Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Veteran No.36, Kuningan, Kec. Kuningan, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Kabupaten Kuningan merupakan bagian dari provinsi Jawa Barat. Salah satu provinsi yang menjadi favorit pilihan untuk berlibur di Indonesia. Khususnya bagi masyarakat berdomisili di Jabodetabek. Tanah parahyangan ini menyediakan berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh para pelancong. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya sampai wisata cagar alam yang pastinya wajib dicoba oleh setiap wisatawan.

Taman kuningan juga disebut sebagai alun-alun Kuningan. Destinasi menawan ini landmark yang berlokasi di tengah ibukota kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Sejatinya, tamkot Kuningan merupakan alih fungsi bangungan dari plaza atau mal yang sudah lama tidak beroperasi lagi. Masyarakat menyambut positif pembangunan ulang taman kota. Supaya menambah daya pikat wisata di jantung kota Kuningan

Tidak tanggung-tanggung, perombakan Taman Kota Kuningan memakan biaya sekitar Rp 15 miliar. Pendanaan berasal dari APBD Jabar atau Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Jawa Barat. Perombakan ulang adalah ide Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Acap kali warga atau orang terdekatnya memanggil dengan sapaan Kang Emil.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Kota Kuningan

Daya Tarik Taman Kota Kuningan
Image Credit: Instagram april

Perubahan signifikan sangat terasa pada destinasi di tengah kota ini. Bagi siapa pun yang melihat akan timbul rasa kagum lalu berniat untuk berkunjungnya. Entah itu wisatawan dari luar kota maupun masyarakat setempat.

Tamkot Kuningan menjelma menjadi alun-alun yang menambah keelokkan kota Kuningan. Siapa pun yang melihatnya tentu tertarik untuk sekadar singgah, duduk-duduk cantik atau hanya berswafoto ria. Bahkan sebelum resmi dibuka kembali tamkot sudah dibanjiri warga lokal.

Ini membuktikan bahwa Taman Kota Kuningan wajib hukuman masuk ke daftar kunjungan saat berlibur ke kota Kuda. Selain akses yang mudah, tamkot Kuningan menghadirkan spot foto instagramable yang keren. Puas berfoto-foto, pengunjung bisa sekadar berjalan santai atau berkumpul menghabiskan waktu bersama teman, pacar ataupun keluarga.

Hal ini tentu sesuai dengan misi revitalisasi tamkot tersebut. Dimana renovasi taman cantik ini bermaksud guna meningkatkan daya pikat terhadap pengunjung. Dengan begitu, menumbuhkan perekonomian warga sekitar. Kelengkapan fasilitas semakin membuat pengunjung betah belama-lama di tempat hits ini.

1. Patung Kuda

Tiga patung kuda berwarna putih berhasil mencuri perhatian setiap pasang mata orang yang melintasinya. Bisa dibilang patung ini menjadi ikon tamkot Kuningan. Selain sebagai dekorasi taman ternyata patung kuda sendiri memiliki makna filosofis bagi kota kuningan.

Kisah si Windu mungkin sudah santer terdengar di warga kota Kuningan. Windu adalah nama kuda kepunyaan Panglima Perang asal Kuningan bernama Adipati Ewangga. Dikisahkan Windu merupakan kuda yang gagah dan lincah. Adipati Kuningan selalu menungganginya pada setiap pertempuran. Berkat Windu, dia mampu memukul mundur lawan-lawannya.

Sejak saat itu munculah istilah “Kecil-Kecil Kuda Kuningan”. Walaupun ukurannya tidak sebesar kuda Sumba tetapi kuda Kuningan memiliki ketangguhan yang hebat. Inilah yang membuat kota Kuningan tersohor dengan kuda dan dijuluki sebagai kota Kuda.

2. Keindahan Jalan Penyeberangan Orang (JPO)

Proyek pembaharuan Taman Kota Kuningan ini membuahkan Jalan Penyebarang Orang (JPO) yang menawan. JPO ini tidak kalah indah daripada JPO hits di Sudirman, Jakarta. Selain patung kuda, dari kejauhan JPO keren inilah yang memikat siapa saja yang tengah melintas. Apalagi saat malam hari, JPO semakin memancarkan pesonanya.

JPO yang dibangun dengan aksen garis horizontal membentuk segitiga ini kian menambah estetik. Warna-warni di setiap ornamaenya menjadikan JPO ini semakin bagus. Tidak heran seringkali dijadikan sebagai spot foto.

Daya Tarik Dimiliki Taman Kota Kuningan
Image Credit: Instagram cahya dias

3. Lokasi Strategis

Taman yang berada di jantung kota Kuningan memudahkan dari segi akomodasi. Jalan protokol besar mengelilingi taman kota indah ini sangat mudah dijangkau para pelancong. Khususnya bagi wisatawan yang menerapkan konsep backpacker.

Wisatawan yang datang pun tidak akan kesulitan jika ingin berpindah ke objek wisata lainnya. Letak tamkot Kuningan sangat strategis sehingga sangat gampang ditemukan. Apalagi kecanggihan teknologi menunjang kepraktisan memesan mobil atau ojek secara daring.

4. Monumen Nol Kilometer Kuningan

Wisata semakin menarik dengan dibangunnya monumen nol kilometer kuningan di bagian timur Taman Kota Kuningan. Angka nol berukuran besar yang berwarna merah dan kujang menjadi tanda monumen tersebut. Tempat ini pun menjadi spot populer untuk berswafoto.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Kota Kuningan
Image Credit: Instagram ~ RETIYANTI ~

Untuk sampai ke taman cantik ini sangatlah mudah. Lokasinya yang berada di pusat kota tidak akan menyulitkan siapa pun untuk ke sana. Tinggal ketik saja “Taman Kota Kuningan” pada mesin pencari. Dalam sekian detik akan muncul alat lokasinya. Alamat lengkapnya berada di Jalan Veteran Nomor 36, Kuningan, Jawa Barat.

Pengunjung yang berasal dari arah barat akan melintasi Jalan Veteran. Sementara jika berasal dari arah timur akan diarahkan melalui Jalan Dewi Sartika. Sedangkan apabila berjalan dari arah utara akan ditunjukkan ke Jalan Veteran dan sampai tamkot kecintaan warga Kuningan ini.

Pemerintah tidak mematok tarif kepada pengunjung untuk masuk ke taman kota ini. Bisa dibilang gratis atau tanpa dipungut biaya sepeser pun. Pada dasarnya tamkot Kuningan dibangun sebagai area publik. Masyarakat bebas mendatangi taman kota kebanggan Kuningan ini selam 24 jam.

Masyarakat yang datang hanya perlu menyiapkan uang untuk membeli makan atau minuman saja. Oleh karena itu, berkunjung ke taman kota ini tergolong ke dalam wisata murah meriah. Hati senang, kantong pun tenang sebab tidak perlu mengocek dana terlalu dalam.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Kota Kuningan

Kegiatan Menarik Taman Kota Kuningan
Image Credit: Instagram AriPrasstyo

Setiap mengunjungi sebuah destinasi liburan tentu melakukan suatu kegiatan yang menarik. Hal tersebut agar momen liburan tidak membosankan dan terkenang sebagai pengalaman terindah. Muncullah perasaan senang dan bahagia. Beban pekerjaan pun hilang seketika sehingga pikiran segar kembali.

Revitalisasi pada Taman Kota Kuningan berhasil meningkatkan kenyamanan pengunjung. Tentu saja dengan penataan yang apik dan penyediaan fasilitas lengkap. Saat singgah di taman kota ini ada beberapa aktivitas yang menarik untuk dilakukan:

1. Swafoto

Swafoto menjadi hal wajib saat singgah di suatu tempat. Gawai yang dilengkapi dengan kamera resolusi tinggi pasti menggoda penggunanya untuk memotret setiap momen. Tidak terkecuali saat berkunjung ke taman kota Kuningan. Infrastruktur modern dirancang agar pengunjung bisa berfoto di setiap sudutnya.

Apalagi di taman kota Kuningan telah dibangun monumen nol kilometer. Layaknya monumen nol kilometer Yogyakarta, tugu nol Kuningan ini pun pantas menjadi spot foto. Selain untuk narsis di media sosial, swafoto pun bermanfaat sebagai arsip pribadi.

Tempat yang wajib untuk berswafoto adalah JPO terbaru di taman kota ini. Terutama di malam hari, cahaya lampu kana menambah keeksotisan foto.

Pelataran Masjid Agung Syaitul Islam yang berada tidak jauh dari tamkot kuningan pun perlu dijelajahi untuk berfoto-foto. Halaman yang lebih luas dan arsitektur masjid yang megah pantas menghiasi laman akun sosial media.

2. Jalan-Jalan di Sekitar Taman Kota

Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah mengelilingi taman kota dengan berjalan santai. Namun, harus berhati-hati karena taman kota dikepung ruas jalan protokol. Dimana ramai lalu lalang kendaraan.

Seraya jalan-jalan santai, kalian bisa sambil bercengkrama dengan rekan liburan kalian. Maka tidak akan merasa capai yang berlebihan. Justru semakin asyik dengan canda gurau selama berjalan kaki tersebut.

3. Bersantai dan Berkumpul di Taman Kota Kuningan

Setelah puas dan lelah menjelajahi taman kota, pengunjung bisa beristirahat sejenak. Sambil ditemani minuman atau sekadar makanan ringan. Wisatawan bisa memilih mau duduk-duduk cantik di taman kota atau di pelataran Masjid Agung Syaitul Islam. Meskipun dengan menu sederhana tetapi obrolan bisa menyempurnakan kegiatan tersebut.

Muda-mudi akan memilih berlama-lama nongkrong di taman. Para pedagang akan menyuguhkan dagangan di atas kendaraan roda duanya. Jadi pelancong tidak kesulitan mencari makanan saat lapar melanda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman

Fasilitas Taman Kota Kuningan
Image Credit: Google Maps Amazing Trip – Panorama

Luas wilayah Kuningan yang mencapai 1.194 m2 menyuguhkan beragam jenis tempat hiburan. Meskipun tersohor dengan wisata alamnya, Kuningan juga memiliki tempat wisata di tengah kota. Taman Kota Kuningan tengah menuai minat yang tinggi di masyarakat lokal. Tamkot, singkatan dari warga loka, baru saja rampung direvitalisasi tahun lalu.

Berada di pusat kota menjadi keunggulan taman kota menawan ini. Setidaknya fasilitas penunjang primer sudah tersedia. Jaraknya pun tidak jauh dari taman kota. Beberapa fasilitas yang ditemukan di sekitar taman kota Kuningan, yaitu

1. Masjid Agung Syaitul Islam

Masjid atau mushola adalah salah satu fasilitas yang dicari di tempat objek wisata. Terutama bagi umat muslim yang memiliki kewajiban menjalankan shalat lima waktu. Walaupun berlibur tetap ingat untuk menyembah sang Khalik. Jarak Masjid Agung Syaitul Islam tidak jauh dari tamkot Kuningan.

Pemerintah membangun Jembatan Penyeberangan Orang atau JPO yang terkoneksi langsung dengan pelataran masjid. Dengan begitu, pengunjung yang hendak ke masjid tidak perlu keluar area taman kota. Cukup berjalan melalui JPO saja.

2. Toilet Umum

Di dalam masjid tentu tersedia toilet umum. Jadi tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu ingin buang air besar (BAB) atau buang air kecil (BAK). Biasanya pengunjung akan memanfaatkan toilet tersebut. Karena toilet itu paling mudah dijangkau.

3. Jembatan Penyeberangan Orang (JPO)

JPO dibangun bukan sekadar sebagai daya tarik saja. Infrastruktur ini memiliki fungsi menghubungkan taman kota dengan Masjid. Pemerintah ingin menjamin keamanan dan kenyaman setiap orang yang singgah di tamkot hits di Kuningan ini.

Keberadaan JPO selain memberi akses ke masjid, juga memperlancar lalu lintas jalan di bawahnya. Mengingat bahwa Taman Kota Kuningan berada di jantung kota Kuningan yang ramai. Adanya JPO ini tidak mengganggu hilir mudik kendaraan yang dapat menimbulkan kemacetan. Warga tidak lagi menyebrang jalan tetapi bisa menggunakan fasilitas JPO untuk ke masjid.

4. Pusat Pertokoan

Di sekitar taman kota Kuningan berjejer pertokoan yang mendatangkan berbagai jenis barang dan makanan. Sayangnya, sebagian diantara bangunan toko tersebut belum rampung dibangun. Masih memerlukan waktu untuk tahap penyelesaiannya. Pertokoan ini terbagi menjadi dua bagian. Meliputi Pusat Pertokoan Taman Kota dan Pertokoan Taman Barat.

Selain dapat membeli makanan yang dijual para pedagang menggunakan motor. Pertokoan ini menjadi alternatif pengunjung untuk membeli makanan atau minuman. Di pertokoan juga tersedia minimarket untuk membeli camilan. Untuk selanjutnya disantap bersama sambil menikmati taman kota dan hilir mudik kendaraan.

REKOMENDASI DESTINASI