Yogyakarta memang seringkali dijuluki sebagai kota sejuta pesona. Oleh sebab itu, tak heran apabila hingga kini masih banyak sekali wisatawan domestik dan mancanegara yang tertarik untuk datang berlibur, sambil menikmati keragaman budaya dan keindahan alam Jogja yang mempesona.

Bagi Anda yang tertarik berwisata ke Jogja untuk menghabiskan waktu liburan, taman bunga bisa menjadi pilihan yang tepat. Ada banyak sekali taman cantik dan menarik, yang pastinya cocok untuk dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga. Berikut daftar rekomendasi taman bunga hits di Jogja yang bisa Anda pilih.

1. Kebun Bunga Asri, Sanden

Kebun Bunga Asri, Sanden
Image Credit: Google Maps Bangun S Wijaya

Taman bunga ini merupakan salah satu tempat wisata hits yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Kota Bantul, Yogyakarta. Kebun Bunga Asri, Sanden ini terletak di Jalur Jl. Lintas Selatan, Tegal Rejo, Srigading, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Setiap hari libur atau akhir pekan, tempat wisata hits yang satu ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan karena keindahan daya tariknya, serta tarif tiket masuk yang sangat terjangkau yakni hanya sebesar Rp 5.000 per pengunjung.

Daya tarik utama yang dihadirkan di Kebun Bunga Asri ini adalah kumpulan bunga Celosia (jengger ayam) dengan balutan warna merah dan kuning yang sangat indah. Selain itu, ada juga beragam spot foto yang pastinya membuat hasil foto menjadi semakin menarik, seperti bingkai love, ayunan, bangku taman, rumah kayu, hingga miniatur kincir angin layaknya di Negeri Belanda.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Selatan, Tegal Rejo, Srigading, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

2. Taman Bunga Nawari

Taman Bunga Nawari
Image Credit: Google Maps Hanani Han

Destinasi selanjutnya yang tak kalah menarik Taman Bunga Nawari, Beliharjo. Tempat wisata hits yang satu ini menawarkan pengalaman berwisata layaknya di Eropa, dengan hamparan bunga matahari yang cantik dan mempesona. Selain itu, ada pula spot foto yang menarik seperti gardu pandang, bangunan bambu, dan masih banyak lagi.

Taman Bunga Nawari ini terletak di Grogol I, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tarif tiket masuk yang dikenakan cukup terjangkau, yakni Rp 6.000/pengunjung. Karena tarifnya yang murah serta pemandangannya yang menarik, dijamin wisatawan akan betah berlama-lama sambil menikmati keindahan bunga-bunga di tempat ini.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Grogol I, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

3. Taman Bunga Amarilis

Taman Bunga Amarilis
Image Credit: Google Maps Muhamad Yani

Tempat wisata menarik yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat, karena sempat viral beberapa tahun yang lalu. Ya, Taman Bunga Amarilis di Gunungkidul ini memang sempat hits di tahun 2015 karena keindahan hamparan bunga amarilis yang cantik berwarna jingga, sehingga menjadi daya tariknya tersendiri. Bahkan sampai saat ini pun, Taman Amarilis masih ramai dikunjungi oleh wisatawan asing maupun domestik.

Sebenarnya, terdapat kisah unik di balik terbentuknya taman bunga cantik yang satu ini. Pada awalnya, daerah Patuk, Gunungkidul memang terkenal cukup tandus, dan hanya beberapa tanaman yang cocok ditanam di wilayah ini. Namun, seorang warga memiliki ide untuk menanam bunga amarilis yang tidak membutuhkan terlalu banyak air. Lama kelamaan, tanaman bunganya semakin banyak menghiasi lahan yang luas, hingga menjadi sebuah taman jingga dengan pesona yang sangat mengagumkan.

Taman Bunga Amarilis ini letaknya cukup strategis dan mudah dijangkau, yakni di Ngasemayu, Salam, Patuk, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk dapat masuk ke lokasi wisata spektakuler ini, pengunjung hanya perlu membeli tiket masuk seharga Rp 10.000 per orangnya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngasemayu, Salam, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

4. Perengan Park

Perengan Park
Image Credit: Google Maps Uky Michio

Bagi wisatawan yang menyukai pemandangan alam yang asri, Perengan Park ini sangatlah cocok untuk dijadikan pilihan destinasi wisata. Di Perengen Park, wisatawan dapat menikmati indahnya beragam jenis bunga yang berwarna-warni, serta pemandangan hamparan sawah yang sangat luas. Hal ini terjadi karena lokasi dari taman bunga ini memang bersebelahan dengan lahan pesawahan, sehingga pengunjung dimanjakan dengan pemandangan sawah dan indahnya bunga sekaligus.

Di tempat wisata alam ini, wisatawan dapat duduk bersantai sambil menikmati indahnya pemandangan yang asri. Selain itu, bagi wisatawan yang hobi berfoto, di taman bunga ini juga terdapat beragam spot foto menarik seperti jembatan bambu, balon warna warni, bangku taman, lampion, dan masih banyak lagi.

Perengan Park terletak di Malangan, Srigading, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk tiket masuknya dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni hanya Rp 5.000 Rupiah per pengunjung. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan bermotor, tarif parkir yang dikenakan adalah Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat, dan Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Malangan, Srigading, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

5. Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia
Image Credit: Google Maps Mega Nur Pratiwi

Rekomendasi taman bunga di Yogyakarta selanjutnya adalah Taman Celosia yang terletak di Ngalos, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, taman cantik ini memang menawarkan keindahan hamparan bunga celosia yang sangat menarik dan disusun sedemikian rupa sehingga menyerupai taman bunga di negeri dongeng.

Banyak sekali spot foto menarik yang terdapat di Taman Bunga Celosia ini, di antaranya yaitu bangku taman, rumah jamur, saung kayu, dan masih banyak spot foto menarik lainnya. Untuk harga tiketnya sendiri cukup terjangkau, yakni hanya Rp 5.000 per pengunjung.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ngalos, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

6. Kebun Bunga Matahari Pantai Glagah

Kebun Bunga Matahari Pantai Glagah
Image Credit: Google Maps Reni Oktavianti

Kebun Bunga Matahari Pantai Glagah merupakan salah satu destinasi wisata hits yang cukup popular di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Taman bunga ini sangatlah menarik, karena lokasinya cukup dekat dengan Pantai Glagah, tepatnya di Jl. Pantai Glagah, Glagah, Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Oleh sebab itu, banyak sekali pengunjung Pantai Glagah yang turut singgah ke tempat wisata hits ini, begitupun sebaliknya.

Sesuai dengan namanya, taman cantik ini memang menawarkan keindahan hamparan bunga matahari yang sangat cantik. Selain itu, masih ada beberapa jenis bunga lainnya yang tak kalah menarik. Bagi pengunjung yang hobi berfoto, terdapat beberapa aksesoris foto yang dapat digunakan seperti topi caping yang tentunya menjadikan hasil foto jauh lebih menarik.

Wisatawan dapat menikmati keindahan hamparan bunga matahari sekaligus berfoto hanya dengan membayar biaya perawatan sebagai tiket masuk, yakni sebesar Rp 5.000 per pengunjung. Biaya yang dikenakan memang tergolong sangat terjangkau, mengingat pemandangan yang dihadirkan di taman bunga ini sangatlah mempesona, serta kondisinya yang juga cukup terawat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Glagah, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

7. Taman Bunga Asri

Taman Bunga Asri
Image Credit: Google Maps Farras Aziz

Taman cantik selanjutnya yang tak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke Yogyakarta adalah Taman Bunga Asri. Spot wisata menawan ini letaknya cukup strategis, yakni di Jl. Lintas Selatan, Tegal Rejo, Srigading, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk dapat masuk ke taman ini, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5.000 per orangnya, dan Rp 5.000 untuk parkir kendaraan roda empat, atau Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua.

Taman Bunga Asri selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan karena menawarkan pemandangan hamparan bunga yang sangat cantik dan mempesona. Salah satu jenis bunga utama yang terdapat di taman ini adalah bunga celosia berwarna kuning dan merah yang cukup menarik perhatian. Selain itu, di tempat wisata hits ini juga tersedia ragam spot foto menarik seperti bingkai love yang dikelilingi bunga, gazebo, kursi taman, rumah-rumahan bambu, dan masih banyak spot foto lainnya yang tak kalah menarik.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lintas Selatan, Tegal Rejo, Srigading, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta.

8. Taman Bunga Puri Mataram

Taman Bunga Puri Mataram
Image Credit: Google Maps PURI MATARAM

Tempat wisata menarik selanjutnya adalah Puri Mataram. Sebenarnya, spot wisata hits ini tidak hanya menawarkan keindahan taman bunga saja, melainkan masih banyak daya tarik lainnya seperti wahana permainan air, taman kelinci, kebun kaktus, restoran berkonsep joglo, pasar ndelik, wahana berkuda, delman, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, wisatawan dapat menikmati keindahan hamparan bunga yang cantik, sekaligus mencoba berbagai wahana yang ditawarkan.

Untuk taman bunganya sendiri, ada beragam jenis bunga yang memiliki pesona tersendiri, salah satunya yakni bunga celosia. Selain itu, hamparan bunga ini disusun sedemikian rupa menyerupai kebun istana khas Jawa yang sangat mempesona. Ada banyak sekali spot foto yang tidak boleh dilewatkan, seperti miniatur Tugu Jogja, signage Puri Mataram, rumah joglo, bingkai love yang dikelilingi bunga, miniatur Benteng Keraton Yogyakarta, dan masih banyak lagi.

Tempat wisata lengkap ini terletak di lokasi yang cukup strategis, yakni di Drono, Tridadi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk dapat masuk ke lokasi, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp 25.000 per pengunjung dan sudah termasuk akses ke kawasan Taman Kelinci, kebun kaktus, taman kuda, kandang merino, serta wahana terapi ikan. Apabila pengunjung tertarik untuk mencoba wahana berkuda, tarif yang dikenakan adalah sebesar Rp 30.000, dan untuk wahana delman sebesar Rp 50.000.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Drono, Tridadi, Kec. Sleman, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Jogja memiliki banyak sekali taman bunga cantik yang telah menjadi salah satu daya tarik wisata yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke sana. Oleh sebab itu apabila Anda sedang berlibur ke Jogja, ada baiknya untuk turut menikmati keindahan berbagai taman di atas agar pengalaman berwisata menjadi lebih seru dan tak terlupakan.