Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 09.00-21.00 WIB, Alamat: Cikembang, Panundaan, Kec. Ciwidey, Kab. Bandung, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Indonesia tidak akan membuat anda bosan jika berkaitan dengan tujuan wisata. Ada banyak kota yang menarik untuk dikunjungi dan dijadikan tujuan liburan. Kota Bandung misalnya, kota yang mendapatkan julukan kota kembang ini banyak menyajikan wisata yang seru. Taman Kelinci Ciwidey bisa anda jadikan pilihan, terutama jika bersama dengan keluarga.

Sangat direkomendasikan apabila anda mengajak liburan bersama anak anak. Seperti namanya, anda memang akan menemukan taman lengkap dengan hewan kelincinya. Tidak hanya itu, anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah. Bukan hal mengherankan jika Taman Kelinci ini selalu penuh, apalagi saat musim liburan datang pasti akan membludak.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Kelinci Ciwidey

Daya Tarik Taman Kelinci Ciwidey
Image Credit: Google Maps Rini Inggriani

1. Tujuan untuk Semua Umur

Sekalipun memiliki hewan kelinci, bukan berarti taman wisata di Ciwidey ini hanya bisa dikunjungi oleh anak anak saja. Wisata yang hits ini justru bisa dikunjungi oleh semua umur. Sehingga akan mudah bagi anda menentukan tujuan saat sedang di Bandung. Kelinci juga menjadi hewan yang penurut dan mudah untuk berinteraksinya.

Apalagi anda juga akan dimanjakan dengan berbagai wahana yang ada di dalamnya. Untuk anak anak bisa mencoba berbagai wahana yang memang khusus anak anak. Sementara para remaja dan dewasa bisa berjalan jalan sembari berburu foto cantik. Taman Kelinci Ciwidey juga sangat cocok untuk melepaskan segala penat karena lelah dengan aktivitas harian.

2. Pemandangan yang Indah

Daya tarik yang lainnya yakni pemandangan yang disuguhkan begitu menyejukkan mata. Taman unik ini terletak di ketinggian 1400 mdpl dan luas areanya mencapai 1,7 hektar. Karena berada di ketinggian, anda bisa menikmati panorama perbukitan yang indah. Suasana khas pegunungan juga akan membuat anda ingin berlama lama di sini.

3. Sebagai Wisata Edukasi

Untuk anak anak Taman Kelinci Ciwidey akan menjadi tujuan wisata edukasi yang tepat. Anak anak bisa langsung berinteraksi dengan hewan jinak seperti kelinci dan juga lebih mengenal kelinci. Setidaknya ada sekitar 100 ekor kelinci yang sebagiannya merupakan kelinci yang berasal dari luar negeri. Tentu masing masingnya akan memiliki perbedaan tersendiri.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Kelinci
Image Credit: Google Maps Suyandi Liyis

Bagi anda yang berencana untuk berkunjung ke taman Kelinci, anda bisa langsung menuju ke Jalan Ciwidey Rancabali, tepatnya di kilometer 33,7 Desa Cikembang, Kec. Panundaan Ciwidey, Kab. Bandung, Jawa Barat. Untuk menjangkaunya juga tidak sulit, karena bisa dilalui oleh kendaraan apapun termasuk bagi anda yang liburan dengan rombongan bus pariwisata.

Lokasinya memang strategis juga mudah untuk anda temukan, jaraknya hanya sekitar 3 km saja dari Alun Alun Ciwidey. Berkunjung taman hits di Ciwidey disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Karena sekalipun ada transportasi umum, tetapi terbilang sulit dan kendaraan pribadi juga akan lebih leluasa serta lancar.

Rute yang bisa anda ambil jika memulai perjalanan dari arah kota Bandung yakni mengikuti jalur Jalan Kopo atau Miko Mall. Silahkan anda lajukan kendaraan untuk menuju kawasan Ketapang, dilanjutkan ke Soreang dan Alun Alun Ciwidey. Dari alun alun, anda akan menemukan beberapa petunjuk yang akan memudahkan anda untuk sampai lokasi.

Untuk memudahkan anda singgah di tempat wisata Ciwidey ini, anda bisa memanfaatkan GPS yang terpasang di smartphone anda. Namun jika anda ingin menggunakan kendaraan umum, maka anda bisa naik ELF. Biasanya bisa ditemukan di Terminal Leuwi Panjang Ciwidey. Taman Kelinci memang termasuk mudah untuk diakses dari manapun.

Harga Tiket Masuk Taman Kelinci

Harga Tiket Masuk Taman Kelinci
Image Credit: Google Maps Wdsratna

Menikmati segala fasilitas dan keindahannya, anda tidak perlu mengeluarkan budget banyak. Harga tiket Taman Kelinci di Ciwidey ini hanya sekitar Rp 15 ribu setiap orangnya. HTM tersebut juga sudah termasuk dengan bonus 2 buah wortel, sehingga bisa sekalian memberikan makan kepada para kelinci yang ada di dalam.

Hanya saja harga tiket yang dibayarkan masih belum termasuk dengan tiket wahana yang ingin dinaiki. Kendati demikian harga tiket wahananya masih terbilang ramah kantong. Anda juga harus menyiapkan budget untuk membayar biaya parkir kendaraan anda. Tidak hanya harus mengetahui harga tiket masuk Taman Kelinci, anda juga harus tahu jam operasionalnya.

Taman yang hits ini buka pada hari Selasa sampai dengan Minggu. Pada Hari Senin, wisata yang penuh kelinci ini memang akan tutup. Jam buka di hari Selasa sampai dengan Sabtu dari pukul 10.00 pagi sampai 20.00 WIB. Pada akhir pekan buka lebih awal yakni pukul 09.00 hingga 21.00 WIB. ada baiknya jika datang saat pagi hari di hari biasa karena lebih tenang.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Kelinci Ciwidey

Kegiatan Menarik Taman Kelinci Ciwidey
Image Credit: Google Maps Galih Pratama

1. Bermain dengan Kelinci

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, terdapat sekitar 100 kelinci yang tersebar di area tempat wisata. Kelinci tersebut terdiri dari kelinci lokal maupun kelinci yang berasal dari luar negeri. Kelinci yang lucu ini dibiarkan bebas berkeliaran sehingga anda bisa langsung berinteraksi dengan hewan menggemaskan ini.

Taman hijau ini menggunakan rerumputan yang tebal juga cantik. Singgah di Taman Kelinci Ciwidey seakan akan anda sedang berada di dunia Teletubbies. Karena termasuk hewan jinak,pengunjung dipersilahkan untuk bermain, memberi makan ataupun langsung memegangnya. Aktivitas satu ini menjadi yang paling banyak diminati pengunjung.

2. Memberi Makan Kelinci

Apabila ingin memberi makan kelinci, maka anda harus membeli wortel jika kurang. Di dalam wortelnya dijual mulai dari Rp 5 ribu dengan isi 3 buah. Walaupun kelinci termasuk hewan yang jinak, anda tetap harus mengawasi buah hati saat mencoba aktivitas ini. Mendampingi si kecil dan mengenalkannya pada kelinci menjadi salah satu wisata edukasi yang menarik.

3. Berkunjung ke Petting Zoo

Anda tidak hanya akan menemukan hamparan taman saja di Taman Kelinci Ciwidey ini. Tetapi juga terdapat petting zoo atau kebun binatang mini yang begitu kondang. Walaupun areanya tidak luas, tetapi hewan yang ada di dalamnya terbilang lengkap. Binatang jinak sampai dengan hewan liar bisa ditemukan di area Petting Zoo Nya.

4. Mencoba Wahana Berkuda

Salah satu wahana yang siap dicoba yakni berkuda. Berkeliling areanya yang luas dan cantik tentu akan lebih menyenangkan. Anda tidak perlu khawatir perihal keamanan, karena si kecil akan ditemani oleh pemandu yang sudah profesional. Menikmati area indah taman di Ciwidey dengan berkuda akan menjadi kegiatan yang tidak terlupakan.

Kegiatan Menarik di Taman Kelinci Ciwidey
Image Credit: Google Maps puthut pramana

5. Singgah di Rumah Permen

Rumah Permen menjadi jujugan untuk anda yang senang dengan aktivitas berfoto foto. Candy House menawarkan banyak spot kekinian saat anda tiba di Taman Kelinci Ciwidey. Anda bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk mengabadikan momen. Seperti namanya, spot ini banyak ornamen dari permen yang berwarna warni.

6. Membeli Buah Tangan

Aktivitas seru yang bisa anda lakukan berikutnya yakni berburu buah tangan khas untuk keluarga di rumah. Ada banyak souvenir atau makanan yang merupakan khas dari kota Bandung. Disini terdapat pasar kelinci untuk anda yang tertarik memelihara. Harga kelinci yang ditawarkan tidak terlalu mahal, hanya sekitar Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu.

Harga tersebut tergantung dari jenis dan ukuran kelinci yang dibeli. Apabila anda tertarik untuk merawat tetapi tidak tahu caranya, anda bisa bertanya pada petugas yang anda temui di Taman Kelinci Ciwidey ini. Jika anda tidak sempat membawa tempat untuk menyimpan kelincinya, anda juga bisa membelinya di tempat.

7. Wisata Kuliner

Aktivitas yang akan membuat liburan anda semakin lengkap yakni berburu kuliner nikmat. Di kawasan taman ini anda bisa menemukan beberapa restoran atau warung makan. Warung makan ini menawarkan banyak menu yang masih terbilang ramah kantong. Menikmati kudapan nikmat dengan pemandangan yang indah, akan menaikkan nafsu makan anda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman

Fasilitas Taman Kelinci Ciwidey
Image Credit: Google Maps Eric Eric

Bukan hanya bisa mencoba banyak aktivitas yang seru, anda juga bisa menemukan beberapa fasilitas pendukung. Fasilitas yang lengkap menjadi salah satu alasan pengunjung menjadi lebih nyaman. Anda bisa menemukan area parkir kendaraan yang luas, sehingga bisa menampung semua kendaraan pengunjung yang datang.

Terdapat juga lapangan hijau luas dan terbuka yang bisa dijadikan sebagai area bermain anak anak. Anda juga bisa menemukan mushola juga toilet yang bersih. Taman Kelinci Ciwidey juga menyediakan Pasar Kelinci. Bagi anda yang ingin memelihara kelinci di rumah bisa membelinya di area pasar kelinci ini. Namun sebaiknya sudah membawa tempat dari rumah.

Toko Souvenir juga bisa anda temukan, memudahkan para pengunjung yang ingin berburu buah tangan untuk keluarga di rumah. Tidak ketinggalan beberapa restoran juga tempat makan yang menyediakan berbagai menu kuliner. Lokasinya yang strategis juga akan memudahkan anda untuk mencari penginapan yang dekat, walaupun harus keluar area terlebih dahulu.

Liburan di Bandung jangan sampai melewatkan Taman Kelinci Ciwidey. Apabila jika liburan dengan keluarga, selain bisa berinteraksi langsung dengan kelinci pemandangannya juga indah. Belum lagi anda juga akan dimanjakan dengan berbagai wahana yang dihadirkan. Alangkah lebih baik datang pagi hari karena udaranya masih sejuk.