10 Taman di Bogor yang Cocok untuk Refreshing

Taman Bogor

Kota Hujan, Bogor memiliki taman-taman kota yang cantik dan cocok untuk dijadikan alternatif wisata yang ramah kantong. Beberapa memang harus membayar tiket masuk, namun sebanding dengan keindahan yang ditawarkan.

Ruang hijau terbuka di tengah kota hadir bukan hanya untuk membuat udara menjadi lebih bersih. Namun juga dimanfaatkan sebagai tempat untuk melepas penat dan refreshing yang ramah kantong. Tidak hanya untuk warga Bogor sendiri, bagi anda yang berasal dari luar kota juga bisa mampir ke wisata taman yang ini.

Berikut beberapa rekomendasi taman di kota Bogor yang sangat cocok dijadikan tempat melepas penat atau tempat menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

1. Taman Meksiko

Taman Meksiko

Image Credit: Detik.com

Memiliki banyak tanaman yang berasal dari Meksiko menjadikan taman unik satu ini dinamakan Taman Meksiko. Taman ini masih berada satu kawasan dengan Kebun Raya Bogor. Di taman ini, anda akan menemukan banyak tanaman gurun dan sedikit pepohonan rindang. Sangat berbeda dengan taman pada umumnya. Namun disitulah letak keunikan dari taman Meksiko ini. Konsepnya dibiarkan terbuka dengan kerikil dan bebatuan layaknya gurun.

Kaktus maupun tanaman gurun lainnya menjadikan taman ini sangat cocok untuk jadi tempat berfoto foto. Begitu memasuki taman ini, anda akan disambut dengan patung kaktus yang layaknya orang bermain musik. Selain kaktus dan sekulen, tanaman obat serta flora lainnya ditemukan di taman ini. Terdapat tulisan di tanamannya sehingga bisa sekalian menambah pengetahuan. Mengunjungi taman ini bisa melepas segala penat yang melanda.

Lokasi: Jl. Otto Iskandardinata No.13, RT.04/RW.02, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

2. Taman Sakura Cibodas

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Bunga Sakura tidak hanya bisa ditemukan di Jepang saja. Mengunjungi Kebun Raya di Cibodas, anda bisa melihat bunga pink satu ini. Memiliki kemiripan iklim, kondisi tanah hingga ketinggian menjadikan bunga ini bisa mekar dengan sempurna di Indonesia. Tak hanya menyuguhkan pesona bunga cantik ini, Taman Sakura Cibodas ini juga memiliki pesona lainnya yang tak kalah seru dan menyenangkan untuk dijadikan tempat refresihing.

Anda bisa berswafoto di taman ini dengan latar belakang bunganya yang berwarna pink. Selain itu juga bisa piknik sembari menikmati perbekalan dari rumah. Di taman ini juga terdapat aliran sungai kecil yang airnya begitu jernih. Menjadikan taman satu ini semakin asri dengan suara gemericik air yang menenangkan. Hanya saja untuk melihat bunga ini mekar, sebaiknya anda datang ketika bulan Maret sampai Bulan Juni dimana bunga sedang cantik cantiknya.

BACA JUGA:  18 Tempat Makan di Bekasi Paling Enak & Murah

Lokasi: Jl. Taman Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur.

3. Taman Ekspresi

Image Credit: Bogorraincake.com

Taman Ekspresi tidak hanya menjadi taman yang bisa anda kunjungi untuk melepas penat. Namun juga menjadi taman kota pertama yang ada di Kota Bogor. Taman satu ini berada di kawasan Lapangan Sempur. Di taman ini, terdapat teater terbuka yang biasanya digunakan untuk melakukan pertunjukkan seni hingga budaya. Ada banyak tempat duduk yang luas mengelilingi pangggung terbuka yang asri. Taman satu ini dipenuhi dengan pohon rindang yang sejuk.

Tak hanya itu, Taman Ekspresi juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum untuk memanjakan pengunjung, seperti toilet dan mushola. Selain bisa menikmati nuansa dinginnya, anda juga bisa sekalian berwisata kuliner. Ada banyak penjual makanan yang berada di taman satu ini. Anda yang ingin berolahraga juga bisa dilakukan di taman Ekspresi ini. Warga Bogor seringkali jogging di area Sempurnya yang memang fasilitasnya lebih memadai.

Lokasi: Sempur, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

4. Taman Kencana

Taman Kencana

Image Credit: Travelspromo.com

Berada di Jl. Kencana menjadikan nama taman ini juga sama dengan jalannya. Taman Kencana selalu ramai pengunjung yang ingin melepas penat atau sekadar bersantai. Taman satu ini begitu rindang sehingga udaranya menjadi lebih sejuk. Menjadikan orang betah berlama lama menghabiskan waktu di taman Kencana ini. Tempat duduk yang tersedia, tertata rapi menjadikan taman ini tampak teratur dan membuat ingin mampir.

Di sekitar taman kota ini juga banyak pusat perbelanjaan serta oleh oleh khas Kota Bogor. Selepas berbelanja, tak ada salahnya untuk beristirahat sebentar di taman ini sembari menikmati panganan. Ketika akhir pekan, pengunjung taman Kencana tidak hanya warga Bogor saja. Ada jejeran mobil yang kebanyakan berasal dari luar kota. Terlepas dari semua semaraknya, taman satu ini sudah berusia begitu tua dan masih eksis hingga kini.

Lokasi: Babakan, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

5. Taman Corat Coret

Taman Corat Coret

Image Credit: Ayobogor.com

Kehadiran taman ini juga tidak boleh dilewatkan begitu saja. Taman Corat Coret diresmikan di tahun 2016 lalu dan memang ditujukan untuk mereka yang gemar corat coret. Adanya taman ini sebenarnya menjadi sebuah langkah untuk mengurangi adanya vandalisme yang begitu mewabah di Bogor. Tidak hanya berisikan mural dan coretan dinding yang beragam, taman ini juga menjadi tujuan bagi mereka yang gemar berswafoto.

BACA JUGA:  Situ Cicerem, Telaga Biru yang Indah di Kuningan

Dengan latar belakang warna warni mural maupun grafiti yang begitu cantik. Grafiti di taman ini merupakan karya dari seniman di Kota Bogor. Namun sekalipun bukan seniman juga bebas menuangkan segala kreativitas berupa lukisan di taman ini. Tidak banyak pohon rindang memang, namun tamannya tetap harus diperhitungkan. Beberapa tempat duduk sengaja disediakan untuk anda yang ingin melepas lelah sembari menikmati karya corat coret yang ada.

Lokasi: Tegal Gundil, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor.

6. Taman Koleksi

Image Credit: Rohmatchemistry.staff.ipb.ac.id

Taman Koleksi merupakan taman kota yang juga bisa dijadikan tempat untuk refreshing dan melepas penat. Pohon pohon besar yang ada membuat suasananya asri dan cocok untuk bersantai. Udara kota Bogor yang segar semakin sejuk jika berada di taman ini. Ada banyak dudukan yang sengaja ditujukan untuk pengunjung yang ada. Salah satu spot yang paling favorit adalah meja bulat di dekat pohon yang sering dijadikan para anak muda berdiskusi atau mengerjakan tugas.

Yang membuat taman ini menarik adalah adanya pohon randu yang berada di tengah Taman. Ketika berbuah atau berbunga, bunganya yang berwarna putih akan berhampuran. Seakan akan anda sedang berada di tengah hamparan salju. Dekat dengan Taman Koleksi ada sebuah lapangan yang sering dijadikan sebagai tempat menyelenggarakan event. Taman Koleksi bisa menjadi pilihan mendinginkan kepala di tengah penatnya aktivitas.

Lokasi: Jl. Raya Pajajaran No.1, Tegallega, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

7. Taman Peranginan

Taman Peranginan

Image Credit: Ayobogor.com

Taman Peranginan bisa dijadikan taman selanjutnya untuk melepas semua penat. Memiliki dua pohon yang besar dengan tempat duduk serta ayunan menjadikan taman ini tak pernah sepi pengunjung. Meskipun taman satu ini tidak luas, namun anda bisa menyaksikan keindahan panorama Kota Bogor dari ketinggian. Berlibur bersama keluarga atau sekadar berbincang di Taman Peranginan bukanlah ide yang buruk. Tertarik untuk mengunjunginya?

BACA JUGA:  Taman Buah Mekarsari, Destinasi Agrowisata Favorit di Jawa Barat

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, RT.01/RW.04, Sempur, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

8. Taman Perlintasan Bogor

Image Credit: Santuarie.wordpress.com

Bagi anda yang merupakan warga Bogor atau sering melewati Pajajaran pasti tidak asing dengan taman ini. Taman Perlintasan Bogor awalnya dijadikan sebagai penanda bahwa anda sudah memasuki kawasan Bogor. Terutama ketika awal diberlakukan sistem lalu lintas satu arah. Seiring berjalannya waktu, taman ini menjadi fasilitas publik yang menarik perhatian. Bagi penggemar swafoto menjadikan tempat satu ini sebagai lokasi untuk berburu foto.

Terdapat tulisan Bogor yang begitu besar dan menjadi spot favorit. Lokasinya yang strategis menjadikan Taman satu ini sering dijadikan tempat untuk melepas penat. Anda mungkin tidak bisa menikmati banyak fasilitas publik. Karena memang taman ini tidak begitu luas dan dipenuhi dengan taman bunga. Untuk menemukan penjual makanan juga cukup sulit. Kebanyakan pengunjung datang untuk mengambil beberapa gambar saja.

Lokasi: Jl. Heulang, Tanah Sareal, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor.

9. Taman Astrid

Taman Astrid

Image Credit: Merahputih.com

Taman Astrid masih berada di kawasan Kebun Raya Bogor dan merupakan taman dengan pemandangan yang memukau. Meskipun untuk menikmati keindahannya, anda harus mengeluarkan budget mengingat ada tiket masuk ke Kebun Raya Bogor. Namun harganya terbilang terjangkau jika dibandingkan apa yang ditawarkan oleh taman cantik ini. Hamparan rumput hijau yang luas akan menyambut anda ketika ada di taman ini.

Lokasi: Kp. Parung Jambu, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

10. Hutan Kota Ahmad Yani

Hutan Kota Ahmad Yani

Image Credit: Tribunnews.com

 

Memang nama tempat satu ini Hutan Kota, namun jika melihat pengaturannya layak disebut dengan taman. Karena memang memenuhi kriteria sebagai taman yang cukup mempesona. Lokasinya yang teduh dengan banyak pohon rindang menjadikan fasilitas publik ini banyak dikunjungi. Anda bisa bersantai sembari menikmati semilir angin. Meskipun taman ini memang masih membutuhkan banyak perhatian.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani,Tanah Sareal, Kec. Tanah Sareal, Kota Bogor.

Taman kota tidak hanya menjadi pemanis di sebuah kota, termasuk Bogor. Sebagian warga, taman juga bisa difungsikan untuk tempat rekreasi. Melakukan aktivitas olahraga, bersantai atau sekadar mengobrol di taman memang menjadi kegiatan yang begitu seru. Akhir pekan bersama keluarga bisa dihabiskan di sebuah taman. Apalagi jika taman tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas memadai, pasti akan membuat siapapun betah berlama lama.