Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Setianegara, Kec. Cilimus, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Ketika mendengar nama Taman Batu Hanjuang pasti kebanyakan orang akan mengira bahwa tempat wisata tersebut merupakan sebuah lokasi liburan yang identik dengan batu atau tebing. Memang hal ini tidak salah namun lebih benar lagi jika anda juga memasukan kolam renang kedalam aspek tersebut.

Pasalnya di tempat liburan ini anda akan menemukan beberapa kolam renang yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk bermain air. Uniknya kolam-kolam tersebut berada pada sebuah bukit di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dengan tebing batu yang cukup tinggi berada tepat di sebelahnya.

Keberadaan tebing batu tersebutlah yang menjadi inspirasi nama dari destinasi wisata air ini. Selain kolam renang dan tebing batu, tempat wisata menarik tersebut juga memiliki beberapa spot foto unik dan instagramable yang cukup diminati oleh wisatawan, bahkan ada yang rela datang jauh-jauh hanya untuk berburu foto di lokasi wisata cantik ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Batu Hanjuang

Daya Tarik Taman Batu Hanjuang
Image Credit: Google Maps Mardi Nausyaza

1. Kolam Renang

Taman Batu Hanjuang memiliki 3 jenis kolam renang yang bisa digunakan oleh wisatawan yaitu kolam renang anak, kolam renang sedang, dan kolam renang orang dewasa. Untuk kolam renang anak sendiri dikhususkan untuk anak-anak sehingga memiliki kedalaman yang relatif dangkal.

Selanjutnya untuk kolam renang sedang sengaja dibuat untuk orang dewasa yang hendak bermain air bersama anak kecil atau bagi orang dewasa yang tidak bisa berenang agar tetap bisa menikmati keseruan bermain air. Terakhir adalah kolam renang orang dewasa yang dibuat untuk mereka yang bisa berenang.

2. Tebing Batu

Tepat di sebelah kolam renang terdapat sebuah tebing batu yang cukup tinggi. Memang tebing ini terlihat berbahaya, namun oleh pihak pengelola disulap menjadi sebuah objek yang sangat cantik untuk dijadikan sebagai latar belakang foto. Di setiap sisi tempat wisata air ini juga memiliki penghalang agar wisatawan tidak menaiki tebing batu tersebut.

3. Spot Foto

Selain kolam renang dan tebing batu, Taman Batu Hanjuang juga memiliki beberapa spot foto unik yang berhasil menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Spot-spot foto tersebut adalah jembatan cinta, rumah bambu, padang ilalang, dan masih ada sejumlah spot foto unik lainnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Batu Hanjuang
Image Credit: Google Maps Adi_ dwi Legowo

Taman Batu Hanjuang bisa ditemukan di Kabupaten Kuningan, Setia Negara, Provinsi Jawa Barat, Kecamatan Cilimus. Untuk mencapai alamat tersebut anda bisa mengambil start dari Alun-Alun Kuningan menuju Jl. Veteran lalu belok kiri dan tetap di jalan tersebut sampai menemukan perempatan Jl. Ajid.

Silahkan belok kanan di perempatan ini dan terus lurus sampai tiba di pertigaan Jl. Syekh Maulana Akbar kemudian belok kiri lalu tidak jauh dari pertigaan sebelumnya anda akan menemukan sebuah pertigaan lagi dekat Gor Anrimusthi Badminton Center. Disini anda harus belok kanan dan masuk ke Jl. Pramuka.

Terus ikut Jl. Pramuka sampai tiba di Tugu Bola Dunia lalu ambil jalur keluar kedua melewati Jl. DR. Mohammad Hatta dan menemukan Bundaran Cijoho. Ambil jalur keluar pertama ke arah Jl. Siliwangi dan terus lurus sampai melewati Jl. Rangsari atau Jl. Raya Jalaksana lalu tiba di perempatan Jl. Bandorasa – Linggarjati dekat Indomaret Bandorasa.

Dari perempatan tersebut anda harus belok kiri kemudian terus di jalur utama Jl. Bandorasa – Linggarjati sampai masuk ke pertigaan Jl. Bojong Linggarjati. Belok kiri lagi di pertigaan ini kemudian ambil jalur Bojong – Pakembangan di perempatan setelah Puskesmas Linggarjati dan anda akan menemukan Taman Batu Hanjuang di sebelah kiri jalan.

Rute perjalanan tersebut akan memakan waktu selama 34 menit karena anda harus berkendara sejauh 17 km dari pusat Kota Kuningan. Mengingat perjalanan ini cukup jauh jadi pastikan anda sudah menyiapkan diri sebaik mungkin agar waktu liburan anda tidak terganggu.

Harga Tiket Masuk Taman Batu Hanjuang

Harga Tiket Masuk Taman Batu Hanjuang
Image Credit: Google Maps Adi_ dwi Legowo

Setiap wisatawan yang memasuki Taman Batu harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang untuk anak-anak dan Rp 15.000 per orang untuk orang dewasa. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi wajib membayar biaya parkir sebesar Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk sepeda motor.

Tempat wisata air ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Jam buka tersebut akan berubah sewaktu-waktu terlebih saat libur nasional dan libur besar.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Batu Hanjuang

Kegiatan Menarik Taman Batu Hanjuang
Image Credit: Google Maps Iwan Setiawan

1. Berenang atau Bermain Air

Kegiatan menarik pertama yang dapat dilakukan oleh wisatawan ketika sudah menginjakan kakinya di Taman Batu adalah berenang atau bermain air sepuasnya. Kegiatan ini juga didukung dengan keberadaan 3 buah kolam renang yang dapat digunakan oleh wisatawan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

2. Berburu Foto di Taman Batu Hanjuang

Berkat adanya beberapa spot foto unik seperti jembatan cinta, rumah bambu, dan padang ilalang membuat berburu foto adalah salah satu kegiatan menarik yang wajib untuk anda lakukan. Tidak hanya berfoto di spot-spot foto yang sudah disediakan namun ada beberapa tempat berfoto unik lainnya yang bisa anda gunakan.

Sebut saja seperti tebing batu, kolam renang, dan sejumlah grafiti di lantai yang akan sangat bagus untuk dijadikan background foto. Maka dari itu pastikan anda membawa kamera agar bisa melakukan kegiatan menarik yang satu ini kemudian memposting hasilnya di akun media sosial pribadi anda.

3. Menyaksikan Indahnya Alam Sekitar

Taman Batu Hanjuang berada di dataran tinggi (bukit) yang membuatnya memiliki alam yang masih sangat terjaga. Terdapat beberapa pepohonan yang tumbuh dengan suburnya sehingga membuat pemandangan sekitar terlihat begitu alami, bahkan berkat adanya pepohonan tersebut membuat udara sekitar terasa sangat nyaman ketika dihirup.

Anda juga bisa melihat indahnya alam sekitar mulai dari tebing batu dan hutan dari kejauhan. Semua keindahan alam ini bisa menjadi obat penenang tersendiri untuk hati dan pikiran seseorang, maka dari itu selain bisa melakukan liburan anda juga dapat sekaligus melakukan refreshing di lokasi wisata cantik ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Taman Batu Hanjuang
Image Credit: Google Maps eddoardo Kahfia

Untuk urusan fasilitas dapat dikatakan lengkap karena Taman Batu Hanjuang memiliki area parkir kendaraan yang cukup luas, warung makan, toilet umum dan kamar mandi yang sangat terawat. Selain itu ada tempat penyewaan ban atau pelampung bagi wisatawan yang membutuhkan.

Untuk wisatawan beragama Islam tidak perlu khawatir soal tempat beribadah karena destinasi wisata keluarga ini memiliki sebuah mushola yang dapat digunakan sebagai tempat sholat. Fasilitas ini memang sengaja dibuat untuk umat muslim, mengingat lokasi wisata cantik ini yang berada di bukit sehingga cukup susah mencari tempat beribadah terdekat.

Selain fasilitas-fasilitas umum yang sudah disebutkan ini masih ada beberapa fasilitas lainnya seperti kolam renang dan spot foto. Ada juga sebuah kolam ikan yang berada dekat dengan tebing, di sekitar kolam ikan ini anda dapat menemukan sejumlah gazebo.

Jika anda sedang mencari lokasi wisata keluarga dengan pemandangan yang cantik dan memiliki spot foto instagramable maka Taman Batu Hanjuang sangat direkomendasikan. Sedikit himbauan bagi wisatawan yang membawa anak kecil agar selalu memperhatikan anak anda untuk mencegah terjadinya sesuatu yang merugikan.

REKOMENDASI DESTINASI