Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 09.00-21.00 WIB, Alamat: Hambalang, Kec. Citeureup, Kota Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Berbicara tentang Bogor, maka ada banyak sekali kawasan wisata menarik untuk dikunjungi. Salah satu destinasi yang paling tepat untuk dikunjungi yaitu Taman Fathan Hambalang. Tempat yang satu ini memiliki spot spot menarik dengan pemandangan yang menawan di sekitarnya. Penasaran seperti apa wisata taman ini? Yuk simak informasi detailnya di sini!

Seperti namanya destinasi wisata yang satu ini berlokasi di perbukitan Desa Hambalang. Destinasi yang satu ini termasuk dalam bagian Agrowisata Villa Bukit Hambalang. Dibalik nama Hambalang, tentu sudah tidak asing lagi dengan kasus korupsi fenomenal yang terjadi pada beberapa tahun silam. Namun, anggapan negatif ini akan sirna jika Anda mengunjungi taman ini.

Seketika, persepsi mengenai korupsi dan lain sebagainya akan hilang jika Anda datang ke lokasi secara langsung. Sebab, taman ini memiliki keindahan yang cukup menawan dengan didominasi oleh bangku berwarna putih dan panorama yang menakjubkan di depan mata. Ketika mengunjunginya, Anda akan disambut dengan suasana sejuk karena berada di perbukitan.

Pengunjung yang datang di Taman Fathan Hambalang akan disuguhi dengan berbagai macam pemandangan. Mulai dari lereng gunung yang berdiri gagah dari kejauhan, hamparan pepohonan hijau, hingga deretan awan yang menawan. Belum lagi, ada banyak sajian kuliner lezat yang relatif bersahabat untuk para pengunjung yang datang dengan budget terbatas.

Tak berhenti sampai di situ saja, berbagai aktivitas seru menanti Anda ketika mengunjungi taman yang satu ini. Anda bisa memilih sesuai keinginan, apakah itu sekedar memanjakan mata melalui pemandangan sekitar, bersantai, maupun mencicipi kulinernya. Secara menyeluruh, taman yang satu ini sangat recomended jika dikunjungi untuk mengisi waktu Anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Fathan Hambalang

Daya Tarik Taman Fathan Hambalang
Image Credit: Google Maps (Jacx 2277)

Untuk daya tarik Taman Fathan tentu saja bisa dilihat dari pemandangan yang ada di sekitarnya. Hal ini karena lokasi wisata ini berada di dataran tinggi dengan karakter batuan keras. Kontur yang unik ini menjadi pesona yang tak bisa ditemukan di daerah lainnya. Suasananya yang terasa sejuk, memberikan kenyamanan tersendiri bagi para wisatawan yang hadir.

Tak hanya sekadar menghadirkan pesona alam yang memikat hati, taman ini juga menyediakan fasilitas memadai sebagai daya tarik utamanya. Anda bisa menemukan bangku dan meja bernuansa serba putih yang menonjolkan kesan yang klasik. Selain itu, ada juga sarana penunjang lainnya seperti kolam renang, lintasan jogging, arena outbound, dan lain sebagainya.

Di bagian Taman Fathan Hambalang lainnya, pengunjung bisa menemukan sejumlah gazebo untuk duduk bersantai sambil menatap pemandangan indah di sekitarnya. Tak heran, ada banyak orang yang datang ke wisata ini untuk sekedar bersantai di alam terbuka. Selain itu, pengunjung juga sering berdatangan bersama rombongan, keluarga maupun orang terdekat lainnya.

Ketika berkunjung di pagi hari di tengah cuaca yang cerah, Anda memiliki peluang besar untuk merasakan keindahan alam di atas awan. Jajaran awan putih memiliki tampilan khas seolah kapas menggantung di angkasa. Waktu terbaik yang dapat dipertimbangkan untuk mengunjungi lokasi yang satu ini memang pada pagi hari di tengah cuaca cerah relatif terik.

Namun, tak ada salahnya jika Anda datang di waktu lainnya, seperti siang sore, maupun malam hari. Taman ini memiliki pesona yang luar biasa ketika dikunjungi. Menjelang siang, udara yang ada di sekitarnya bisa dibilang masih terasa sejuk meskipun pandangan akan sedikit silau karena pancaran sinar matahari yang terik.

Waktu menjelang sore, langit yang ada di sekitar berubah warna menjadi jingga kemerahan, dengan lampu lampu yang satu persatu mulai dinyalakan. Ketika malam tiba, hawa udara perlahan lebih dingin dengan langit yang mulai gelap. Meskipun begitu, pengunjung akan disuguhi dengan kilauan lampu yang indah dari ketinggian.

Daya Tarik Taman Fathan
Image Credit: Google Maps (Ayatullah Mfp)

Mengingat kawasan wisata Taman Fathan Hambalang terbentang luas di lahan 150 hektar, tak heran jika lokasi ini menawarkan daya tarik yang menawan. Salah satu yang bisa Anda dapatkan yaitu anek spot foto yang beragam. Hal ini tentunya tak terpisahkan dari serangkaian kegiatan berwisata untuk mengenang momen berharga di lokasi yang indah.

Bangku dan kursi yang ada di taman ini dipenuhi dengan kelompok usia muda. Pelajar, mahasiswa, bahkan sepasang kekasih yang berkencan menghiasi bangku dan kursi yangs sudah di sediakan. Tak hanya itu saja, para kawula muda tengah bercanda ria juga merupakan sesuatu yang sudah lazim ketika berkunjung ke lokasi wisata ini.

Karena alasan tersebut, destinasi wisata ini memiliki suasana yang terasa lebih bersemangat, romantis, dan juga segar berkat pemandangan hijau di sekitarnya. Namun, diantara spot foto yang paling digandrungi pengunjung adalah ayunan di sisi kanan taman, bingkai buatan berbentuk love, dan juga panggung kecil.

Tak hanya itu saja, meskipun kontur tanahnya terbilang dari bebatuan keras, tetapi tidak terlalu menonjol. Sebab, kawasan ini sudah dibangun sedemikian rupa dan dilapisi dengan paving block. Rumput dibiarkan merambat di atasnya, sebab dilengkapi beberapa blok semen yang bisa dijadikan salah satu tempat untuk memijakkan kaki ketika musim penghujan.

Taman Fathan Hambalang yang begitu sejuk ini juga didukung dengan adanya tanaman hias yang terbilang cukup variatif. Baik itu yang memiliki dedaunan hijau maupun berwarna ungu, kuning, dan merah, semua ditata sedemikian rupa sehingga tampak estetik. Ada juga yang sengaja diletakkan di sekitar gazebo, tersebar di antara bangku dan meja serta disebarkan di beberapa spot.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Taman Fathan Hambalang

Alamat Taman Fathan Hambalang
Image Credit: Google Maps (HenGun TV)

Jika ditempuh dari pusat Kota Bogor, lokasi taman ini terpaut kurang lebih 20 km. Untuk itu, diperlukan waktu 30 menit agar dapat sampai di Taman Fathan. Anda bisa memanfaatkan layanan Google Maps jika tidak mengetahui rute spesifiknya dengan mengetikkan alamat Desa Hambalang, Bogor. Jangan khawatir, Anda bisa mengakses lokasi menggunakan kendaraan pribadi dan umum.

Setelah sampai ke destinasi yang satu ini, Anda harus membayarkan sejumlah tarif yang diwajibkan oleh pihak pengelola. Pengunjung hanya akan ditarik biaya tiket sebesar 5000an saja dengan tambahan biaya parkir tergantung dari kendaraan apa yang dibawa. Seraya menikmati pesona alam, pengunjung juga bisa menikmati menu beragam dari makanan dan minumannya.

Namun demikian, jika Anda ingin menikmati fasilitas ekstra di taman berupa rooftop, maka Anda perlu membayar lagi sejumlah Rp 10.000. Sementara itu, jam operasionalnya ak kalah beragam, Senin sampai Rabu buka pukul 09.00-21.00 WIB. Untuk hari Kamis dibuka pukul 09.00 hingga 17.30 WIB. Terakhir pada weekend dibuka pukul 09.00 sampai 1.30 WIB.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Fathan Hambalang

Kegiatan di Taman Fathan Hambalang
Image Credit: Google Maps (Diidie Friiyanto)

1. Menikmati Pemandangan Eksotis yang Ada

Taman ini menjadi surga bagi para pengunjung yang menyukai keindahan alam. Hal ini menjadi alasan sebagian besar para pelancong yang tertarik berkunjung ke sini karena dilandasi oleh aspek keindahan dan eksotisme yang menakjubkan. Pengunjung berkesempatan menyaksikan panorama alam begitu menawan dalam satu tempat.

Ketika pagi hari, wisatawan yang hadir akan disuguhi dengan pesona pegunungan dari kejauhan, awam yang tebal, dan sinar matahari yang masih bersahabat. Tak heran jika banyak orang yang datang untuk sekedar melihat lihat pemandangan eksotis ketika berkunjung ke lokasi wisata Taman Fathan Hambalang.

2. Berburu Foto

Bagi para pecinta fotografi, maka wisata yang satu ini menjadi salah satu destinasi terbaik yang bisa dikunjungi. Ketika pagi hari, Anda bisa menangkap pesona dari pemandangan sekitar dengan awan tebal yang menyelimutinya. Saat malam hari datang, Anda juga akan disuguhi dengan hamparan pemandangan lampu yang menawan.

Kegiatan di Taman Fathan
Image Credit: Google Maps (Ceng Chiang)

3. Mencicipi Kuliner Kuliner Khas

Setelah asyik menjelajahi wisata yang satu ini, Anda bisa memanjakan lidah pada Cafe De’Kendor Hambalang. Tersedia berbagai macam kuliner dengan bernuansa kekinian dan. Menu lezat yang menarik untuk dicoba ketika berada di Taman Fathan yaitu bakso bakar, jagung bakar, dan sejenisnya. Selain itu, ada juga yang menyajikan aneka kopi, teh, susu, dan berbagai minuman lainnya.

Pasti akan menyenangkan jika Anda datang berkunjung pada malam hari seraya menikmati minuman hangat. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa berbincang bincang dengan orang terkasih ketika berada di taman yang satu ini. Hal ini didukung oleh pilihan tempat duduknya yang cukup banyak, baik dari sarana lesehan maupun bangku bangku panjang.

4. Berkunjung Museum Mega Korupsi Wisma Atlet

Seperti yang sudah diketahui, Taman Fathan Hambalang ini tak hanya menyuguhkan satu lokasi destinasi saja. Pasalnya, pengunjung bisa menikmati berbagai macam hiburan dalam satu wilayah yang cukup luas ini. Salah satu lokasi yang menarik perhatian ketika berada di sini yaitu Museum Mega Korupsi Wisma Atlet.

Faktanya, Bukit Hambalang bukan hanya menawarkan objek wisata berupa taman saja, melainkan menggabungkan variasi hiburan dalam satu wilayah. Misalnya saja, Museum Mega Korupsi Wisma Atlet sebagai salah satu bangunan yang menjadi pengingat akan kejadian yang cukup menggemparkan di tanah air beberapa tahun lalu.

Bangunan tersebut merupakan bukti dari kasus korupsi wisma atlet yang mendatangkan kerugian cukup besar bagi negara. Meskipun dikatakan sebagai proyek gagal yang merugikan negara, namun tak ada salahnya mengintip kondisi dari museum yang satu ini. Bisa saja bangunan ini menjadi pelajaran berharga akan tindakan korupsi dan lain sebagainya.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Fathan Hambalang

Fasilitas Taman Fathan
Image Credit: Google Maps (Eka Neng)

Di taman yang mengagumkan ini sudah dilengkapi sejumlah fasilitas yang cukup memadai seperti, cafe, WiFi gratis, mushala, parkiran dan lain sebagainya. Pengunjung yang datang bisa lebih nyaman ketika menikmati berbagai pesona keindahan alam dengan fasilitas yang tersebut. Pasalnya, pihak pengelola sudah melengkapi kebutuhan sedemikian rupa.

Waktu terbaik yang bisa Anda pilih untuk mengunjungi wisata ini yaitu pada pagi hari dan malam hari. Kedua waktu tersebut menjadi momentum yang paling tepat untuk berkunjung ke Taman Fathan Hambalang. Anda berkesempatan untuk menikmati panorama taman itu bersama orang lain agar terasa lebih mengesankan.

Dengan mengetahui fasilitas dan jam buka destinasi tersebut, pengunjung memiliki banyak pilihan saat mengatur jadwal keberangkatan. Anda bisa menikmati berbagai macam fasilitas yang cukup menarik untuk melakukan aktivitas seru di kawasan taman yang satu ini. Semakin lengkap, Anda juga bisa memanjakan lidah di tempat makan yang sudah tersedia.