Taman Kyai Langgeng salah satu objek wisata yang cukup populer di Kota Magelang yang menawarkan keindahan alam dan beragam wahana yang menarik. Tempat rekreasi dan edukasi terbaik sebagai tujuan liburan bersama keluarga.

Harga Tiket: Rp 24.000, Jam Operasional: 08.00-17.00, Alamat: Jl. Cemp. No.6, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Kyai Langgeng merupakan salah satu sosok yang tak asing bagi Anda yang mengetahui sejarah Pangeran Diponegoro. Kyai Langgeng adalah penasehat dan orang kepercayaan beliau. Nama Kyai Langgeng dikenang dan dijadikan salah satu lokasi wisata yang berada di Kota Magelang. Berikut adalah uraian singkat mengenai daya tarik lokasi wisata taman wisata favorit di Magelang ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Wisata Kyai Langgeng

Daya Tarik Taman Wisata Kyai Langgeng
Image Credit: Instagram.com @mastique87

Sebenarnya Taman Kyai Langgeng merupakan salah satu destinasi wisata sekaligus tempat yang cocok bagi Anda untuk mengenang dan mengenal lebih jauh tentang perjuangan bangsa Indonesia di masa kolonial. Tak hanya menghadirkan berbagai wahana yang asyik untuk dinikmati namun di tempat ini Anda juga dapat melakukan ziarah di makam Kyai Langgeng.

Jasa Kyai Langgeng di masa penjajahan cukup besar bahkan beliau mengabdikan hidupnya membantu mengusir penjajah. Tak hanya membantu Pangeran Diponegoro untuk menaklukkan Belanda namun beliau juga sosok ulama yang disegani kala itu. Beliau memberikan kontribusi yang besar untuk mengusir Belanda dari wilayah kekuasaan Kerajaan Mataram.

Pada awalnya lokasi ini adalah lokasi makam yang rindang dan dipenuhi berbagai tanaman. Lokasi ini disebut dengan Taman Bunga, namun saat ini keberadaannya sudah diubah menjadi lokasi wisata yang lebih menyenangkan sehingga masyarakat yang berkunjung dapat bersenang senang. Meskipun di bagian dalam terdapat makam namun lokasi ini sangat jauh dari nuansa seram.

Sebenarnya apa yang menjadi daya tarik Taman Kyai Langgeng Magelang? Lokasi ini memadukan konsep wisata petualangan dan edukasi modern dengan sentuhan wisata religi. Jika Anda berkunjung kesana maka tak hanya beragam permainan yang dapat Anda temui, namun juga makam yang dapat menambah pengetahuan Anda tentang sejarah perjuangan Indonesia.

Selain itu koleksi tanamannya yang sangat beragam juga menjadi salah satu daya tarik lokasi ini. Di Taman Wisata Kyai Langgeng Anda dapat menemukan berbagai jenis tanaman termasuk jenis tanaman langka. Bahkan di lokasi ini Anda dapat menemukan sekitar 130 jenis koleksi tanaman. Tanaman langka yang dapat Anda temukan diantaranya mentaok, apel bludru dan keben.

Alamat dan Rute Lokasi Menuju Taman Kyai Langgeng

Alamat Taman Kyai Langgeng
Image Credit: Google Maps (Gilang Primada)

Anda yang tertarik untuk berlibur bersama keluarga di Taman Kyai Langgeng Magelang maka Anda harus menyempatkan diri datang ke wilayah Kota Magelang. Taman yang hits ini beralamat di Jalan Cempaka No.6 Kemirirejo, Kecamatan Magelang Tengah Kota Magelang, Jawa Tengah. Anda dapat mengaksesnya menggunakan bantuan google map.

Rutenya juga cukup mudah untuk diakses karena jalannya juga cukup baik untuk dilalui kendaraan. Anda dapat datang menggunakan mobil, bus, ataupun sepeda motor. Parkirannya juga cukup luas sehingga Anda tidak perlu khawatir. Untuk retribusi parkir dikenakan biaya sebesar 2.000 untuk sepeda motor, 5.000 untuk mobil, dan 10.000 untuk bus medium atau besar.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Taman Kyai Langgeng

Jam Operasional Taman Kyai Langgeng
Image Credit: Google Maps (Septian Joddie)

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Taman Wisata Kyai Langgeng maka Anda tidak perlu menyiapkan budget yang besar. Dengan harga yang terjangkau maka Anda sudah dapat menikmati berbagai fasilitas dan wahana yang disediakan. Lokasi ini buka mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00. Jam bukanya juga tergolong cukup lama sehingga Anda dapat bermain sepuasnya.

Bagi Anda yang berkunjung di hari kerja atau weekday, maka Anda akan dikenakan biaya sekitar 24.000 per orang. Lalu bagi Anda yang datang di hari libur atau hari sabtu dan minggu maka Anda harus membayar tiket masuk sekitar 30.000 per orang. Namun bagi Anda yang berkunjung di periode high season seperti libur natal, tahun baru, dan lebaran maka harga tiket masuk menjadi kurang lebih 35.000 per orang.

Tiket ini berlaku bagi Anda yang berusia diatas 3 tahun sehingga bagi Anda yang mengajak anak dengan usia dibawah 3 tahun maka ia tidak dikenakan biaya. Biaya biaya tersebut adalah biaya tiket masuk yang sudah termasuk 10 wahana gratis, namun untuk wahana lain seperti satwa, spot selfie, dan waterpark Anda akan dikenakan biaya tambahan.

Untuk jam operasional loket yaitu dimulai pada pukul 08.00 hingga 16.00. Bagi Anda yang ingin berkunjung maka datanglah di jam jam tersebut. Walaupun taman ini tutup jam 5 sore namun loket hanya buka hingga jam 4. Kelebihan waktu satu jam merupakan waktu yang disediakan bagi pengunjung yang sudah masuk dan berada di dalam Taman Wisata ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Wisata Kyai Langgeng

Kegiatan di Taman Wisata Kyai Langgeng
Image Credit: Google Maps (Ade Fitri Rahmah)

1. Menikmati 10 Wahana Gratis

Dengan membayar satu tiket masuk maka telah tersedia 10 wahana menarik yang dapat Anda nikmati. Pilihan wahana yang tersedia diantaranya wahana bebek air, bianglala, becak mini, dan komedi putar. Seluruh wahana ini dapat Anda temukan dan langsung Anda akses begitu Anda memasuki lokasi wisata ini. Anda tidak perlu membayar biaya lebih jika ingin mencobanya.

2. Berfoto di Spot Selfie yang Telah Disediakan

Setiap sudut Taman Kyai Langgeng Magelang memiliki pemandangan yang indah sehingga dapat dijadikan sebagai spot foto yang menarik. Tak hanya keberagaman jenis tumbuhan namun juga penataan setiap spotnya yang cukup unik menambah daya tarik tersendiri. Sebagai contoh Anda dapat berfoto di jembatan atau dapat pula berfoto menggunakan sepeda terbang.

3. Mengunjungi Anjungan Dirgantara

Di Taman Wisata Kyai Langgeng terdapat replika pesawat. Disana Anda dapat merasakan sensasi naik pesawat yang sesungguhnya karena bagian interiornya telah dibuat semirip mungkin dengan pesawat komersial. Anda juga dapat merasakan rasanya masuk ke dalam kokpit pesawat yang tentunya memberikan berbeda.

Tak hanya replika pesawat namun Anda juga dapat menemukan benda benda yang berkaitan dengan dunia penerbangan. Disana Anda dapat menemukan berbagai miniatur pesawat dan juga menambah pengetahuan Anda dengan membaca berbagai informasi terkait dengan dunia penerbangan yang telah disediakan oleh pihak pengelola taman ini.

4. Menikmati Film Pendek di Bioskop 6 Dimensi

Salah satu wahana atau aktivitas yang dapat Anda nikmati di Taman Kyai Langgeng Magelang adalah masuk ke dalam bioskop 6 dimensi. Di dalam bioskop ini Anda akan dapat merasakan pengalaman yang berbeda dengan saat Anda mengunjungi bioskop yang berada di dalam Mall. Di bioskop yang satu ini Anda dapat merasa seolah olah masuk ke dalam film tersebut.

5. Mengenal Berbagai Satwa

Bagi Anda yang mengajak anak untuk berlibur ke taman ini, maka kegiatan ini bisa menjadi salah satu kegiatan yang menarik. Disana terdapat berbagai jenis satwa yang dipajang dan menjadi koleksi yang dapat Anda lihat. Tak hanya menarik namun Anda dapat menambah pengetahuan anak Anda dengan melihat lebih dekat keanekaragaman satwa yang ada.

6. Berfoto dengan Satwa

Tak hanya spot foto yang indah, namun pihak pengelola Taman Kyai Langgeng Magelang juga menyediakan kesempatan bagi Anda yang ingin berfoto dengan satwa yang ada di sana misalnya Anda dapat berfoto dengan ular dan burung. Anda tak perlu khawatir karena disana telah disediakan pawang khusus yang akan membantu dan memastikan keselamatan Anda saat berfoto.

7. Berenang di Waterboom dan Water Park

Jika Anda hobi berenang atau bermain air maka Taman Wisata Kyai Langgeng menjadi salah satu destinasi yang dapat Anda coba. Segala fasilitas permainan air telah disediakan oleh pihak pengelola Taman Wisata ini. Sebagai salah satu contohnya Anda dapat mencoba wahana water slide atau perosotan air yang tentunya sangat menyenangkan untuk dicoba.

Bagi Anda yang datang bersama anak maka Anda tak perlu khawatir karena disana telah tersedia kolam renang khusus anak. Airnya cukup dangkal sehingga Anda tak perlu khawatir jika buah hati Anda bermain disana. Selain itu di setiap kolam juga terdapat pengawas atau life guard yang dapat menjaga dan memastikan keselamatan Anda saat berenang.

8. Mengadakan Acara/Event

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk mengadakan pertemuan seperti reuni atau kegiatan family gathering maka Taman Kyai Langgeng Magelang menjadi salah satu lokasi yang sangat cocok. Di Taman ini tersedia banyak gazebo yang dapat Anda jadikan sebagai lokasi pertemuan. Gazebonya juga cukup luas sehingga dapat menampung orang banyak.

9. Outdoor Activities

Bagi Anda yang ingin menikmati rasanya kegiatan outdoor dan outbond maka tempat ini menjadi salah satu lokasi yang cocok. Lokasi ini seringkali dijadikan tempat untuk kegiatan rekreasi sekolah. Pihak penyelenggara juga telah menyediakan wahana menantang seperti flying fox yang menjadi salah satu tantangan yang sangat menarik untuk dicoba.

Demikianlah sedikit ulasan tentang Taman Wisata Kyai Langgeng yang hits di Magelang. Sempatkanlah waktu Anda berkunjung kesana untuk menikmati pengalaman menyenangkan bersama dengan keluarga atau bersama teman. Lokasi ini memiliki peringkat review yang cukup tinggi karena kelengkapan fasilitasnya dan juga karena harganya yang cukup terjangkau.