digunakan untuk bersantai oleh warga dan wisatawan.

1. Taman Musik Centrum

Taman Musik Centrum

Image Credit: Byanjauharsaladin.blogspot.com

Taman satu ini memiliki nama yang terdengar sedikit unik, hal ini dikarenakan taman tersebut memang ditujukan untuk memberikan ruang kepada masyarakat yang menyukai seni dan musik yang gemar berolahraga. Kini, taman Musik Centrum biasa menjadi tempat nongkrong kawula muda Bandung dan juga sebagian pelancong. Kebanyakan pengunjung ini ingin menikmati waktu bersantai sembari menikmati suasana asri, adem, serta tenang.

Taman populer ini dibangun di area dengan luas sekitar 4.200 m2. Sebagai pemanis, di dalamnya terdapat tugu berbentuk gitar raksasa yang merupakan sebuah pengingat dari tragedi tewasnya 11 orang dalam konser musik band metal di tahun 2008 silam. Yang semakin membuat pengunjung betah berlama lama di taman ini adalah adanya fasilitas internet gratis yang disediakan pemerintah setempat.

Lokasi: Jl. Sumbawa No.32, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

2. Taman Jomblo

Taman Jomblo

Image Credit: Disparbud.jabarprov.go.id

Taman dengan nama yang unik ini, dulunya bernama taman Cikapayang. Hingga kemudian pemerintah daerah mulai merenovasi dan membuat taman tersebut menjadi menarik dan begitu unik. Apa sih yang membuat unik? Ada kemungkinan sedikit kurang mengenakan untuk mereka yang masih single, akan tetapi keberadaan taman jomblo bisa menjadi solusi bagi pengunjung untuk mencari pasangan hidup. Anda yang masih jomblo, tertarik untuk berkunjung?

Dan ternyata hampir setiap sore hari atau hari libur, taman Jomblo biasanya akan dipenuhi oleh para kawula muda. Meskipun memiliki area yang tidak terlalu luas, taman ini telah dilengkapi dengan fasilitas yang berstandar internasional yakni adanya area papan seluncur. Selain itu, taman ini juga dilengkapi dengan keberadaan tempat duduk yang unik dan berwarna warni sehingga menciptakan suasana yang nyaman.

Lokasi: Jl. Tamansari No.66, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

3. Taman Film

Taman Film

Image Credit: Tourbandung.id

Taman film dibangun dengan gagasan sebagai bangunan armphitheater terbuka dengan kapasitas 500 orang, dan juga memiliki desain pondasi tempat duduk yang berkelok kelok. Sebagai ikon, di depan Armphitheater dibangun Megatron yang ditujukan sebagai tempat pemutaran film. Tidak hanya digunakan untuk menonton film, taman dengan luas 1.300 m2 ini juga biasanya dijadikan tempat nonton bareng pertandingan sepakbola klub Persib.

Taman di Bandung ini begitu nyaman untuk menjadi tempat refresing, sebab selain memiliki tempat duduk beton yang berundak undak juga sudah ditanami rumput sintesis yang bagus dan empuk untuk diduduki. Di sore hari, sembari nongkrong pengunjung juga bisa menyaksikan film yang tengah diputar. Film yang kerap kali diputar di taman ini adalah film Indonesia, Bollywood, Korea, dan juga film Indie Bandung. Sepertinya para pecinta film perlu untuk berkunjung ke taman Film Bandung.

BACA JUGA:  17 Tempat Wisata di Kuningan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Layang Pasupati, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

4. Taman Fotografi

Taman Fotografi

Image Credit: Sky-adventure.com

Kota Bandung nampaknya benar benar memanjakan para wisatawan. Hal ini terbukti dengan banyaknya taman yang dibangun dengan berbagai tema, seperti taman Fotografi yang didedikasikan sebagai ruang alam untuk para penggemar fotografi. Di taman ini, warga dan juga wisatawan yang gemar mengambil foto bisa berkumpul dan juga mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan fotografi.

Sebagai tempat untuk memanjakan para pecinta fotografi, taman satu ini dilengkapi dengan fasilitas spot foto serta galeri terbuka. Tidak hanya itu saja. Untuk membuat para pengunjung merasa nyaman, taman ini juga dilengkapi dengan kursi taman yang nyaman, tempat hiburan permainan anak, serta koneksi internet gratis. Taman Fotografi juga memiliki posko penjaga taman, dimana bertugas untuk menjaga kebersihan.

Lokasi: Jl. Kemuning No.4, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

5. Taman Labirin

Taman Labirin

Image Credit: Hipwee.com

Taman satu ini kerap kali menjadi tempat tongkrongan warga dan pelancong, karena memiliki udara yang sejuk dan tempatnya begitu nyaman. Di sana pengunjung dapat menikmati jalur yang sudah disediakan, mengelilingi dua jenis trembesi yang diyakini telah berusia seratus tahun. Memiliki konsep labirin, pengunjung bisa menikmati suasana yang tenang dan asri dengan cara masuk dari 4 sisi melalui labirin labirin.

Lokasi: Jl. Wastukencana, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

6. Taman Pustaka Bunga

Awalnya taman bunga ini kurang terawat, namun setelah direnovasi oleh pemkot berubah menjadi sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Taman Pustaka Bunga, digagas untuk membuat sebuah perpustakaan yang mana objek dari perpustakaan ini adalah bunga. Taman tersebut rencananya akan dijadikan sebagai ensiklopedia bunga, dan diperkirakan akan dihiasi 100 ribu jenis bunga.

Taman Pustaka Bunga sangat cocok untuk Anda yang gemar dengan berbagai jenis bunga. Selain dapat memanjakan mata dengan melihat berbagai bunga berwarna warni, pengunjung juga bisa menambah wawasan mengenai bunga. Baik itu bunga yang bisa ditemui di pekarangan rumah hingga bunga bunga langka, bisa ditemui di taman Bandung satu ini. Mulai dari bunga mawar, kastuba, krisan, lidah mertua, berbagai jenis anggrek, dan jenis bunga lain.

Lokasi: Jl. Citarum No.23 A, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

7. Taman Persib

Image Credit: Simamaung.com

Bangga memiliki klub bola dengan performa yang begitu apik, kemudian lahirlah taman Persib Bandung. Untuk penggemar bola khususnya Klub Persib, maka di taman ini bisa menemukan lapangan sepakbola dan juga museum terbuka dengan tema klub dengan sebutan Maung Bandung. Meskipun masih dalam tahap pembangunan, namun taman satu ini sudah membuat banyak warga yang antusias. Terutama mereka yang gemar dengan klub sepakbola Persib.

BACA JUGA:  Keseruan Bermain Salju di Snow World International, Kota Bekasi

Lokasi: Jl. W.R. Supratman No.24, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

8. Taman Vanda

Taman Vanda

Image Credit: Decode.uai.ac.id

Taman satu ini terbilang cukup unik, sebab memiliki bentuk segitiga. Di sekelilingnya dibangun tembok, kemudian pada bagian tengah ditanami dengan aneka tanaman hias dan juga diletakkan kolam air mancur. Taman Vanda menjadi salah satu taman favorit, sehingga tidak jarang banyak pengunjung yang datang sendiri ataupun bersama dengan teman dan pasangan untuk bersantai sambil berfoto.

Yang menjadi daya tarik taman Vanda adalah ketika malam hari. Sebab di saat malam hari, suasana taman satu ini benar benar berubah menjadi jauh lebih memesona. Pasalnya pengunjung bisa menyaksikan indahnya air yang memancar dari lubang sebanyak 20 titik, kemudian memancarkan air yang bergerak teratur. Semakin cantik ketika dipadukan dengan lampu warna warni yang menyala, serta penerangan dari beberapa lampu hias.

Lokasi: Jl. Merdeka No.9, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

9. Taman Cikapayang Dago

Taman Cikapayang Dago

Image Credit: Destinasibandung.co.id

Dago sudah menjadi ikon kota Bandung, dan tempat tersebut kerap kali dikunjungi oleh warga Bandung maupun para pelancong. Memiliki konsep taman terbuka, taman Cikapayang Dago memiliki air mancur yang bisa berjoget dan juga ada gambar yang bisa menjadi spot berfoto. Selain itu, masih banyak fasilitas lain yang bisa membuat pengunjung merasa nyaman dan juga betah. Saat malam hari, taman ini justru lebih ramai karena memiliki panorama yang indah.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.79, Lb. Siliwangi, Kec. Coblong, Kota Bandung.

10. Taman Superhero

Taman Superhero

Image Credit: Limahiji.wordpress.com

Jika Anda tertarik dengan karakter superhero dalam film, maka sangat direkomendasikan untuk berkunjung ke taman Superhero di Bandung. Pasalnya di taman ini, pengunjung dapat menyaksikan berbagai pajangan tokoh superhero dalam bentuk patung. Mulai dari Gatotkaca, Batman, Superman, hingga Spiderman. Selain melihat patung superhero, ditaman ini juga bisa menikmati suasana taman yang asri, membaca buku di perpustakaan portabel, atau menikmati fasilitas internet gratis.

Lokasi: Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

11. Pet Park

Pet Park

Image Credit: Travelspromo.com

Dari namanya saja, sudah bisa diketahui jika taman tematik satu ini memiliki konsep sebagai fasilitas untuk warga yang memiliki hewan peliharaan untuk bersantai dan berkumpul dengan komunitas penggemar hewan lainnya. Di taman ini pengunjung bisa menikmati suasana yang teduh, adem, serta hawa yang segar dan menyehatkan. Biasanya saat sore hari, akhir pekan, atau musim libur di Pet park akan ramai dikunjungi oleh orang yang membawa hewan peliharaan.

Dengan konsep taman ramah hewan peliharaan, fasilitas yang diberikan tidak hanya untuk warga saja tetapi juga para hewan. Mulai dari trak jogging, meja dan kursi sebagai tempat bersantai, fasilitas ketangkasan hewan yang cukup refresentatif, hingga toilet khusus hewan. Taman satu ini juga begitu bersih karena selalu dijaga kebersihannya, sehingga sangat cocok digunakan sebagai tempat bersantai dan menyegarkan pikiran sekaligus membawa hewan peliharaan jalan jalan.

BACA JUGA:  11 Oleh-Oleh Khas Banten yang Wajib Anda Bawa Pulang

Lokasi: Jl. Ciliwung No.14, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

12. Taman Veteran

Taman Veteran

Image Credit: Destinasibandung.co.id

Anda yang gemar dengan suasana malam hari, sepertinya cocok jika ingin bersantai dan menikmati pemandangan di taman Veteran. Pasalnya di tempat ini menawarkan taman yang bercahaya di malam hari, dikarenakan adanya tiang tiang besar bergambar dan di dalamnya diisi dengan lampu. Di taman Veteran pengunjung bisa menikmati warna warni lampu hias, kemudian melakukan selfie ria.

Lokasi: Jl. Veteran, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

13. Taman Gesit

Taman Gesit

Image Credit: Reisha.net

Taman Gesit memiliki daya tarik yang menawarkan taman kota dengan suasana nyaman, sehingga cocok untuk Anda yang ingin bersantai dan menyejukkan pikiran. Taman satu ini juga terkenal dengan taman vertikal inovatif, serta dilengkapi dengan area bermain anak dan tempat duduk yang teduh. Yang paling memikat pengunjung adalah di taman Gesit telah disediakan fasilitas Tree Deck, yakni sebuah tangga yang melingkari pohon secara vertikal. Sangat menarik, bukan?

Lokasi: Jl. Dipati Ukur, Lebakgede, Kec. Coblong, Kota Bandung.

14. Taman Lansia

Taman Lansia

Image Credit: Persapedahan.wordpress.com

Ada kemungkinan taman ini disebut taman Lansia, karena banyaknya orang tua lanjut usia yang berolahraga di tempat tersebut. Meskipun begitu, pengunjung segala usia juga bisa bersantai atau berolahraga di taman ini. Pasalnya di taman Lansia ada jalan refleksi dengan batu batu kali, yang mana sengaja ditonjolkan sebagai sarana terapi refleksi kaki. Biasanya di akhir pekan atau musim libur taman ini akan dipenuhi oleh pengunjung segala usia, tentunya untuk mencari udara segar dan bersantai.

Lokasi: Jl. Cisangkuy, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

15. Taman Sejarah

Taman Sejarah

Image Credit: Tourbandung.id

Taman sejarah di Bandung begitu menarik untuk dikunjungi, apalagi untuk warga ataupun pelancong yang gemar dengan sejarah kota ini. Sebab, di taman ini terdapat informasi seputar sejarah siapa saja yang pernah menjabat sebagai walikota Bandung dari dulu hingga kini. Tidak hanya itu, di taman ini juga dilengkapi dengan kolam renang khusus anak, toilet dan ruang bilas, serta tempat bermain lainnya. Bahkan terdengar kabar taman ini akan dibangun area untuk memutar animasi sejarah Bandung.

Lokasi: Jl. Aceh No.53, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

Kota Bandung semakin mempercantik diri, termasuk juga membangun banyak taman tematik yang bisa dikunjungi oleh warga ataupun pelancong dari kota lain. Setiap taman memiliki keunikan dan fungsi masing masing, guna memikat hati para pengunjung. Namun yang pasti, taman di kota Bandung dibangun untuk memberikan suasana yang asri sehingga cocok untuk bersantai. Jika Anda berkunnjung ke Bandung, maka jangan sampai lupa mampir di salah satu taman cantik tersebut.