Taman Kelinci, Tempat Rekreasi & Wisata Edukasi di Batu Malang

Taman Kelinci Batu Malang

Taman Kelinci termasuk tempat rekreasi dan wisata edukasi favorit keluarga di Kota Batu Malang, Jawa Timur. Taman yang memiliki Rumah Hobbit dan memungkinkan pengunjung berinteraksi dengan kelinci.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: Pukul 07.00-17.00 WIB, Alamat: Samaan, Klojen, Jurangrejo, Pandesari, Kec. Pujon, Kota Batu, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Kota malang masih menjadi salah satu kota yang menyimpan pesona wisata luar biasa. Ada banyak wisata yang bisa disambangi di kota apel ini, mulai dari edukasi hingga wisata baharinya. Bagi Anda yang sedang singgah di kota Batu, Taman Kelinci bisa Anda jadikan sebagai pilihan, karena taman ini menawarkan wisata edukasi sekaligus wisata keluarga yang seru. Untuk mengintip pesonanya, Anda bisa simak ulasan berikut.

Sekilas Tentang Taman Kelinci

Tentang Taman Kelinci

Image Credit: Instagram.com @tamankelinci_

Taman rekreasi ini seringkali dikenal dengan nama Taman Kelinci Rumah Hobbit. Objek wisata satu ini merupakan taman hijau yang menawarkan banyak aktivitas menarik. Salah satunya adalah adanya replika rumah Hobbit yang membuatnya mendapat sebutan demikian. Memang replika rumah hobbit sendiri selalu menarik perhatian di semua tempat wisata.

Bisa dikatakan jika taman ini merupakan destinasi wisata baru di Malang yang hits. Hingga kini masih mengalami renovasi dan juga pengembangan agar makin menarik. Seperti namanya, pengunjung juga bisa berinteraksi dengan berbagai jenis kelinci di taman yang luas ini. Dipenuhi dengan warna warni bunga menjadikannya semakin mempesona.

Adanya kelinci ini menjadikan destinasi wisata ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Apalagi jika memiliki anggota keluarga yang masih anak anak. Anak anak bebas untuk berinteraksi dengan kelinci yang dibiarkan bebas berkeliaran di area taman. Perlu Anda tahu, jika interaksi dengan kelinci bisa menumbuhkan kasih sayang kepada binatang dan keberanian anak anak.

Dengan begitu taman Kelinci bisa dikatakan sebagai destinasi wisata sekaligus edukasi yang menarik untuk dikunjungi. Apalagi taman ini juga menyediakan banyak wahana dan kegiatan seru yang bisa dilakukan. Hawa kota Malang yang dingin turut serta menambah pesona yang dimiliki oleh taman hits di Kota Batu ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Kelinci

Daya Tarik Taman Kelinci

Image Credit: Google Maps (Dheacy Mood)

Sekalipun sering dikenal dengan nama Taman Kelinci, sebenarnya wisata ini menyandang nama Plaza Garden Wisata Edukasi Rabbit Field. Berada di kawasan yang strategis, membuat alam yang dimilikinya begitu menawan. Daya tarik utama dari tempat wisata ini tentunya bisa berinteraksi dengan kelinci kelinci lucu yang bebas berkeliaran.

Membuat pengunjung gemas jika sudah berinteraksi dengan hewan berbulu ini. Medannya yang berupa taman, semakin mendukung untuk melakukan kegiatan menyenangkan. Anak anak bisa memegang langsung dan bermain dengan kelinci yang ada. Tak hanya itu, tempat rekreasi satu ini juga memiliki taman bunga yang cantik.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Lamongan yang Hits & Populer

Bunga bunga yang berpadu dengan rumput hijau ini memang menyejukkan mata. beberapa memang sengaja ditata sedemikian rupa sehingga sangat cocok untuk berburu foto cantik. Tak heran jika pengunjung wisata ini tidak hanya keluarga, tetapi juga anak muda. Belum lagi ada hadirnya rumah Hobbitnya yang ikonik.

Semakin menambah panjang daftar pesona yang dimiliki wisata satu ini. Rumah Hobbit ini berada di bawah padang rumput yang luas. Nantinya Anda bisa menemukan pintu dan jendela yang bentuknya bulat. Tidak hanya bisa berfoto di depannya, Anda juga bisa sekalian menjelajah rumah mungil ini. Apalagi di dalamnya juga dilengkapi interior yang mirip di film Lord Of The Rings.

Tidak hanya rumah Hobbit, pengunjung juga bisa menemukan miniatur dari gedung gedung terkenal di dunia. Pengunjung akan dimanjakan dengan spot spot foto yang ada di taman wisata ini. Dengan udara yang sejuk cenderung dingin, rasanya betah berlama lama di tempat ini. Mengingat tempat wisata ini juga masih akan terus berkembang dan tampil makin cantik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Taman Kelinci

Alamat Taman Kelinci

Image Credit: Instagram.com @yukstravelingkebatumalang

Taman keren ini beralamatkan di Jln. Paralayang, Samaan, Klojen, Desa Pandesari, Pujon. Kawasan wisata ini terletak di Pujon yang juga menjadi salah satu lokasi paling favorit untuk menghabiskan liburan. Jalannya terbilang menanjak dan berkelok, sehingga Anda yang menggunakan kendaraan pribadi harus berhati hati.

Jika dari pusat kota, jaraknya memang terbilang jauh. Tetapi tidak jauh jika Anda berangkat dari Kota Wisata Batu. Akses menuju lokasi sebenarnya tidaklah sulit, saat ini sudah sangat mudah untuk Anda jangkau. Terdapat juga beberapa petunjuk jalan yang akan semakin memudahkan perjalanan Anda nantinya. Anda juga bisa mengandalkan GPS untuk tiba di wisata ini.

Untuk rutenya, Anda hanya perlu untuk mengikuti jalur utama menuju Paralayang Batu. Setelah itu, silahkan mengambil jalur yang akan menuju Kecamatan Pujon. Nantinya, Anda akan menemukan petunjuk ke Taman Kelinci. Tinggal mengikuti rute yang ada, maka Anda akan sampai di tujuan dengan mudah. Penduduk sekitar juga sudah familiar sehingga Anda bisa bertanya.

Tak hanya bisa menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua, pengunjung juga bisa mengandalkan angkutan umum. Anda bisa menggunakan bis jurusan Pujon ataupun angkutan BNK. Hanya saja, Anda tidak bisa turun langsung di depan pintu masuk. Masih harus dilanjutkan dengan naik ojek atau jalan kaki sekitar 5 menit.

Untuk itu, lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi ketika bertandang di Taman Kelinci. Namun, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi yang prima sehingga perjalanan Anda tidak akan terganggu. Selain itu, Anda bisa menghabiskan waktu berlama lama tanpa takut ketinggalan angkutan umum jika menggunakan kendaraan pribadi.

BACA JUGA:  Coban Rais, Wisata Air Terjun Dengan Lokasi Menantang

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Taman Kelinci

Harga Tiket Taman Kelinci

Image Credit: Instagram.com @tamankelinci_

Wisata Taman Kelinci termasuk destinasi wisata yang hits. Tetapi, bukan berarti Anda harus membayar tiket masuk yang mahal. Bahkan bisa dikatakan jika taman ini tak dibanderol dengan harga tiket yang mahal. Anda perlu merogoh kocek mulai dari Rp 15 ribu setiap orangnya. Harga tiket ini berlaku untuk weekday atau hari biasa.

Saat memasuki liburan Nasional atau akhir pekan, harga tiketnya akan naik menjadi Rp 20 ribuan. Untuk anak anak, tetap dikenakan biaya masuk yakni sebesar Rp 10 ribu yang berlaku untuk usia 1 sampai 4 tahun. Selebihnya akan dikenakan harga tiket normal layaknya orang dewasa. Harga tiket masuk tentunya bisa mengalami kenaikan tanpa pemberitahuan dahulu.

Dan tentu saja masih belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan. Harga parkir kendaraan masih terbilang terjangkau, mulai dari Rp 2 ribu sampai Rp 5 ribu. Tergantung dari kendaraan apa yang Anda gunakan. Biaya tersebut tentunya terbilang terjangkau, jika mengingat berbagai kegiatan menarik yang bisa dilakukan.

Sementara untuk jam operasional dari Taman Kelinci Malang sendiri mulai dari pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore. Anda memang tidak akan bisa menikmati moleknya matahari tenggelam di kawasan wisata ini. Karena memang sebelum sunset datang, taman rekreasi ini sudah tidak memperbolehkan ada pengunjung berada di kawasan taman.

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Taman Kelinci

Image Credit: Google Maps (Arfan Wijaya)

1. Bersantai Menikmati Pemandangan

Rasa rasanya aktivitas satu ini hampir tidak pernah absen ketika tiba di sebuah tempat wisata. begitu juga ketika Anda singgah di Taman Kelinci, Anda bisa bersantai menikmati pemandangan yang ada. Taman cantik ini memang berada di kawasan perbukitan dan persawahan yang menyejukkan mata. Dipastikan semua penat Anda akan menguap nantinya.

2. Berburu Spot Foto Cantik

Yang saat ini juga tak bisa dilewatkan ketika mengunjungi tempat bagus adalah mengabadikan setiap momen. Taman yang hits ini memiliki banyak spot foto cantik yang bisa Anda jadikan tempat berpose. Sehingga pastikan Anda menyiapkan kamera terbaik Anda juga memori penyimpanan besar. Jangan lupa untuk mengunggahnya di media sosial nantinya.

3. Memetik Strawberry

Kegiatan yang bisa dilakukan selanjutnya adalah memetik stroberi. Di area taman hobbit ini juga memiliki kebun stroberi yang cukup luas. Pengunjung tak hanya bisa memetik buah kemerahan ini, tetapi juga akan diajarkan cara menanamnya. Tentu saja akan menjadi kegiatan yang mengedukasi. Pengunjung juga bisa langsung menikmati segarnya stroberinya.

Kegiatan Taman Kelinci

Image Credit: Instagram.com @patrisia_suherni

4. Berkunjung ke Goa Pinus

Di area wisata ini juga terdapat goa pinus, dimana goa ini berada di tengah hutan pinus. Tak jauh, hanya sekitar 50 meter jalan ke atas dari taman ini. Dimana sebelumnya, goa pinus ini adalah tempat penambangan pasir. Kemudian lama ditinggalkan akhirnya difungsikan sebagai tempat wisata. Goa ini memiliki tinggi sekitar 1 meter dan harus menunduk saat masuk.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Madiun yang Wajib Anda Bawa Pulang

5. Outbound

Tak hanya menjadi wisata edukasi yang mengenalkan flora dan fauna, Anda juga bisa melakukan outbond di destinasi wisata hits satu ini. Dengan bermain outbound tentunya Anda bisa mendapatkan petualangan yang seru dan pengalaman yang tak terlupakan. Apalagi jika dilakukan bersama anak anak tentunya akan jadi momen yang berkesan.

6. Berkemah

Pengelola Taman Kelinci juga menyediakan arena bumi perkemahan yang bisa dijadikan kegiatan seru selama liburan. Anda bisa mendirikan tenda untuk bermalam di area wisata ini. Menikmati malam bertabur bintang dengan orang orang tersayang pasti menyenangkan. Anda bisa sekalian menyelenggarakan momen api unggun sambil bercengkrama.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Kelinci Batu Malang

Fasilitas Taman Kelinci

Image Credit: Google Maps (Dhina Bsa)

Kawasan taman Kelinci tidak hanya menawarkan panorama yang cantik dan kegiatan seru. Taman rekreasi satu ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas memadai untuk menunjang kenyaman pengunjung. Walaupun belum sepenuhnya pembangunannya selesai, tetapi fasilitasnya terbilang sudah memadai dan mumpuni.

Anda bisa menemukan fasilitas seperti toilet ataupun mushola untuk beribadah. Anda juga bisa menemukan area parkir yang cukup puas. Pengunjung yang ingin menghangatkan tubuh dengan kopi juga bisa menemukan penjual makanan. Ada pusat oleh oleh hingga cafe yang bisa Anda andalkan untuk urusan perut Anda.

Cafe yang ada di kawasan taman Kelinci menjual berbagai makanan. Mulai makanan Nusantara hingga makan luar negeri bisa Anda temukan. Dengan suasana yang ditawarkan, sangat pas jika Anda sekalian kulineran. Ada juga area Pondok Olahan Susu sapi yang menyediakan banyak olahan dari susu. Produk ini tentu bisa sekalian dijadikan buah tangan untuk kerabat.

Fasilitas lainnya yang juga bisa temukan adalah penginapan. Tentunya sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati pesonanya lebih lama lagi. Anda bisa bermalam di penginapan yang ada, mulai dari hotel, villa, guest house hingga resort. Harga yang ditawarkan juga sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman teman di Taman Kelinci, Batu Malang adalah ide yang menarik. Memiliki pemandangan yang cantik dan juga alam yang asri, dijamin akan membuat betah berlama lama. apalagi juga didukung dengan fasilitas andalan serta wahana bermain yang menyenangkan. Jadi sudah siap wisata di Taman Kelinci?