Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Tegal Rejo, Srigading, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah salah satu provinsi yang ada di Pulau Jawa dan memiliki banyak sekali tempat wisata populer mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata sejarah, wisata buatan, dan masih banyak lagi. Taman Bunga Asri yang berada di Kabupaten Bantul merupakan salah satu contoh dari sekian banyak destinasi wisata di kota cantik tersebut.

Taman menawan ini dapat menjadi salah satu tujuan wisata di Jogja yang sangat cocok untuk melepaskan lelah setelah capek beraktivitas seharian. Tidak hanya itu, bagi anda yang sedang pusing karena urusan kuliah atau kantor bisa mengunjungi taman cantik ini untuk menenangkan pikiran.

Awalnya taman menakjubkan tersebut dibuka untuk umum pada tahun 2018 oleh masyarakat setempat dengan tujuan untuk memperbaiki perekonomian warga. Usaha tersebut berhasil terbayar lunas setelah taman yang memiliki bunga unik dengan warna merah dan kuning ini viral di media sosial.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Bunga Asri

Daya Tarik Taman Bunga Asri
Image Credit: Google Maps Bangun S Wijaya

1. Bunga Celosia

Daya tarik utama dari Taman Bunga Asri adalah ribuan Bunga Celosia yang tumbuh dan hidup dengan subur di dalamnya. Bunga-bunga tersebut memiliki warna merah dan kuning yang kemudian ditanam secara berjajar dengan bentuk persegi panjang lalu diselang-seling oleh warna merah dan kuning.

Tidak hanya memperhatikan warna dan bentuknya saja namun semua Bunga Celosia tersebut selalu dirawat agar tingginya tetap sama. Hal inilah yang membuat taman unik ini terlihat sangat cantik di mata wisatawan sehingga membuat destinasi wisata menawan tersebut langsung viral di media sosial.

2. Spot Foto

Beralih ke daya tarik lainnya yang dimiliki oleh destinasi wisata buatan ini adalah spot foto. Ada beberapa spot foto yang disediakan oleh pihak pengelola seperti sepeda diantara bunga-bunga, panggung dengan beberapa tulisan, dan masih ada beberapa spot foto menarik lainnya.

3. Alam Sekitar

Anda juga akan menemukan alam yang sangat indah di sekitar Taman Bunga Asri mulai dari bukit-bukit dari kejauhan, tumbuhnya sejumlah pohon di sekitar lokasi wisata, dan suasana desa yang tenang dan nyaman. Alam ini kemudian bisa saling melengkapi dengan cantiknya Bunga Celosia yang akan membuat siapa saja menjadi lebih santai dan tenang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Bunga Asri
Image Credit: Google Maps Joko Fathur Rahman

Alamat dari Taman Bunga Asri sendiri berada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Tegalrejo, Kabupaten Bantul, Srigading, Kecamatan Sanden. Jika ingin mencapai alamat tersebut maka silahkan anda mengambil start mulai dari Tugu Jogja mengikuti Jl. Margo Utomo lalu belok kanan setelah tiba pertigaan dekat Optik Tugu.

Terus ikuti jalan ini sampai mentok kemudian belok kiri melewati Jl. Tentara Pelajar dan tiba di perempatan setelah Alimka House of Display. Dari perempatan tersebut anda harus belok kanan untuk masuk ke Jl. Pembela Tanah Air lalu terus di jalan ini sampai mentok di pertigaan Jl. HOS Cokroaminoto kemudian belok kiri.

Silahkan ikuti Jl. HOS Cokroaminoto sampai memasuki Jl. Kapten Piere Tendean lalu melewati ke Jl. Bugisan dan masuk lagi ke Jl. Bugisan Selatan. Setelah itu anda akan tiba di perempatan Jl. Ringroad Selatan kemudian silahkan belok kiri untuk mengikuti jalan tersebut sampai menemukan perempatan dekat Pos Polisi Dongkelan (Sebelah kanan jalan).

Dari perempatan ini anda harus belok kanan untuk masuk ke Jl. Bantul lalu masuk ke Jl. Jenderal Sudirman dan masuk lagi ke Jl. Kh Wahid Hasyim. Setelah melewati Perempatan Palbapang anda harus lurus lagi untuk melewati Jl. Samas dan tetap di jalan ini sampai anda menemukan pertigaan setelah Toko Endar.

Anda harus belok kiri di pertigaan tersebut kemudian belok kanan setelah mentok di sebuah pertigaan. Terus ikuti jalan ini sampai anda menemukan lokasi Taman Bunga Asri yang letaknya berada di sebelah kanan jalan. Jika menggunakan rute tersebut maka perjalanan akan ditempuh kurang lebih selama 1 jam dengan melewati jalan sepanjang 29 km.

Harga Tiket Masuk Taman Bunga Asri

Harga Tiket Masuk Taman Bunga Asri
Image Credit: Google Maps Elsa Ananda

Ada 2 macam tiket yang harus dibayar oleh wisatawan ketika mengunjungi Taman Bunga Asri. Tiket pertama adalah tiket manusia yaitu sebesar Rp 5.000 per orang, sedangkan tiket kedua adalah retribusi parkir kendaraan yang dipatok sebesar Rp 2.000 per kendaraan untuk sepeda motor dan Rp 5.000 per kendaraan untuk mobil.

Salah satu destinasi wisata populer asal Yogyakarta ini buka mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Jika anda ingin berfoto saat kondisi masih sepi maka silahkan datang saat pagi hari, karena begitu siang hari atau sore hari jumlah wisatawan akan meningkat tajam, terlebih saat weekend atau hari libur.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Bunga Asri

Kegiatan Menarik Taman Bunga Asri
Image Credit: Google Maps Iwan Pramana

1. Berfoto di Taman Bunga Asri

Kegiatan paling utama yang dapat dilakukan oleh wisatawan ketika menginjakan kaki di taman menakjubkan asal Yogyakarta ini adalah berfoto. Hal ini karena ada beberapa spot foto unik seperti sepeda diantara bunga-bunga dan panggu dengan beberapa tulisan. Anda juga bisa berfoto diantara Bunga Celosia berwarna merah dan kuning.

2. Melihat Bunga Celosia

Taman Bunga Asri memiliki banyak sekali Bunga Celosia berwarna merah dan kuning. Bunga tersebut tumbuh dengan sangat subur dan membuat wisatawan bisa melihat dan mencium aromanya dengan bebas. Kecantikan dari ratusan bunga ini bahkan dapat membuat mata anda tidak bisa beralih ke objek lain.

3. Menikmati Indahnya Alam Sambil Bersantai

Selain memiliki taman bunga yang sangat cantik, destinasi wisata unik ini juga memiliki pemandangan alam yang indah seperti bukit dari kejauhan dan tumbuhnya beberapa pohon di sekitar lokasi wisata menawan tersebut. Keberadaan alam ini bisa membuat kita bisa merasa lebih tenang dan santai.

Pasalnya dengan hawa udara yang sejuk dari pepohonan sekitar dan pemandangan cantik dari bukit di kejauhan bisa membuat hati dan pikiran menjadi lebih rileks. Maka dari itu bagi anda yang berada di Yogyakarta dan sedang merasa capek atau memiliki masalah baik di kantor maupun di kampus, silahkan datang ke Taman Bunga Asri untuk berelaksasi.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman

Fasilitas Taman Bunga Asri
Image Credit: Google Maps Gunawanjir

Karena tempat wisata yang berada di Kabupaten Bantul ini merupakan salah satu lokasi wisata favorit di Jogja sehingga membuatnya memiliki beberapa fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas paling pertama yang akan anda temui adalah tempat parkir kendaraan.

Selanjutnya ada gazebo atau tempat duduk bagi wisatawan saat berlibur ke Taman Bunga Asri. Fasilitas ini bisa menjadi lokasi yang sangat bagus untuk bersantai sambil melihat-lihat keindahan alam atau juga bisa menjadi tempat melepaskan lelah.

Jika anda merasa lapar maka mengunjungi warung makan yang ada di sekitar taman bunga cantik tersebut adalah solusi yang bagus. Fasilitas terakhir dari destinasi wisata menawan ini adalah toilet umum.

Taman Bunga Asri memiliki keindahan yang sangat berbeda dengan tempat wisata pada umumnya. Sebuah saran sebelum anda datang mengunjungi kawasan wisata buatan tersebut adalah jangan lupa membawa kamera.