Harga Tiket: Rp 6.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Belitung No.1, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Kota Bandung menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang kerap dijadikan tujuan wisata. Ibukota dari provinsi Jawa Barat ini memiliki banyak obyek wisata yang unik dan menarik, baik itu wisata alam, wisata buatan, budaya, bahkan kuliner. Taman Lalu Lintas adalah tempat wisata rekreatif sekaligus edukatif di Bandung yang sudah berdiri selama puluhan tahun.

Sering terjadinya kecelakaan yang menelan korban anak-anak akibat dari kurangnya edukasi mengenai tata cara lalu lintas menjadi pemicu utama dari pembangunan tempat ini. Taman unik sudah beroperasi sejak 1957 setelah memakan waktu kurang lebih dua tahun dalam pembangunannya. Namun, tempat wisata edukasi ini baru diresmikan oleh pihak pemerintah pada tahun 1958.

Kejadian kelam yang terjadi pada 30 September 1965 dan menyebabkan salah seorang anak jenderal, Ade Irma Suryani Nasution, harus kehilangan nyawanya membuat taman ini mendapatkan tambahan nama baru di belakangnya menjadi “Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution”.

Penambahan nama itu merupakan wujud penghormatan atas kejadian yang terjadi di masa lampau tersebut. Akan tetapi, tempat ini lebih sering disebut “Taman Lalu Lintas” saja oleh masyarakat khususnya masyarakat Bandung. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang obyek wisata yang bersejarah ini, mari simak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Lalu Lintas

Daya Tarik Taman Lalu Lintas
Image Credit: Google Maps Candrasa Surya Dharma

Bagi anda yang ingin berlibur sambil memberikan pendidikan kepada anak-anak anda, tempat ini dapat menjadi jawaban untuk hal tersebut. Lokasinya yang luas juga membuat tempat ini cocok untuk dikunjungi oleh rombongan. Tempat yang menarik ini juga menyediakan berbagai fasilitas yang membantu sekaligus menghibur anda dalam berekreasi.

Jika mendengar kata “Taman”, maka gambaran mengenai suatu tempat yang ditanami oleh banyak flora menjadi pemikiran yang biasanya langsung tebersit dalam pikiran mayoritas orang. Taman Lalu Lintas sendiri memiliki banyak tanaman hias dan pepohonan yang tumbuh menjulang. Hal ini membuat hawa di tempat wisata yang hits ini pun menjadi lebih sejuk kendati berada di tengah kota dan matahari bersinar dengan terik

Taman ini terbagi menjadi beberapa zona yang bertujuan untuk memudahkan pengunjung dalam berekreasi ke sini. Zona pertama adalah zona kota yang terdapat banyak informasi yang terpampang mengenai lalu lintas. Selain itu, ada berbagai sarana yang berkaitan dengan lalu lintas seperti stasiun kereta, terminal, kantor pengelola, dan lain sebagainya.

Zona kedua adalah zona air yang memiliki beberapa kolam renang. Namun, anda tidak perlu khawatir sebab kolam-kolam tersebut berukuran dangkal sehingga dapat mengurangi risiko buruk. Salah satu tujuan dari pembuatan zona ini adalah untuk membangun sikap berani anak-anak sedari dini

Zona ketiga adalah zona gunung yang biasa digunakan untuk berpiknik bersama keluarga atau teman. Zona ini juga memiliki berbagai wahana sekaligus outbound yang tentunya sayang untuk dilewatkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Lalu Lintas
Image Credit: Google Maps Jodhi Giriarso

Tempat wisata edukatif ini terletak di Jalan Belitung Nomor 1, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40113. Lokasi Taman Lalu Lintas berdekatan dengan Dinas Sejarah TNI AD di sejarah Bandung dan berseberangan langsung dengan Raka Tours & Travel.

Lokasinya yang strategis sebab terletak di perkotaan membuat anda tidak akan merasakan kesulitan dalam bertandang ke taman unik ini. Fitur Google maps yang sudah muncul dewasa ini tentu dapat membantu anda untuk menemukan lokasi tersebut. Namun, berikut gambaran yang dapat dijelaskan mengenai rute menuju lokasi tersebut.

Dari titik awal Gerbang Tol Pasteur, anda dapat mengarahkan kendaraan anda menuju Jalan Unpar II dan berbelok jika ada tanda yang mengarahkan ke arah Jalan Mustang. Setelah itu, anda dapat berbelok ke Jalan Dr. Djunjunan dan arahkan kendaraan anda menuju Jalan Cihampelas. Ikuti jalan sampai anda menemukan perempatan jalan yang terdapat jam putih raksasa di tengahnya, lalu belok kiri menuju Jalan Wastukancana dan tetaplah untuk mengambil lajur kiri. Belok kiri ke arah Tamansari, lalu arahkan kendaraan untuk menyusuri Jalan Merdeka – Jalan Aceh – Jalan Kalimantan – Jalan Belitung sampai anda menemukan gerbang yang bertuliskan “Taman Lalu Lintas”

Jika anda menetapkan Gedung Sate sebagai titik awal Anda, maka jarak yang perlu anda tempuh hanya berkisar 1-1,5 kilometer saja. Anda cukup mengarahkan kendaraan anda ke Jalan Banda. Setelah menemukan perempatan dimana ada terdapat Kantor Kesehatan Kodiklat AD, belok kanan menuju Jalan Belitung sampai anda menemukan lokasi tempat wisata rekreatif ini.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Taman Lalu Lintas
Image Credit: Google Maps Fernando Mulia

Taman Lalu Lintas dibuka setiap hari Senin-Kamis dan Sabtu-Minggu. Untuk hari Senin-Kamis dan Sabtu, tempat ini beroperasi dari pukul 08.00-15.00 WIB dan 08.00-16.00 pada hari Minggu. Harga tiket masuk sangat terjangkau, yakni 6 ribu Rupiah pada hari Senin-Kamis dan Sabtu serta 7 ribu Rupiah pada hari Minggu atau hari libur. Biaya yang perlu anda keluarkan untuk menikmati beragam wahana yang tersedia pun sama murahnya. Berikut merupakan beberapa biaya yang harus dibayarkan dalam mencoba wahana dan fasilitas pendukung di Taman Lalu Lintas:

  • Kereta api: Rp 5.000
  • Kerosel: Rp 5.000
  • Kolam renang: Rp 6.000
  • Pelampung: Rp 2.000
  • Kolam pancing: Rp 5.000
  • Sepeda mini: Rp 5.000
  • Tikar: Rp 5.000
  • Kereta motor: Rp 5.000
  • Sewa panggung terbuka: Rp 1.000.000

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Lalu Lintas

Kegiatan di Taman Lalu Lintas
Image Credit: Google Maps nikita shela

1. Belajar Lalu Lintas dengan Seru & Aman

Edukasi lalu lintas menjadi ciri utama dari taman yang menarik ini. Ketika baru memasuki pintu utama, anda akan disajikan papan keterangan mengenai informasi rambu-rambu lalu lintas secara lengkap. Hal ini membuat Anda akan leluasa untuk menjelaskannya terlebih kepada anak-anak anda.

Selepas itu, anak-anak dapat berkeliling dan bermain sepeda di seputaran miniatur kota yang sudah disediakan. Terdapar bangunan sekolah, toko, pos polisi, restoran, kantor pos, dan lainnya. Konsep dari area ini adalah simulasi tertib berlalu lintas sebab terdapat berbagai rambu yang dipasang di area tersebut.

2. Menaiki Kereta Api

Wahana kereta mini yang telah menjadi ikon dari tempat wisata edukatif ini menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan anak-anak di Taman Lalu Lintas. Kereta-kereta ini didesain lebih modern seperti kereta cepat Shinkansen dari Jepang dan TGV khas Perancis. Saat menaiki wahana ini, pengunjung akan dibawa berkeliling ke separuh wilayah kawasan taman sehingga dapat melihat lebih dekat area-area yang tak terjelajahi. Hal ini tentu sangat membantu mengingat Taman Lalu Lintas memiliki luas kurang lebih 3,5 hektar.

3. Berenang di Kolam yang Tersedia

Taman ini memiliki beberapa kolam renang yang tersedia dengan berbagai wahana pendukung lainnya seperti perosotan dan air mancur. Tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama anak-anak sebab kolamnya yang dangkal sehingga keamanannya pun lebih terjamin. Anda juga dapat menyewa pelampung di tempat yang sudah tersedia apabila anda lupa untuk membawanya

4. Berpiknik Sembari Bermain

Taman Lalu Lintas menawarkan arena permainan anak yang cukup lengkap, misalnya ayunan, seluncuran, halang rintang, dan yang lainnya. Tidak jauh dari arena ini, terdapat karosel yang berisi kumpulan patung hewan seperti kuda, rusa, dinosaurus, juga unta. Di sini, anda juga dapat bersantai sambil menikmati santapan bekal anda di bawah pepohonan yang rindang. Hal tersebut menjadi hal yang menyenangkan, ditambah lagi jika diselingi canda tawa bersama teman atau keluarga.

Kegiatan Menarik di Taman Lalu Lintas
Image Credit: Google Maps Evelyn Henrietta

5. Mengunjungi Rumah Pohon

Taman Lalu Lintas memiliki rumah pohon sejalan dengan renovasi yang terus dilakukan. Rumah ini dibangun dengan aksen kecoklatan di sebuah pohon besar. Anda dapat menggunakan tangga berundak yang tersedia untuk naik ke rumah pohon ini.

6. Fotografi

Hal yang kerap kali menjadi penting bagi mayoritas orang saat berwisata adalah mengambil jepretan foto. Di tempat ini, tentu terdapat beragam spot yang bisa anda jadikan latar belakang foto untuk menjadi kenangan anda. Miniatur kota dan rumah pohon menjadi spot yang sering dijadikan pengunjung untuk mengambil beberapa jepretan foto yang menarik.

7. Menikmati Acara Seni dan Musik

Jika anda tertarik untuk menonton atau bahkan ingin membuat pagelaran seni atau acara musik, terdapat amphiteater yang dapat anda kunjungi. Tempat yang mirip dengan stadion ini memiliki deretan kursi yang saling berjajar dan berundak dengan panggung terbuka di tengahnya. Maka dari itu, tempat ini cocok bagi anda yang ingin melakukan hal tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman

Fasilitas Taman Lalu Lintas
Image Credit: Google Maps Fernando Mulia

1. Area Parkir yang Luas

Mengingat taman wisata edukatif ini sering dikunjungi oleh banyak pengunjung dengan menggunakan kendaraan pribadi, pihak pengelola menyediakan area parkir dengan kapasitas yang luas untuk memudahkan pengunjung. Selain itu, area parkir ini cukup aman sehingga anda tidak perlu risau mengenai kendaraan anda.

2. Mushola

Jika anda seorang Muslim dan ingin menunaikan ibadah sholat, anda dapat melakukannya di Mushola yang sudah tersedia. Tempat ini cukup untuk menampung pengunjung dengan jumlah banyak. Selain itu, kondisi Mushola ini sangat bersih juga rapi sehingga anda dapat beribadah dengan nyaman dan tenang.

3. Toilet

Fasilitas yang tidak kalah penting dari sebuah tempat wisata adalah toilet. Jika pada umumnya toilet di tempat umum sering kotor atau bau, maka anda akan menemukan hal yang berbeda di toilet Taman Lalu Lintas. Pengelolaan yang berorientasi pada kebersihan membuat toilet di tempat ini sangat nyaman untuk digunakan.

4. Tempat Penjual Makanan

Apabila sedang berwisata ke taman seperti ini, membawa bekal menjadi hal yang cukup membantu untuk menghemat isi dompet. Akan tetapi, banyak orang yang memilih untuk membeli karena dengan alasan kepraktisannya. Saat anda berkunjung ke tempat ini, tersedia beragam penjual makanan yang bisa anda beli dan coba untuk mengisi perut anda yang kosong. Harga yang ditawarkan pun terjangkau sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya dengan begitu besar.

5. Fotografer Cetak

Meski bukan fasilitas resmi, kehadiran fotografer yang hasilnya bisa dicetak langsung cukup membantu orang-orang yang menginginkan hasil foto jadi. Harga yang ditawarkan pun cukup beragam dimulai dari 20 ribu Rupiah.

Demikian sedikit penjelasan mengenai Taman Lalu Lintas di Kota Bandung yang merupakan tempat wisata edukatif sekaligus rekreatif ini. Jangan lupa untuk senantiasa menjaga kenyamanan bersama dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan tertib dalam melakukan segala aktivitas di tempat tersebut.

REKOMENDASI DESTINASI