Berwisata di Bogor tak perlu khawatir kehabisan ide tempat menarik. Kota hujan memang memiliki banyak atraksi yang memukau, salah satunya Taman Kencana Bogor. Taman hijau sarat sejarah ini bisa menjadi tujuan menenangkan diri sekaligus berburu kuliner lezat.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 07.00-22.00 WIB, Alamat: Jl. Lodaya Blok Metal No.40, RT.02/RW.03, Babakan, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Bogor yang mendapatkan sebutan sebagai kota Hujan memang menyimpan banyak tempat wisata yang mengagumkan. Pemandangan hijau yang menyejukkan mata sangat mudah untuk Anda dapatkan jika mengunjungi kota satu ini. Tidak hanya terkenal dengan Kebun Raya Bogornya saja, Anda juga bisa menjadikan Taman Kencana Bogor sebagai tujuan liburan.

Mengenal Taman Kencana Bogor

Mengenal Taman Kencana
Image Credit: Facebook.com @kusmayadi.buitenz

Sebenarnya, taman satu ini lokasinya sangat dekat dengan Kebun Raya Bogor. Sehingga Anda bisa melanjutkan perjalanan dari kebun raya untuk singgah di taman ini. Taman satu ini termasuk kawasan terbuka hijau yang cukup terkenal di kalangan wisatawan. Deretan tanaman hijau juga pepohonan rindang hadir di taman satu ini.

Udara yang sejuk akan menyambut Anda ketika singgah di taman satu ini. Sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat melepas penat. Selain bisa bersantai sembari menikmati udara juga suasananya, pengunjung juga bisa sekalian wisata kuliner di taman ini. Tak heran jika banyak wisatawan yang tidak pernah melewatkan tempat satu ini.

Taman dengan luas sekitar 5200 m persegi ini menjadi tempat tinggal pohon rindang sekaligus bunga bunga indah. Beberapa bangku juga disediakan di beberapa titik untuk membuat para pengunjung betah berlama lama. Taman Kencana juga termasuk taman yang bersih, sehingga Anda dijamin nyaman. Duduk duduk sembari mencari ketenangan menjadi aktivitas yang banyak dilakukan.

Di salah satu sudut taman, Anda bisa menemukan patung dengan warna emas. Patung dengan wujud manusia membaca tetapi matanya tertutup ini sudah ada dari tahun 2017. Patung ini memang tidak memiliki nama resmi, tetapi warga sekitarnya menyebutnya sebagai patung revitalisasi Sumpah Pemuda.

Nama ini sendiri diambil karena munculnya patung ini bersamaan dengan deklarasi Sumpah Pemuda. Di bagian depan terdapat prasasti yang berisikan kutipan dari Najwa Shihab dan juga Bimbim Slank. Dan patung satu ini kerap kali dijadikan tempat berburu foto. Selain bisa jadi tempat melepas penat, taman satu ini memang cocok untuk berburu foto instagramable.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Kencana

Daya Tarik Taman Kencana
Image Credit: Google Maps (Helvry Sinaga)

Sebelum menyebutkan daya tariknya, ada baiknya jika Anda mengetahui sejarah dari taman ini. Dahulu, Taman Kencana dikenal dengan nama Van Imhoff Square atau Van Imhoff Plein. Pembangunan taman sendiri dilakukan bersamaan dengan pengembangan dari kota Hujan. Masa tersebut juga disebut dengan Buitenzorg dan dimulai tahun 1917.

Kawasan di sekitar taman ini rencananya, dikhususkan untuk warga Eropa dengan strata yang tinggi. Sehingga Anda akan menemukan bangunan dengan nuansa Indo Eropa di taman ini. Sehingga bangunannya sangat unik, menariknya bangunan tersebut juga akan memiliki ciri kemiringan pada atapnya sebesar 35 derajat.

Kemiringan ini bukan tanpa tujuan, melainkan untuk mengantisipasi curah hujan yang tinggi. Karsten yang pada saat itu mendesain bangunan bangunan di kawasan tersebut, mempunyai rencana untuk membangun taman terbuka yang sekaligus bisa dimanfaatkan sebagai rekreasi. Di tahun 1926 sampai 1930, oleh Pemerintah Belanda direalisasikan.

Image Credit: Google Maps (Oemang Belik)

Taman ini akhirnya diberikan nama Von Imhoff Plein atau Von Imhoff Square. Mengingat nama dari pendirinya yakni Baron Von Imhoff. Setelah Indonesia Merdeka, barulah namanya diubah menjadi Taman Kencana. Kini taman ini sudah mengalami banyak polesan di beberapa sisinya. Sehingga tak begitu banyak bangunan dengan gaya arsitektur Indo Eropa.

Taman bersejarah ini jika siang hari sangat cocok untuk melepas penat dan menikmati ketenangan. Namun jika malam hari, seringkali dijadikan sebagai tempat untuk nongkrong. Yang menjadi daya tarik utama dari taman ini tidak hanya pada sejarahnya. Melainkan tulisan Taman Kencana besar yang jika malam hari akan menyala indah.

Selain itu, bagi pengunjung yang ingin mencicipi kuliner kota Bogor juga bisa mengunjungi taman ini. Ada banyak makanan yang tersedia di taman satu ini. Kebanyakan menu makannya masih berbau kolonial. Begitu juga dengan bangunan tempat tempat makan tersebut juga bergaya kolonial. Namun tetap menjadi maskot kuliner yang begitu dicari pengunjung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Taman Kencana

Alamat Taman Kencana
Image Credit: Google Maps (Sofie Upiet)

Taman cantik ini berada di Babakan, Bogor Tengah, Kota Bogor. Taman ini menjadi taman yang merupakan pertemuan antara banyak jalan yakni, Jalan Pangrango, Jalan Salak , Jalan Tangkuban Perahu, Jalan Ceremai Ujung dan juga Jalan Sangga Buana. Taman ini bisa dengan mudah Anda akses menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua atau roda empat.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum untuk sampai di taman cantik ini. Jika menggunakan kendaraan umum, Anda bisa memilih angkutan umum 03 menuju arah terminal. Atau juga bisa menggunakan angkutan nomor 2 yang menuju ke arah Sukasari.

Apabila menggunakan kendaraan pribadi dari arah kota Jakarta, Anda bisa menggunakan Tol Jagorawi dan nanti keluar di Tol Bogor. Setelah itu, Anda bisa mengambil arah belok kanan untuk tiba di pertigaan setelah pintu tol. Silahkan ikuti jalan utama hingga melewati Kebun Raya Bogor. Setelah itu ambil arah menuju Jalan Raya Pajajaran dan masuk ke Jalan Salak.

Akses menuju taman ini sangat mudah, sehingga Anda tak perlu khawatir akan tersesat. Petunjuk jalan bisa dengan mudah untuk ditemukan, dan tentunya Anda bisa mengandalkan GPS yang terpasang di ponsel pintar Anda. Selain angkutan umum, Anda juga bisa memanfaatkan transportasi online untuk tiba di taman menawan satu ini.

Untuk menikmati semua fasilitas serta keasrian taman ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Memang tidak ada biaya tiket untuk masuk ke area taman ini. Hanya saja, Anda tetap harus menyiapkan dana untuk parkir kendaraan bermotor Anda. Sementara untuk jam bukanya adalah mulai pukul 07.00 pagi hingga pukul 22.00.

Taman ini juga buka setiap hari, sehingga Anda bisa kapan saja mengunjunginya. Waktu paling banyak dilakukan kunjungan adalah di pagi, sore dan malam hari. saat pagi dan sore banyak penduduk sekitar yang olahraga di sekitaran taman ini. Sementara ketika malam hari lebih banyak kawula muda yang nongkrong maupun berburu kuliner di sekitar taman satu ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Kencana

Kegiatan di Taman Kencana
Image Credit: Google Maps (Muhamad Ridwan)

1. Bersantai di Taman

Bersantai di taman ini merupakan pilihan yang tepat karena suasananya yang mendukung. Anda yang ingin mencari tempat wisata murah di Bogor, taman Kencana bisa dijadikan alternatif. Duduk di bangku taman, mengawasi anak anak yang bermain atau sekedar ngobrol menjadi kegiatan yang banyak dilakukan oleh wisatawan.

2. Berburu Foto Keren

Kegiatan yang juga tak boleh dilewatkan saat singgah di taman ini adalah berburu foto cantik. Suasana yang sejuk membuat siapapun nyaman untuk berlama lama. Anda bisa puas mengambil foto foto, baik di spot andalannya maupun di sudut sudut lainnya. Untuk itu, pastikan membawa kamera terbaik Anda saat singgah di Taman satu ini.

3. Wisata Kulineran

Wisata kuliner menjadi agenda yang pasti dilakukan oleh siapapun yang singgah di Taman Kencana. Hanya perlu berjalan kaki saja, Anda sudah akan menemukan outlet atau tempat kuliner yang juara. Seperti misalnya macaroni panggang yang paling diburu oleh pecinta kuliner. Tersedia tempat nongkrong, Anda bisa sekalian hangout di Macaroni Panggang.

Selain makaroni, Anda juga bisa mengunjungi Rumah Cupcake dan BBQ. Kedai yang sudah buka sejak tahun 2019 ini, adalah tempat berburu dessert lucu yang nikmat. Anda bisa menjajal menu favoritnya yakni Cupcake Black Forest. Masih belum puas memanjakan lidah dan perut, Anda bisa mengunjungi Kedai Kita.

Tempat makan ini menawarkan menu pizza kayu bakar juga aneka olahan mie. Anda yang ingin mencicipi kuliner dengan bahan apel, Rumah Apel bisa jadi tujuan. Yang tak kalah legendaris adalah Klappertart Huize yang tak pernah sepi pengunjung. Menu lain seperti lasagna atau steak juga menarik untuk dijajal.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Kencana Bogor

Fasilitas Taman Kencana
Image Credit: Google Maps (River Defender)

Semenjak direvitalisasi, taman satu ni memang semakin menawan tampilannya. Fasilitas yang dihadirkan juga semakin lengkap dan siap memanjakan masyarakat. taman satu ini dilengkapi dengan akses WIFI gratis. Sehingga Anda bisa menemukan kawula muda atau orang orang yang membuka laptop sembari mengerjakan pekerjaan atau tugas di taman ini.

Tidak hanya Internet, sarana olahraga juga bisa ditemukan. Memang olahraga yang bisa dilakukan adalah olahraga ringan seperti jogging atau jalan jalan. Taman Kencana memang dilengkapi dengan jogging trek yang nyaman. Hanya saja, taman ini masih belum cocok untuk dijadikan lokasi bersepeda. Hanya ramah bagi pejalan kaki atau berlari keliling.

Fasilitas lainnya yang bisa ditemukan juga berupa pos keamanan, tempat parkir juga bangku duduk di beberapa titik. Wahana permainan untuk anak seperti seluncuran juga bisa temukan. Anda juga bisa menemukan area parkir yang terbilang luas. Tidak ketinggalan deretan tempat kuliner, tak usah khawatir akan lapar di area ini.

Keindahan yang dimiliki oleh Taman Kencana membuat taman ini selalu jadi jujugan warga sekitar maupun wisatawan saat berada di Bogor. Terutama bagi mereka yang menyukai wisata kuliner sembari menenangkan pikiran. Lokasinya juga sangat strategis sehingga wajar jika taman ini tidak pernah sepi pengunjung. Tertarik singgah di taman ini?