Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 10.00-21.00 WIB, Alamat: Sukorame, Ketapanrame, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Sejak tahun 2018 lalu, Kabupaten Mojokerto mempunyai sebuah taman yang dibangun di atas tanah seluas 2,8 hektar, dan sampai saat ini menjadi banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar maupun wisatawan dari luar daerah. Taman tersebut bernama Taman Ghanjaran, yang mana posisinya berada di daerah dataran tinggi dengan ketinggian mencapai kurang lebih 1.000 meter di atas permukaan laut.

Berada di daerah dataran tinggi, taman tersebut tentunya mempunyai udara yang sangat sejuk sehingga cocok sebagai tempat untuk menjernihkan pikiran. Terlebih dari sini anda bisa melihat panorama pemandangan yang begitu indah. Dimana kawasan tamannya sendiri memang dikelilingi Gunung Welirang dan Gunung Penanggungan, yang membuat suasana di lokasi terasa makin asri.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Ghanjaran

Daya Tarik Taman Ghanjaran
Image Credit: Google Maps Indra Pratama

1. Asal Mula Berdirinya Taman

Asal mula berdirinya taman ini terbilang sangat menarik untuk dibahas. Pasalnya taman yang pada awal berdirinya dikenal juga dengan nama Alun Alun Trawas ini, mempunyai konsep serta filosofi yang unik. Dimana untuk pendirian maupun pembangunan wisatanya diperuntukkan sebagai tambahan hasil bagi para perangkat desa.

Tanah yang dijadikan sebagai tempat untuk pembangunan taman pun merupakan tanah kas desa. Sehingga saat ini pengelolaan taman diatur oleh BUMDes. Selain itu, ada hal yang unik dari taman tersebut. Yakni adanya sebuah icon berbentuk piala yang dipasang pada bagian depan taman.

Dipilihnya ikon tersebut adalah karena kata Ghanjaran sendiri memiliki arti yang pahala. Yang mana hal tersebut direpresentasikan dalam bentuk piala, dan kemudian menjadi ikon dari taman ini. Karena dari sini, pemilik wahana permainan dan penjual makanan mendapatkan pendapatan, yang 20 persennya dibagi untuk pihak desa.

2. Panorama Alam Indah

Taman Ghanjaran merupakan tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu akhir pekan maupun liburan anda. Bagaimana tidak, taman ini menawarkan panorama alam yang begitu indah dan mempesona. Berada di dataran tinggi dengan ketinggian yang mencapai kurang lebih 1.000 meter di atas permukaan laut, suasana yang asri dan sejuk dapat anda rasakan di sini.

Terlebih adanya panorama alam pegunungan, dengan Gunung Welirang dan Gunung Penanggungan yang mengapit serta mengelilingi taman, dijamin akan sangat memanjakan mata. Area taman yang cukup luas juga ditata dengan begitu apik, dimana banyak tumbuhan hijau dan bunga warna warni yang akan memberi kesegaran pada indra penglihatan.

3. Banyak Wahana

Dengan konsep hiburan rakyat yang murah meriah, Taman Ghanjaran menawarkan deretan wahana yang akan membuat momen liburan anda semakin seru dan menyenangkan. Jadi selain menikmati taman hijau penuh bunga yang asri, di sini anda bisa menjajal aneka wahana. Tidak heran apabila taman tersebut selalu ramai pengunjung dari berbagai kalangan usia.

Untuk penataannya sendiri, area taman bisa anda temukan di sebelah timur dari area bermain anak anak. Sedangkan untuk deretan wahana permainannya bisa dijumpai pada bagian barat taman. Sementara pada bagian tengah merupakan area kuliner, yang kebanyakan memang diisi oleh stan stan makanan.

Daya Tarik Dimiliki Taman Ghanjaran
Image Credit: Google Maps ahmad addin

4. Banyak Spot Foto Menarik

Tidak cukup hanya wahana permainan saja, Taman Ghanjaran ini akan memanjakan para kaum urban yang menyukai wisata berburu foto untuk kebutuhan konten media sosial. Bagaimana tidak, di sini para pengunjung dapat menemukan cukup banyak spot foto menarik yang bisa dijadikan sebagai latar belakang potret.

Bahkan sekadar mengabadikan momen dengan view pegunungan dan pepohonan yang asri, sudah bisa membuat momen foto foto di sini tidak akan mengecewakan. Tidak hanya di siang hari, anda pun bisa mendapatkan koleksi foto yang ciamik pada malam hari. Pasalnya pemandangan malam hari di taman ini tidak kalah menawan dengan tambahan lampu yang membuat suasana makin temaram.

5. Wisata Kuliner

Pada bagian tengah taman, anda bisa menemukan area kuliner yang akan memanjakan lidah dan perut. Sehingga anda tidak perlu khawatir kelaparan setelah puas bermain dan menjajal berbagai wahana yang ada. Taman Ghanjaran bahkan menjadi tempat yang sangat cocok untuk melakukan wisata kuliner.

Karena di sini ada banyak sekali pilihan menu makanan yang dijajakan. Mulai dari jajanan ringan modern seperti sosis bakar, hingga makanan khas dari Jawa Timur pun bisa anda temukan. Anda yang ingin membawa buah tangan untuk sanak saudara di rumah juga tidak perlu risau, karena di taman ini ada stan oleh oleh khas Trawas yang bisa menjadi solusi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Ghanjaran
Image Credit: Google Maps Taman Ghanjaran

Taman Ghanjaran berada di Jalan Raya Tretes-Trawas No. 88, Desa Ketapanrame, Kec. Trawas, Mojokerto, Jawa Timur. Dari pusat Kabupaten Mojokerto, dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan untuk mencapai taman. Dari arah Stasiun Mojokerto, anda bisa berkendara melalui Jalan Mojopahit – Jalan Raden Wijaya – Jalan Jayanegara – Jalan Bypass – Jalan Raden Patah.

Selanjutnya hanya perlu mengikuti jalan yang ada sekitar 15 menit sampai mencapai Trawas. Karena taman ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat sekitar, tidak sulit untuk menemukannya. Apabila masih bingung, anda hanya perlu bertanya kepada penduduk sekitar yang kebetulan melintas.

Untuk akses jalannya sendiri terbilang sudah cukup bagus, meskipun jalanan di sekitar Trawas beberapa memiliki kontur naik turun dan curam, namun masih bisa dilewati oleh sepeda motor maupun mobil. Bagi anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi, angkutan umum memang belum ada yang dapat mengantarkan sampai menuju taman secara langsung.

Kendati demikian, anda bisa naik angkutan desa atau yang biasa disebut dengan nama kol oleh penduduk sekitar. Jadi, dari terminal Mojokerto anda hanya perlu naik angkutan desa tersebut dan turun di Bundaran Pacet. Nantinya dari Bundaran Pacet bisa diteruskan menggunakan ojek konvensional sampai ke taman.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Taman Ghanjaran
Image Credit: Google Maps Sahal Zidan

Taman Ghanjaran beroperasi mulai pukul 10.00 sampai dengan 21.00 WIB pada hari Minggu sampai hari Kamis. Sementara hari Jumat beroperasi mulai pukul 14.00 sampai 21.00 WIB, dan hari Sabtu dibuka pukul 10.00 sampai dengan pukul 22.00 WIB. Jadi pastikan anda datang berkunjung pada jam operasionalnya, agar dapat menikmati berbagai keseruan di taman.

Untuk harga tiket masuknya sendiri sebenarnya hanya Rp. 5.000. Namun bagi anda yang ingin menjajal naik wahana, maka perlu merogoh kocek terlebih dahulu. Yang mana harga area bermainnya sangat bervariasi, tergantung dengan wahana yang ingin anda naiki. Atau bisa juga dengan memilih tiket terusan seharga kurang lebih Rp. 55.000 pada hari biasa dan Rp. 60.000 di akhir pekan.

Harga tertera mungkin bisa berubah sewaktu waktu, dan harga ini juga belum termasuk retribusi parkir. Untuk biaya parkirnya sendiri relatif sama dengan tarif yang diberlakukan pada umumnya, yaitu Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 3.000 saja untuk mobil, tentunya tidak termasuk akomodasi yang lain.

Wahana Menarik di Taman Ghanjaran

Wahana Menarik Taman Ghanjaran
Image Credit: Google Maps Mandala Elk

1. Bianglala

Dari jauh saja, anda sudah bisa melihat wahana ini menjulang tinggi menghiasi Taman Ghanjaran. Bianglala sendiri memang menjadi salah satu favorit bagi banyak orang ketika berkunjung ke taman hiburan. Biasanya para pengunjung akan terlihat ramai mengantre pada malam hari. Pasalnya dari puncak bianglala akan terlihat panorama keindahan rupawan ketika malam hari.

2. Odong Odong

Disediakan khusus anak anak, anda akan menemukan wahana odong odong khas pasar malam ketika berkunjung ke taman ini. Dijamin putra putri anda akan begitu senang ketika diajak bermain odong odong. Tidak heran jika Taman Ghanjaran disebut sebagai salah satu tempat di Mojokerto yang cocok dipilih sebagai destinasi liburan keluarga.

3. Motor Mini

Masih dengan wahana khusus anak anak, di taman juga tersedia motor mini yang tidak hanya disukai oleh anak laki laki saja melainkan juga anak perempuan. Anda bisa mengajak si kecil untuk berkeliling area wisata dengan menaiki motor mini tersebut. Apalagi desain kendaraannya keren dan kece, membuat anak anak pasti tertarik untuk menaikinya.

4. Mobil Mini

Sedikit berbeda dari motor mini, mobil mini yang ada di taman ini bisa juga dinaiki oleh orang dewasa. Mobilnya sendiri berkapasitas kurang lebih 4 orang, jadi anda bisa mengajak keluarga tercinta untuk naik bersama. Selama naik mobil mini mengelilingi area wisata, anda bisa sekaligus menikmati pemandangan alam nan cantik yang ada di sekitar.

Wahana Menarik di Taman Ghanjaran
Image Credit: Google Maps Indra Pratama

5. Kuda Kudaan

Kalau kendaraan seperti motor mini terlalu gahar, sementara si kecil lebih suka hal hal yang imut, coba ajak saja naik kuda kudaan yang tersedia di taman. Taman di Trawas ini bahkan tidak hanya menyediakan kuda kudaan khusus anak anak saja. Tapi ada juga kuda sungguhan yang bisa ditunggangi oleh orang dewasa.

6. Scooter

Apabila ingin kendaraan yang lebih modern, pihak pengelola taman juga sudah menyediakan penyewaan scooter. Ada yang dapat digunakan untuk anak anak dan ada pula untuk orang dewasa. Namun pastikan bahwa tinggi si kecil sudah mencukupi dan bisa memegang kendali dengan baik, sebelum membiarkannya naik scooter seorang diri.

7. ATV

Satu lagi wahana seru yang patut untuk dicoba di Taman Ghanjaran, yaitu ATV. Permainan ATV ini diperuntukkan buat orang dewasa maupun anak anak. Tapi ada batasan umur yang ditetapkan apabila ingin mengendarainya agar prosesnya lebih aman. Selain itu, ATV ini juga dikendarai pada lintasan khusus, sehingga menjamin keamanan ekstra.

Penginapan Murah di Sekitar Taman

Penginapan Murah di Sekitar Taman
Image Credit: Twitter Taufiq

Bagi pengunjung yang berasal dari luar kota, ada cukup banyak penginapan di sekitar alun alun Trawas yang dapat dipilih sebagai akomodasi. Salah satunya Grand Whiz Hotel Trawas dan Royal Trawas Hotel Cottage. Letak kedua penginapan tersebut tidak begitu jauh dari lokasi taman, mungkin hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit perjalanan saja.

Bahkan ada juga yang lebih dekat lagi dan hanya membutuhkan waktu 3 menit saja untuk sampai di lokasi, yaitu Reddoorz Plus near Taman Ghanjaran. Akomodasi tersebut bisa menjadi pilihan bagi anda yang tengah mencari penginapan low budget. Per malamnya kurang lebih hanya membutuhkan Rp. 100.000 saja.

Taman Ghanjaran sendiri terdiri atas beragam fasilitas mumpuni untuk memanjakan pengunjung. Tidak heran jika taman di Trawas ini pun berhasil menarik banyak sekali wisatawan, baik itu penduduk lokal maupun wisatawan dari luar daerah. Terlebih keseruan yang ditawarkan bisa mencakup berbagai lini usia, sangat cocok sebagai tempat untuk menghabiskan waktu liburan keluarga.

REKOMENDASI DESTINASI