Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Ngasemayu, Salam, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Tempat wisata yang selalu identik dengan pemandangan indah dan juga sejuk yaitu kebun atau taman. Selain akan memperoleh kesejukan di kebun sayuran atau buah, nyatanya Anda pun akan mendapatkan hal yang serupa ketika mengunjungi kebun bunga. Salah satu kebun bunga yang amat layak untuk dikunjungi yaitu Taman Bunga Amarilis.

Kebun Bunga Amarilis ini berada di Gunung Kidul, Provinsi Jogja dan keberadaannya telah berhasil membuat perhatian masyarakat luas tersita. Hal itu disebabkan karena terdapat banyak sekali bunga-bunga indah Amarilis yang bermekaran dan membuat panorama di sekitar kebun bunga tersebut tampak makin cantik dan elok.

Karena itulah, tak ada salahnya ketika Anda mengunjungi Provinsi Yogyakarta dan menyempatkan waktu bersama dengan pasangan tercinta untuk mengunjungi Kebun Bunga Amarilis. Kebun bunga yang satu ini memang menawarkan keindahan dan keelokan yang tak bisa didapatkan dari tempat lainnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Bunga Amarilis

Daya Tarik Taman Bunga Amarilis
Image Credit: Google Maps Tony Gie

1. Tanaman Endemik yang Cantik

Tentunya disini tak ada seorangpun yang bisa menyangka bahwa tanah tandus yang berada di area Gunung Kidul bisa ditumbuhi oleh tanaman-tanaman yang begitu indah. Taman Bunga Amarilis merupakan salah satu bukti akan hal itu. Bunga yang tumbuh dan bermekaran di tempat ini adalah sejenis bunga endemik daerah tersebut.

Penamaan kebun bunga tersebut disesuaikan dengan nama bunga yang tumbuh, yaitu Bunga Amarilis. Beberapa menyebut juga bunga tersebut sebagai gulma tanaman. Namun, nyatanya gulma ini saat mulai mekar berwarna orange dan cemerlang. Dari kelopak tampak begitu indah serta sangat sayang sekali ketika harus dibersihkan atau di babat.

2. Wisata yang Nyaman

Taman Bunga Amarilis yang terdapat di area depan rumah tersebut dimanfaatkan dengan begitu baik oleh sang pemilik. Warna orange yang cerah membuat pengunjung yang memandang akan segera antusias untuk berfoto bersama dengan bunga.

Keindahan dari bunga sudah sangat terkenal, bahkan bunga yang satu ini mempunyai nama lokal yaitu Puspa Patuk. Saat ini wilayah Gunung Kidul sendiri tidak hanya dikenal dengan pantainya yang begitu indah, namun juga taman bunga tersebut. Sekilas tampak seperti hamparan bunga, seperti bunga tulip yang ada di Negara Belanda.

3. Jalanan Setapak Indah

Taman Bunga Amarilis ini telah dilengkapi dengan jalanan setapak, sehingga akan membantu akses wisatawan agar bisa lebih dekat dengan bunga. Jadi sudut yang pas saat Anda berfoto nantinya juga akan semakin lebih Indah. Agar tidak monoton, maka taman bunga dibuat berbentuk kotak, itulah akhirnya yang menambah daya tarik dari kebun bunga tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Bunga Amarilis
Image Credit: Google Maps Muhamad Yani

Bunga Amarilis terhampar begitu indah dan berada di Jogjakarta. Dari arah selatan Kota Jogja, tempat tersebut berjarak sekitar 27 km. Untuk pengunjung yang masih merasa bingung dengan lokasinya, maka bisa memakai bantuan Google Maps. Dari sanalah nantinya Anda bisa mengetahui rute terbaik menuju ke tempat tersebut.

Ketika di sini Anda telah tiba, maka nantinya Anda bisa dengan mudah untuk menemukan lokasi dari kebun. Taman Bunga Amarilis adalah satu-satunya taman yang ada di Desa Beji. Jadi akan sangat mudah ketika Anda sudah berada di desa tersebut. Nantinya Anda tinggal menanyakan kepada warga sekitar lokasi untuk menuju ke tempat wisata.

Ketika sudah berada di Kebun Bunga Amarilis, sebaiknya Anda mematuhi semua peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola. Peraturan tersebut seperti menjaga tempat wisata agar tetap bersih dengan membuang sampah pada tempatnya serta tidak sembarangan memetik bunga.

Saat ingin mengunjungi tempat ini, Anda bisa datang pukul 06.00 pagi dan tempat tersebut akan ditutup ketika pukul 18.00 WIB. Mengenai harinya sendiri, Kebun Bunga Amarilis dibuka setiap hari untuk pengunjung.

Harga Tiket Masuk Taman Bunga Amarilis

Harga Tiket Masuk Taman Bunga Amarilis
Image Credit: Google Maps mas dod

Untuk dapat menyaksikan keindahan dari bunga-bunga Amaris ini, Anda tak akan dikenakan biaya sepeserpun. Pengelola wisata memberikan peraturan yang cukup unik, yaitu Anda dapat memberikan uang tiket dengan seikhlasnya.

Sedangkan untuk pengunjung yang membawa kendaraan, nantinya akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000 saja. Karena itulah, Taman Bunga Amarilis termasuk salah satu tempat wisata murah yang ada di Jogja.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Bunga Amarilis

Kegiatan Menarik Taman Bunga Amarilis
Image Credit: Google Maps siti amanah

1. Menyaksikan Bunga Indah

Hippeastrum Amaryllidaceae merupakan nama latin dari Bunga Amarilis yang memang terkenal begitu indah. Beberapa masyarakat Jawa ada yang menyebut bunga tersebut dengan nama Brambang Boncot. Hal itu disebabkan karena akar dari bunga memiliki bentuk seperti Bawang Bombay dan berukuran besar.

Kelopak bunga tampak sangatlah indah dengan warna orange mencolok serta lebar seperti halnya lampu tidur. Putiknya menyembul di antara kelopak-kelopak bunga yang mengelilinginya, menjadikan tampilan dari Amarilis makin menakjubkan. Ditambah lagi daunnya yang berbentuk memanjang dan disangga oleh batang.

Bunga yang begitu elok dan cantik tersebut akan bermekaran saat awal musim penghujan. Namun perlu diketahui, lama mekar dari bunga ini memang relatif singkat, yaitu 2 hingga 3 minggu. Hal itu dikarenakan Amarilis memang kurang tahan saat mereka memperoleh oleh banyak air.

2. Menyusuri Jalan Setapak

Taman Bunga Amarilis bisa dikatakan sebagai tempat wisata tahunan. Hal itu disebabkan karena bunga Amarilis ini memang mekar tiap tahun dan untuk jangka waktu mekarnya sendiri relatif pendek. Sehingga dengan begitu wisatawan harus segera datang ke tempat tersebut ketika bunga masih mekar.

Kondisi tempat ini sudah semakin baik dari tahun ke tahunnya. Akses jalan sudah rata serta terdapat semen yang telah tersedia. Hal itu akhirnya membuat pengunjung tidak perlu merasa khawatir, kotor maupun becek oleh karena tanah.

Taman pun telah dibentuk menggunakan kotak, sehingga membuat tempat ini terlihat begitu rapi dan bersih. Karena itulah, salah satu aktivitas yang bisa dilakukan selama berada di sini adalah menyusuri jalan-jalanan setapak yang sudah disediakan tersebut.

3. Fotografi

Aktivitas fotografi tak boleh terlewat ketika mengunjungi Taman Bunga Amarilis. Pastinya spot foto yang begitu instagenik dan cantik bisa Anda peroleh. Foto yang didapat memang memberikan kesan sangatlah feminin, karena itu, sangat cocok bagi Anda yang perempuan menggunakan latar belakang kebun untuk berfoto ria.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman

Fasilitas Taman Bunga Amarilis
Image Credit: Google Maps Ipong Kezia

Taman Bunga Amarilis merupakan taman yang ditutupi dan diburu oleh kaum milenial muda saat ini. Untuk memasuki tempat wisata tersebut Anda hanya dikenakan biaya tiket seikhlasnya namun fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak pengelola cukup memadai.

Fasilitas yang bisa ditemukan di sana seperti jalanan setapak yang telah dibuat bagus tertata dan rapi, sehingga ketika melewati jalan tersebut akan terasa nyaman. Selain itu bagi pengunjung yang kebetulan ingin menggunakan fasilitas toilet, di sana juga sudah disediakan.

Lahan parkir luas akan membuat Anda tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat saat di sana. Tempat tersebut sudah dijaga dengan begitu ketat oleh seorang tukang parkir, karena itu, Anda tidak perlu khawatir kendaraan hilang.

Mengunjungi Taman Bunga Amarilis merupakan ide cemerlang yang harus segera direalisasikan terlebih ketika Anda telah berada di Provinsi Yogyakarta. Nikmati pengalaman liburan anti mainstream dengan menyaksikan kumpulan bunga endemik yang begitu indah tersebut.

REKOMENDASI DESTINASI