Liburan Seru Bermain Air di Taman Batu Purwakarta

Taman Batu Purwakarta

Lokasi: Cijanun, Cipeundeuy, Kec. Bojong, Kab. Purwakarta.
MapCek Lokasi

Rupanya Purwakarta begitu serius untuk membangun citra kotanya menjadi kota Pariwisata. Sektor pariwisata memang sektor yang paling mudah untuk membangun sebuah kota. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai destinasi wisata menarik di Purwakarta. Dari sekian banyak taman bermain hingga wisata alamnya, Taman Batu Purwakarta tidak boleh dilewatkan. Menawarkan berbagai hal menarik yang akan membuat liburan Anda menyenangkan. Simak ulasannya.

Sejarah Singkat Taman Batu Purwakarta

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Taman Batu yang juga sering dikenal sebagai stone garden merupakan kolam pemandian, dimana airnya berasal dari mata air Cijanun. Dahulunya sumber ini banyak digunakan untuk PDAM yang akan membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari hari. Namun pembangunan untuk proyek PDAM ini tiba tiba diberhentikan tanpa adanya alasan yang jelas. Kemudian air tersebut ditampung pada sebuah wadahyang ukurannya 10 x 20 meter.

Kolam inilah yang akhirnya disebut dengan Stone Garden Cijanun. Pemilihan nama ini tentunya bukanlah tanpa alasan. Karena kolam ini terletak di antara bebatuan yang membuatnya disebut dengan stone garden. Daerah yang merupakan lokasi kolam ini memang merupakan ggusan pegunungan Burangrang. Dimana pegunungan ini memiliki bebatuan yang bisa ditemui di berbagai tempat hingga ke pelosok.

Hingga kemudian kini kolam ini berubah menjadi tempat wisata yang banyak digemari oleh masyarakat lokal hingga dari wisatawan luar daerah. Bebatuan yang ada di kolam ini memang menjadi daya tarik tersendiri bahkan membuatnya tampak begitu eksotis. Taman ini tentunya akhirnya diperluas yang juga diusun dengan bebatuan. Semakin membuat kolam yang memiliki air jernih ini begitu cantik dan memiliki keunikan tersendiri.

Berbagai Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Taman Batu

Berbagai Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Taman Batu

Image Credit: Pikiran-rakyat.com

Menarik perhatian dengan bebatuannya yang menjadikan objek wisata ini begitu cantik sebagai spot foto. Namun bukan hanya bisa dijadikan sebagai spot swafoto, pengunjung yang mengunjungi Taman Batu ini juga bisa melakukan berbagai kegiatan yang menarik. Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan adalah berenang. Memang melihat airnya saja tentunya akan membuat Anda ingin segera merasakan kesegaran sumbernya.

BACA JUGA:  Wisata Sehat Sambil Belajar di Taman Herbal Insani Depok

Kolam kolam yang ada di wahana wisata ini disusun bertangga dengan bebatuan cantik yang memenuhinya. Kolam yang ada tentunya hadir dari mata air Cijanun yang telah dibentung. Terdapat dua kolam yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk berenang. Yakni kolam yang berada di atas dengan kedalaman 1, 5 m. Selain kolam ini ada juga kolam yang memiliki kedalaman 40 hingg 50 cm yang biasanya digunakan untuk anak anak.

Selain mandi di kolam kolam yang ada, pengunjung juga bisa mencoba mandi di bawah air terjun. Air terjun yang ada di destinasi wisata ini bukan merupakan air terjun alami. Melainkan air terjun buatan yang memang sengaja dihadirkan agar semakin menarik perhatian pengunjung. Banyak yang menjadikan air terjun ini sebagai lokasi untuk bermain air bahkan mandi di bawah guyurannya. Hal ini bisa menjadi kegiatan menyenangkan yang tak terlupakan.

Anda juga bisa berenang sambil menikmati keindahan pemandangan sekitar yang menyejukkan mata. Lokasi taman satu ini memang jauh dari kota sehingga sangat pas dijadikan sebagai tempat pengusir penat. Tak heran jika lokasinya masih asri dengan pemandangan sekitar yang mengagumkan. Pepohonan kelapa yang sengaja ditanam berjejer akan membuat sekitaran kolam menjadi lebih teduh.

Belum lagi lokasinya yang berdampingan dengan Perhutani KPH Purwakarta juga turut membuat udaranya sejuk. Sehingga Anda bisa menikmati pemandangan yang ada sambil berendam di sumber airnya yang menyegarkan. Karena memiliki pemandangan yang cantik, lokasi satu ini memang sangat cocok untuk mengambil banyak dokumentasi. Terutama bagi Anda yang suka berpose di depan kamera maka kegiatan swafoto akan terpuaskan.

Taman Batu Purwakarta ini juga masuk sebagai tempat wisata yang sangat instagramable. Di setiap kolam bahkan ada bebatuan yang bisa dijadikan spot untuk mengambil foto. Terdapat juga pendopo dan saung saung yang juga bisa untuk berswafoto. Latar pegunungan hijau lengkap dengan hamparan sawah memang sayang untuk dilewatkan dalam kamera anda. Jangan heran jika banyak yang mengunggah foto ke media sosial, karena memang secantik itu.

BACA JUGA:  Keseruan Bermain Salju di Snow World International, Kota Bekasi

Fasilitas yang Tersedia di Taman Baru Purwakarta

Fasilitas yang Tersedia di Taman Baru Purwakarta

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Taman Batu ini tidak hanya seru dijadikan sebagai tempat menghabiskan liburan. Fasilitas yang disiapkan pengelola juga begitu memanjakan pengunjung dan membuat nyaman. Anda bisa mendapatkan fasilitas toilet, ruang ganti hingga ruang bilas. Di setiap kolam terdapat saung serta pendopo yang bisa dijadikan sebagai tempat istirahat sekaligus bersantai. Semua fasilitas umum ini juga terbilang layak dan memadai untuk digunakan.

Kolam renang yang juga menjadi fasilitasnya memiliki ukuran 10 x 6 meter yang tentunya bisa menampung beberapa orang. Selain itu kedalaman kolamnya sengaja dibuat berdasarkan usia untuk menjamin keselamatan. Terutama bagi keluarga yang membawa anak anak. Air yang berada di dalam kolam juga terjamin kebersihannya dan tidak mengandung bahan kimia seperti kaporit. Dimana bahan ini kerap kali ditemui di kolam renang.

Selain itu ketika Anda lelah bermain air dan perut Anda minta diisi, Anda bisa menemukan warung makan yang ada di lokasi. Tempat makan di Taman Batu menawarkan berbagai menu yang bisa Anda nikmati. Dimana menu yang paling populer di tempat ini adalah Sate Maranggi. Sehingga selain berenang dan melakukan berbagai aktivitas, Anda juga bisa berwisata kuliner kecil kecilan di tempat makan yang tersedia.

Bagi Anda yang ingin menginap juga ada beberapa penginapan yang lokasinya dekat dengan tempat wisata ini. Hal ini tentunya akan membuat Anda semakin mudah untuk menikmati pemandangan dan suasana yang ada lebih lama lagi. Anda juga bisa menikmati nikmatnya bersantai dengan hammock. Tenang saja, hammock yang ada di sini bisa Anda sewa agar liburan Anda semakin seru dan menyenangkan.

Harga Tiket & Jam Operasional Taman Batu

Harga Tiket & Jam Operasional Taman Batu

Image Credit: Pintuajaibkita.blogspot.com

Untuk menikmati nikmatnya berenang di sumber alami, Anda tidak perlu merogoh kocek yang mahal. Hanya perlu mengeluarkan budget untuk tiket masuk mulai Rp. 20 ribu. Harga tersebut tentunya bisa berubah sewaktu waktu sesuai kebijakan dari pengelola. Sementara untuk jam operasional akan buka dari pagi hingga sore hari. Yakni pada pukul 08.00 hingga 17.00, setiap harinya dan tidak ada perbedaan jam buka di akhir pekan maupun hari biasa.

BACA JUGA:  Curug Dengdeng, Tujuan Wisata Air Eksotis di Tasikmalaya

Objek wisata ini tebilang mudah untuk dijangkau dari pusat kota Purwakarta. Anda akan menempuh jarak sekitar 32 Km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Untuk memudahkan anda, akan lebih baik jika pergi menggunakan kendaraan pribadi. Sepanjang perjalanan Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang mengagumkan. Mengingat lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk kota.

Keindahan yang dimiliki oleh Taman Batu Purwakarta ini memang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Sehingga jika Anda sedang singgah di Kota Purwakarta, rasanya harus memasukkan lokasi ini dalam list liburan ini. Anda akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan lengkap dengan panorama alam yang menyejukkan mata. Bagaimana berniat untuk segera mengunjunginya?