10 Taman di Jogja yang Cocok untuk Refreshing

Taman Jogja

Jika sedang berada di Jogja, Anda dapat mengunjungi rekomendasi taman favorit yang sejuk dan memiliki banyak keseruan untuk menghilangkan penat.

Selain terkenal dengan tradisi budaya yang begitu kental, Kota Yogyakarta juga memiliki segudang keunggulan di bidang pariwisata. Jogja juga terkenal memiliki banyak tempat wisata seru yang bisa dikunjungi. Tak hanya itu, Kota Jogja juga memiliki sederet taman mempesona yang cocok untuk dijadikan tempat refreshing penghilang penat. Simak ulasan lengkapnya berikut.

1. Taman Bunga Nawari

Taman Bunga Nawari

Image Credit: Weniwhen.blogspot.com

Taman pertama yang bisa Anda kunjungi, yaitu Taman Bunga Nawari. Daya pikat yang dimiliki taman ini terletak pada hamparan bunga mataharinya yang begitu cerah. Selain itu, tempat satu ini sangat cocok untuk Anda yang suka berburu foto. Pasalnya, pengelola taman menyiapkan beberapa kimono dan pakaian adat Jawa yang bisa Anda sewa untuk berfoto-foto ria. Menjadikan kegiatan foto-foto Anda semakin menyenangkan.

Taman yang berada di kawasan Gunungkidul ini, memiliki akses yang sudah cukup bagus dan mudah untuk dijangkau. Meskipun saat semakin dekat dengan lokasi, Anda akan menemukan jalanan yang naik turun. Namun panorama khas pedesaan yang sejuk akan memanjakan mata anda. Terlebih lagi, Anda akan disambut oleh banyak warga desa yang ramah begitu Anda datang.

Lokasi: Ngasemayu, Salam, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul.

2. Taman Bunga Amarilis

Taman Bunga Amarilis

Image Credit: Gudeg.Net

Masih seputar bunga, taman satu ini juga memiliki hamparan bunga yang indah. Bunga yang ditanam yaitu bunga Amarilis. Bunga tersebut dulunya dianggap sebagai Gulma. Namun, di tangan orang-orang yang kreatif bunga ini kemudian disulap menjadi taman yang cantik. Sayangnya, bunga-bunga cantik ini tidak tumbuh sepanjang tahun dan hanya mekar selama 1 hingga 2 minggu. Jadi, pastikan Anda kemari ketika bunga Amarilis ini sedang bermekaran.

Taman bunga Amarilis telah dilengkapi dengan jalan setapak yang sangat membantu akses pengunjung agar lebih dekat dengan bunga. Jadi Anda bisa foto-foto dengan berbagai angle yang Anda inginkan. Tempatnya pun dibentuk sedemikian rupa dan tidak monoton seperti sawah. Sehingga Anda tidak akan bosan menikmati destinasi wisata satu ini. Taman ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin melepaskan penat.

Lokasi: Ngasemayu, Salam, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul.

BACA JUGA:  26 Oleh-Oleh Khas Jogja yang Wajib Anda Bawa Pulang

3. Taman Bunga Asri

Image Credit: Lilybackpacker.blogspot.com

Taman bunga memang menjadi wisata favorit bagi kebanyakan orang. Satu lagi taman bunga yang bisa Anda temukan di Jogja, yaitu Taman Bunga Asri. Taman Bunga Asri menonjolkan daya tarik dari bunga Celosia yang ditanam dengan konsep flower farm. Taman satu ini nampak menawan dengan pesona warna warni hamparan bunga Celosia. Anda dibebaskan berfoto di tengah-tengah padang bunga, namun ingat untuk tidak memetik bunga-bunga indah tersebut.

Lokasi: Jl. Lintas Selatan, Tegal Rejo, Srigading, Kec. Sanden, Kab. Bantul.

4. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo

Image Credit: Goodnewsfromindonesia.id

Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan hamparan padang pasir nan luas seperti di Timur Tengah. Di sini Anda bisa menghabiskan waktu liburan dengan aktivitas fisik yang seru, yaitu sandboarding. Tapi tahukah Anda di tengah Gumuk Pasir ini terdapat sebuah taman? Di sana terdapat sebuah taman yang dibentuk menyerupai bentuk hati. Sehingga tampak unik ketika di foto dari ketinggian atau dari kejauhan. Taman diatas padang pasir hitam ini sering kali digunakan untuk foto prewedding.

Walau hanya taman berbentuk hati, dan bunganya tidak terlalu banyak. Kawasan taman ini tetap sejuk karena tidak jauh dari pantai Parangkusumo. Hembusan angin pantai akan terasa menyejukkan anda, ketika asyik berfoto-foto di taman tersebut. Dengan datang kesini, Anda dapat menikmati banyak hal sekaligus. Yaitu indahnya pantai Parangkusumo, sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo, serta menikmati taman yang berada di dalamnya.

Lokasi: Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul.

5. Selfie Park Taman Pule

Image Credit: Facebook.com @SelfieParkTamanPule

Lokasinya yang berada di pusat kota membuat tempat satu ini mudah untuk dikunjungi. Selfie Park Taman Pule merupakan salah satu spot selfie corner yang tepatnya berada di XT Square Umbulharjo. Area ini menawarkan berbagai macam spot untuk latar foto Anda agar semakin kece. Wisata ini juga sering dijadikan alternatif bagi para wisatawan yang tidak sempat pergi berwisata ke daerah bantul.

Taman yang memiliki luas kurang lebih 1088 meter persegi ini diberi nama Pule, karena pohon Pule yang memang sudah berada di area XT Square sejak dahulu kala. Selain itu pohon Pule juga terkenal kokoh, awet, dan rindang, harapannya taman ini bisa menjadi seperti pohon Pule tersebut. Selfie Park Taman Pule terlihat seperti hutan alami, dengan banyak pohon Pule yang tumbuh di sekitarnya.

BACA JUGA:  16 Minuman & Makanan Khas Jogja yang Wajib Anda Coba

Lokasi: Jl. Veteran No.150-151, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

6. Taman Edukasi Lalulintas Giwangan

Taman Edukasi Lalulintas Giwangan

Image Credit: Iqbalkautsar.com

Di taman satu ini, Anda tidak hanya bisa berjalan-jalan menghilangkan penat saja. Anda juga bisa mengajak buah hati Anda untuk belajar tentang lalu lintas. Anda bisa mengajarkan sikap tertib lalu lintas sedari dini. Aktivitas lain di taman ini juga bisa mengajarkan tentang pentingnya menghargai orang lain, rasa tenggang rasa, dan bermacam sikap yang perlu dilakukan dalam hidup bermasyarakat.

Taman Lalu Lintas Giwangan memang cocok dijadikan sebagai wisata berlibur keluarga, karena ramah untuk anak-anak. Taman ini juga dilengkapi dengan arena playground anak. Di antaranya terdapat ayunan, jaring panjat, kursi putar, dan permainan ketangkasan. Tempatnya pun teduh dengan pepohonan rimbun tumbuh di sekitar taman yang cukup luas.

Lokasi: Jl. Imogiri Timur, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

7. Taman Kantil

Image Credit: Suarabaru.id

Selanjutnya ada Taman Kantil. Taman satu ini bisa Anda jadikan alternatif pilihan ketika ingin sekedar jalan-jalan santai. Taman yang terletak di kecamatan Gondokusuman ini memang menjadi favorit warga sekitar untuk menikmati sore hari. Banyak muda mudi komunitas duduk-duduk santai di sini. Taman Kantil cukup sering dibersihkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta. Hal ini dilakukan untuk kenyamanan warga yang beraktivitas di lingkungan tersebut.

Lokasi: Jl. Kantil, Baciro, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

8. Wisdom Park UGM

Image Credit: Residence.ugm.ac.id

UGM saat ini mulai melakukan pembangunan berkelanjutan sebagai model pembangunan infrastruktur wilayahnya. Melalui hal ini, diharapkan UGM mampu menciptakan ruang kampus yang asri dan teduh bagi khalayak ramai. Oleh karena hal tersebut, UGM mulai membangun Taman Kearifan yang sebagian besar biayanya ditanggung oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu-Opak.

Wisdom Park berletak di bagian timur kampus utama UGM, di sisi timur Masjid Kmpus. Taman ini memiliki fasilitas olahraga di dalam dan luar ruangan. Di dalamnya juga terdapat sebuah kolam tampung sebagai fasilitas pencegah banjir, area bercocok tanam perkotaan, konservasi lahan, restoran, serta sistem air siap minum Toya Gama. Jika Anda sedang berada di kawasan kampus UGM, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke taman satu ini.

BACA JUGA:  15 Wisata Museum di Jogja yang Patut Anda Kunjungi

Lokasi: Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman.

9. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta

Image Credit: Alodiatour.com

Di Taman Pintar Yogyakarta, Anda bisa mengajak keluarga Anda berlibur sekaligus belajar. Taman satu ini memang berusaha menggabugkan sarana edukasi dengan tempat rekreasi di satu lokasi. Taman Pintar Yogyakarta membagi zona taman menjadi beberapa bagian di beberapa gedung yang berbeda. Sehingga pengunjung bisa bebas memilih zona yang ingin mereka tuju. Terdapat wahana gedung kotak, gedung oval, gedung memorabilia, gedung planeterium, hingga gedung paud.

Di wahana gedung kotak, Anda akan menemukan 10 macam zona, yakni zona batik, zona otomotif, zona pengolahan susu, dan banyak tentang pengolahan lainnya. Sedangkan di gedung oval terdapat 12 zona yang berkaitan dengan ilmu sains. Kemudian di gedung memorabilia mengusung konsep sejarah Indonesia. Selanjutnya, gedung planeterium memberikan pembelajaran mengenai tata surya dan antariksa. Terakhir gedung paud, untuk pembelajaran anak paud.

Lokasi: Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta.

10. Alun-Alun Kota Yogyakarta

Image Credit: Kompasiana.com

Terakhir, ada Alun-Alun Kota Yogyakarta yang tentunya tidak boleh dilewatkan. Alun-alun ini berada di depan dan belakang Keraton Yogyakarta. Yang kemudian diberi nama Alun-Alun Utara atau Alun-Alun lor, dan Alun-Alun Selatan atau Alun-Alun Kidul. Kedua alun-alun tersebut mempunyai fungsinya masing-masing. Dimana alun-alun utara digunakan untuk masyarakat berkumpul, berolahraga, atau bermain sepak bola.

Sedangkan Alun-Alun Selatan memiliki suasana yang lebih damai. Halaman belakang Keraton Jogja ini sarat akan cerita. Konon, alun-alun satu ini dibangun agar bagian belakang keraton nampak seperti bagian depannya. Sehingga tidak akan membelakangi laut selatan yang dijaga oleh Ratu Kidul. Di tempat ini juga terdapat sebuah mitos. Yaitu keinginan Anda akan terwujud, apabila berhasil melewati dua pohon beringin yang ada di sana dengan mata tertutup.

Lokasi: Jl. Alun-Alun Kidul, Patehan, Kec. Kraton,  Kota Yogyakarta.

Itulah beberapa taman favorit di Kota Yogyakarta, yang bisa Anda jadikan destinasi untuk menghilangkan rasa lelah. Selain tempatnya yang sejuk dan asri, beberapa taman ini dilengkapi dengan banyak hal seru. Bahkan ada yang sarat akan makna dan cerita di balik keindahan yang dimilikinya. Jadi taman mana yang berminat untuk Anda kunjungi ketika berada di kota pendidikan ini?