15 Taman di Jakarta yang Cocok untuk Refreshing

Taman Jakarta

Dibalik wajah ibukota yang sibuk dan padat dengan gedung pencakar langit. Ternyata Jakarta menyimpan banyak pesona wisata yang menarik untuk dijelajahi. Di tengah hiruk pikuk ibukota yang memekakan telinga, ada beberapa wisata taman di Jakarta bisa dijadikan sebagai sarana hiburan.

Tidak perlu mempunyai jadwal agenda tersendiri untuk berkunjung ke taman. Anda bisa datang kapan pun ketika pikiran mulai dirundung jenuh. Simak 15 taman yang bisa Anda dikunjungi.

1. Taman Kalijodo

Taman Kalijodo

Image Credit: Myeatandtravelstory.wordpress.com

Pekerjaan yang menjemukan terkadang dapat membuat pikiran bertambah stres. Maka dari itu Anda butuh melepas segala hal negatif tersebut. Tujuannya agar tidak menganggu kesehatan tubuh, baik secara fisik maupun mental. Anda bisa berkunjung ke beberapa tempat wisata yang memiliki pemandangan terbuka. Jika tidak ada waktu panjang cobalah untuk pergi ke taman. Alam terbuka dengan hembusan angina semilir bisa meredakan jenuh sejenak.

Anda direkomendasikan untuk pergi ke taman Kalijodo, yang berlokasi di kawasan Penjaringan. Wisata taman ini mempuyai beberapa fasilitas yang menghibur warga sekitar. Salah satunya yang paling favorit ialah area skatepark, yang ternyata termasuk area skate terbesar di Asia Tenggara. Ruang Terbuka Hijau ini mempunyai luas lahan sekitar 1,4 ha dengan suasana alam yang sangat asri.

Lokasi: Pejagalan, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara.

2. Taman Tabebuya

Taman Tabebuya

Image Credit: Anandastoon.com

Jangan berpikiran negatif bahwa Jakarta hanya penuh dengan bisingnya kendaraan. Atau penuhnya udara ibukota dengan polusi udara yang berbahaya. Jika Anda mau menelusuri lebih dalam, ternyata Jakarta menyimpan banyak wisata taman yang menajubkan. Salah satunya taman Tabebuya yang memiliki panorama alam terbuka. Taman hijau ini dipenuhi oleh udara sejuk, dengan angina semilir yang menenangkan jiwa.

Lokasi taman berada di daerah Jagakarsa tepatnya kawasan Jakarta Selatan. Setiap pekannya taman selalu remain pengunjung, sebab cocok sebagai tempat refreshing. Di dalam tempat wisata ini terdapat sebuah kolam, yang diisi oleh puluhan bunga teratai. Kolam tersebut dihuni oleh berbagai jenis ikan, bahkan pengunjung diijinkan untuk memberinya makan. Ada pula beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk duduk bersantai.

Lokasi: Jl. Muhammad Kafi No.1, RT.1/RW.2, Ciganjur, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan.

3. Taman Cattleya

Image Credit: Hariliburnasional.com

Setiap orang mempunyai cara melepas beban pikiran sendiri, salah satunya pergi ke wisata taman. Menurut mereka taman memiliki daya tarik yang membuat pikiran seseorang menjadi lebih tenang. Sesekali cobalah mengunjungi taman Cattleya yang berada di dearah Kemanggisan di Jakarta Barat. Disana Anda bisa menikmati keindahan taman yang sudah ditata rapi. Ditambah lagi kawasannya bersih dengan taman bunga yang menarik perhatian.

Taman seluas 3 hektar ini ditanami dengan beragam tanaman, dan pohon-pohon yang tinggi menjulang. Terkadang taman dijadikan sebagai lokasi foto pre-wedding, atau sesi pemotretan oleh fotografer profesional. Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan disini salah satunya berkeliling taman dengan sepeda. Jika tidak ingin lelah Anda bisa duduk-duduk santai di pinggir danau, yang terletak di tengah taman Cattleya.

BACA JUGA:  11 Wisata Pantai Terhits di Jakarta yang Wajib Anda Kunjungi

Lokasi: Jl. Anggrek Neli Murni, RT.15/RW.1, Kemanggisan, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat.

4. Taman Spathodea

Taman Spathodea

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Jika berkunjung ke Jakarta Selatan cobalah bertandang ke tamam Spatodea. Letak taman tidak begitu jauh dari taman Tabebuya, hanya sekitar 15 menit saja. Meskipun termasuk taman baru, tetapi pengunjung tidak henti berdatangan setiap harinya. Di bagian tengah terdapat danau kecil yang menjadi daya tarik pengunjung. Di pinggiran danau ditanami rumput hijau sebagai alas duduk, untuk menikmati suasana Jakarta di sore hari.

Lokasi: Gg. Kriep No.13, RT.13/RW.5, Jagakarsa, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan.

5. Taman Suropati

Image Credit: Tempatwisataseru.com

Dari Masjid Sunda Kelapa Anda bisa berjalan sebentar ke kawasan Menteng. Disana terdapat wisata taman yang disukai oleh anak muda Jakarta. Namanya taman Suropati, yang termasuk taman paling populer di ibukota Jakarta. Taman hijau ini mempunyai fasilitas wifi gratis yang mampu menarik perhatian para pengunjung. Seluruh area taman dikelilingi pepohonan hijau yang rimbun. Sehingga suasana taman sangat teduh dan nyaman untuk istirahat sejenak.

Taman Suropati identik dengan tempat berkumpulnya para seniman ibukota. Tidak heran saat berkunjung kesana, Anda akan menjumpai beragam karya seni yang menarik. Biasanya setiap hari sabtu sore ada penampilan live music dari musisi jalanan. Disekitar taman terdapat sentra kuliner dengan banyak penjual makanan yang memasang tenant. Salah satu keunikan dari taman ialah kerap menjadi tempat penampungan seni patung perwakilan negara ASEAN.

Lokasi: Jl. Taman Suropati No.5, RT.5/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.

6. Taman Menteng

Taman Menteng

Image Credit: Ihategreenjello.com

Taman ini mulai beroperasi sejak pukul 5 pagi dan berhenti aktivitas pukul 10 malam. Lokasi taman terletak di kawasan Menteng tepatnya di jalan Moh. Yamin. Daya tarik utama taman adalah adanya beberapa fasilitas yang menunjang kebutuhan pengunjung. Contohnya jogging track dan wifi sehingga pengujung bisa datang untuk berolahraga. Atau keberadaan taman bermain anak-anak jadi para orang tua tidak perlu repot menenangkannya saat rewel.

Suasana taman sangat sejuk meskipun lokasi taman berada di tengah-tengah kota. Dulunya kawasan ini merupakan bekas Stadion Menteng kemudian disulap menjadi landmark. Setiap harinya ada saja pengunjung yang berdatangan. Rata-rata mereka datang untuk refreshing diri setelah jenuh dengan tumpukan pekerjaan. Tidak perlu khawatir lapar karena sekitar taman terdapat beberapa penjual makanan, dengan harga yang bersahabat.

Lokasi: Jl. HOS. Cokroaminoto, RT.3/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.

7. Taman Situ Lembang

Image Credit: Theatmojo.com

Jika Anda butuh wisata alam yang cocok untuk keluarga, cobalah berkunjung ke taman Situ Lembang. Untuk mencapai ke kawasan ini Anda harus melalui jalan Padalarang, lalu melewati portal kompleks disana. Daya tarik taman terdapat pada danau buatan pada bagian tengahnya. Diatas danau ditanami bunga teratai dan dipasangi air mancur yang sangat indah. Taman ini populer karena film Warkop DKI kerap mengadakan syuting disini.

BACA JUGA:  10 Tempat Makan Enak di Jakarta Pusat

Lokasi: Jl. Lembang Terusan No.D-59, RT.6/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.

8. Taman Ayodya

Taman Ayodya

Image Credit: Jakarta-tourism.go.id

Taman yang berlokasi di Kebayoran Baru ini hanya berjarak 500 meter dari Terminal Blok M. Area hijau ini menjadi favorit para pengunjung untuk menghabiskan waktu liburan. Desain taman terlihat seperti panggung teater di tempat terbuka, dengan dikelilingi oleh danau. Anda bisa mengunjungi taman saat sore hari, sambil menikmati udara segar dan langit sore yang cerah. Terdapat beberapa gazebo yang disediakan agar pengunjung bisa duduk di sekitar taman.

Lokasi: Jl. Lamandau III No.RT.4, Kramat Pela, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan.

9. Taman Langsat

Taman Langsat

Image Credit: Anandastoon.com

Masih di kawasan Kebayoran Baru tepatnya di belakang Pasar Burung Barito. Terdapat taman yang sengaja dibangun untuk melengkapi kebutuhan warga Jakarta. Terutama aktivitas berolahraga yang butuh tempat nyaman dan jauh dari kebisingan. Di taman ini ada fasilitas jogging track sehingga Anda bisa berlari kecil, sambil ditemani suara cuitan burung. Jika ingin santai Anda bisa berjalan di area taman sembari menikmati aliran sungai kecil.

Dulunya taman seluas 3,6 hektar ini merupakan tempat pembibitan tanaman unggul. Kemudian beralih fungsi menjadi taman untuk memenuhi sarana hiburan bagi warga ibukota. Sayangya kondisi taman tidak terawat karena lokasinya cukup tersembunyi. Apalagi cerita-cerita mistis yang sering dibicarakan oleh warga, membuat pengujung enggan datang ke taman ini. Padahal suasana taman sangat mendukung bagi Anda yang membutuhkan ketenangan.

Lokasi: Jl. Barito, RT.1/RW.1, Kramat Pela, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan.

10. Taman Prasasti

Taman Prasasti

Image Credit: Indonesia.go.id

Sebenarnya taman ini merupakan area pemakaman, yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Suasana taman cukup mistis tetapi sarat akan cerita sejarah di dalamnya. Untuk memasuki kawasan hijau ini Anda harus membayar tiket sebesar 2 ribu rupiah. Anda mungkin tidak mendapatkan hiburan senang-senang seperti taman lainnya. Tetapi ada ilmu baru tentang kilas balik sejarah yang terjadi pada masa penjajahan Belanda.

Tidak perlu takut dengan suasana yang tampak mencekam tersebut, Anda hanya cukup menikmati suasana tenangnya. Dibandingkan terlihat seperti kompleks pemakaman, justru taman Prasasti terlihat seperti taman pada umumnya. Bagi Anda yang membutuhkan ketenangan cobalah berkujung ke area ini. Nikmati angin sepoi-sepoi saat siang hari dengan kawasan taman yang cukup teduh. Dijamin pikiran Anda akan kembali lebih fresh saat pulang.

Lokasi: Jl. Tanah Abang I No.1, RT.11/RW.8, Petojo Selatan, Kec. Gambir, Kota Jakarta Pusat.

11. Taman Honda

Taman Honda

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Walaupun taman berada di pinggiran Jakarta namun peminatnya tidak pernah sepi. Justru warga ibukota tetap datang kesini meskipun jarak yang ditempuh cukup jauh. Hal ini karena suasananya sangat damai dan asri, sehingga pengunjung tidak perlu berpikir dua kali untuk pergi kesini. Ada baiknya mengunjungi taman Honda saat malam hari, sebab area taman sangat asyik dinikmati saat petang.

BACA JUGA:  20 Wisata Museum di Jakarta yang Patut Anda Kunjungi

Lokasi: Jl. Tebet Timur Raya No.10, Tebet Timur, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan.

12. Taman Waduk Pluit

Taman Waduk Pluit

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Bagi Anda yang ingi menikmati suasana sore hari secara khidmat, cobalah berkunjung ke taman ini. Menjelang senja Anda bisa duduk di pinggiran waduk sambil menanti matahari tenggelam. Taman ini memiliki fasilitas yang serupa dengan taman-taman lainnya, hanya saja masih perlu perbaikan di beberapa spot. Pengunjung bisa menikmati amphiteathre ketika ada event pertunjukan. Di sebelah kiri taman terdapat lapangan olahraga yang komplit.

Lokasi: Jl. Pluit Tim. Raya No.12, RT.6/RW.5, Pluit, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara.

13. Taman Kelapa

Taman Kelapa

Image Credit: Beritajakarta.id

Lokasi taman terletak di kawasan Jakarta Timur, dan menyediakan taman khusus liburan para keluarga. Meskipun ukuran taman tidak terlalu luas tetapi di dalamnya terdapat taman bermain anak-anak. Taman sangat cocok dinikmati saat sore hari, karena susananya lebih teduh dibandingkan saat siang hari. Anda bisa mengajak si kecil untuk bermain perosotan atau ayunan yang tersedia disana. Angin sore yang berhembus di area taman bisa membuat pikiran lebih tenang.

Lokasi: Jl. Palem Indah, RT.16/RW.2, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur.

14. Taman Tribeca

Image Credit: Jakartayuk.wordpress.com

Taman ini berada tepat di halaman mall Central Park, dan memiliki tatanan taman sangat rapi. Kawasan terbuka ini cocok dikunjungi saat sore hari, karena suasananya lebih teduh dan sejuk. Pada bagian tengah taman terdapat kolam kecil lengkap dengan air mancurnya. Ada area dengan rerumputan hijau yang bisa diduduki oleh pengunjung untuk bersantai. Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan disini, salah satunya membaca buku di bawah pohon paling besar.

Lokasi: Jl. Letjen S. Parman No.28, RT.12/RW.6, Tanjung Duren Selatan, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat.

15. Taman Ria Rio

Taman Ria Rio

Image Credit: Anandastoon.com

Tidak perlu kebingungan mencari wisata malam saat sedang suntuk. Cobalah berkunjung ke taman Ria Rio di daerah Kayu Putih, tepatnya di kawasan Jakarta Timur. Taman ini memang lebih asyik dinikmati saat malam hari, dengan lampu-lampu temaram yang menghiasi. Tidak ada fasilitas yang istimewa hanya kursi yang disediakan di pinggir taman. Namun suasana damai dan semilir angin malam hari di taman ini, tidak bisa ditemukan di area taman manapun.

Lokasi: Jl. Pulo Mas Utara Blok E No.1, Kayu Putih, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur.

Menghabiskan waktu liburan tidak melulu harus pergi ke pantai, atau tempat wisata yang jauh. Cobalah pergi ke taman dekat rumah yang sekiranya bisa dijangkau oleh kendaraan. Anda hanya membutuhkan hiburan sementara untuk melepas jenuh, karena pekerjaan yang menumpuk. Wisata taman di Jakarta dengan suasana alam yang sejuk dan tenang bisa menjadi obat penenang sejenak. Anda pun tidak perlu mengeluarkan budget tinggi untuk pergi berlibur.