Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Candi Gedong Songo, Beroken, Kec. Bandungan, Kab. Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Semarang memang dikenal sebagai lokasi wisata populer yang amat maju dan cukup kekinian. Semakin hari, bermunculan destinasi wisata terbaru dan juga menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata yang memiliki daya tarik menawan dan indah yaitu Taman Bunga Celosia di Bandungan. Di sini, pengunjung akan disuguhi dengan berbagai macam pesona hamparan bunga yang menawan. Simak ulasan lengkapnya!

Sekilas Tentang Taman Bunga Kekinian

Tentang Taman Bunga Kekinian
Image Credit: Google Maps (Ahyar Munif)

Jika Anda berkunjung ke Semarang, maka jangan sampai lewatkan untuk berlibur ke salah satu lokasi taman bunga yang berada di dataran tinggi ini. Diberi nama dengan Taman Bunga Celosia, objek wisata ini patut dipertimbangkan ketika berlibur di Jawa Tengah. Asal muasal taman bunga ini tak begitu saja langsung terbentuk dengan sendirinya.

Cikal bakal kebun bunga ini awalnya menjadi salah satu ide dari pemilik lahan karena potensi wisata Jawa Tengah yang cukup besar. Dengan tingginya minat para wisatawan akan spot menarik dan cantik dalam memenuhi tangkapan foto serta media sosialnya, maka pemilik berinisiatif membuat wisata taman bunga.

Mengusung tema yang cukup unik, akhirnya lahan yang semula adalah alahan sebuah area pertanian ini disulap menjadi sebuah taman yang indah. Untuk memberikan kesan cantik dan estetik sekaligus, pihak pengelola memilih bunga celosia sebagai salah satu daya tarik yang ditampilkan. Alhasil, taman bunga ini menjadi kawasan wisata yang didambakan pengunjung

Pada awal awalnya, taman ini sebenarnya masih belum dibuka secara resmi oleh pihak pengelola. Namun dengan antusias para wisatawan yang berdatangan, maka menjadi awal kenapa pemilik kebun membukanya untuk umum. Banyak pengunjung yang tertarik dengan taman ini karena keindahan dari bunganya.

Tak jarang, para wisatawan mengabadikan momen terbaik ketika mengunjungi kawasan wisata ini. Kemudian, beberapa pengunjung yang datang tersebut mengunduhnya ke media sosial mengenai pesona kebun bunga yang menakjubkan. Karena alasan tersebut kebun bunga menjadi semakin ramai meskipun belum dibuka secara resmi.

Selain itu, saat Taman Bunga Celosia belum lama diresmikan oleh pemiliknya, pengunjung yang ada sudah banyak berdatangan. Bahkan para pengunjung tidak hanya berasal dari daerah Jawa Tengah saja, bahkan luar provinsi dan juga pulau juga mengunjunginya. Pasalnya, mereka penasaran bagaimana keindahan bunga celosia dari dekat.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Bunga Celosia

Daya Tarik Dimiliki Taman Bunga Celosia
Image Credit: Google Maps (Fakta Unik)

Menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh para pelancong, kawasan taman bunga ini memiliki daya tarik yang tak bisa ditemukan di daerah lainnya. Berkat keindahan yang dipancarkan , objek wisata ini menjadi populer di kalangan masyarakat. Termasuk di dunia media sosial, Taman Bunga Celosia cukup menggemparkan timeline banyak pengguna sosmed.

Berkat adanya bunga Celosia yang tumbuh dengan pesona menawan, maka memberikan kesan tersendiri bagi para pengunjungnya. Para wisatawan yang datang tidak pernah melewatkan kesempatan emas untuk mengabadikan momen bahagia di tengah hamparan bunga tersebut. Alhasil objek wisata ini semakin ramai karena dikenal masyarakat dari media sosial.

Tak jarang, wisatawan berasal dari berbagai macam daerah yang ada di nusantara. Mereka sengaja berkunjung datang ke lokasi ini demi mendapatkan foto yang menawan berlatar belakang bunga Celosia. Dengan begitu, kawasan taman ini dari hari ke hari menjadi cukup ramai tanpa celah sedikit pun. Apalagi pada saat musim liburan atau weekend, kebun bunga ini akan ramai.

Tak hanya keindahan bunga yang dapat dimanfaatkan sebagai selfie saja, para pengunjung Taman Bunga Celosia juga bisa menikmati keindahan bunga bermekaran dari dekat. Ada banyak sekali bunga bunga yang bermekaran dengan corak warna kuning dan merah. Hal inilah yang memberikan kesan tersendiri bagi siapa saja yang datang mengunjungi taman bunga ini.

Daya Tarik Taman Bunga Celosia
Image Credit: Google Maps (Lapak 313)

Sebagai pelengkap keindahan dari kebun bunga tersebut, di sekitaran taman terdapat ladang luas milik para warga setempat. Sehingga, menjadikan suasana dan pemandangan di sekitar taman bunga menjadi sejuk serta asri. Lingkungan yang ada di sekitaran kebun yang satu ini terbilang cukup rendah karena didominasi dengan pepohonan hijau yang lebat.

Tentu, sudah bisa dibayangkan bagaimana sensasi berfoto ria bersama keluarga, bukan? Anda bisa mendapatkan latar belakang menawan berkat kehadiran taman bunga tersebut, Kegiatan mengabadikan momen akan semakin lengkap jika diambil bersama keluarga maupun teman dengan latar belakang indahnya bunga warna warni.

Bunga cantik yang memiliki nama latin celosia plumosa memang memiliki pesona menawan yang tak bisa diragukan. Pasalnya, bunga celosia hadir dengan warna yang didominasi dengan tone cerah. Tak dapat dipungkiri dengan adanya keindahan bunga tersebut, deretan foto selfie dan foto bersama menarik minat para pecinta wisata.

Sebagai informasi tambahan, pengunjung akan menemukan tanaman Celosia yang menghasilkan biji dalam jumlah yang banyak. Selain itu, pengunjung bisa melihat keindahan bunga yang satu ini dari dekat dengan keunikan bentuknya. Mulai dari bentuk daunnya, batang, biji, bunga yang dihasilkan, dan tentunya warna mencolok dari bunga celosia.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Alamat Taman Celosia
Image Credit: Google Maps (Herdiana P)

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan dari wisata yang satu ini, maka bisa langsung datang ke Jl. Ke Candi Gedong Songo, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Pengunjung bisa dengan mudah menemukan lokasi wisata, mengingat lokasi wisatanya yang popular dan berada dalam deretan objek wisata di Bandungan.

Perlu diketahui, untuk menuju ke wisata ini pengunjung dapat menempuh perjalanan kurang lebih 51 Kilometer ke arah selatan dari Kota Semarang. Untuk tiba di lokasi, pengunjung bisa menempuh perjalanan dengan mengendarai kendaraan pribadi dalam waktu yang cukup singkat berkisar 1 jam perjalanan tergantung dengan kondisi lalu lintasnya.

Sama seperti taman bunga kekinian lainnya, Taman Celosia mewajibkan pengunjung untuk membayar tiket masuk menikmati keindahannya. Harga tiket masuk tergolong sangat terjangkau, terdiri dari tiket reguler Rp 20.000 dan saat weekend Rp 25.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Bunga Celosia

Kegiatan Menarik di Taman Bunga Celosia
Image Credit: Instagram.com @budifitriaw

1. Menyusuri Perkebunan Bunga

Sembari menikmati pesonanya, wisatawan juga bisa berjalan di area bunga. Menelusuri kebun bunga dengan berjalan kaki memang memberikan pengalaman tersendiri yang tak terlupakan. Selain itu, berjalan di antara tumbuhan bunga akan memberikan efek pikiran yang lebih segar dan juga memberikan rasa sejuk.

2. Berburu Spot Instagramable

Selain keluarga, para pengunjung muda mudi juga kerap kali datang ke destinasi satu ini untuk berburu foto foto hits. Di beberapa spot memang telah diberikan fasilitas untuk dimanfaatkan untuk foto. Salah satunya yaitu di tengah tengah hamparan bunga celosia. Spot foto tersebut selalu menjadi incaran para pengunjung yang datang untuk mengabadikan momen.

Tidak jarang, pengunjung selalu menyiapkan kamera terbaik untuk berfoto di sudut sudut taman agar menghasilkan tangkapan yang keren. Karena tempat satu ini memang surganya untuk mengambil banyak pose cantik sebagai destinasi hits dan populer. Setelahnya, Anda bisa mengunggah dan membagikan pada pengikut Anda di media sosial.

3. Bersantai di Sekitaran Taman Bunga

Kegiatan bersantai ini memang menjadi salah satu yang paling banyak dilakukan pengunjung saat singgah di Taman Bunga Celosia. Memandang hamparan bunga dengan udara yang begitu sejuk akan mampu untuk menghempaskan rasa penat. Bunga warna warni yang ada juga akan menyejukkan pikiran Anda ketika memandangnya.

4. Melihat Bunga Lebih Dekat

Ketika menyusuri jalan setapak yang tersedia, wisatawan akan lebih tahu mengenai beragam bunga yang ada di taman ini. Masing masing bunga memang memiliki ciri khas tersendiri dan cukup menarik untuk dilihat. Sehingga, Anda bisa melakukan perjalanan di taman ini sambil melihat bunga lebih dekat.

Kegiatan di Taman Bunga Celosia
Image Credit: Google Maps (Fakta Unik)

5. Miniatur Landmark dari Berbagai Negara

Di kawasan taman bunga, Anda akan menemukan Miniatur Landmark dari berbagai negara di dunia. Terdapat miniatur menara Eiffel yang ikonik di Prancis dan Patung Merlion Singapura yang dilengkapi dengan air mancurnya. Selain itu, Anda bisa melihat kincir angin berhias bunga berwarna-warni seperti yang ada di Belanda. Selanjutnya, miniatur landmark Face Head dari Pulau Paskah dan miniatur Stonehenge dari Inggris.

6. Mengeksplor Museum Selfie

Saat berada di Taman Bunga Celosia, jangan lupa untuk berkunjung ke museum selfie. Di museum ini Anda dapat menemukan berbagai spot foto keren dan memiliki koleksi gambar ilusi 3 dimensi. Selain itu, terdapat area berkonsep upside down dan hiasan lampu-lampu yang tertata rapi.

7. Menyantap Hidangan Lezat

Di Taman Celosia, Anda bisa menemukan warung warung yang berjejeran. Pengunjung banyak menjadikan fasilitas ini lokasi untuk rehat sejenak sambil menikmati santapan lezat. Lokasinya memang di sekitar kawasan ini, sehingga wisatawan tetap bisa menikmati keindahan taman ini sembari menyantap kuliner tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Bunga Celosia

Fasilitas di Taman Bunga Celosia
Image Credit: Google Maps (Faris Jaya Mustika)

Ramainya pengunjung yang datang membuat pihak pengelola melengkapi Taman Bunga Celosia ini dengan sederet fasilitas penunjang. Meskipun letak taman bunga ini cukup jauh dari pusat kota Jogja, namun fasilitas yang disediakan sangat lengkap. Bahkan, sudah tersedia tempat parkir yang cukup luas untuk memarkirkan kendaraan roda dua maupun empat.

Masuk ke dalam lokasi Taman bunga, pengunjung akan disuguhi dengan spot spot foto menarik. Sehingga, pengunjung bisa dengan bebas untuk mengambil foto dan selfie. Setelah lelah berkeliling dan berfoto, maka pengunjung juga bisa memanjakan lidah. Sebab, pihak pengelola sudah melengkapinya dengan warung warung di dalamnya.

Tips Berkunjung ke Taman Bunga Celosia yang Menawan

Tips ke Taman Bunga Celosia
Image Credit: Google Maps (Lely Aula)

Agar waktu liburan yang Anda habiskan di kebun bunga yang satu ini lebih berharga, maka usahakan untuk mengecek beberapa hal. Salah satu hal yang wajib Anda periksa adalah perkiraan cuaca. Mengingat, lokasi Taman Bunga Celosia ini berada di luar ruangan atau outdoor. Untuk itu, pertimbangkan aspek yang satu ini dengan matang dan baik.

Sebelum menuju ke destinasi wisata, usahakan untuk mempersiapkan berbagai macam hal agar tidak ada gangguan saat Anda berlibur. Tak hanya itu saja, beberapa kebutuhan pribadi juga penting untuk dibawa, seperti air minum, bekal dan lain sebagainya. Semua Item tersebut tentunya akan membantu Anda selama berada di perjalanan maupun di lokasi wisata.

Tak ketinggalan, jangan lupa untuk membawa barang tambahan, misalnya saja perlengkapan kesehatan. Anda bisa melengkapi bawaan dengan sabun, obat obatan,antiseptik dan juga. Yang paling penting adalah kamera atau HP dengan baterai yang penuh agar kegiatan mengabadikan momen tidak terkendala.

Selain menyiapkan item yang dibutuhkan pada saat di perjalanan dan juga di lokasi wisata, patutnya Anda menyiapkan kondisi fisik yang fit. Dengan begitu, Anda bisa menyusur kebun bunga tanpa terganggu. Sebagai pelengkapnya, Anda juga harus menyiapkan kendaraan yang ada dibawa dalam kondisi yang prima.

Tak hanya itu saja, jika Anda ingin berlama lama di kawasan wisata ini, maka bisa menyewa salah satu homestay yang ada di kawasan tersebut. Menyewa penginapan di sekitaran tempat tersebut bisa memberikan kesan tersendiri bagi para wisatawan. Usahakan untuk memilih akomodasi yang menunjang serta memberikan akses nyaman.

Itulah beberapa informasi yang wajib Anda tahu sebelum berkunjung ke wisata Taman Bunga Celosia di Bandungan, Semarang. Di kawasan yang satu ini, pengunjung akan disuguhi dengan berbagai warna keindahan dari bunga celosia yang menawan. Sambil menikmati pesona alam tersebut, Anda juga dapat melakukan aktivitas menarik di taman bunga indah ini.