Taman Kelinci Tuntang, Destinasi Wisata Keluarga & Outbound Favorit

Taman Kelinci Tuntang

Ingin berekreasi bersama si kecil dengan cara asik? Berkunjung ke Taman Kelinci Tuntang di Semarang menjadi tempat yang tepat. Taman wisata yang dilengkapi sarana dan prasarana lengkap dalam mendukung rekreasi keluarga Anda semakin menyenangkan.

Lokasi: Jl. Raya H. Toeyib Soebadi, Kalibeji, Kec. Tuntang, Kab. Semarang.
Map: Cek Lokasi

Berkunjung ke Taman Kelinci di Tuntang bisa menjadi acara yang selalu ditunggu oleh si kecil. Belajar sambil bermain dengan cara asyik dan menyenangkan, dijamin acara berlibur menjadi lebih berwarna dan memberikan pengalaman tak terlupa. Untuk mengenalnya lebih dalam, silahkan simak ulasan singkat berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Kelinci Tuntang

Daya Tarik Taman Kelinci

Image Credit: Google Maps (Abdul Hadi)

Hari libur adalah kesempatan emas untuk memperkuat jalinan komunikasi antara anak dan orang tua. Dibandingkan hanya diam di rumah, akan lebih menyenangkan jika mengajaknya berlibur ke Taman Kelinci Tuntang. Tempat rekreasi keluarga ini didesain khusus untuk anak anak, namun tidak banyak pula orang dewasa tertarik mengunjunginya.

Menggabungkan tema sport dan alam dalam satu kawasan membuat Taman Kelinci ini menjadi semakin menarik dikunjungi. Nuansanya yang cenderung tenang dan sesekali terdengar suara anak anak yang sedang bermain, mampu memberikan suasana berbeda. Lokasi wisata satu ini juga cocok dijadikan sebagai tempat beristirahat sejenak dari hiruk pikuk perkotaan.

Pihak pengelola juga menyiapkan sejumlah wahana permainan seru yang sayang dilewatkan seperti flying fox hingga menunggang kuda. Segudang aktivitas seru bisa dilakukan disana, sehingga anak anak tidak akan merasa bosan sejak menapakkan kaki di kawasan wisata tersebut. Justru sebaliknya, orang tua seringkali kesulitan membujuk si kecil untuk pulang ke rumah.

Selain senang karena bisa mencoba berbagai permainan seru, disini mereka dapat bertemu dengan teman teman baru dari berbagai daerah. Merasa memiliki banyak teman yang bisa diajak bermain bersama, inilah alasan mengapa anak anak sangat senang ketika diajak berlibur ke Taman Kelinci Tuntang. Tidak heran jika para orang tua memasukkannya dalam list kunjungan di hari libur.

Sedangkan paket wisatanya sendiri dikemas dalam bentuk edutainment dengan memadukan unsur hiburan dan pendidikan dalam satu tempat. Dengan kata lain pengunjung tidak hanya senang dengan hiburan yang disediakan, namun juga mendapatkan wawasan tambahan terkait dengan lingkungan alam sekitarnya. Menarik bukan ?

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Taman Kelinci Tuntang

Alamat Taman Kelinci Tuntang

Image Credit: Google Maps (Wahyu Budi Santosa)

Ketika bertandang ke Kabupaten Semarang, tentu belum lengkap jika belum singgah ke Taman Kelinci. Destinasi wisata yang tidak pernah sepi pengunjung ini cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga. Lokasinya sendiri tidak terlalu jauh dari pusat kota, sehingga cukup mudah untuk menemukannya.

BACA JUGA:  Umbul Cokro, Pemandian Alami yang Hits di Klaten

Jika tertarik berkunjung kesana, silahkan meluncur ke Jalan Raya Muncul 11, Desa Kalibeji, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Akses menuju Taman Kelinci cukup mulus, sehingga aman dilalui oleh kendaraan pribadi baik itu motor maupun mobil pribadi sekalipun. Bahkan Anda bisa mengakses lokasi wisata dengan menaiki transportasi umum.

Selama perjalanan menuju lokasi wisata, pesona keindahan alam siap menyambut di setiap mata memandang. Keindahannya berhasil menyegarkan mata sekaligus menumbuhkan kebahagiaan di dalam hati. Tanpa disadari, anak anak mulai bernyanyi riang ketika menyadari perjalanan menuju lokasi wisata sudah semakin dekat.

Setidaknya ada beberapa jalur yang bisa dilalui untuk sampai di kawasan wisatanya. Bagi wisatawan yang bertolak dari pusat kota Semarang, bisa menaiki bus yang mengarah ke daerah Ambarawa dan turun di Palangan. Jika ini adalah kali pertama berkunjung kesana, jangan sungkan bertanya kepada sopir bus atau kernetnya agar tidak tersesat.

Ketika sudah turun di Palangan, silahkan lanjutkan perjalanan dengan menaiki angkot jurusan Muncul. Perjalanan menuju Taman Kelinci Tuntang juga bisa ditempuh melalui Salatiga, lalu ambil jalur menuju jurusan Banyubiru. Sedangkan wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi, dapat mengikuti instruksi yang disajikan oleh aplikasi canggih.

Harga Tiket Masuk Taman Kelinci Tuntang Semarang

Harga Tiket Taman Kelinci

Image Credit: Instagram.com @tukangtaman_salatiga

Berlibur ke tempat rekreasi keluarga tidak selalu menguras isi dompet. Hal ini juga berlaku ketika berlibur ke Taman Kelinci di Semarang. Berdasarkan informasi yang berhasil didapatkan, harga tiket masuk menuju kesana berkisar mulai dari 6 ribuan rupiah saja per orangnya. Sedangkan untuk anak anak, akan dikenakan tarif tiket masuk sekitar 5 ribuan per orang.

Bukan hanya sekedar biaya masuk ke dalam destinasi wisata, pasalnya tiket yang dibayarkan sudah termasuk asuransi. Bahkan wisatawan juga mendapatkan botol minuman dingin yang siap memanjakan dahaga selagi menikmati hari libur disana. Patokan harga tersebut telah berlaku pada tahun 2019 lalu, dan ada kemungkinan berubah kapanpun akibat beberapa faktor.

Kemungkinan jika tingginya harga tidak terlalu melejit seperti yang dibayangkan, sehingga masih termasuk ramah di kantong jika dibandingkan dengan destinasi wisata lainnya yang ada di Semarang. Sebab dengan harga tersebut, Anda sudah bisa menikmati keindahan alam sambil melakukan berbagai aktivitas menarik.

Dengan tiket itu pula, wisatawan dapat menikmati berbagai wahana permainan secara gratis. Mulai dari mini area outbound khusus bagi anak anak, perosotan, hingga taman yang berisikan aneka jenis kelinci menggemaskan siap menyambut Anda dan keluarga. Apabila ingin menikmati wahana lainnya yang lebih seru, pengunjung akan dikenakan tarif tambahan.

Harga untuk setiap wahana permainan pun cukup bersahabat di kantong. Wahana menunggang misalnya, dimana wisatawan hanya perlu mengeluarkan dana sekitar 10 ribuan saja untuk mendapatkan pengalaman baru. Tidak perlu takut dengan kuda yang Anda tunggangi, karena mereka telah dilatih oleh sang ahli sehingga sangat jinak dengan manusia.

BACA JUGA:  5 Oleh-Oleh Khas Brebes yang Wajib Anda Bawa Pulang

Pengunjung juga dikenakan tarif tambahan untuk parkir kendaraan. Khusus wisatawan yang mengendarai mobil akan dikenakan tarif sekitar 5 ribuan per kendaraan, sedangkan motor akan dikenakan tarif parkir sekitar 2 ribuan saja per kendaraan. Harga parkir kendaraan juga dapat berubah kapan saja, sehingga tidak ada salahnya membawa dana lebih.

Aktivitas Menarik Dilakukan di Taman Kelinci Semarang

Aktivitas di Taman Kelinci

Image Credit: Instagram.com @aidadilantii_

1. Bermain Bersama Kelinci

Sesuai dengan nama wisatanya, disini terdapat taman cantik yang dihiasi dengan berbagai jenis kelinci tampak menggemaskan. Sekumpulan kelinci tersebut seakan membawa angin segar tersendiri. Anak anak yang melihat tingkah menggemaskan dari kelinci, tentu tertarik mengajaknya bermain bersama tanpa kenal waktu.

Selagi asyik melihat keseruan bermain dengan kelinci, jangan lupa mengabadikan momen bahagianya selama berada disana. Cobalah untuk meminta si kecil berpose menggemaskan bersama kelinci, dijamin Anda ikut merasa gemas dibuatnya. Momen berlibur yang menyenangkan ini, dijamin akan dikenang mereka seumur hidupnya.

2. Berenang Santai

Di salah satu sudut Taman Kelinci Tuntang, wisatawan dapat melihat sebuah kolam renang yang dihiasi dengan sejumlah wahana permainan seru. Airnya yang jernih dan menyegarkan, berhasil meyakinkan wisatawan untuk mencoba berenang disana. Dan benar saja, anak anak tentu tidak sabar menikmati kesegaran airnya sambil bermain bersama dengan teman teman barunya.

3. Menunggang Kuda

Masih di tempat rekreasi keluarga ini, Anda bisa menyaksikan beberapa kuda tengah asyik diajak berjalan jalan dengan sang pawangnya. Sejumlah kuda tersebut bukan sekedar menghiasi destinasi wisata populer satu ini. Namun para pengunjung juga diperbolehkan menungganginya dengan santai sambil dipandu sang pawang.

Dipandu langsung oleh orang yang telah profesional di bidangnya, alhasil pengunjung tidak perlu takut ketika pertama kali mencoba menungganginya. Selain merasakan sensasi menunggang kuda, pemandangan di setiap mata memandang berhasil menggoreskan sebuah pengalaman menarik yang akan dikenang sepanjang masa.

Selain menggoreskan pengalaman baru, Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih untuk berkeliling kawasan wisatanya. Bahkan sang kuda sudah sangat hafal dengan jalur yang harus dilewatinya, sehingga dengan santai mereka akan mengajak penunggangnya berkeliling sejenak sambil menikmati udara sejuk dari pepohonan rindang.

4. Mencoba Berbagai Wahana Permainan

Dijamin si kecil tidak akan pernah bosan mengunjungi Taman Kelinci Tuntang, mengingat banyaknya destinasi wisata menarik untuk dinaiki. Flying fox, termasuk wahana permainan yang banyak diminati oleh para pengunjung. Hanya saja permainan ini hanya boleh dinaiki oleh anak anak, sehingga orang dewasa hanya bisa mengawasi mereka dari kejauhan.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Pati Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Dilengkapi dengan peralatan keselamatan sesuai standar yang berlaku, sehingga Anda bisa sedikit lega membiarkan putra putri mencoba menaklukkan wahana permainan tersebut. Ditambah dengan adanya pemandu profesional, dijamin si kecil merasa lebih aman ketika ada orang dewasa yang dapat membantunya.

5. Mencicipi Kuliner Lezat

Puas melakukan berbagai aktivitas menarik, kini waktunya untuk memanjakan perut yang sudah mulai berbunyi. Selain membawa bekal sendiri dari rumah, sempatkan diri untuk mencicipi kelezatan aneka kuliner yang ditawarkan para penjual. Aneka kuliner yang ditawarkan pun cukup beragam seperti jamur goreng, ikan bakar, hingga mendoan.

Diolah menggunakan aneka rempah rempah pilihan berhasil membuat rasa lapar berubah menjadi rasa kenyang dan puas. Minuman yang disediakan juga tidak kalah beragam, sehingga Anda tidak perlu repot memilih menu diinginkan. Acara makan bersama dengan keluarga di tempat rekreasi, tentunya memberikan pengalaman tak terlupa.

Penginapan Murah Terdekat dari Taman Kelinci Tuntang

Penginapan Dekat Taman Kelinci

Image Credit: Tiket.com

Taman Kelinci Tuntang sudah dikenal luas oleh masyarakat luar daerah, sehingga tidak perlu terkejut ketika destinasi wisata ini mengalami lonjakan pengunjung di setiap hari libur tiba. Hanya saja berlibur satu hari terasa kurang memuaskan. Karena sudah datang dari jauh, maka bermalam di penginapan terdekat adalah pilihan sempurna.

Beruntungnya lokasi wisata satu ini cukup strategis karena berdekatan dengan sejumlah tempat penginapan berbintang. Harga yang ditawarkan tentu sebanding dengan fasilitas dan pelayanan yang didapatkan. Kini tinggal pengunjung yang menentukan hendak bermalam dimanapun asalkan sesuai dengan budget yang dimiliki.

Ketika memasuki hari libur, umumnya tempat penginapan sudah penuh dari jauh hari. Jika memang berniat berlibur ke Semarang, akan lebih baik jika memesan kamar sebelum direbut oleh orang lain. Dengan cara ini, Anda tidak akan kelimpungan mencari tempat beristirahat selama berada di Semarang.

Fasilitas yang Tersedia Taman Kelinci Tuntang

Fasilitas Taman Kelinci Tuntang

Image Credit: Google Maps (Muammar Faruq Adiguna)

Pihak pengelola memberikan sarana dan prasarana cukup lengkap demi mendukung aktivitas berlibur. Beberapa fasilitas yang disediakan mulai dari kolam renang, terowongan yang terbuat dari tong, flying fox, kandang kelinci, hall gazebo, pendopo, dan masih banyak lagi lainnya. Sedangkan fasilitas utama seperti toilet hingga area parkir lapang juga sudah disediakan.

Lengkapnya fasilitas yang disediakan, diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan selama berwisata ke Taman Kelinci Semarang. Semua fasilitas tersebut bisa didapatkan dengan harga cukup terjangkau, sehingga tidak ada salahnya memasukkan destinasi wisata satu ini ke dalam list kunjungan berikutnya.

Tidak ada yang lebih menyenangkan ketika melihat putra putri kesayangan bermain dengan ceria di Taman Kelinci Tuntang. Tidak hanya bermain, mereka dapat bereksplorasi dan belajar dengan cara menyenangkan. Selama asyik dengan kegiatannya, pastikan bapak ibu bisa melihat bagaimana pertumbuhan si kecil.